Hari ini: Senin, 15 April 2024
Selasa, 21 Februari 2023, 20:30 WIB

10 Jenis Kucing Hias di Indonesia Beserta Karakteristiknya, Lucu Banget!

10 Jenis Kucing Hias di Indonesia Beserta Karakteristiknya, Lucu Banget!

ragam kucing hias - wallpaperflare

Ada banyak sekali jenis kucing hias yang bisa kamu pilih untuk dipelihara dengan ciri khasnya masing-masing. Apa saja? Simak daftar lengkapnya berikut ini.

Sobat Pintar, siapa nih diantara kamu yang memiliki kucing hias? Dari sejumlah jenis hewan, kucing memang punya pesona tersendiri yang membuat banyak orang memeliharanya. Apalagi jenis kucing hias juga sangat banyak dan bervariasi.

Tidak hanya menggemaskan kucing juga sangat ramah dan bisa menjadi teman yang baik untuk manusia. Kucing sendiri memiliki ciri fisik dan perilaku yang berbeda tergantung dari jenis dan ras mereka.

Nah, jika kamu tertarik untuk memeliharanya, kenali dulu apa saja jenis kucing hias yang ada di Indonesia. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Daftar Jenis-Jenis Ras Kucing Hias dan Harganya

Kucing sendiri memang dikenal sangat akrab dengan manusia. Di Indonesia, hewan berbulu yang satu ini juga sangat populer sebagai hewan peliharaan selain burung dan anjing.

Lantas, kucing apa yang bagus untuk pemula? Sebagai referensi, inilah beberapa jenis kucing hias yang bisa dipelihara lengkap dengan gambar, harga hingga sifatnya seperti berikut ini:

1. Anggora

Kucing Hias Anggora
kucing hias anggora - wallpaperflare

Jenis kucing anggora sangat populer di Indonesia sebagai peliharaan. Kucing ini berasal dari Turki dan juga populer dengan nama Kucing Ankara. Sifat kucing ini adalah ramah, penurut, dan juga pintar.

Salah satu karakteristik paling mencolok dari kucing anggora adalah bulunya yang panjang dan cantik. Inilah yang membuatnya terlihat sangat cantik dan anggun. Selain itu, tubuhnya ramping dan kepalanya berbentuk segitiga.

Di Indonesia harga kucing anggora sangat bervariasi. Hal ini tergantung dari jenis keturunan serta keindahan bulunya. Sobat PetPi bisa membeli kucing ini dengan harga sekitar Rp1.000.000 sampai Rp2.000.000 per ekornya.

2. Scottish Fold

Kucing Hias Scottish Fold
kucing hias scottish fold - wallpaperflare

Selanjutnya ada jenis kucing Scottish Fold yang berasal dari Skotlandia. Jenis pertamanya lahir di perkebunan pada tahun 1961 kemudian disilangkan dengan kucing British Shorthair. Dari sinilah muncul Scottish Fold bertubuh lebih kecil.

Karakteristik utama dari kucing berbulu pendek ini adalah matanya yang bulat dan telinganya yang terlipat. Bagian hidungnya pesek, kaki, dan lehernya pun pendek. Perpaduan keduanya membuat wajah Scottish Fold menjadi sangat lucu dan menggemaskan.

Sifat Scottish Fold sendiri terkenal ramah, tenang, dan sangat mudah bergaul dengan manusia. Jika Sobat PetPi tertarik memeliharanya, maka harus mempersiapkan budget mulai dari Rp7.000.000 sampai Rp30.000.000.

3. Siam atau Siamese

Kucing Hias Siam
kucing hias siam - wallpaperflare

Kucing Siam berasal dari Thailand dan populer di Indonesia sejak lama. Karakteristik kucing siamese adalah bercak gelap pada beberapa bagian tubuhnya seperti telinga, wajah, kaki, hingga ekor.

Seiring bertambah usia, warna bercak tersebut bisa menjadi semakin gelap. Sifatnya yang aktif dan lincah membuat kucing ini sangat menyenangkan untuk dipelihara. Harga kucing Siam adalah sekitar Rp300.000 hingga Rp1.250.000 per ekornya.

4. Persia

Kucing Hias Persia
kucing hias persia - wallpaperflare

Selain Anggora, kucing Persia juga sangat populer di Indonesia. Karakteristik fisik kucing ini adalah berhidung pesek dengan bulu yang panjang, tebal, dan juga cantik. Warna bulunya pun sangat bervariasi ada yang berwarna cerah atau gelap.

Sifat jenis kucing ini juga sangat ramah dan cenderung manja kepada pemiliknya. Kucing persia sangat suka bermain dan berada di sekitar pemiliknya.

Berbicara tentang harga kucing Persia, untuk campuran (mix) biasanya mulai dari Rp500.000 saja sedangkan untuk ras murni bahkan hingga Rp15.000.000 per ekornya, loh!

5. Maine Coon

Kucing Hias Maine Coon
kucing hias maine coon (Gambar: @miezekieze/Pixabay)

Selanjutnya adalah Maine Coon yang berasal dari Amerika Serikat. Karakteristik fisiknya adalah berpostur besar dan bulunya yang cukup lebat. Bulunya juga tebal di bagian leher sehingga tampak seperti sedang memakai syal.

Satu ekor kucing Maine Coon bahkan ada yang mencapai berat 15 kilogram. Tidak heran jika kucing ini adalah salah satu yang terbesar dari ras kucing hias lainnya.

Bagian moncongnya maju ke depan dan terdapat bulu halus pada bagian telinganya. Meski tubuhnya besar, bukan berarti Maine Coon tidak manja. Justru kucing ini sangat suka bermain dan menyentuh pemiliknya.

Maine Coon juga termasuk salah satu jenis kucing mahal di Indonesia. Untuk 1 ekornya bisa dibanderol sekitar Rp8.000.000 sampai Rp15.000.000. Semakin murni keturunan dan indah bulunya, harga kucing ini pun bisa semakin mahal.

6. British Shorthair

Kucing Hias British Shorthair
kucing hias british shorthair - wallpaperflare

Jenis-jenis kucing hias lainnya adalah British Shorthair yang berasal dari Inggris. Karakteristik kucing ini adalah bulunya yang pendek dan halus, bermata bulat, kaki pendek, kepala bulat, dan berpostur pendek. Warna bulunya pun sangat menarik.

Umumnya warna bulu kucing ini adalah hitam, abu-abu, putih, dan lain sebagainya. British Shorthair juga terkenal sebagai kucing yang kuat, gagah, dan punya umur panjang asal perawatannya benar. Meski begitu, sifatnya tetap ramah dan lucu.

Di Indonesia jenis kucing besar ini juga termasuk mahal. Apalagi jika Sobat PetPi ingin membeli keturunan yang murni. Harga per 1 ekornya bisa mencapai Rp20.000.000 untuk anakan dan Rp28.000.000 untuk kucing dewasa. Fantastis bukan?

7. Ragdoll

Kucing Hias Ragdoll
kucing hias ragdoll - wallpaperflare

Ragdoll merupakan ras kucing hias yang berasal dari Amerika Serikat. Karakteristik fisiknya hampir mirip dengan Persia dan Siam. Kemiripan ini sangat terlihat terutama untuk pipinya dan wajahnya yang bulat dan matanya yang biru.

Bulunya panjang dan memiliki warna yang indah dan terlihat anggun. Selain itu, kucing ragdoll juga punya sifat yang tenang, penyayang, dan sangat manja. Nama Ragdoll sendiri diambil dari sifatnya yang penurut dan manja seperti sebuah boneka.

Harga Ragdoll dewasa adalah sekitar Rp9.000.000 untuk satu ekornya. Sedangkan untuk anakan kucing biasanya seharga Rp3.500.000 per satu ekornya.

8. Munchkin

Kucing Hias Munchkin
kucing hias munchkin - wallpaperflare

Jika Sobat PetPi tertarik dengan kucing bertubuh pendek dan terlihat imut, Munchkin bisa menjadi pilihannya. Karakteristik utama dari kucing ini adalah kakinya yang pendek dari mutasi genetik sehingga tubuhnya terlihat gembul, bulat, dan kecil.

Apalagi bagian mata dan kepalanya juga bulat sehingga menambah kegemasan kucing Munchkin. Meski pendek, kucing ini tetap bisa berlari dengan cepat dan terkenal akan sifatnya yang lincah. Sifatnya juga ramah, cerdas, energik, dan cukup manja.

Harga kucing Munchkin sendiri sangat bervariasi tergantung pada kualitas, sertifikat keaslian, dan juga umurnya. Umumnya 1 ekor Munchkin bisa dijual dengan harga mulai Rp6.000.000 sampai Rp8.000.000.

9. Sphynx

Kucing Hias Sphynx
kucing hias sphynx - wallpaperflare

Sobat PetPi mungkin akan sedikit kaget jika belum pernah bertemu dengan kucing ini. Bagian tubuhnya terlihat seperti tanpa bulu sama sekali. Akan tetapi, jika diamati lebih dekat ada bulu halus yang menempel pada tubuhnya.

Jika tertarik ingin memelihara kucing Sphynx, kamu harus rajin memandikannya. Sebab, ia memiliki kelenjar keringat yang biasanya mengelupas. Jika tidak dimandikan rutin, kelenjar keringat ini bisa menghitam.

Sifat kucing Sphynx terkenal sangat setia, patuh, dan ramah kepada pemiliknya. Pembawaannya juga tenang sehingga sangat menyenangkan untuk dipelihara. Umumnya kucing ini memiliki warna seperti hitam, merah muda, atau coklat.

Kucing ini juga merupakan salah satu jenis kucing di Indonesia yang dijual sangat mahal. Satu ekornya bisa dibanderol mulai dari harga Rp20.000.000 sampai Rp45.000.000. Lebih mahal dari beberapa jenis kucing ras lainnya.

10. Russian Blue

Kucing Hias Russian Blue
kucing hias russian blue - wallpaperflare

Terakhir, ada jenis kucing Russian Blue yang asalnya dari Rusia. Karakteristik kucing ini adalah memiliki mata hijau kebiruan yang indah. Warna bulunya juga sangat khas yaitu perak kebiruan yang tebal dan sangat halus.

Pembawaan kucing bermata besar ini juga tenang dan anggun serta ramah dengan siapa saja. Karena tampilannya yang unik Russian Blue juga terbilang mahal. Untuk jenis murninya bahkan bisa mencapai harga Rp38.000.000 per ekornya.

Kesimpulan

Agar Sobat Pintar lebih mudah dalam memilih jenis kucing untuk hiasan apa yang cocok buat kamu pelihara di rumah, lihatlah tabel berikut ini:

Tabel Jenis Kucing Hias Terbaik

Ras

Harga

Anggora

Rp1.000.000 - Rp2.000.000

Scottish Fold

Rp7.000.000 - Rp30.000.000

Siam atau Siamese

Rp300.000 - Rp1.250.000

Persia

Rp500.000 - Rp5.000.000

Maine Coon

Rp8.000.000 - Rp15.000.000

British Shorthair

Rp20.000.000 - Rp28.000.000

Ragdoll

Rp3.500.000 - Rp9.000.000

Munchkin

Rp6.000.000 - Rp8.000.000

Sphynx

Rp20.000.000 - Rp45.000.000

Russian Blue

Rp30.000.000 - Rp38.000.000

Sobat Pintar, itulah dia beberapa jenis kucing peliharaan hias di Indonesia yang bisa kamu jadikan referensi. Sebelum memelihara kucing, pastikan kamu berkomitmen dalam merawatnya dengan baik ya.

Dengan begitu, kucing yang hendak kamu pelihara bisa senantiasa sehat, lincah dan berumur panjang. Semoga bermanfaat ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://duniapeliharaan.com/daftar-10-kucing-ras-mahal-di-indonesia-dan-harganya-sultan-wajib-punya/
  • https://www.blibli.com/friends/blog/ras-kucing-yang-populer-di-indonesia-00/
  • https://www.gramedia.com/best-seller/jenis-kucing/
  • https://www.kucingklik.com/jenis-kucing-hias/
  • https://www.popbela.com/career/inspiration/emillia-nurdivahafsari-kusumawardani/selain-angora-ini-12-jenis-kucing-peliharaan-terfavorit-dan-populer?page=all
  • https://www.whiskasindonesia.com/jenis-jenis-kucing
Share

Tentang Penulis

Saya adalah alumni dokter hewan FKH Universitas Airlangga 2023 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar