Hari ini: Selasa, 09 Maret 2021
Selasa, 29 Desember 2020, 19:30 WIB

Jangan Asal Kasih, Ini Dia 6 Makanan untuk Kucing Sakit

Jangan Asal Kasih, Ini Dia 6 Makanan untuk Kucing Sakit

Makanan untuk kucing sakit - Petpintar

Makanan menjadi faktor penting untuk menyembuhkan kucing yang sedang sakit. Berikut ini makanan untuk kucing sakit beserta tips cara memberikan makanannya

Sebagai orang yang merawat kucing yang sedang sakit, pasti kamu akan kebingungan ketika kucingmu sedang tidak sehat. Apalagi kamu juga harus memikirkan makanan yang tepat untuk diberikan ketika kucingmu sedang sakit.

Khususnya, ketika kucing kesayanganmu mengidap penyakit seperti diare, hal-hal yang dianggap mudah menjadi lebih sulit, seperti merawat hewan yang satu ini.

Mengingat kucing juga bukan merupakan hewan yang sangat kooperatif ketika membicarakan mengenai pergantian makanan dengan makanan yang tidak biasa mereka makan.

Nah salah satu cara yang tepat untuk memberikan makanan kucingmu sambil menyembuhkan penyakit yang dideritanya, ikuti pilihan makanan ini!

6 Makanan untuk Kucing Sakit yang Tepat Agar Cepat Sembuh

Perut kucing akan menjadi sangat sensitif bila mereka terserang penyakit. Nafsu makan berkurang hingga badan kurus sudah menjadi urutan yang wajar bagi mereka.

Kamu harus cepat tanggap bila hal ini terjadi. Pilihlah makanan untuk kucing sakit yang tepat berikut ini agar mereka bisa kembali sehat seperti semula.

1. Berikan Makanan Bayi

Mungkin kamu akan kebingungan ketika mendengar bahwa salah satu pilihannya adalah memberikan makanan bayi kepada kucingmu.

Namun, banyak orang yang merawat kucing berkata bahwa memberikan makanan bayi akan membawa pengaruh baik kepada kucingmu.

Makanan ini diproduksi dengan cara yang sangat sederhana karena bayi tidak dapat memproses makanan yang terlalu banyak mengandung bahan-bahan berbahaya.

Namun, harus kamu ingat bahwa makanan bayi bukan merupakan pilihan yang tepat untuk jangka waktu yang lama.

Para ahli berpendapat bahwa makanan ini juga mengandung salah satu nutrisi penting bagi kucing, yaitu taurine.

Taurine ini akan membantu kucing peliharanmu dalam proses penyembuhan.

Baca Juga: Jangan Panik, Ini 6 Ciri - Ciri Kucing yang Sakit dari Perubahan Perilakunya Sehari-hari

2. Obat dan Campuran Air Tuna

Makanan Untuk Kucing Sakit
makanan untuk kucing sakit - pets webmd

Jika kamu sudah mengunjungi dokter hewan, ada kemungkinan yang besar bahwa kamu sudah diberikan obat untuk menyembuhkan penyakit yang diidap kucingmu.

Tidak dapat dipungkiri bahwa obat yang sudah diberikan oleh dokter hewan akan membawa keajaiban pada kesembuhan kucingmu.

Namun, hal ini bisa terjadi jika kucingmu mengkonsumsi obat tersebut. Hal yang perlu diingat adalah obat yang diberikan terkadang mempunyai rasa dan bentuk tidak sesuai dengan apa yang kucingmu mau.

Salah satu cara yang tepat adalah memberikan air tuna kemasan kaleng yang dicampur bersamaan dengan obat yang sudah diberikan. Hal ini dilakukan untuk menyembunyikan rasa asli dari obat tersebut.

Hanya saja, kamu perlu mengingat untuk tidak memberikan ikan tuna yang ada pada kaleng tersebut. Karena, ikan tuna ini akan menghambat penyembuhan pada kucingmu ketika diberikan bersamaan dengan obat yang sudah dimakan oleh hewan peliharaanmu ini.

3. Makanan Klasik untuk Kucingmu

Kamu mungkin akan tahu kalau makanan kucing dan anjing sangat berbeda satu sama lain. Namun, kedua binatang ini memiliki makanan yang sama ketika mereka sakit.

Untuk kamu yang belum tahu, nasi dan ayam adalah dua kombinasi makanan yang dipercaya ampuh untuk diberikan kepada kucingmu yang sedang sakit.

Para ahli percaya bahwa selain rasanya yang dapat diterima oleh lidah kucing, campuran dari nasi dan ayam memiliki nutrisi yang lengkap bagi kucing. Memang campuran antara ayam dan nasi tidak memiliki rasa yang terlalu lengkap dibandingkan dengan ikan tuna.

Namun, jika kamu ingin memberikan kesehatan dan makan yang tepat untuk hewanmu yang sakit, pilihlah makanan ini sebagai penyembuh.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG KUCING?
Cari info Kucing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Pasta dan Daging Cincang

Untuk campuran makanan yang satu ini akan sedikit berbeda dengan campuran nasi dan ayam. Jika nasi dan ayam sudah tidak mempan untuk diberikan kepada kucingmu yang sedang sakit dan dianggap terlalu biasa, kamu dapat memilih pasta dan daging cincang sebagai pilihan yang lain.

Untuk manusia, campuran pasta dan daging cincang mungkin bukan sesuatu yang normal untuk dimasukkan ke dalam piring.

Bagi kucing, pasta dan daging cincang memiliki nutrisi yang hampir mirip dengan campuran nasi dan ayam.

