Hari ini: Sabtu, 08 Mei 2021
Kamis, 11 Maret 2021, 15:00 WIB

8 Fakta Menarik Seputar Kucing Belang Tiga, Banyak Mitos yang Salah!

8 Fakta Menarik Seputar Kucing Belang Tiga, Banyak Mitos yang Salah!

kucing belang tiga - wikipedia

Banyak mitos & fakta mengenai kucing belang tiga yang ada di luar sana. Berikut PetPi jelaskan mengenai mitos yang sering beredar tantang kucing tiga warna

Mau punya kucing belang tiga yang sangat langka? Bingung gimana kamu bisa dapatin kucing ini? Mitos apa aja yang terkait dengannya?

Kucing belang tiga (disebut calico cat dalam Bahasa Inggris) merupakan salah satu fenomena unik yang terdapat pada kucing.

Karena jarang, wajar jika banyak yang menginginkannya sebagai peliharaan. Akan tetapi, ternyata ada banyak fakta menarik seputar kucing belang tiga!

Fakta Menarik Kucing Belang Tiga

Fakta Kucing Belang Tiga
fakta kucing belang tiga - the spruce pets

Kucing belang tiga juga dikenal dengan sebutan kucing tiga warna, kucing belang telon, kucing kaliko, atau kucing belacu.

Perlu diingat, kucing belang tiga bukan termasuk jenis ras kucing, hanya julukan untuk kucing yang memiliki keunikan berkat warna bulunya.

Jadi, apa saja fakta menarik dan mitos seputar kucing belang tiga?

1. Ciri Fisik yang Khas

Kucing belang tiga warna biasanya memiliki warna bulu yang dikombinasikan dari tiga warna, yakni warna putih, oranye, dan hitam.

Untuk kasus yang sangat langka, kombinasi tiga warna yang dimiliki kucing bisa saja berbeda warna, seperti abu-abu, krem, bahkan keemasan.

Bukan hanya kucing kampung, ada beberapa ras kucing yang bisa memiliki keturunan tiga warna seperti kucing persia, british shorthair, anggora, japanese bobtail, manx, dan lain sebagainya.

Secara umum, kucing belang tiga bisa dibedakan menjadi tiga jenis warna bulu:

  • Kucing belang tiga standar dengan memiliki warna bulu dasar putih dengan corak oranye dan hitam
  • Kucing belang tiga dengan warna yang lebih terang, seperti warna abu-abu dan merah seperti strawberry
  • Kucing belang tiga yang memiliki tanda belang atau bintik-bintik pada corak oranye dan hitamnya

2. Berbeda Dengan Kucing Torti

Kucing Belang Tiga Jantan
Bukan kucing torti - ctf

Banyak orang yang menganggap kucing belang tiga itu sama dengan kucing torti. Buat yang belum tahu, kucing torti adalah kucing yang memiliki warna bulu berupa gabungan dua warna solid.

Dalam Bahasa Inggris, kucing ini disebut sebagai tortoiseshell cat. Sama seperti kucing belang tiga, kucing torti juga bukan jenis ras, hanya kondisi genetika yang berpengaruh terhadap warna kulit.

Kucing torti biasanya berwarna oranye dan hitam. Perbedaan terjelas antara kucing torti dari kucing tiga warna adalah tidak adanya warna putih pada tubuhnya. Kucing torti memiliki warna dasar hitam.

Kebanyakan kucing berkelamin betina yang memiliki warna ini. Jika ada jantan yang seperti ini, artinya mereka telah mengalami kelainan atau kelebihan kromosom.

3. Sejarah Kucing Belang Tiga

Karena bisa terjadi pada banyak kucing ras, belum diketahui secara pasti kapan pertama kali kucing belang tiga muncul di muka bumi.

Akan tetapi, penelitian yang dilakukan Neil Todd menunjukkan bahwa kucing belang tiga kemungkinan berawal dari perdagangan di sepanjang rute Eropa dan Afrika Utara.

Gen mutan oranye yang berasal dari Mesir dapat ditelusuri di kota-kota pelabuhan Mediterania seperti Yunani, Spanyol, dan Italia. Kemungkinan besar, mereka membawa kucing dari negara asalnya dan mengawinkannya dengan kucing lokal sehingga terjadilah mutasi.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG KUCING?
Cari info Kucing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Lahir Karena Kondisi Genetik yang Langka

Kenapa kucing belang tiga bisa terlahir demikian? Hal ini dikarenakan kondisi genetik yang cukup langka pada kucing.

Kucing betina memiliki kromosom XX, sedangkan kucing jantan memiliki kromosom XY. Warna bulu ditentukan oleh kromosom X, itulah mengapa kucing betina bisa memiliki 2 warna sedangkan jantan hanya memiliki satu warna.

Perlu diingat, warna putih pada kucing bukanlah gen warna, melainkan gen modifikasi yang tidak terpengaruh oleh kromosom X dan Y.

Anak kucing pada umumnya hanya mewarisi satu kromosom X dari betina dan jantan, di mana terkadang hanya mewarisi salah satunya. Contohnya, betina berwarna cokelat dan jantan berwarna hitam akan melahirkan anak berwarna cokelat, hitam, atau kombinasi keduanya.

Kucing belang tiga bisa terjadi apabila jantan memiliki dua kromosom X (disebut sindrom Klinefelter) menjadi XXY.

Inilah alasan mengapa kucing belang tiga jantan sangat langka. Kamu akan lebih sering menemukan kucing belang tiga betina.

5. Tidak Disukai Oleh Peternak Kucing

Kucing Belang Tiga Betina
Tidak disukai oleh peternak kucing - miro

Logikanya karena langka, akan banyak orang yang ingin memiliki kucing belang tiga jantan untuk bisa kawin terus sehingga mereka memiliki banyak kucing belang tiga. Ternyata kenyataannya enggak sama sekali!

Karena kelainan yang dimilikinya, hampir semua kucing belang tiga jantan steril alias mandul. Hanya 1 dari 10.000 kucing belang tiga jantan bisa menghasilkan keturunan.

Di internet, ada yang menjual kucing belang tiga jantan dengan harga mencapai $2.000 atau setara dengan 28 juta rupiah! Kamu tentu harus berpikir berkali-kali, apakah uang yang begitu banyak worth it untuk membeli seekor kucing langka yang mandul.

6. Kucing Belang Tiga Jantan Selalu Dimakan Induknya

Di Indonesia, terdapat mitos kucing belang tiga dimakan induknya jika sampai lahir. Benarkah demikian?

Secara genetika, hampir mayoritas kucing belang tiga berkelamin betina. Angkanya bisa mencapai 99% karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kucing jantan memiliki kromosom XY yang membuatnya hanya mewarisi satu warna bulu.

Jadi bisa dibilang, induk kucing yang memakan anak kucing belang tiga jantan hanyalah mitos belaka karena kemungkinannya memang sangat kecil. Perbandingannya sekitar 1:3000. Tak heran jika banyak orang yang mencari harga kucing belang tiga jantan.

7. Kucing Belang Tiga Memiliki Sifat Buruk

Ini adalah mitos lainnya yang beredar di antara orang-orang. Hal ini jelas mitos karena warna bulu sama sekali tidak memiliki keterkaitan dengan sifat dari kucing.

Kepribadian dan sifat kucing berasal dari ras dan bawaan gen. Bisa saja kucing belang tiga memiliki sifat penyayang dan tenang, bisa jadi ada kucing belang tiga yang hiperaktif dan suka merusak barang.

Selain itu, sifat buruk yang muncul pada kucing bisa saja terjadi karena memiliki masa lalu yang kelam, merasa stres dengan lingkungan, dan lain sebagainya. Jadi, warna bulu sama sekali tidak berkaitan dengan sifat buruk kucing.

8. Dianggap Sebagai Pembawa Keberuntungan

Selain mitos kucing belang tiga jantan selalu dimakan induknya, ternyata masih ada mitos-mitos lain yang berkaitan dengan kucing langka ini.

Ada orang yang percaya kalau memelihara kucing belang telon akan membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Tidak cukup sampai di situ, kucing tiga warna juga dijadikan sebagai kucing resmi negara bagian Maryland sejak tahun 2001.

Bahkan di Amerika Serikat, kucing ini kerap disebut sebagai kucing uang. Di Jerman, kucing ini disebut gluckskatze yang bermakna kucing keberuntungan.

Selain itu, di Jepang terdapat patung kucing terkenal bernama Maneki Neko yang diyakini membawa keberuntungan. Patung tersebut memiliki tiga warna juga.

Kalau kamu enggak tahu gimana bentuknya, biasanya patung tersebut berbentuk keramik dengan satu kaki terangkat ke atas. Patung ini sering ditemukan di depan pintu masuk restoran Jepang dan China.

Pertanyaan-pertanyaan Seputar Kucing Belang Tiga

Mitos Kucing Belang Tiga
Pertanyaan seputar kucing belang tiga - feline living

Diantara fakta dan mitos-mitos tentang kucing belang tiga, terdapat banyak sekali pertanyaan umum di luar sana yang masih simpang siur.

Berikut ini, PetPi akan menjelaskan sedikit beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan berkaitan dengan kucing belang tiga sekaligus meluruskan persepsi liar di luar sana.

Apakah kucing belang tiga adalah jenis ras kucing?

Jawabannya adalah tidak. Kucing belang tiga bukan lah sebuah ras dari kucing yang berdiri sendiri, melainkan hanya merujuk dari tiga warna yang tersemat di bulunya.

Masih banyak diluar sana yang berpendapat seperti ini, karena kurangnya informasi tentang kucing belang tiga.

Bisa dibuktikan dari banyaknya ras kucing yang memiliki bulu belang tiga seperti anggora, persia dan kucing domestik.

Benarkah kucing belang tiga jantan akan menjadi jawara di lingkungannya?

Jawabannya adalah tidak. Kucing belang tiga jantan saja sulit ditemukan karena kesalahan genetik yang sudah dijelaskan di atas.

Maka dari itu, asumsi-asumsi seperti ini sama sekali tidak mempunyai bukti dasar bahwa kucing belang tiga jantan akan menguasai atau menjadi jawara di lingkungannya.

Apakah ada warna kucing belang tiga lain selain oranye, putih, dan hitam?

Jawaban ini bisa dibilang belum bisa dipastikan. Namun kebanyakan orang yang menyebutkan kucing belang tiga akan merujuk dengan warna kucing oranye, hitam dan putih.

Belum ditemukan warna kucing lain yang berwarna selain ini. Mungkin dari Sobat Pintar pernah menemukan kucing belang tiga dengan warna lain?

Itulah tadi beberapa fakta menarik seputar kucing belang tiga beserta mitos-mitosnya. Ternyata ada banyak banget ya hal unik dari kucing yang satu ini.

Kalau kamu nanti dengar orang bilang kucing belang telon jantan dijual, jangan langsung percaya karena bisa aja itu penipuan!

Terbit: Kamis, 28 Januari 2021, 10:00 WIB
Update pada: Kamis, 11 Maret 2021, 15:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://cats.lovetoknow.com/Male_Calico_Cat
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Calico_cat
  • https://livelongandpawspurr.com/blog/all-about-calico-cats/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar