Hari ini: Jumat, 30 Juli 2021
Jumat, 07 Mei 2021, 20:30 WIB

10 Ras Kucing Terbesar di Dunia, Enak Banget Buat Dipeluk!

10 Ras Kucing Terbesar di Dunia, Enak Banget Buat Dipeluk!

Kucing Terbesar di Dunia - pinterest

Mau pelihara kucing yang ukurannya lebih besar dari kebanyakan kucing? Coba simak daftar 10 ras kucing terbesar di dunia yang satu ini!

Bingung mau pelihara ras kucing yang seperti apa? Apa Sobat Pintar mau cari kucing yang berukuran besar sehingga lebih enak untuk dipeluk?

Seperti yang telah kita ketahui, ada banyak sekali jenis ras kucing di dunia. Ada yang bulunya lebat, ada yang bulunya tipis, ada yang pesek, ada yang berukuran besar, dan lain sebagainya.

Mana yang terbaik? Tergantung pemiliknya lebih suka tipe kucing yang seperti apa. Tidak hanya secara fisik, tapi juga karakteristiknya.

Kalau Sobat Pintar mencari kucing yang berukuran besar, simak daftar kucingtabg  terbesar di dunia berikut ini!

Ras Kucing Terbesar di Dunia

Di sini, PetPi telah menemukan beberapa jenis ras kucing yang ukurannya besar, bahkan kerap dibandingkan dengan anak anjing atau jenis ras anjing tertentu.

Dilansir dari berbagai sumber, setidaknya ada 10 jenis ras kucing yang terkenal karena ukurannya besar. Apa saja?

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Maine Coon

Ras Kucing Terbesar Di Dunia
Maine Coon - guild insurance

Sebagai salah satu ras kucing paling populer di dunia, maine coon memiliki tubuh yang besar dengan sifat yang penyayang. Mereka suka bermain dan sabar dengan manusia. 

Ras kucing ini kerap mendapatkan penghargaan sebagai “Kucing Domestik Terbesar”, termasuk di Guinness World Record sebagai kucing terpanjang.

Hal ini dapat dimaklumi mengingat rata-rata bobot seekor maine coon bisa berkisar di antara angka 4 sampai 8 kilogram. Bahkan, ada yang beratnya mencapai 15 kilogram!

Ciri fisik lain dari kucing ini adalah cakar bulat besar, ekor panjang, dan memiliki warna bulu yang cenderung gelap.

2. Norwegian Forest Cat

Ras Kucing Terbesar Di Dunia
Norwegian forest cat - romawiki

Sebagai salah satu ras kucing terbesar di dunia, norwegian forest cat memiliki penampilan seperti kucing liar. Mereka memiliki kecenderungan untuk bermain di tempat tinggi seperti di atas lemari.

Kucing ini tergolong santai, penyayang, dan tidak mudah stres. Mereka memiliki lapisan ganda unik yang mencakup lapisan bawah yang tebal dan mantel panjang yang halus seperti sutra.

Selain itu, mereka bisa menikmati pelukan dari pemiliknya. Bobotnya berkisar di angka 3.6 sampai 10 kilogram. Di negara asalnya, Norwegia, mereka disebut sebagai skogkatt.

3. Ragdoll

Kucing Paling Besar Di Dunia
Ragdoll - advantage pet care

Ragdoll terkenal sebagai kucing peliharaan yang jinak, tenang, dan akan mendadak lemas jika digendong. Kucing yang satu ini suka bersama manusia dan bisa akur dengan anak-anak. 

Kucing ini cocok untuk orang yang mencari kucing pendiam dan penurut. Keunikan terbesar dari ragdoll adalah matanya yang oval dan kerap berwarna biru. Untuk bobotnya sendiri, kisarannya adalah 3.6 sampai 9 kilogram.

4. American Bobtail

Ras Kucing Paling Besar Di Dunia
America bobtail - vet street

Sebagai kucing yang aktif, cerdas, dan ramah, kucing american bobtail bisa menjadi teman keluarga yang hebat. Mereka mudah bosan sehingga membutuhkan banyak aktivitas yang bisa ia lakukan.

Ciri khas mereka adalah ekornya yang pendek dan gemuk. American bobtail memiliki berat sekitar 3 sampai 7.2 kilogram.

5. British Shorthair

Ras Kucing Paling Besar Di Dunia
British Short hari - surya malang

Mata besar dan tubuh kekar menjadi ciri khas dari kucing British Shorthair. Awalnya kucing ini dikembangkan sebagai hewan pekerja untuk memburu hewan-hewan pengerat di Inggris.

British Shorthair terkenal sebagai kucing yang independen dan tidak banyak menuntut. Mereka tergolong pendiam dan pemalu. Bulunya kerap berwarna biru dan tidak terlalu suka digending.

Bobotnya sendiri berkisar di angka 4 sampai 8 kilogram. Kamu harus mengatur pola makannya dengan benar karena kucing ini berpotensi obesitas.

6. Chausie

Ras Kucing Paling Besar Di Dunia
Chausie - catster

Sebagai pecinta alam, kucing chausie terkenal sebagai hewan yang cerdas dan atletis. Mereka seolah memiliki banyak energi untuk beraktivitas. Perlu dicatat, mereka termasuk kucing yang suka dengan rutinitas dan tidak menyukai perubahan.

Chausie merupakan perpaduan antara kucing domestik dengan kucing hutan liar, sehingga penampilan fisik mereka seperti kucing hutan. Mereka memiliki kaki yang panjang dengan berat mencapai 11 kilogram.

Sudah kebayangkan betapa beratnya kucing ini jika kamu peliharanya dirumah? Maka dari itu, jenis kucing peliharaan ini termasuk ke dalam spesies kucing terbesar di dunia yang masih hidup saat ini.

7. Ragamuffin

Kucing Paling Besar
ragamuffin - vet street

Kucing yang satu ini terkenal karena memiliki mata yang besar dan ekspresif. Bulunya sangat halus dan memiliki berbagai varian warna. Mereka dikenal sebagai kucing yang menyenangkan dan cukup lembut.

Ragamuffin diturunkan dari ragdoll, sehingga mereka memiliki karakteristik yang serupa. Berat rata-rata dari kucing ini adalah 3.6 sampai 9 kilogram.

8. Savannah

Kucing Liar Terbesar Di Dunia
Savannah - shopify

Jika dilihat sekilas, kucing savannah terlihat seperti persilangan antara macan tutul dan harimau. Mereka juga terkenal sebagai kucing yang cerdas dan energik.

Savannah adalah hasil persilangan antara kucing peliharaan (biasanya siam) dengan kucing liar Afrika yang bernama serval.

Dengan bobot yang mencapai 13 kilogram, savannah masih bisa menunjukkan kecenderungan untuk menjadi agresif dan liar.

9. Siberia

Kucing Paling Besar Di Dunia
Siberia - gerava

Berbentuk bulat dan punya karakter manis, kucing siberia sangat cocok untuk dipeluk. Selain itu, mereka juga mudah beradaptasi, cerdas, dan gesit. Mereka telah beradaptasi dengan lingkungan yang dingin, sesuai tempat asal mereka.

Meskipun bulunya cukup lebat, kucing ini tidak membutuhkan banyak perawatan dan sangat sehat. Hanya saja, bulunya yang halus kerap rontok sehingga kamu harus rajin membersihkannya.

Bulunya juga tahan air, sehingga banyak kucing siberia yang menyukai air. Kucing ini bisa memiliki bobot antara 3.6 sampai 12 kilogram.

10. Turkish Van

Ras Kucing Paling Besar Di Dunia
Turkish Van - wikipedia

Ciri khas dari kucing ini adalah warna putih pada bulunya. Kucing turkish van terkenal dengan kemampuan melompatnya yang hebat. Mereka juga terkenal sebagai kucing yang atletis, cerdas, dan aktif.

Mereka kerap meminta perhatian ke pemiliknya. Berbeda dengan kucing kebanyakan, Turkish Van terkenal menyukai air dan dijuluki “Kucing Renang” di negara asalnya, Turki. Bobot kucing ini berkisar di angka 3 sampai 9 kilogram.

Itulah tadi beberapa jenis kucing terbesar di dunia yang bisa kamu pilih untuk dipelihara. Hanya saja, beberapa ras yang ada di daftar susah untuk ditemukan di Indonesia.

Mana yang jadi favoritmu? Atau ada jenis kucing besar lain yang belum PetPi sebutkan? Tulis di kolom komentar, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Terbit: Minggu, 14 Maret 2021, 16:00 WIB
Update pada: Jumat, 07 Mei 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.goodhousekeeping.com/life/pets/g26898596/large-cat-breeds/
  • https://www.petfinder.com/cat-breeds/collections/largest-domestic-cats/?page=1
  • https://www.purina.co.uk/cats/behaviour-and-training/understanding-cat-behaviour/big-cat-breeds
  • https://www.rd.com/list/large-cat-breeds/
  • https://www.thesprucepets.com/largest-domesticated-cats-4843236
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar