Hari ini: Senin, 08 Maret 2021
Kamis, 25 Februari 2021, 11:00 WIB

10 Makanan Kucing Persia Terbaik Biar Bulunya Lebat, Jangan Salah Kasih!

10 Makanan Kucing Persia Terbaik Biar Bulunya Lebat, Jangan Salah Kasih!

makanan kucing persia - meow lifestyle

Ingin kucing persiamu punya bulu yang lebat? Jangan khawatir, ini daftar makanan kucing persia terbaik dan cara memberikan makanannya yang tepat

Tertarik untuk pelihara kucing persia karena suka sama bulu lebatnya? Boleh-boleh aja, tapi kamu harus ingat kalau kucing persia enggak boleh dikasih makan sembarangan!

Kucing persia merupakan kucing yang suka beristirahat dan bersantai, cocok untuk kamu yang enggak terlalu suka sama kucing yang aktif.

Biasanya, kucing persia hidup sekitar 8-11 tahun, tergantung bagaimana kamu merawatnya. Menentukan makanan yang tepat juga termasuk, loh!

Oleh karena itu, kamu wajib tahu apa aja makanan kucing persia terbaik dan makanan apa aja yang enggak boleh dimakan sama dia!

Makanan Organik Terbaik untuk Kucing Persia

Makanan Organik Terbaik Untuk Kucing Persia
makanan organik terbaik untuk kucing persia - the spruce pets

Di petshop terdekat, kamu bisa menemukan dengan mudah makanan kucing persia dengan harga yang relatif terjangkau.

Tapi kalau kamu maunya ngasih makanan kucing persia buatan sendiri, ada beberapa jenis makanan yang bisa kamu berikan dengan kadar secukupnya. Apa aja?

1. Daging

Sebagai hewan karnivora, kucing persia harus makan daging untuk sekadar bertahan hidup. Mereka butuh protein dalam jumlah yang tinggi dalam makanan mereka.

Beberapa jenis daging yang bisa kamu berikan antara lain daging ayam, salmon, kalkun, sapi, ataupun kelinci.

Sebaiknya daging yang kamu berikan sudah matang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti munculnya penyakit pencernaan.

Baca Juga: Ingin Tahu Cara Merawat Kucing Persia? Ikuti 7 Langkah Mudah Ini!

2. Buah dan Sayur

Walaupun kucing persia merupakan hewan karnivora, bukan berarti dia enggak boleh makan buah dan sayur.

Buah seperti apel, pisang, labu, blewah, hingga blueberry memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan kucing, terutama vitamin.

Bahkan ada yang memberi kucing persia bayam karena kaya akan zat besi dan kalsium. Tentu dibutuhkan mode pengolahan khusus agar kucing persiamu doyan makan buah dan sayur ini.

3. Gandum dan Oat

Mungkin kucingmu tidak menyukai rasa gandum dan oat. Padahal, jenis makanan ini termasuk aman dan sehat untuk konsumsi mereka sehari-hari.

Makanan-makanan ini mengandung vitamin B yang kaya dan bisa menjadi sumber energi yang bagus untuk si kucing.

Hanya saja, menemukan gandum dan oat di Indonesia mungkin tidak semudah di luar negeri, sehingga jarang terdengar pemilik kucing membuat racikan makanan kucing buatan sendiri dari bahan-bahan ini.

Merek Makanan Terbaik untuk Kucing Persia

Makanan organik memang bagus untuk kucing persia. Akan tetapi, kamu harus membatasi jumlah yang kamu berikan karena bisa menambah berat badannya. Ujung-ujungnya, kucingmu akan mengalami masalah kesehatan.

Sebaiknya kamu tetap mengandalkan makanan kucing komersial karena makanan tersebut mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan sama kucing.

Nah, ini ada beberapa rekomendasi merek makanan untuk kucing persiamu. Apa aja?

INGIN LEBIH TAHU TENTANG KUCING?
Cari info Kucing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

1. Royal Canin Persian

Royal Canin Persian
Royal canin persian - shopee

Merek makanan kucing persia yang pertama adalah Royal Canin Persian yang memiliki beberapa kelebihan, seperti membuat bulu kucing menjadi panjang dan sehat, mengurangi gumpalan bulu (hairball), dan membantu kinerja pencernaan.

Seperti yang mungkin sudah kamu tahu, kucing persia kerap memuntahkan hairball karena bulunya yang lebat. Nah, merek ini memiliki beberapa nutrisi yang dibutuhkan kucing agar pelindung luar kulitnya memiliki daya tahan yang tangguh sehingga risiko hairball dapat dikurangi.

Selain itu, Royal Canin Persian juga memiliki asupan protein yang gampang dicerna (L.I.P), prebiotik, dan asam lemak omega 3 & 6. Selain untuk kucing persia dewasa, merek ini juga menyediakan makanan kucing Persia umur 2 bulan.

Harga:

Royal Canin Adult Persian: Rp19.900 (85gr), Rp79.000 (400gr), Rp282.600 (2kg), Rp516.000 (4kg)

Royal Canin Kitten Persian: Rp80.000 (400gr), Rp 301.500 (2kg)

2. Cleo Persian Cat Food

Makanan Kucing Persia Terbaik
Cleo persian cat food - shopee

Kalau kamu ingin kucing persiamu mengonsumsi makanan laut, Cleo Persian Cat Food bisa menjadi pilihan yang menarik. Merek ini dibuat khusus untuk kucing persia dengan protein pendukung otot.

Cleo Persian Cat Food juga mengandung Omega 3 & 6 yang sangat penting untuk kesehatan kulit dan bulunya dan Taurin & Vitamin A untuk kesehatan mata dan jantungnya.

Adanya serat alami dari oatgrass berperan sebagai anti hairball formula dan akan membuat kesehatan pencernaannya aman terkendali. Ada dua varian bobot yang bisa kamu pilih, antara 1.2kg dan 7kg.

Harga: Rp67.500 (1.2kg), Rp346.500 (7kg)

Baca Juga: Perbedaan Kucing Persia dan Anggora, Mulai Ciri Fisik, Tingkah Laku, dan Harganya

3. Me-O Persian Dry Food

Makanan Kucing Persia Paling Bagus
Me-O Persian dr food - wcs store

Hampir semua makanan kucing persia mengandung nutrisi yang mencegahnya mengalami hairball yang terlalu sering. Me-O Persian Dry Food juga termasuk salah satu di antaranya.

Makanan ini mengandung serat khusus yang mengurangi risiko penggumpalan bulu sekaligus menjaga kesehatan saluran pencernaannya. Formula yang dikembangkan juga mencegah risiko FLUTD atau dikenal juga sebagai penyakit saluran kemih bawah pada kucing.

Selain kaya akan vitamin, Me-O Persian Dry Food juga mengandung taurin, Omega 3 & 6, kalsium, serta fosfor yang akan membuat kucingmu sehat. Kandungannya juga rendah sodium yang membantu menurunkan risiko darah tinggi, penyakit ginjal, dan jantung.

Harga: Rp68.000 (1.1kg), Rp265.000 (7kg)

4. Iskhan Cat Grain Free Persian

Ishkan Cat Grain Free Persian
Ishkan Cat grain free persian - ishkan

Dibuat khusus untuk ras kucing persia, Iskhan Cat Grain Free Persian memiliki bentuk kibble yang mudah diambil dan dikunyah oleh kucing. Nutrisinya bisa dibilang lengkap dan seimbang, serta memiliki palatabilitas tinggi.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh makanan ini, seperti memiliki komposisi grain free alias bebas dari bahan biji-bijian yang bisa berbahaya untuk kucing dan bebas dari bahan babi. Adanya probiotik dan selulosa yang dimurnikan akan mencegah terjadinya hairball.

Selain itu, makanan ini akan memberikan perlindungan terhadap penyakit FLUTD, menjaga kesehatan tulang dan sendi. Urin kucing juga akan terjaga pada kondisi pH optimal.

Harga: Rp250.000 - Rp300.000 (2.5kg)

5. Nature’s Protection Persian

Makanan Kucing Persia Paling Enak
Nature's protection persian - tokopedia

Mau rekomendasi makanan kucing persia yang bagus untuk bulu? Kamu bisa pilih Nature’s Protection Persian yang satu ini karena mengandung sejumlah sumber protein dan lemak laut yang bagus untuk bulu kucing.

Makanan ini juga mampu merangsang kesehatan usus dan mengoptimalkan penyerapan nutrisi. Adanya serat khusus mampu menangkap bulu di perut dan mengeluarkannya dengan aman melalui saluran usus.

Selain itu, bentuk dan ukuran makanan kucing persia medium ini juga sudah dirancang khusus agar memudahkan mereka untuk mengonsumsinya.

Harga: Rp70.000 (400gr), Rp240.000 (2kg), Rp570.000 (7kg)

6. Pureluxe Elite Nutrition for Persian Cats

Makanan Persia Paling Bergizi
Pureluxe elite nutrition for persian cats - tokopedia

Terbuat dari ikan salmon, Pureluxe Elite Nutrition fo Persian Cats ini cocok untuk kucing persia, baik yang masih anak-anak maupun sudah dewasa. Pakan ini dijamin 100% bebas dari biji-bijian seperti jagung, kedelai, gandum, pewarna buatan, pengawet, dan lain sebagainya.

Kandungan gizi yang dimiliki antara lain Taurin yang menjaga kesehatan jantung dan probiotik aktif untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, makanan ini juga mengandung asam lemak esensial yang dicampur dengan serat berkualitas tinggi.

Kamu bisa memilih tiga varian ukuran sesuai dengan kebutuhan, yakni 400gr, 1.5kg, dan 5kg.

Harga: Rp75.000 (400gr), Rp262.500 (1.5kg), Rp672.000 (5kg)

Baca Juga: Mau Punya Kucing Mata Biru? Ini Ras Kucing yang Memilikinya!

7. Whiskas

Makanan Untuk Kucing Persia
whiskas - rupa rupa

Rekomendasi makanan kucing untuk jenis ras persia yang terakhir adalah Whiskas. Meskipun Whiskas tidak memiliki jenis makanan yang dikhususkan untuk kucing persia, pakan ini tetap direkomendasikan untuk kucingmu.

Makanan kucing persia murah ini memiliki banyak varian rasa dan kamu bebas memberikan yang mana sesuai dengan selera kucingmu. Untuk pemberiannya sendiri, disarankan tiga kali sehari.

Kamu bisa memberikan Whiskas Pouch untuk sarapan dan makanan malamnya, sedangkan untuk makan siangnya kamu bisa memberikan dry food yang memiliki nutrisi untuk membantu kucing membersihkan dan merawat giginya.

Harga:

Whiskas Pouch: Rp7.000

Whiskas Dry Food: Rp36.000 (480gr), Rp65.000 (1.2kg)

Makanan yang Harus Dihindari untuk Kucing Persia

Selain tahu apa saja makanan yang direkomendasikan buat kucing persia, kamu juga harus tahu makanan apa aja yang enggak boleh dimakan sama mereka.

Contohnya adalah cokelat. Sudah jadi rahasia umum kalau cokelat berbahaya untuk anjing, tapi banyak yang belum tahu kalau cokelat juga sama berbahayanya untuk kucin karena bisa memicu muntah dan diare.

Makanan yang mengandung kafein, susu, dan alkohol juga harus dihindari. Makanan lain yang sebaiknya tidak diberikan untuk kucing persiamu adalah anggur, kismis, bawang, telur mentah, dan makanan anjing.

Cara Memberi Makan Kucing Persia

Cara Memberikan Makan Kucing Persia
cara memberikan makan kucing persia - the happy cat site

Memberikan makanan pada kucing persia memang tidak boleh sembarangan. Kamu harus memperlakukan kucing ras berbeda dengan kucing domestik dari cara memberikan makanannya.

Kucing domestik mungkin bisa makan dengan alas apa saja, karena memang di alam liarnya kucing domestik sudah biasa mengkonsumsi makanan yang benar-benar mentah dan jorok.

Hal ini akan mempengaruhi dari kualitas kesehatan kucing persiamu. Kucing persia ini memang agak cenderung sensitif, bisa saja jika salah dalam memberikan makan, ia akan muntah setelah mengkonsumsi makanan yang kamu berikan.

Berikut ini adalah cara yang harus kamu perhatikan.

  • Siapkan wadah makanan yang rendah, hal ini akan mempermudah kucing persia karena ia memiliki bentuk wajah dan hidung yang datar. Oleh karena itu jangan memberikan wadah makanan yang terlalu cekung ke bawah. Hindari menggunakan bahan plastik karena bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri.
  • Berikan makanan yang mengandung protein yang tinggi. Kucing merupakan hewan karnivora sejati yang membutuhkan nutrisi yang cukup kompleks, terutama protein. Akan lebih baik jika kamu bisa memberikan makanan mentah yang masih segar.
  • Berikan makanan secukupnya saja. Hal ini bertujuan untuk mengontrol nafsu makan kucing supaya tidak berlebihan. Kucing akan selalu lapar sepanjang hari, jika kamu memberikan makan yang cukup banyak, maka akan kemungkinan ada gangguan obesitas si kucing tersebut.
  • Siapkan selalu air minum kucing. Kucing sangat membutuhkan air minum yang cukup banyak. Ini akan membantu proses pencernaan makanannya. Jangan lupa untuk mengganti air minum mereka, setiap hari ya Sobat Pintar!

Kurang lebih seperti itulah beberapa rekomendasi makanan kucing persia yang bisa kamu buat sendiri ataupun beli di petshop terdekat. Kamu bisa memilih mana yang paling cocok dengan kebutuhan dan budgetmu!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Sabtu, 09 Januari 2021, 16:00 WIB
Update pada: Kamis, 25 Februari 2021, 11:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://allaboutcats.com/persian-cat-diet#:~:text=As%20with%20many%20breeds%20of,and%20other%20types%20of%20seafood.
  • https://cppetindo.com/pet-food/cat/cppetindo-cleo-persian-cat-food-12-kg
  • https://iskhan.id/product/iskhan-grain-free-persian/
  • https://perfectcompanion.co.id/id/product/115-kucing-dewasa-1-tahun-keatas/me-o-persian-dry-food-anti-hairball
  • https://persiancatcorner.com/best-cat-food-for-persian-cats/
  • https://royalcanin.id/catalogsearch/result/?q=royal+canin+persian
  • https://www.naturesprotection.eu/en/lcatalog/product/63/persian/
  • https://www.pureluxepetfood.com/product/persian-cat/
  • https://www.whiskasindonesia.com/jenis-jenis-kucing/persian

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar

Pertanyaan yang sering ditanyakan seputar Makanan Kucing Persia

Makanan kucing persia apa saja?

Royal Canin Persian, Cleo Persian Cat Food, Me-O Persian Dry Food, Iskhan Cat Grain Free Persian, Nature’s Protection Persian, Pureluxe Elite Nutrition for Persian Cats, Whiskas

Apakah kucing Persia bisa makan nasi?

Ya, kucing persia boleh makan nasi. Apalagi nasi merah, karena satu porsi nasi merah mengandung serat dan zat besi yang dibutuhkan oleh kucing persia. Nasi bisa membantu kucing dalam mengatasi diare.

Apakah kucing persia boleh makan ikan?

Ya, kucing persia boleh makan ikan. Namun, jika mengacu pada ikan mentah yang akan diberikan maka kamu harus memberikan porsi yang secukupnya. Ada beberapa resiko jika terlalu banyak memberi makan ikan mentah terhadap kucing persia seperti berpotensi terkena cacingan.