Hal yang perlu kamu ingat adalah cara untuk memasak pasta dan daging cincang ini. Masaklah terlebih dahulu kedua makanan tersebut sebelum mencampurkannya. Untuk daging cincang, pastikan kamu merebusnya, bukan menggorengnya.

Daging cincang yang digoreng dapat melukai perut kucingmu yang sedang sakit. Orang yang mempunyai hewan kucing pun berpendapat bahwa makanan ini sangat cocok untuk diberikan.

5. Campuran Makanan dalam Bentuk Cair

Makanan Untuk Kucing Yang Sedang Sakit
Campuran makanan untuk kucing sakit - the spruce pets

Nah, bentuk dan jenis makanan untuk kucing sakit lainnya adalah memberikannya dalam bentuk cair. Ketika kamu sakit, pasti kamu akan memilih untuk mengkonsumsi makanan dalam bentuk sup, kan? Hal ini juga berlaku kepada hewan peliharan kucingmu.

Salah satu sup yang dapat diberikan kepada kucing peliharaanmu adalah Sup ayam, Sup ini dipercaya mempunyai banyak nutrisi yang dialirkan kepada perut kucing sambil menenangkan perutnya. Resep untuk membuat sup ayam ini pun bisa dibilang sangat sederhana.

Ambil sekitar seperempat kaldu ayam sambil mencampurkan ragi dan obat yang sudah diberikan oleh dokter hewanmu. Campurkan bahan tersebut dengan air dan jus tomat dan biarkan mendidih untuk beberapa saat.

Pastikan juga untuk tidak memberikan sup ayam yang masih mendidih kepada kucingmu.

Baca Juga: Mata Kucingmu Terlihat Sakit? Ini Cara Mengobati Kucing Sakit Mata yang Aman!

6. Bunga Dandelion

Jangan kaget ketika temanmu menyarankan untuk memberikan bunga dandelion kepada kucingmu yang sedang sakit. Untuk kamu yang belum tahu, bunga dandelion disinyalir sebagai makanan super untuk kucingmu.

Para ahli berpendapat bahwa bunga dandelion mengandung nutrisi untuk menyembuhkan alergi dan memberikan pencernaan yang baik kepada kucingmu.

Caranya pun mudah sangat mudah dalam memberikan bunga dandelion ini. Kamu hanya perlu memotong kecil-kecil bunga dandelion, cuci bersih bunga tersebut, dan selanjutnya keringkan hingga tidak ada sisa air dalam bunga tersebut.

Namun sebelum kamu yakin untuk memberikan bunga dandelion ini, pastikan kalau kucingmu yang sedang sakit ini tidak mempunyai alergi terhadap bunga dandelion.

Cara Memberi Makan Kucing Sakit

Cara Memberi Makan Kucing Sakit
cara memberi makan kucing sakit - inside pets

Jika kamu sudah memilih makanan kucing sakit yang ada di atas, kamu juga perlu mengetahui cara memberikan makanan kucing kepada kucing yang sedang sakit.

Kucing yang sedang sakit memang agak sulit untuk diberikan makanan, maka dari itu kita sebagai pemiliknya harus membujuknya tetap makan supaya kucing bisa mendapatkan energi tambahan dan pulih kembali.

1. Memberikan Makanan Kucing dengan Makanan Basah yang Lembut dan Berair

Cara paling mudah yang pertama adalah dengan cara memancingnya dengan menggunakan makanan kucing basah.Kenapa harus kamu lakukan dengan makanan kucing basah? Karena kucing cenderung suka dengan aroma makanan basah ketimbang yang kering.

Aroma yang tajam akan menggugah selera makan mereka. Supaya lebih menarik, pilih makanan basah dengan varian yang disukai oleh kucingmu.

Coba dekatkan ke hidungnya, jika ia tertarik maka biasanya dia akan memakan sendiri makanan tersebut pada wadahnya

2. Gunakan Spuit Untuk Memberi Makan Kucing Secara Paksa

Cara kedua adalah cara agak sedikit memaksa kucing untuk mengkonsumsi makanan. Hal ini harus dilakukan karena kalau tidak, maka kondisi badan kucing akan selalu menurun.

Kamu bisa mendapatkan Spuit ini di apotek terdekat. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan supaya saat kucing tidak berontak, tanganmu tidak terluka karena cakarannya.

Saat kamu menggunakan spuit, kamu harus menyiapkan makanan basah yang lembut. Mungkin bisa kamu belikan makanan basah khusus kitten sehingga kamu bisa dengan mudah memasukkannya ke dalam spuit.

Siapkan juga tisu atau lap untuk membersihkan mulut kucing dari tumpahan makanan tadi.

Itu dia 6 jenis makanan untuk kucing sakit yang dapat membuat mereka sembuh dengan cepat atau perlahan sesuai dengan kondisi penyakit yang mereka idap.

Jangan lupa pelajari juga cara memberi makan kucing yang sedang sakit agar ia tetap makan. Poin penting dari artikel ini adalah tidak semua jenis makanan kucing sehat tidak bisa diberikan kepada kucing.

Perlu ada sedikit kombinasi antara satu makanan dengan makanan lainnya, agar perut kucing yang sensitif tidak merasa mual, dan nyaman untuk mengolah makanan yang masuk sebagai metode penyembuhan.

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Kamis, 17 September 2020, 16:00 WIB
Update pada: Selasa, 29 Desember 2020, 19:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://pets.webmd.com/feed-pets-17/slideshow-people-foods-cats-can-eat
  • https://www.alphapaw.com/blogs/nutrition/the-benefits-of-dandelion-leaf-for-cats
  • https://www.goldenmaze.net/cara-memberi-makan-kucing-sakit/
  • https://www.petpact.com/cat/food-for-sick-cats/
  • https://www.today.com/pets/6-best-cat-foods-buy-now-t148894
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar