Hari ini: Selasa, 01 Desember 2020
Selasa, 01 September 2020, 19:30 WIB

Jangan Panik! Kenali 7 Ciri-ciri Kucing Akan Melahirkan Ini

Jangan Panik! Kenali 7 Ciri-ciri Kucing Akan Melahirkan Ini

Kucing akan mengubah kebiasaan ketika mereka sedang hamil. Kamu harus tahu apa saja ciri-ciri kucing akan melahirkan sebelum anak baru mereka lahir

Kucing adalah salah satu binatang yang sangat menggemaskan. Selain karena tingkahnya yang sangat unik, merawat kucing juga dinilai mudah untuk kebanyakan orang. Walaupun sedikit berbeda dengan anjing, kucing juga dinilai dapat memiliki keakraban tersendiri dengan si empunya.

Sedikit berbeda dengan kucing yang akan melahirkan, mereka memiliki kebiasaan sendiri yang justru seringkali membuat pemiliknya khawatir karena tingkahnya.

Jika kucing peliharaan kamu adalah betina, sebaiknya ketahui dari sekarang apa saja ciri-ciri kucing akan melahirkan supaya ketika mereka mulai bertingkah aneh, kamu bisa mengatasinya dengan cepat dan benar.

7 Cara Tahu Ciri-Ciri Kucing Akan Melahirkan

Jenis kelamin apapun yang kamu mau dalam memilih kucing, harus ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan. Jika kamu memilih kucing jantan, bersiaplah untuk terus menerus menahan kucing jantan milikmu untuk tidak meninggalkan rumah.

Berbeda dengan kucing jantan, kucing betina dapat dikatakan menjadi lebih pendiam di usia yang sudah matang. Walaupun kucing betina akan lebih berisik, kucing betina cenderung mudah dekat dengan pemiliknya.

Bagi sebagian pemilik kucing betina, atau bisa jadi kamu, kehamilan yang dialami oleh kucing akan menjadi rasa uji adrenalin yang sangat terasa. Bagaimana tidak, kebanyakan menganggap bahwa ketika kucing melahirkan akan menjadi sangat sulit.

Mulai dari persalinannya dan juga merawat bayi-bayi kucing tersebut. Kamu pun juga akan kebingungan untuk tahu kapan kucing betina milikmu akan melahirkan. Nah, ini dia ada beberapa tanda yang akan diperlihatkan oleh kucing betina milikmu ketika kucing ini akan melahirkan.

Nafsu Makan yang Berkurang

Kucing adalah salah satu hewan yang sangat susah dalam menolak makanan. Walaupun ada beberapa cara untuk mengetahui kalau kucing betina milikmu akan melahirkan, perubahan pola makanan adalah cara yang paling mudah.

Ketika kucing milikmu menolak untuk makan, itu berarti kucingmu akan segera melahirkan. Ketika kamu tahu kalau kucingmu sudah mulai memiliki nafsu makan yang berkurang, jangan panik. Biasanya, kehamilan pada kucing berkisar antara 63 sampai 67 hari atau sekitar 9 minggu.

Dalam kurun waktu ini, nafsu makan kucing milikmu akan berkurang cukup drastis. Ketika biasanya kucing akan menghabiskan makanannya, kucing betina yang akan melahirkan merubah sifat makannya.

Perlu diingat, kamu juga harus dapat membedakan ketika kucingmu akan melahirkan atau sedang sakit. Biasanya, kamu harus menghitung dulu antara kurun waktu 63 sampai 67 hari tersebut.

Walaupun nafsu makan berkurang, jangan paksakan kucing milikmu untuk makan. Jika kamu memaksakan makanan untuk dimakan oleh kucing tersebut, hal tersebut akan memberikan efek negatif kepada calon bayi dalam perut kucing betina ini.

Agar lebih akurat dan tidak salah sangka, ketahui juga beberapa ciri-ciri, gejala dan penyebab kucing sakit lebih lanjut.

Baca Juga: 5 Alternatif Susu untuk Bayi Kucing yang Mudah Ditemukan dan Tidak Bikin Diare

Kucing Betinamu akan Jauh Lebih Berisik

Ciri Ciri Kucing Melahirkan

Nah ketika kamu tahu kalau nafsu makan kucingmu berkurang, carilah tanda-tanda yang lain. Salah satunya adalah melihat tingkah laku yang berbeda secara signifikan. Ketika kucingmu akan melahirkan, mereka memiliki tendensi untuk jauh lebih berisik.

Walaupun begitu, ada perbedaan yang cukup signifikan di tahap ini. Kucing betina yang siap melahirkan akan mengeong dengan suara yang cukup keras sambil berjalan kesana kemari dengan gelisah.

Menurut para ahli dan juga penggemar kucing, kegelisahan dari kucing betina ini dikarenakan kucing tersebut sedang mencari tempat untuk melahirkan. Selain itu, kegaduhan yang ditimbulkan lewat suara kucing betina ini juga menandakan bahwa kucing yang siap melahirkan akan terus menerus meminta untuk mandi atau dimandikan.

Namun hal yang perlu diingat adalah mandikan kucingmu jika dia sudah menunjukkan tanda-tanda ingin dimandikan. Jika kamu memaksakan kucing ini untuk mandi, hal ini akan memiliki pengaruh negatif kepada emosi dan juga kadar stres si kucing betina ini. Untuk itu, perhatikan betul-betul tanda yang diperlihatkan oleh kucing betina ini.

Perbedaan Suhu Badan Kucing

Selain dari segi tingkah laku yang berubah, suhu badan kucing yang akan melahirkan pun juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Ketika suhu normal kucing hampir mencapai 39 derajat celcius, suhu kucing yang akan melahirkan akan turun hingga 37 derajat celcius selama 24 jam hingga 2 hari.

Namun, suhu yang turun juga tidak bisa semata-mata dinilai jika kucing milikmu akan segera melahirkan, berbeda dengan tingkat keakuratan dengan hewan mamalia lain seperti anjing. Karena dalam kasus ini terdapat beberapa perubahan tingkah laku, ada baiknya kamu juga melihat suhu badan kucing tersebut.

Cara yang paling mudah untuk mengecek suhu kucing adalah lewat bagian ketiak milik kucing. Jika kucing milikmu tidak melawan, taruh termometer di bagian ketiak.

Usahakan untuk mengecek suhu setiap hari ketika masa kehamilan sudah memasuki 7 minggu dari awal kehamilan. Hal ini dilakukan agar kamu siap ketika kucing betina milikmu akan segera melahirkan. Ketika suhu dari tubuh kucing betina milikmu sudah mencapai angka di bawah 37 derajat celcius, artinya kucingmu akan melahirkan dalam waktu dekat, yaitu sekitar 1 hari.

Tidur Lebih dari 15 Jam

Pada dasarnya, kucing juga hewan yang pemalas. Aktivitas sehari-hari mereka bisa digunakan hanya untuk tidur, tidur dan tidur. Tapi, berbeda dengan kucing yang akan melahirkan.

Kucing yang akan melahirkan akan lebih tahan untuk tidur lebih lama dengan kucing biasanya. Biasanya, waktu yang mereka butuhkan untuk tidur sekitar 15 - 20 jam dalam sehari.

Waktu yang cukup panjang untuk seekor kucing biasa. Ada baiknya kamu mencurigai tanda-tanda seperti ini untuk segera mempersiapkan kandang anak kucing, dan segala macam kebutuhan yang akan dibutuhkan ketika kucing melahirkan.

Ciri Kucing Akan Melahirkan Lainnya...

Mengeluarkan Kelenjar Susu

Kucing Akan Melahirkan

Sebagai hewan mamalia, kucing betina yang telah melahirkan akan memberikan anaknya air susu yang berasal dari tubuh mereka. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa kelenjar susu pada kucing betina yang akan melahirkan tiba-tiba menetes.

Dalam kurun waktu kurang lebih satu minggu sebelum kucing betina melahirkan, mereka akan mengeluarkan kelenjar susu yang berwarna putih sedikit kekuningan. Cairan ini biasa disebut dengan cairan kolostrum.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Ini Dia Ciri Ciri Kucing Keracunan Makanan yang Harus Kamu Waspadai

Air Ketuban Kucing Pecah

Layaknya seorang manusia, seekor kucing betina yang sedang hamil juga memiliki air ketuban di dalam kandungannya.

Air ketuban inilah yang akan menjadi penanda bahwa mereka akan segera melahirkan bayi kecil yang ada di dalam perutnya.

Selalu perhatikan area sekitar kucing kamu untuk memastikan apakah air ketuban tersebut sudah pecah atau belum. Karena, air ketuban ini tidak selalu pecah ketika mereka berada di dalam kandang. Bisa jadi, ketika mereka makan atau berjalan-jalan, air ketuban pecah saat itu juga.

Sering Menjilati Tubuh

Kucing yang sedang hamil memiliki hormon di dalam tubuhnya yang berfungsi sebagai pendorong yang mempermudah proses kelahirannya.

Hormon ini akan sangat mudah dirangsang ketika mereka menjilati badannya secara terus menerus. Jadi, tidak heran kenapa kucing yang sedang hamil tua akan lebih sering menjilati tubuh mereka sendiri.

Jadi, itu dia 7 ciri-ciri kucing akan melahirkan berdasarkan fisik dan karakteristiknya. Jika kucing betina peliharaanmu yang sedang hamil menunjukkan tanda-tanda di atas, sebaiknya siapkan kandang anak dan tempat yang nyaman bagi mereka.

Jangan sampai tanda-tanda tersebut kamu lewatkan, hingga akhirnya kucing kamu melahirkan di sembarang tempat, ya! Bila perlu, tandai kalendermu untuk mencatat kapan dimulainya salah satu tanda di atas dan hitung hari demi hari agar kamu lebih siap menyambut kedatangan keluarga baru

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://guildcrestcathospital.ca/cat-labor/
  • https://pets.webmd.com/cats/cat-pregnancy-gestation#2
  • https://www.cuteness.com/article/symptoms-cat-going-labor
  • https://www.hillspet.com/cat-care/behavior-appearance/differences-between-male-and-female-cats
  • https://www.purina.co.uk/cats/key-life-stages/pregnancy/spotting-the-signs-of-cat-pregnancy
  • https://www.thesprucepets.com/signs-a-cat-is-pregnant-555419
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar