Hari ini: Sabtu, 27 Februari 2021
Jumat, 15 Januari 2021, 16:00 WIB

Jangan Terburu-buru! Ini Waktu Tepat untuk Memandikan Anak Kucing Setelah Lahir 

Jangan Terburu-buru! Ini Waktu Tepat untuk Memandikan Anak Kucing Setelah Lahir 

Kapan anak kucing boleh dimandikan - square space

Sebaiknya kapan anak kucing boleh dimandikan? Dan bagaimana cara memandikan anak kucing yang baik dan benar? Untuk selengkapnya, cek ulasan berikut ini!

Sudah menjadi rahasia umum kalau kucing sangat membenci air. Hal ini sudah tentu membuat aktivitas mandi menjadi salah satu hal yang paling menakutkan baginya.

Perilaku kucing dewasa yang tidak menyukai air, mungkin membuat sebagian dari Sobat Pintar menarik kesimpulan bahwa hal yang sama juga akan terjadi pada anak kucing.

Namun sebenarnya memperkenalkan aktivitas mandi sedini mungkin bisa membuat kucing menjadi tidak berontak saat hendak kamu hendak membersihkannya di masa mendatang, lho.

Lantas yang menjadi pertanyaan, kapan kucing boleh dimandikan setelah lahir? Lalu bagaimanakah langkah memandikannya secara mudah, aman, dan nyaman?

Untuk menjawab pertanyaanmu ini, PetPi sudah merangkumnya secara lengkap pada artikel berikut ini.

Bolehkah Memandikan Anak Kucing yang Baru Dilahirkan?

Kapan Anak Kucing Boleh Dimandikan?
anak kucing boleh dimandikan? - the spruce pets

Pada masa-masa awal kehidupannya setelah lahir, membersihkan anak kucing dengan cara memandikannya bukanlah sesuai yang diperlukan.

Hal ini dikarenakan induk kucing yang masih menyusui dan merawat anaknya akan secara kucing melakukan grooming dengan cara menjilati tubuh anak kucing yang kotor.

Bahkan jika anak kucing belum genap berusia 2 minggu pun, kamu belum boleh menyentuhnya karena terlalu sensitif sekaligus induk kucing akan ekstra protektif pada anaknya.

Namun di samping itu, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga kebersihan anak kucing dan induknya, seperti:

  • Pastikan kondisi lingkungan di sekitar kandang kucing dalam kondisi bersih, higienis, dan minim gangguan;
  • Sediakan makanan dan minuman secara rutin dan jangan lupa untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang mungkin tercecer di sekitarnya; dan
  • Jika melihat anak kucing dalam keadaan kotor, kamu bisa menggunakan dengan kain lembut atau kapas untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel.

Kapan Induk dan Anak Kucing Boleh Dimandikan Setelah Melahirkan?

Kapan Anak Kucing Boleh Dimandikan?
kapan anak kucing boleh dimandikan? - cloud front

Lantas, kapan anak kucing boleh dimandikan? Melansir pernyataan Animal Compassion Network pada laman TheNest.com, anak kucing boleh dimandikan saat berusia 8 minggu atau sekitar 2 bulan.

Anak kucing umur 2 bulan setidaknya sudah memiliki lemak tubuh dan ketahanan yang cukup baik saat menerima perubahan suhu saat harus kontak dengan air.

Saat belum sesuai umurnya, mungkin anak kucing akan berontak saat terkena air hangat. Sebaliknya saat terkena air dingin, anak kucing akan menggigil dan lebih rentan terserang penyakit.

Dr. Liz Bales, dokter hewan sekaligus founder Feline Environmental Enrichment Design Company seperti dilansir pada laman PetMD.com berpendapat perlu menyeimbangkan antara kebutuhan mandi pada anak kucing dengan tingkat kerentanannya.

Hal terpenting adalah selalu menjaga kondisi anak kucing bersih dan kering. Maka penting berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mengetahui cara memandikan anak kucing yang aman dan nyaman.

Sementara itu, kapan kucing boleh dimandikan setelah melahirkan? Menurut berbagai sumber, induk kucing yang baru melahirkan sebaiknya tidak boleh dimandikan.

Walaupun mereka terlihat kotor dan menimbulkan bau tak sedap, namun memandikan induk kucing ternyata berbahaya bagi anak-anak mereka.

Kucing stres dan suhu tubuh yang menurun setelah melahirkan, rentan membuat induk sakit dan berdampak pada kesehatan anak kucing.

Selain itu memandikan kucing setelah melahirkan juga akan membuat anak kucing kesulitan mengenali bau induknya, lho.

Jika memang induk kucing kesulitan melakukan self-grooming, Sobat Pintar bisa membersihkannya sedikit dengan menggunakan tisu basah tanpa parfum atau pewangi, ya.

Membersihkan area sekitar kandang induk dan anak kucing juga bisa meminimalisir kesan kotor dan bau tidak sedap yang ditimbulkan oleh kucing yang baru melahirkan.

Begini Metode Memandikan Anak Kucing dengan Aman dan Nyaman

Cara Memandikan Anak Kucing
cara memandikan anak kucing - newsapi

Kucing berumur 2 bulan cenderung memiliki perilaku sangat aktif dan suka menjelajahi lingkungan di sekitarnya. Maka penting untuk rutin memperhatikan kebersihan mereka, lho.

Memandikan kucing dengan metode yang tepat dan aman bisa membuat mereka terhindar dari beberapa masalah kesehatan, salah satunya adalah kucing kutuan yang rentan di umurnya.

Nah, beberapa cara memandikan anak kucing umur 2 bulan yang PetPi sarankan adalah sebagai berikut.

  • Perhatikan kondisi anak kucing terlebih dulu. Hal ini untuk memastikan bahwa kondisi anak kucing sedang sehat sempurna, sehingga kamu tidak terlalu khawatir saat memandikannya.
  • Persiapkan segala kebutuhan untuk memandikan anak kucing, seperti wadah ember atau wastafel, air hangat, shampo kucing, handuk, dan hair dryer.
  • Gunakan shampo khusus anak kucing dengan komposisi yang ringan dan tidak membuat kulitnya tidak mudah teriritasi. Sebagai alternatif kamu bisa menggunakan shampo bayi.
  • Waktu memandikan kucing yang banyak direkomendasikan, yakni sekitar pukul 10.00 pagi hingga 16.00 sore. Keduanya merupakan jam yang tepat untuk memandikan kucing karena suhu udara hangat, terutama saat cuaca cerah dengan sinar matahari yang cukup.
  • Ajaklah anak kucing bermain sebelum mandi agar membuatnya merasa nyaman dan meminimalisir stres.
  • Potong kuku anak kucing untuk mencegahnya melukaimu apabila berontak. Sisir juga bulu anak kucing untuk mengangkat jaringan bulu mati terlebih dulu.
  • Posisikan anak kucing agar nyaman dalam genggamanmu dan mulai bilas tubuh anak kucing perlahan dari leher hingga ekor.
  • Hindari kontak air pada mata, hidung, mulut, dan telinga karena bagian ini cenderung sensitif.
  • Usapkan shampo kucing yang sudah dicampur dengan air secara merata pada bagian tubuhnya dengan memberikan pijatan lembut untuk mengangkat kotoran.
  • Kalau sudah dirasa bersih, kamu bisa membilasnya secara perlahan dengan air. Lakukan kurang lebih sebanyak 3 kali hingga semua kotoran dan sisa shampo sudah bersih.
  • Untuk membersihkan bagian mata, hidung, telinga, dan mulut gunakan lap basah yang sudah diperas dan usapkan secara lembut pada bagian yang kotor.
  • Keringkan tubuh anak kucing dengan handuk yang bermaterial lembut. Untuk anak kucing dengan bulu tebal, bisa gunakan bantuan hair dryer dengan tingkat panas paling kecil.
  • Beri hadiah setelah mandi untuk menstimulasi kucing agar menjadikan aktivitas mandi merupakan suatu hal yang menyenangkan.
  • Pastikan segala proses memandikan anak kucing di atas dilakukan dalam waktu relatif singkat atau tidak lebih dari 5 menit saja.

Berapa Kali Kucing Dimandikan?

Berapa Kali Kucing Boleh Dimandikan?
berapa kali kucing boleh dimandikan? - catspro

Melansir laman TheSprucePets.com, sebaiknya frekuensi anak kucing dan kucing dewasa dimandikan adalah sekitar 4-6 minggu sekali.

Terlalu sering memandikan kucing dapat menyebabkan kulitnya kering. Untuk ras kucing berbulu panjang, mungkin butuh perhatian lebih dibanding mereka yang berbulu pendek.

Mereka akan lebih sering dimandikan untuk tetap menjaga kualitas bulu agar tidak cepat kotor dan kusut, yang mana hal ini dapat berpengaruh pada penampilan mereka.

Demikianlah ulasan PetPi yang sudah dirangkum dari berbagai sumber. Semoga menjawab rasa penasaran kamu mengenai kapan kucing boleh dimandikan dan cara untuk melakukannya.

Tentu pada masa-masa awal pertumbuhan, tentunya cara merawat anak kucing akan menghabiskan lebih banyak waktu dan perhatianmu.

Namun dengan begitu mungkin kamu akan terbantu di masa mendatang, di mana kucing akan jadi lebih penurut dan mudah untuk kamu pelihara. Selamat mencoba, ya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Senin, 26 Oktober 2020, 10:00 WIB
Update pada: Jumat, 15 Januari 2021, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://pets.thenest.com/can-start-bathing-kitten-12087.html
  • https://thecatsite.com/threads/is-is-ok-to-bath-my-cat-after-giving-birth-6-days-ago.257984/
  • https://www.hillspet.com/cat-care/behavior-appearance/why-do-cats-hate-water
  • https://www.petmd.com/cat/slideshows/how-bathe-kitten
  • https://www.thesprucepets.com/cat-bath-advice-553938
  • https://www.thesprucepets.com/how-to-bathe-a-kitten-4178383

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar