Hari ini: Minggu, 17 Oktober 2021
Senin, 20 September 2021, 10:00 WIB

Awas Jamuran, Ini 4 Cara Mengeringkan Bulu Kucing Yang Benar

Awas Jamuran, Ini 4 Cara Mengeringkan Bulu Kucing Yang Benar

cara mengeringkan bulu kucing - the spruce pets

Cara mengeringkan bulu kucing harus dilakukan dengan benar, sehingga kucing tidak kedinginan dan terhindar dari berbagai penyakit. Berikut panduannya

Sobat Pintar, apakah biasanya kamu sendiri yang memandikan kucing peliharaan atau menggunakan jasa grooming?

Kucing memang termasuk jenis hewan berbulu yang harus rutin dibersihkan, sehingga mereka dapat terhindar dari berbagai macam risiko penyakit menular. Selain itu, tubuh kucing yang kotor dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

Jangan mentang-mentang kamu tahu bahwa hewan ini bisa memandikan dirinya sendiri sehingga mengabaikan kebersihan kucing. Setidaknya kucing harus dimandikan 4-6 minggu sekali supaya bulunya tidak kusut dan tetap sehat.

Setelah mandi, pastikan untuk segera mengeringkan bulunya agar kucing tidak merasa kedinginan. Kamu dapat mengeringkan bulu kucing dengan atau tanpa hair dryer dan blower. Simak informasi berikut tentang cara mengeringkan bulu kucing yang benar setelah mandi.

Baru Selesai Memandikan Kucing? Keringkan Bulunya dengan Cara Ini

Cara Mengeringkan Bulu Kucing
cara mengeringkan bulu kucing - abc

Banyak sekali pertanyaan dari para pemilik kucing yang belum berpengalaman memandikan hewan peliharaannya sendiri. Pertanyaan tersebut biasanya berkaitan tips memandikan kucing serta cara yang benar dalam mengeringkan bulu kucing setelah mandi.

Ketika membersihkan hewan tersebut, kamu harus melakukannya dengan lembut dan sabar. Dan ini merupakan bentuk tanggung jawab sebagai pemilik yang harus merawat dan menjaga kebersihan kucing kesayangan.

Biasanya ada beberapa alasan kenapa orang lebih memilih memandikan kucingnya sendiri. Bisa karena menghemat pengeluaran, karena ingin memastikan sendiri kebersihan si kucing, sulit mendapatkan jasa grooming, kucing tiba-tiba kena kotoran yang harus segera dimandikan saat itu juga dan alasan lainnya.

Tapi jika dimandikan sendiri, apakah kamu sudah punya alat pengering seperti blower atau hair dryer? Tentu tidak semua orang punya alat tersebut, sehingga banyak yang membiarkan bulu kucing dengan sendirinya.

Namun apakah hal tersebut aman? Tentu tidak, karena kucing dapat merasa kedinginan dan bisa sakit flu kalau bulunya tidak segera dikeringkan. Bahkan menurut pernyataan dokter hewan, sebaiknya kucing terutama yang berbulu panjang harus dikeringkan dengan blower setelah mandi.

Pastikan kucing benar-benar kering supaya terbebas dari potensi jamur. Mengeringkan kucing tanpa alat pengering hanya boleh dilakukan saat keadaan darurat saja, karena mau bagaimana lagi kalau kucing sudah kotor harus segera dimandikan.

Berikut ini adalah beberapa cara mengeringkan bulu kucing dengan atau tanpa hairdryer dan blower dengan mudah.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Menggunakan Handuk Besar

Gunakan handuk besar untuk membungkus tubuh kucing setelah mandi. Kalau bisa handuk yang digunakan memiliki daya serap air lebih tinggi daripada handuk biasa.

Kemudian letakkan mereka di tempat yang terkena sinar matahari langsung supaya cepat kering.

Kamu dapat membuka handuknya dan memasukkan kucing ke kandang. Kemudian bawa berjemur selama 1 jam paling maksimal.

Jika matahari terlalu terik, kamu dapat meletakkan kandang kucing di bawah pepohonan atau memberikan pelindung seperti payung.

Hindari memandikan kucing saat cuaca dingin, mendung dan hujan apabila kamu tidak memiliki blower atau hairdryer.

Kucing yang bulunya tidak segera dikeringkan akan merasa kedinginan setelah mandi, meskipun kamu menggunakan air hangat. Kecuali kamu memiliki ruangan penghangat maupun perapian.

2. Memakai Tisu Basah Khusus Kucing

Ini merupakan cara alternatif untuk mempercepat bulu kucing kering karena cara kerja alat ini tidak memerlukan air.

Gunakan tisu basah khusus kucing pada bagian yang kotor saja, serta jangan yang biasa dipakai manusia karena bisa jadi tidak cocok untuknya.

Peralatan ini tersedia di toko atau klinik hewan, dan memang didesain untuk memandikan atau membersihkan kucing tanpa air.

Selain itu, alat ini bisa digunakan untuk membersihkan kucing yang kotor sehabis main dengan cepat dan praktis tanpa perlu memandikannya.

3. Menggunakan Hair Dryer

Penggunaan hairdryer sangat bermanfaat terutama untuk para pemilik kucing berbulu panjang. Alat ini dapat membantu kamu mengeringkan bulu si kucing dengan cepat.

Gunakan hair dryer setelah kucing mandi, karena jika tidak benar-benar kering bulunya maka itu bisa memicu timbulnya jamur kulit.

Cari hair dryer dengan suara tidak terlalu kencang, kalau tidak mereka tidak tahan dengan suaranya.

Cara mengeringkan bulu kucing dengan hair dryer atau pengering rambut yang pertama adalah kamu dapat menggunakan handuk besar terlebih dahulu, baru kemudian masukan dalam kandang.

Kemudian nyalakan hairdryer degan panas medium di atasnya dan arahkan pada kucing. Saat awal-awal memang kucing akan sedikit menghindar karena kaget dengan suara alat tersebut, tapi karena ruang geraknya yang terbatas maka lebih mudah untuk Anda mengeringkannya di kandang.

Jaga jarak aman antara kucing dengan hair dryer, jangan terlalu jauh atau dekat.

4. Mengeringkan dengan Blower

Kamu memang memerlukan berbagai peralatan untuk grooming kucing, salah satunya blower. Alat ini fungsinya sama dengan hairdryer, hanya saja ukurannya lebih besar dan lebih kencang udara yang ditiupkan.

Blower dapat mengeringkan bulu kucing dengan maksimal dalam waktu singkat. Karena seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kamu tidak boleh membiarkan kucing merasa kedinginan setelah mandi.

Ada beberapa merk blower untuk kucing yang bagus, hanya saja harganya cukup mahal.

Cara mengeringkan bulu kucing dengan blower pun cukup mudah dan hampir sama dengan hair dryer, kamu hanya perlu memasukkan si meong tersebut ke kandang lalu tinggal nyalakan saja alat tersebut.

Namun, perhatikan kekuatan angin blower tersebut dengan ukuran kucing kamu, ya. Karena jika tidak, bisa saja ia masuk angin dan stres karenanya.

Jangan Biarkan Bulu Kucing Kotor, Segera Bersihkan dan Keringkan!

Cara Mengeringkan Bulu Kucing Setelah Mandi
cara mengeringkan bulu kucing setelah mandi - pet place

Bagi kamu yang memelihara kucing di rumah, sangat penting memastikan hewan tersebut dalam keadaan bersih dan kering. Terutama untuk kucing berbulu panjang, jangan biarkan terlalu kotor karena dapat jadi sumber penyakit.

Dalam bulu kucing, terkandung bakteri atau parasit yang menyebabkan terjadinya berbagai penyakit, seperti toksoplasmosis, jamur, hingga kurap.

Setelah dibersihkan juga kamu harus segera mengeringkan nya supaya kucing tidak kedinginan. Bulu kucing basah berpotensi menimbulkan berbagai penyakit, contohnya flu dan infeksi jamur.

Tidak mau bukan, kucing kesayangan kamu jadi sakit-sakitan dan terlihat tidak menarik lagi?

Nah, demikian informasi dari kami tentang cara mengeringkan bulu kucing setelah mandi.

Di atas sudah dijelaskan beberapa cara mengeringkan bulu kucing dengan berbagai peralatan, mulai dari handuk, blower, sampai hair dryer dengan lengkap. Semoga bermanfaat bagi para Sobat Pintar. Selamat mencoba.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://djawcathouse.blogspot.com/2015/10/mengenalkan-hair-dryer-pada-kucing.html
  • https://fanicat.com/cara-mengeringkan-kucing-tanpa-hairdryer/
  • https://rumahbudidaya.co.id/cara-memandikan-kucing-tanpa-hairdryer/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar