Hari ini: Sabtu, 18 September 2021
Jumat, 25 Juni 2021, 20:30 WIB

Mengenal Kucing Ragdoll, dari Ciri-Ciri, Jenis, Sejarah, & Fakta Uniknya

Mengenal Kucing Ragdoll, dari Ciri-Ciri, Jenis, Sejarah, & Fakta Uniknya

kucing ragdoll - wallaper flare

Sobat PetPi pelihara jenis kucing Ragdoll di rumah? Sebelum itu, simak dulu ciri-ciri kucing Ragdoll beserta jenis, sejarah, dan fakta uniknya berikut ini.

Saat ini terdapat banyak jenis ras kucing terbaik yang jadi favorit untuk dipelihara di rumah. Mulai dari kucing Persia, kucing Anggora, kucing Maine Coon, dan masih banyak lagi.

Selain itu ada juga jenis kucing Ragdoll yang bisa jadi pilihan buat para Sobat PetPi yang menginginkan kucing dengan tubuh besar dan tebal, namun punya karakteristik yang penyayang.

Sesuai dengan namanya, kucing Ragdoll memperoleh namanya dari sifatnya yang sangat jinak dan bisa kamu peluk layaknya sebuah boneka kain, lho.

Kucing Ragdoll juga dijuluki sebagai "kucing yang mirip anjing" karena tingkah lakunya yang selalu mengikuti dan mencari perhatian pemiliknya.

Tertarik untuk memelihara kucing Ragdoll di rumah? Sebelum itu, simak dulu ciri-ciri kucing Ragdoll beserta sejarah dan fakta uniknya yang sudah PetPi rangkum berikut ini.

Mengenal Ciri-Ciri Kucing Ragdoll, Jenis Ras Kucing Penyayang Bertubuh Besar

Ciri Ciri Kucing Ragdoll
ciri ciri kucing ragdoll - catster

Beberapa kalangan beranggapan kalau kucing Ragdoll jadi salah satu ras kucing paling ideal dan sangat dicintai saat kamu jadikan sebagai hewan peliharaan keluarga.

Tidak mengherankan, hal ini memang didukung oleh karakteristik kucing Ragdoll yang cenderung ramah dan tidak terlalu liar saat berinteraksi dengan orang atau peliharaan lain.

Selain itu ada pula beberapa ciri kucing Ragdoll yang perlu Sobat PetPi ketahui sebelum memilih untuk memeliharanya di rumah. Apa sajakah itu?

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Penampilan Fisik Menawan

Banyak orang berpendapat kucing Ragdoll memiliki penampilan fisik yang sangat menawan. Mulai dari tubuh relatif besar, wajah bulat, hingga mata berwarna biru yang menarik perhatian.

Mata cantik ini juga datang dalam variasi warna biru yang bukan hanya meningkatkan rasa percaya diri untuk kucing, melainkan juga untuk pemiliknya.

Kucing Ragdoll dapat memiliki sejumlah warna dan pola, yakni yang paling umum adalah bulu mayoritas berwarna terang dengan bagian wajah, telinga, kaki, dan ekor yang cenderung gelap.

2. Bulu Panjang dan Tebal

Kucing Ragdoll memiliki bulu yang cukup panjang dan tebal hampir seluruh bagian tubuhnya, kecuali pada bagian wajahnya yang lebih pendek.

Sebagai salah satu ras kucing berbulu panjang, tentu kamu harus rajin melakukan grooming dengan cara menyisir bulunya secara rutin, minimal 1-2 kali per minggu.

Walau berbulu tebal, kucing Ragdoll tidak memiliki undercoat alias bulu-bulu pendek untuk menjaga suhu tubuhnya. Dengan begitu, bulu Ragdoll menjadi cenderung lebih mudah dibersihkan dari kotoran.

3. Ukuran Tubuh Besar

Ciri kucing Ragdoll lainnya adalah memiliki ukuran tubuh yang relatif besar, bahkan sebanding dengan ukuran anak anjing atau sejumlah ras anjing tertentu, lho.

Bobot kucing Ragdoll jantan dewasa berkisar antara 9 kilogram. Sementara betina cenderung sedikit lebih ringan bobotnya, yakni berkisar antara 4,5-7 kilogram.

4. Berumur Cukup Panjang

Ragdoll secara umum memiliki angka harapan hidup relatif panjang, yakni kurang lebih bisa mencapai umur 15-20 tahun.

Walaupun begitu tentu pengaruh dari faktor genetik, masalah kesehatan, lingkungan, metode perawatan, hingga pemilihan makanan kucing Ragdoll bisa mempengaruhinya.

5. Penyayang dan Suka Mencari Perhatian

Beralih ke ciri-ciri kucing Ragdoll dilihat dari tingkah lakunya yang penyayang dan selalu menginginkan perhatian dari pemiliknya.

Dibanding berkeliaran dan menjelajahi lokasi di sekitar rumah, kemungkinan besar Ragdoll akan memilih selalu berada di sekitarmu, lho.

6. Tingkat Kecerdasan Tinggi

Membicarakan soal intelegensi atau tingkat kecerdasannya, kucing Ragdoll tergolong ke dalam hewan peliharaan yang pintar sekaligus penurut pada pemiliknya.

Kamu bisa mengajak kucing Ragdoll bermain lempar tangkap atau dengan mainan khusus untuk kucing. Selain itu, mereka pun juga cenderung lebih mudah untuk dilatih.

7. Kepribadian Jinak dan Santai

Walaupun ciri kucing Ragdoll memiliki tubuh yang besar sehingga terlihat sangar, namun berbanding terbalik dengan kepribadiannya yang jinak, lembut, dan santai.

Mereka akan sangat tenang saat kamu berusaha memeluk dan menggendongnya. Kucing Ragdoll pun juga mudah berinteraksi dengan orang yang baru dia kenal.

Kucing Ragdoll pun juga dikenal santai dan tidak terlalu aktif. Tapi berbeda saat mereka masih berada di fase anak-anak, di mana sama seperti kebanyakan yang sangat lincah dan suka bermain.

8. Bersuara Lebih Banyak

Karakteristik kucing Ragdoll ini mungkin tidak akan sama pada satu peliharaan dengan peliharaan lain.

Namun menurut beberapa pemilik, kucing Ragdoll lebih vokal dan bersuara lebih banyak daripada kucing pada umumnya. Misal saat dia sedang terjebak di suatu ruangan atau mencari perhatian.

Walaupun suaranya tidak terlalu keras, jenis kucing ragdoll ini biasanya mengeluarkan suara yang imut dan membuat kita gemas jika mendengarnya.

9. Ramah Terhadap Anak-Anak

Salah satu faktor dalam memilih hewan peliharaan yang cocok untuk anak-anak adalah keamanan dan kenyamanan saat berinteraksi dengannya.

Berkat kepribadiannya yang jinak dan santai, kucing Ragdoll sangat baik apabila berinteraksi dengan anak-anak. Baik itu saat dipeluk hingga digendong sekalipun.

Namun yang pasti, selalu ajari anak bagaimana cara menyayangi kucing. Jangan sampai dia malah menyakitinya yang berujung kucing stres dan menjadi agresif.

10. Mudah Beradaptasi dengan Peliharaan Lain

Jika kamu memiliki peliharaan lain selain mereka, kucing Ragdoll cenderung mudah beradaptasi dengannya asal memiliki waktu yang cukup untuk mengenalnya.

Kucing Ragdoll seperti mudah untuk menerima kehadiran hewan lain di lingkungannya, seperti kucing lain, anjing, atau hamster.

Sejarah Kucing Ragdoll

Sejarah Kucing Ragdoll
sejarah kucing ragdoll - trupanion

Melansir laman VetStreet.com, ras kucing Ragdoll setidaknya masih kurang lebih berumur 50 tahunan semenjak pertama kali ditemukan.

Kucing Ragdoll pertama kali dikembangbiakkan pada 1963 oleh seorang warga asal California, Amerika Serikat bernama Ann Baker yang merupakan seorang peternak kucing.

Ann Baker sendiri menginginkan sebuah ras kucing yang memiliki penampilan menarik, penyayang, dan memiliki kepribadian yang jinak.

Ras kucing ini sendiri didapatkan melalui persilangan beberapa gen kucing, seperti kucing Birman, kucing Persia, dan kucing Burmese.

Ragdoll baru terdaftar sebagai ras kucing resmi oleh Cat Fancier Association (CFA) pada 1993 dan meraih penghargaan pada 2000 lalu.

Hingga saat ini, bahkan kucing Ragdoll menempati posisi kelima sebagai ras kucing paling populer berdasarkan CFA.

Fakta Unik dan Alasan Kucing Ragdoll Cocok Jadi Hewan Peliharaan

Fakta Kucing Ragdoll
fakta kucing ragdoll - the happy cat site

Sebagai kesimpulan, PetPi bakal merangkum beberapa fakta unik dan alasan yang bisa jadi bahan pertimbangkan kamu sebelum memilikinya berdasarkan ciri-ciri kucing Ragdoll di atas, seperti:

  • Kucing Ragdoll merupakan ras kucing peliharaan dengan tubuh besar dengan bobot maksimal hingga 9 kilogram. Perlu bantuan kedua tangan saat kamu hendak memegang hingga menggendongnya.
  • Kucing Ragdoll tergolong jinak dan mudah berinteraksi dengan orang di sekitarnya, termasuk bagi anak-anak.
  • Kucing Ragdoll mudah beradaptasi dengan hewan peliharaan lain dalam rumah, seperti anjing.
  • Kucing Ragdoll memiliki umur yang cukup panjang, berkisar 12-15 tahun atau mungkin lebih.

Harga kucing Ragdoll sendiri tergolong cukup mahal, terlebih jika datang dari induk berkualitas dan sudah bersertifikat.

Untuk yang hendak memilikinya, kucing Ragdoll dibanderol sekitar Rp3,5 jutaan hingga Rp10 jutaan.

Demikian ulasan mengenai ciri-ciri kucing Ragdoll yang perlu Sobat PetPi perhatikan sebelum memelihara jenis ras kucing ini di rumah. Semoga bermanfaat!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Kamis, 24 September 2020, 10:00 WIB
Update pada: Jumat, 25 Juni 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://www.vetstreet.com/cats/ragdoll
  • https://cattime.com/cat-breeds/ragdoll-cats
  • https://ragdolllove.com/ragdoll-cat-characteristics/
  • https://www.petmd.com/cat/breeds/c_ct_ragdoll

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar