Hari ini: Selasa, 02 Maret 2021
Kamis, 04 Februari 2021, 10:30 WIB

Banyak yang Hampir Punah, Ini Daftar Kucing Indonesia Asli!

Banyak yang Hampir Punah, Ini Daftar Kucing Indonesia Asli!

daftar kucing indonesia - tekooneko

Tahu enggak kalau Indonesia punya jenis kucing asli? Yuk, disimak daftar kucing Indonesia yang sayangnya pada hampir punah berikut ini

Indonesia punya enggak sih ras kucing yang asli? Atau ternyata jenis-jenis kucing yang sering dipelihara orang itu dari luar negeri semua?

Beberapa ras kucing yang populer di Indonesia antara lain kucing persia, anggora, ragdoll, siam, maine coon, dan lain sebagainya.

Sayangnya, ras-ras kucing tersebut berasal dari luar negeri. Kucing persia dari Iran, kucing anggora dari turki, kucing ragdoll dari Amerika Serikat, dan lain sebagainya.

Lantas, apakah ada ras kucing asli Indonesia? Ternyata ada! Kamu bisa simak daftar kucing Indonesia di bawah ini!

Daftar Kucing Asli Indonesia

Mungkin kamu mengira kalau ras kucing seperti javanese cat atau balinese cat adalah ras kucing asli Indonesia. Ternyata bukan!

Kedua ras tersebut diketahui berasal dari kawasan Amerika Utara, hanya penamaannya saja yang menggunakan nama khas Indonesia.

Lantas, apakah ada kucing yang benar-benar asli dari Indonesia? Ada kok, yuk simak daftarnya di bawah ini!

1. Kucing Raas

Kucing Raas
kucing raas - shopify

Sesuai dengan namanya, kucing raas berasal dari Pulau Raas, Madura, Jawa Timur. Tidak banyak kucing raas yang bisa ditemukan di luar pulau tersebut.

Sebagai kucing yang tinggal di sebuah pulau kecil, kucing raas seolah hidup dalam pengasingan dan jarang mengalami kawin silang dengan ras kucing lain.

Apalagi, kucing ini sangat benci air sehingga tidak mungkin ia berenang untuk mencari kucing lain di seberang pulau.

Fisiknya bisa diketahui dengan matanya yang hijau berbentuk bulat telur dengan tubuh yang besar. Ciri fisik lainnya adalah ekor berujung bengkok, wajah persegi, serta dagu dan telinga berbentuk segitiga.

Warna bulunya kebanyakan seperti kucing Indonesia biasa, walau ada yang memiliki warna hitam gelap dengan kilau biru sehingga membuatnya terlihat menarik untuk dipelihara.

Hanya saja, kucing ini memiliki kepribadian yang kuat dan tidak mudah tunduk pada manusia. Kadang bisa bersifat agresif dan tak jarang berubah menjadi ganas dengan mengeluarkan cakarnya.

Tentu saja banyak penduduk pulau raas yang memelihara kucing ini. Di antara daftar kucing Indonesia yang ada di daftar ini, hanya kucing raas yang telah didomestikasi sehingga bisa dipelihara.

Baca Juga: Mau Punya Kucing Mata Biru? Ini Ras Kucing yang Memilikinya!

2. Kucing Blacan

Kucing Asli Indonesia
kucing blacan - cats bengal

Dikenal juga sebagai Asian Leopard Cat karena corak bulunya mirip macan tutul, kucing blacan merupakan salah satu jenis kucing yang merupakan hewan endemik Indonesia dan tergolong hewan yang dilindungi..

Ada banyak nama lain untuk mereka, seperti macan rembah, kucing kuwuk, kucing congok, dan lain sebagainya. Karena memiliki corak bulu yang indah, mereka sering menjadi incaran pemburu.

Memiliki nama latin prionailurus bengalensis, setidaknya ada tiga jenis kucing blacan yang asli dan masih hidup di Indonesia, yakni javanensis yang tersebar di Jawa dan Bali, sumatranus yang memiliki habitat di Sumatra, serta borneoensis yang hidup di Kalimantan.

Sebagai kucing liar, ukuran tubuh kucing Indonesia terbagus ini tidak terlalu besar bahkan terlihat sama dengan kucing rumahan. Oleh karena itu, mereka sangat jago dalam hal memanjat. Oh iya, beda dengan kucing rumah, mereka juga bisa berenang, loh!

Hewan nokturnal yang satu ini memilih mangsa seperti serangga, burung, tikus, kelinci, hingga ampibi. Kalau dikasih makanan kucing rumahan, mereka mau atau enggak, ya?

3. Kucing Dahan Kalimantan

Kucing Dari Indonesia
kucing dahal kalimantan - square space

Sesuai dengan namanya, kamu bisa menemukan kucing dahan kalimantan di Pulau Kalimantan. Mereka juga bisa ditemukan di Pulau Sumatra.

Kucing Indonesia yang hampir punah ini terkenal dengan sifatnya yang suka menyendiri. Mereka banyak menghabiskan waktu di atas pohon, entah untuk beristirahat ataupun bersembunyi ketika merasakan bahaya.

Ukurannya termasuk sedang dan menjadi hewan pemangsa terbesar di Pulau Kalimantan. Sekilas kucing ini mirip macan tutul, tapi kakinya lebih pendek dengan warna bulu abu-abu kecokelatan.

Salah satu keunikan dari kucing dahan kalimantan adalah panjang ekornya yang bisa sama dengan ukuran tubuhnya.

Taringnya juga termasuk panjang jika dibandingkan dengan spesies kucing lain. Ia memiliki kebiasaan makan yang unik, yakni dengan membersihkan dulu bulu-bulu mangsanya dengan lidah sebelum melahapnya.

Kucing ini juga termasuk hewan yang dilindungi. Pada tahun 2006 kemarin, mereka sudah dikategorikan sebagai hewan yang terancam punah.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG KUCING?
Cari info Kucing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Kucing Merah Kalimantan

Kucing Indonesia
Kucing merah kalimantan - wikimedia

Selanjutnya ada bornean bay cat atau dikenal juga sebagai kucing merah kalimantan. Mereka hanya bisa ditemukan di Kalimantan, loh!

Jika dilihat sekilas, mungkin kamu akan merasa heran karena bentuk kepalanya yang pendek dan bulat seolah tidak proporsional dengan bentuk tubuhnya yang ramping dan panjang.

Kucing Indonesia lucu ini memiliki warna bulu yang didominasi dengan warna merah, membuatnya terlihat begitu eksotis. Tubuh bagian bawahnya berwarna merah pucat sedangkan bagian atasnya cenderung cerah.

5. Kucing Emas Asia

Kucing Asli Indonesia
Kucing emas asia - jakpost

Memiliki nama latin pardofelis temmkinckii, kucing emas asia mendiami hutan di Pulau Sumatra. Keberadaannya termasuk langka sehingga kamu akan kesulitan untuk menemukannya.

Dibandingkan dengan kucing rumah biasa, kucing Indonesia bagus ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar tiga kali lipat dan suara yang berbeda. Kemampuan berburunya juga di atas rata-rata.

Warna bulunya adalah cokelat keemasan, di mana dari sana lah ia mendapatkan namanya. Panjang tubuhnya berkisar antara 66 hingga 106 cm dan panjang ekor antara 40 hingga 57 cm.

Sejak tahun 2008, kucing ini masuk ke dalam daftar International Union for Conservation of Nature (IUCN) karena kerap diburu sehingga populasinya terancam punah.

Itulah tadi beberapa jenis ras kucing Indonesia yang bagus. Masih ada beberapa jenis yang lain, seperti kucing bakau, kucing batu, kucing kepala datar, dan lain sebagainya.

Sayangnya, mayoritas kucing yang ada di daftar tergolong hewan yang dilindungi, sehingga kamu tidak bisa menjadikannya sebagai peliharaan di rumah.

Mana yang jadi favoritmu? Tulis di kolom komentar, ya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://prettylitter.com/blogs/prettylitter-blog/grace-and-personality-a-guide-to-the-raas-cat
  • https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/12/12/jangan-dipelihara-6-jenis-kucing-lucu-endemik-indonesia-ini-ternyata-hampir-punah
  • https://www.kucingklik.com/jenis-kucing-asli-indonesia-yang-patut-dibanggakan/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar