Hari ini: Sabtu, 27 Februari 2021
Selasa, 08 Desember 2020, 10:00 WIB

Perhatikan! Kenali Ciri-Ciri Kucing Gagal Kawin Beserta Penyebabnya Berikut Ini

Perhatikan! Kenali Ciri-Ciri Kucing Gagal Kawin Beserta Penyebabnya Berikut Ini

ciri ciri kucing gagal kawin - love to know cat

Beberapa tanda bisa jadi ciri-ciri kucing gagal kawin, baik pada kucing jantan atau kucing betina. Lalu apa penyebabnya? Yuk, ketahui informasinya di sini!

Banyak kalangan mencintai kucing sebagai hewan peliharaan yang menggemaskan bagi mereka. Terlebih apabila Sobat Pintar merawat kucing sejak dari usia bayi atau anakan.

Seiring waktu, kucing peliharaan akan tumbuh dewasa. Termasuk pula dengan sistem reproduksi mereka, di mana kucing mengalami birahi yang terkadang membuat pemiliknya kebingungan.

Salah satu cara mengatasi kucing birahi adalah dengan mengawinkan kucing dengan pasangan yang kamu inginkan. Walaupun begitu, proses perkawinan ini tidak selamanya berhasil, lho.

Adapun beberapa hal yang bisa menyebabkan kucing gagal kawin. Mau kenapa hal itu bisa terjadi? Sebelum itu, yuk ketahui dulu ciri-ciri kucing gagal kawin yang telah PetPi rangkum di bawah ini.

Mengenal Ciri-Ciri Kucing Gagal Kawin

Ciri-ciri Kucing Gagal Kawin
ciri-ciri kucing gagal kawin - catster

Untuk mengatasi birahi, baik pada kucing jantan maupun kucing betina, sebagian kalangan memilih untuk mengawinkan kucing dengan kucing peliharaan lain yang mereka inginkan.

Proses ini pun membutuhkan waktu yang tidak sebentar, sehingga kamu perlu sabar untuk mendapatkan hasilnya.

Siklus birahi yang terhenti serta kucing yang kembali berperilaku tenang seperti biasanya, biasanya dijadikan sebagai salah satu ciri-ciri kucing sudah kawin dan berhasil.

Lalu bagaimana ciri-ciri kucing gagal kawin yang perlu diperhatikan? Secara umum ada beberapa tanda-tanda yang bisa kamu amati sebagai berikut ini.

1. Saling Bertingkah Agresif

Kedua kucing yang Sobat Pintar akan kawinkan kemungkinan besar belum saling mengenal sebelumnya, sehingga mereka cenderung bertingkah laku agresif satu sama lain.

Hal ini relatif wajar dan tidak perlu untuk kamu khawatirkan, karena apabila terbiasa kucing jantan dan betina bisa saling berhasil kawin, kok.

Namun kalau tingkah laku agresif terjadi terus-menerus, kemungkinan besar salah satu pasangan kucing menolak atau tidak kawin yang diakibatkan oleh sejumlah alasan.

Misalnya, kucing belum siap untuk kawin, kondisi kesehatannya kurang bagus, tidak sedang birahi, dan berbagai alasan lainnya.

Baca Juga: Beda dengan Betina, Ini Ciri-ciri Kucing Jantan Ingin Kawin

2. Siklus Birahi Terus Terjadi

Secara umum, siklus birahi kucing berlangsung selama 4-5 hari dan akan terulang kembali pada 1 bulan berikutnya. Jika salah satu pasangan kucing gagal kawin, kemungkinan siklus birahi terus terjadi.

Pada kucing jantan yang belum memperoleh pasangan, mereka akan terus berusaha mencari pasangan kucing betina. Misalnya terus memaksa berada di sekitar pintu dan jendela untuk keluar.

Hal yang sama juga dapat dialami oleh kucing betina. Jika Sobat Pintar hendak meringankan birahi pada kucing, kamu bisa memilih opsi dengan memberinya aromaterapi atau obat penurun birahi di rumah.

3. Kucing Stres

Ciri-ciri kucing gagal kawin lainnya adalah kucing stres karena tidak mendapatkan pasangan untuk melampiaskan birahinya tersebut.

Terutama untuk kucing yang dibiarkan keluar rumah, mungkin mereka akan stres saat mendengar pasangan kucing lain berhasil kawin sementara mereka belum menemukan pasangannya.

Sementara itu, untuk kucing yang dipelihara di dalam rumah kurangnya perhatian dari pemilik selama birahi juga bisa mendapatkan stres pada kucing.

Hal inilah yang berpotensi membuat kucing peliharaan kurang merasa bahagia berada di rumah dan berusaha untuk kabur ke depannya.

Beberapa Penyebab Kucing Gagal Kawin pada Kucing Jantan dan Kucing Betina

Penyebab Kucing Gagal Kawin
penyebab kucing gagal kawin - meowing catz

Pada beberapa kasus, kucing jantan atau kucing betina akan menolak kawin sehingga Sobat Pintar akan gagal mengawinkan keduanya.

Melansir dari laman Cats LoveToKnow, penyebab kucing gagal kawin dapat diakibatkan oleh beberapa masalah. Termasuk masalah kesehatan kucing sehingga peliharaanmu ini perlu penanganan khusus.

Maka dari itu penting bagi Sobat Pintar untuk mengetahui penyebab dan ciri-ciri kucing gagal kawin yang telah dirangkum sebagai berikut.

Penyebab dan Ciri-Ciri Kucing Betina Gagal Kawin

Penyebab Kucing Betina Gagal Kawin
penyebab kucing betina gagal kawin - royal canin

Kucing betina gagal kawin biasanya akan menunjukkan perilaku agresif pada kucing jantan yang hendak mendekati mereka. Tak jarang kucing betina juga mengajaknya berkelahi, lho.

Berikut beberapa penyebab kucing betina gagal kawin yang perlu Sobat Pintar perhatikan baik-baik.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG KUCING?
Cari info Kucing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

1. Pertama Kali Kawin

Kucing betina pada umumnya mengalami birahi dan sudah siap kawin ketika memasuki usia 6-10 bulan.

Walaupun organ reproduksinya sudah siap, namun kucing betina yang baru pertama kali kawin mungkin akan merasa cemas dan stres saat ada kucing jantan di sekitarnya.

Untuk menanganinya Sobat Pintar bisa memilih lokasi yang nyaman untuk mengawinkan kucing betina. Pilihlah kucing jantan yang sudah berpengalaman dan biarkan keduanya beradaptasi satu sama lain.

2. Belum Siap Kawin

Biarpun sedang birahi, mungkin saja kucing betina tidak siap kawin. Menurut dr. Sara Ochoa, kucing betina cenderung lebih pemilih dalam urusan mencari pasangan dibanding kucing jantan.

Penyebab kucing betina gagal kawin ini juga mungkin akibat masalah kesehatan yang dialami olehnya. Maka penting jika menunjukkan gejala kurang sehat, sebaiknya segera kunjungi dokter hewan.

Baca Juga: Bakal Lebih Caper! Yuk, Mengenal Ciri-Ciri Kucing Peliharaan Birahi dan Mau Kawin

3. Tidak Birahi

Kucing betina dapat menunjukkan tanda-tanda birahi walaupun mereka tidak sedang mengalaminya. Misal tingkah laku manja dan sering mengangkat ekor mereka.

Jika mereka tidak birahi, tentu kucing betina akan menolak saat diajak kawin. Maka penting untuk mengetahui ciri-ciri kucing betina birahi dengan berkonsultasi dengan pakar atau dokter hewan.

4. Kucing Hamil

Sulit untuk mengetahui ciri-ciri kucing betina hamil, terutama pada masa-masa awal perkembangannya. Kucing hamil sudah jelas akan menolak kawin dengan kucing jantan.

Jika menemukan kucing betina hamil, sebaiknya kamu segera persiapkan segala kebutuhannya. Umumnya kucing hamil akan melahirkan ketika memasuki usia kandungan 58-67 hari.

Penyebab dan Ciri-Ciri Kucing Jantan Gagal Kawin

Penyebab Kucing Jantan Gagal Kawin
penyebab kucing jantan gagal kawin - royal canin

Walau jarang ditemui, tapi pada beberapa kasus kucing jantan gagal kawin atau tidak mau kawin juga bisa ditemukan, lho. Umumnya hal ini berkaitan dengan masalah kesehatan pada kucing.

Sehingga Sobat Pintar perlu segera mengunjungi dokter hewan apabila menemukan beberapa penyebab kucing jantan gagal kawin seperti berikut ini.

1. Kurang Berpengalaman

Kucing jantan yang belum berpengalaman mungkin akan tidak mau kawin, walaupun keduanya sedang birahi. Mereka juga bisa merasa terintimidasi dengan kehadiran kucing betina di dekatnya.

Sebaiknya carikan pasangan kucing betina yang lebih berpengalaman, yang mana bisa membuat kucing jantan lebih tertarik sehingga perkawinannya berhasil.

2. Belum Dewasa

Dibanding kucing betina, organ reproduksi kucing jantan umumnya berkembang lebih lambat dan mencapai kedewasaan sekitar umur 7-12 bulan.

Bahkan beberapa ras kucing peliharaan juga memiliki tahapan kedewasaan lebih lama, misalnya ras kucing Persia, Ragdoll, American Shorthair, dan Manx.

Baca Juga: Tanpa Kawin! Inilah Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi yang Perlu Diketahui

3. Pasangan Kurang Menarik

Kucing jantan juga bisa menjadi pemilih pada kucing betina dikarenakan berbagai alasan, misalnya saja pernah mengalami pengalaman buruk sebelumnya.

Kucing betina yang dipelihara serumah dengan kucing jantan dan sering bertengkar, kemungkinan besar akan ditolak saat hendak melakukan perkawinan.

4. Masalah Kesehatan

Kekurangan hormon testosteron dalam tubuh, dapat menimbulkan efek negatif bagi kucing jantan yang hendak kawin.

Beberapa masalah kesehatan juga bisa menjadi penyebab kucing jantan gagal kawin, seperti cidera fisik, penyakit mulut dan gigi, serta kelebihan berat badan (obesitas).

Jika menemukan kucing jantan memiliki beberapa kondisi tersebut, sebaiknya kunjung dokter hewan dan lakukan penanganan segera.

Itulah dia beberapa ciri-ciri kucing gagal kawin dan penyebabnya yang perlu Sobat Pintar perhatikan agar hal yang tidak diinginkan terjadi saat kamu hendak mengawinkannya.

Menurut Sobat Pintar, hal lain apa yang bisa menyebabkan kucing gagal kawin? Yuk, tuliskan pendapatmu pada kolom komentar di bawah, ya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://arenahewan.com/tanda-kucing-jantan-berhasil-kawin
  • https://cats.lovetoknow.com/Cat_Refuses_to_Breed
  • https://hewanesia.com/tanda-kucing-betina-sudah-kawin/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar