Hari ini: Minggu, 16 Mei 2021
Sabtu, 28 November 2020, 19:30 WIB

Beda dengan Betina, Ini Ciri-ciri Kucing Jantan Ingin Kawin

Beda dengan Betina, Ini Ciri-ciri Kucing Jantan Ingin Kawin

ciri ciri kucing jantan ingin kawin - sasha on the stage

Memerhatikan ciri-ciri kucing jantan ingin kawin sangat penting agar bisa membantunya melewati masa birahi yang lebih sulit dari betina. Apa saja?

Pada kucing, masa birahi biasanya lebih diamati pada kucing betina. Namun ternyata ada juga ciri-ciri kucing jantan ingin kawin yang perlu diperhatikan.

Hal tersebut menandakan bahwa kucing jantan juga mengalami masa birahi. Hanya saja, masa birahi yang dialami kucing jantan cukup berbeda dari betina.

Menurut ahli, masa birahi kucing jantan biasanya terjadi antara bulan September hingga Maret. Selama masa tersebut, kamu pasti bakalan bisa melihat perbedaan dari perilakunya.

Meskipun beberapa hal tidak jauh berbeda dengan tanda-tanda birahi pada kucing betina, namun memerhatikan ciri-cirinya sangat penting terutama bagi kamu yang memelihara kucing jantan.

Ciri-ciri Kucing Jantan Siap Kawin dan Melalui Masa Birahi

Ciri Ciri Kucing Jantan Ingin Kawin
Ciri-ciri kucing jantan ingin kawin - catster

Mungkin bagi kamu yang memiliki kucing jantan di rumah bertanya-tanya, kapan kucing jantan siap kawin?

Sebab kebanyakan yang menunjukkan dan diperhatikan tanda-tanda birahinya adalah kucing betina. Padahal, mengetahui ciri-ciri kucing jantan ingin kawin juga penting lho, Sobat PetPi!

Dengan begitu, kamu bisa menenangkan dan mengatasi kucing jantan milikmu, terutama bila kamu tidak berniat untuk membuat kucing jantanmu kawin dan belum disteril.

Nah, untuk bisa mengenali tanda-tanda kucing jantan yang sedang dalam masa birahi, kamu bisa mengecek penjelasannya berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Mengeong dengan sangat keras

Hampir sama seperti kucing betina, kucing jantan yang sedang birahi juga akan sering mengeong. Umumnya, suaranya terdengar seperti meraung.

Saat kucing jantan mengeong, hal ini mereka lakukan untuk mengundang kucing betina datang kepadanya, terutama kucing betina yang sedang birahi.

Namun terkadang hal ini tidak hanya mengundang kucing betina, tapi juga bisa menghadirkan kucing jantan lain.

Alhasil justru akan terjadi perkelahian antara kucing jantan tersebut untuk memperebutkan kucing betina yang datang atau berada di sekitar area tersebut.

2. Sering keluar rumah dan tidak pulang

Pada kucing jantan yang sedang birahi, biasanya akan dikenali melalui tanda di mana ia sering keluar rumah dan bahkan tidak pulang dalam beberapa hari.

Kalau ini terjadi pada kucingmu, tidak perlu khawatir, Sobat PetPi. Kucing jantan yang sedang birahi pergi ke luar rumah untuk mencari pasangan mereka.

Jika mereka sudah mendapatkan pasangan, pasti mereka akan langsung pulang sendiri. Kucing jantan akan pulang kapan saja dan mungkin malah kamu tidak menyadarinya.

Biasanya akan terlihat beberapa luka yang menandakan mereka berkelahi dengan jantan lain untuk merebutkan si betina.

Selain mencari pasangan kucing betina yang sedang birahi dan ia cium baunya dari jauh, mereka juga pergi keluar karena ada rasa ingin memperluas wilayahnya.

Kemudian ia juga pergi keluar karena rasa penasaran dan tentu saja ia akan keluar apabila ada kesempatan.

Kalau kamu tidak ingin kucing jantanmu melakukan hal ini, taruhlah mereka di dalam ruangan dan batasi akses untuk keluar rumah.

Soalnya, kucing yang berkeliaran di jalan tidak hanya berpotensi berkelahi dengan kucing lain, namun juga berisiko tertabrak mobil, dicuri, atau tertular penyakit mematikan.

Selain itu, mereka juga bisa menyebabkan populasi yang berlebihan jika tidak disteril dan bertemu dengan kucing betina di mana saja dan kapan saja.

3. Terlihat lebih agresif

Kucing jantan yang ingin kawin akan terlihat lebih agresif. Namun untuk ciri-ciri satu ini kamu harus lebih jeli memperhatikannya.

Karena bisa saja kucing tersebut terlihat agresif sebab ia baru saja berkelahi dengan kucing lain. Dan berkelahi dengan kucing lain tidak hanya dilakukan saat ia sedang birahi saja.

Perkelahian kucing jantan yang sedang birahi bisa menjadi sangat serius dan menimbulkan luka-luka. Bila kamu tak ingin hal ini terjadi pada kucing jantanmu, tetap jaga di dalam rumah.

Kemudian, mereka juga akan lebih agresif mendekati kucing betina. Bahkan jika kucing betina yang ia temui juga sedang birahi, ia bisa langsung menggigit bagian tengkuknya lalu langsung menindih tubuh kucing betina tersebut.

Tak hanya itu, kucing juga menjadi lebih sering ingin menggaruk sesuatu. Hal itu menjadi salah satu cara untuk memberitahu jantan lain bahwa ada kehadiran mereka.

Karena kucing jantan lebih mengutamakan penguasaan wilayah, maka hal ini akan lebih sering terjadi pada saat mereka birahi.

Kalau kamu melihat kucing jantanmu lebih sering menggaruk furnitur, dinding, atau karpet, bisa jadi ia sedang dalam masa birahi.

Kamu bisa mengatasinya dengan menyediakan banyak tiang penggaruk, terutama di dekat jalan masuk dan keluar rumah untuk memuaskan keinginannya menggaruk.

4. Spraying

Spraying merupakan istilah untuk perilaku kucing jantan yang hampir sama dengan perilaku kucing betina yang sedang birahi, yakni kencing sembarangan.

Hal ini ia lakukan untuk memberikan tanda bahwa daerah tersebut adalah kekuasaannya dan kemudian menuntun kucing betina terdekat untuk mendekatinya agar mereka dapat kawin.

Selain itu, spraying juga menjadi peringatan bagi kucing jantan lainnya untuk tidak berada di sekitar wilayahnya.

Tentunya hal ini bisa mengganggu kamu jika kucing jantan kencing sembarangan di sekitar rumah. Bau yang tidak sedap dan kencing yang susah dibersihkan banyak membuat para pemilik kucing kesal.

Sehingga banyak yang memutuskan untuk mensterilkan kucing jantan mereka akibat hal ini.

Akan tetapi di sisi lain, spraying juga bisa menjadi salah satu tanda masalah kesehatan yang cukup serius, yakni penyakit batu ginjal atau infeksi saluran kencing.

Itulah dia beberapa ciri-ciri kucing jantan ingin kawin yang bisa kamu kenali. Hal ini bisa cukup berguna buatmu yang belum mensterilkan kucing jantannya.

Namun apabila kamu berniat untuk memiliki anak kucing, ada baiknya kamu memelihara sepasang kucing agar kualitas keturunannya bisa kamu perhatikan dan jaga.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://cats.lovetoknow.com/Male_Cat_Behavior
  • https://dokterhewan.co.id/detailpost/inilah-ciri-kucing-jantan-birahi
  • https://veteriankey.com/male-feline-sexual-behavior/
  • https://www.affinity-petcare.com/en/cat-heat

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar