Hari ini: Selasa, 09 Maret 2021
Selasa, 18 Agustus 2020, 20:30 WIB

Mengenal Kucing Maine Coon, dari Ciri, Jenis, Sejarah, & Fakta Uniknya!

Mengenal Kucing Maine Coon, dari Ciri, Jenis, Sejarah, & Fakta Uniknya!

Ciri-ciri kucing maine coon - petfirst

Apakah kamu mau pelihara kucing Maine Coon di rumah? Sebelum itu, kenali dulu ciri-ciri kucing Maine Coon, jenis, sejarah, dan fakta uniknya berikut ini.

Sobat PetPi mungkin mengenal dua jenis kucing yang umum dipelihara di Indonesia, yakni kucing domestik dan kucing ras.

Kucing domestik alias kucing kampung sangat mudah ditemui dan dianggap punya daya tahan tubuh tinggi serta perawatan yang terbilang mudah.

Sementara ada pula kucing ras dengan ciri khas masing-masing yang membedakannya dengan kucing domestik. Beberapa kucing ras yang populer di antaranya adalah Himalayan dan Persian.

Nah selain kedua ras tersebut, ternyata ada pula jenis kucing lain yang menarik perhatian banyak kalangan, lho.

Salah satunya adalah kucing Maine Coon yang punya perawakan tubuh sangat besar dan menggemaskan. Apakah kamu tertarik memelihara kucing Maine Coon di rumah?

Maka dari itu, kali ini PetPi sudah merangkum ciri-ciri kucing Maine Coon yang patut untuk kamu kenali, beserta ulasan mengenai jenis, sejarah, dan fakta uniknya.

Mengenal Ciri-Ciri Kucing Maine Coon, Ras Kucing Bertubuh Raksasa

Ciri Ciri Kucing Maine Coon
ciri ciri kucing maine coon - infinity kittens

Punya ukuran yang jauh lebih besar dibanding jenis kucing peliharaan lainnya, membuat Maine Coon sering juga dijuluki sebagai kucing raksasa.

Walaupun punya perawakan yang besar, namun kucing Maine Coon dikenal dengan tingkah lakunya yang ramah dan mudah didekati oleh manusia, lho.

Kali ini PetPi sudah merangkum ciri-ciri kucing Maine Coon agar kamu makin mengenali jenis kucing ras yang satu ini, deh.

Tubuh yang Besar dan Proporsional

Kucing Maine Coon memiliki postur tubuh yang berotot dan berdada lebar. Ukuran dari kucing Maine Coon punya cenderung sedang hingga besar.

Kucing Maine Coon jantan dewasa umumnya memiliki bobot di atas 5,5 kg. Sementara betina dewasa, sedikit lebih kecil berkisar antara 4-5 kg.

Karakteristik kucing Maine Coon lainnya adalah memiliki tubuh dengan panjang sekitar 120 cm yang memiliki proporsi seimbang dari ujung kepala hingga kakinya.

Keunikan lain dari kucing Maine Coon adalah tumbuh kembangnya yang cenderung lambat. Di mana fase dewasa pada ras kucing ini baru dimulai sekitar umur 3-5 tahun.

Sementara itu untuk umurnya, kucing Maine Coon sanggup bertahan hidup hingga 9-13 tahun dengan tipe perawatan yang baik dan benar tentunya.

Baca Juga: Lucu Banget! Ini 6 Jenis Ras Kucing yang bisa Dipeluk dan Penyayang untuk Pemiliknya

Bentuk Kepala Tegas dan Terkesan Garang

Jika kamu melihat sekilas, bagian kepala dan wajah pada kucing Maine Coon memiliki profil yang tegas sekaligus garang.

Hal ini ditandai dengan bentuk wajah yang lebar sedang, dengan bagian moncong berbentuk persegi yang sedikit lebih panjang dan lebar pada bagian hidung.

Tulang pipi pada wajah kucing Maine Coon pun tinggi dan menonjol, dengan bentuk bagian mata membulat dan terbuka lebar.

Ciri-ciri kucing Maine Coon lainnya, yakni bagian dagu memiliki kesan yang kuat dan kencang, serta sejajar dengan bagian bibir dan hidung di atasnya.

Telinga Tajam dan Meruncing

Lalu bagian telinga pada kucing Maine Coon juga memiliki kesan tajam dan meruncing. Ukurannya juga cukup lebar di bagian pangkal dengan daun telinga yang menghadap ke depan.

Kesan tajam dan runcing pada telinga kucing Maine Coon juga ditambah dengan adanya beberapa helai bulu yang berada pada bagian ujungnya.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG KUCING?
Cari info Kucing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Mata Oval yang Ekspresif

Kemudian mata pada kucing Maine Coon pun umumnya oval dan berukuran besar yang terbuka lebar. Mata ini juga ekspresif dengan tampilan yang miring ke arah telinga dan juga hidungnya.

Warna mata pada kucing Maine Coon pun beragam, mulai dari nuansa kehijauan, keemasan, tembaga, hingga bermata aneh seperti berpola putih atau paduan dua warna (bicolor).

Ciri Khas Kucing Maine Coon Selanjutnya...

Bagian Kaki dengan Ciri Khas Unik

Ciri kucing Maine Coon yang terbilang khas dan membedakannya dari ras lain terletak pada bagian kaki.

Di mana kucing ras Maine Coon beberapa di antaranya memiliki kelainan bawaan polidaktili, yakni jumlah jari kaki yang lebih banyak dibanding kucing lainnya.

Kucing Maine Coon sedari lahir memiliki 6 buah jari kaki. Walaupun terlihat aneh, namun beberapa pemilik menganggap kelainan ini menjadi sesuai hal unik dan menggemaskan.

Baca Juga: Kumpulan Nama Kucing Jantan Keren, Unik, Mudah Diingat, Beserta Artinya

Ekor Panjang dan Berumbai

Ekor kucing Maine Coon cenderung memiliki ukuran panjang dengan lebar di bagian pangkal dan meruncing hingga bagian ujung.

Bulu-bulu pada ekornya pun terlihat panjang dan mengalir, yang mana sebagian orang menganggapnya mirip dengan kemoceng, lho.

Bulu Tahan Air dengan Pola Warna Unik

Selain ukurannya yang besar, bulu pada bagian tubuh kucing Maine Coon punya karakteristik tebal, rapat, dan mengkilat menyesuaikan dengan iklim dari daerah asalnya.

Bahkan saking rapatnya, bulu kucing ini pun bersifat tahan air yang bahkan membuat Maine Coon bisa diajak berenang, lho.

Pola warna jenis kucing Maine Coon pun terbilang beragam. Terdapat lebih dari 85 kombinasi warna, yang terbagi dalam empat golongan besar, yakni solid, smoke, bi-colored, dan tabby.

Sejarah Kucing Maine Coon

Ciri Khas Kucing Maine Coon
Sejarah kucinh maine coon - the spruce pets

Sesuai dengan namanya, kucing Maine Coon punya asal usul dari negara bagian Maine, Amerika Serikat. Kucing berbulu panjang ini juga telah lama dikenal sebagai pemburu tikus yang andal.

Ada banyak kisah yang menceritakan mengenai sejarah kucing Maine Coon yang datang ke Amerika.

Mulai dari asal usul dari rakun, persilangan bobcat dengan kucing domestik, keturunan kucing milik Ratu Prancis, Marie Antoinette, dan sebagainya.

Namun melansir dari PetMD.com, kisah mengenai kapten kapal yang membawa kucing dari negara asing untuk membasmi hama tikus pada kapalnya mengandung beberapa unsur kebenaran.

Ketika kapal berlabuh di bagian pantai Timur Laut Amerika, tepatnya di Maine, kucing-kucing tersebut akhirnya tinggal di sana.

Pada akhirnya kucing tersebut beradaptasi dengan menghasilkan bulu anti-air yang mampu beradaptasi dengan kondisi cuaca yang ekstrem saat itu.

Popularitas Maine Coon melejit setelah nama ras ini diakui pertama kali pada awal abad ke-19. Walau sempat meredup, ras kucing ini masih diminati bahkan menjuarai beberapa kontes hingga saat ini.

Fakta Unik dan Alasan Kucing Maine Coon Cocok Jadi Peliharaanmu

Tanda Khas Kucing Maine Coon
Kenapa kucing maine coon? - cdnbridge

Ukurannya yang lebih besar dari kucing peliharaan kebanyakan, tentu membuat sebagian di antara Sobat PetPi ragu untuk memeliharanya di rumah. Terlebih buat kamu yang punya anak kecil, nih!

Tapi jangan salah, ada juga beberapa alasan kucing Maine Coon yang mungkin cocok untuk jadi hewan peliharaan seperti:

  • Kucing Maine Coon cenderung suka mencari perhatian pemiliknya dan suka diajak bermain. Dengan ukurannya yang besar, tentu akan sulit bagi kamu untuk mengabaikannya.
  • Cenderung ramah bagi anak-anak, pasalnya Maine Coon cenderung memiliki tingkah laku yang ramah dan tidak agresif. Berinteraksi dengan kucing peliharaan diharapkan dapat membantu tumbuh kembang anak dalam hal tanggung jawab dan rasa empati.
  • Kucing Maine Coon punya daya tahan tubuh yang lebih kuat dengan bulu yang tebal dan rapat sehingga membuatnya anti-air, bahkan bisa diajak untuk berenang.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri kucing Maine Coon beserta dengan sejarah dan alasan kenapa jenis ras kucing ini sangat cocok untuk kamu pelihara di rumah.

Buat kamu yang berminat, harga kucing Maine Coon dapat dibedakan berdasarkan kepemilikan sertifikat untuk mengetahui asal usul keturunannya.

Untuk kucing Maine Coon bersertifikat, harga untuk kitten dibanderol 5 jutaan dan dewasa mulai 10-18 jutaan. Sementara non sertifikat, harga kitten mulai 3 jutaan dan dewasa mulai 5-7 jutaan.

VIDEO: Sebelum Membeli, Kenali Dulu Ciri-Ciri Kucing Maine Coon Ini!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://cattime.com/cat-breeds/maine-coon-cats#/
  • https://petskb.com/what-colors-do-maine-coon-cats-come-in/
  • https://www.hillspet.co.id/cat-care/cat-breeds/maine-coon
  • https://www.petfinder.com/cat-breeds/maine-coon/
  • https://www.petmd.com/cat/breeds/c_ct_maine_coon
  • https://www.petmd.com/cat/care/evr_ct_maine_coon_cats_kids_great_combination

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar