Hari ini: Selasa, 01 Desember 2020
Sabtu, 10 Oktober 2020, 16:00 WIB

Jangan Berikan! Ini 6 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan untuk Kucing Kesayanganmu

Jangan Berikan! Ini 6 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan untuk Kucing Kesayanganmu

Sebagai pemilik kucing, kamu wajib teliti untuk memberinya makan. Jangan sampai kamu memberikan makanan yang dilarang untuk kucing berikut ini

Jika kamu memang memelihara kucing ras di rumah, ada banyak hal yang harus kamu perhatikan untuk tumbuh kembangnya.

Hal yang paling penting untuk membuatnya nyaman dan sehat adalah memberikan gizi dan nutrisi terbaik yang kamu berikan dalam makanannya.

Kamu tidak bisa memberikan makanan sembarangan yang bisa saja membuat kesehatannya terganggu.

Selain kebersihan lingkungannya, hal ini bisa membuat kucing memiliki umur yang panjang. Kucing sendiri adalah hewan yang penasaran dengan apa saja yang kamu makan.

Nah, terkadang masalah ini yang terjadi pada kucing. Di saat ia meminta makanan yang kamu makan, kamu tidak mengetahui bahwa makanan yang kamu berikan membuat kucing mengalami masalah kesehatan.

Seperti anjing yang tidak boleh diberikan makanan sembarangan, kucing pun demikian. Berikut ini adalah makanan yang tidak boleh dimakan kucing.

Makanan yang Dilarang untuk Kucing

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Kucing

Kucing sendiri sebenarnya tidak memiliki indera pengecap untuk makanan yang manis, dan yang lebih parah lagi banyak makanan manis yang sering disajikan untuknya.

Selain makanan manis, terdapat juga makanan-makanan yang tidak boleh disajikan untuk kucing kesayangan. Berikut ini daftarnya.

Cokelat

Seperti yang sudah PetPi katakan bahwa kucing tidak bisa merasakan manis di dalam indra pengecapnya, jadi kucing tidak akan bisa merasakan makanan manis yang kamu berikan. Terlebih lagi makanan manis terutama coklat menjadi makanan yang berbahaya bagi kucing.

Coklat mengandung kafein yang mengandung zat teobromin yang bisa menyebabkan masalah jantung, tremor pada otot, suhu badan yang tiba-tiba meningkat dan juga kejang-kejang.

Jangan pernah kamu sekali-sekali memberikan coklat pada kucingmu ya!

Baca Juga: Bisa Diterapkan Dirumah, Begini Cara Memandikan Kucing Agar Tidak Berontak!

Semua Jenis Bawang

Makanan Yang Dilarang Untuk Kucing

Mungkin ini yang kamu harus perhatikan ya para pecinta kucing. Segala jenis makanan yang mengandung bawang itu ternyata berbahaya bagi kucing lho.

Kamu bisa sebut bawang apa saja mulai dari bawang merah, bawang putih, bawang bombay sampai bawang bubuk olahan tidak boleh kamu berikan untuk kucing.

Kucing lebih sensitif daripada anjing, jadi bawang mentah yang dimakan oleh kucing bisa saja membuatnya berbahaya bahkan bisa membuat perutnya sakit.

Selain itu bawang yang mengandung zat N-propyl disulfide akan menghancurkan sel darah merah sehingga menyebabkan anemia.

Alpukat

Bukan hanya anjing saja yang dilarang untuk memakan alpukat, mamalia lain seperti kucing juga sebaiknya jangan diberikan alpukat dalam bentuk apapun. Meskipun terlihat menyehatkan, namun buah ini cukup beracun untuk kucing.

Semua yang ada dalam satu alpukat mengandung zat persin yang menyebabkan kucing kesayanganmu bisa saja muntah-muntah atau mengalami diare.

Jangan sampai saat kamu tidak habis mengkonsumsi alpukat, kamu dengan tidak sengaja memberikan alpukat tersebut pada kucingmu yang bisa berakibat fatal pada tubuhnya.

Telur Mentah

Seperti yang kita ketahui, telur sangat bagus untuk dikonsumsi oleh manusia karena mengandung banyak protein yang baik.

Nah telur ini ternyata mengandung suatu enzim bernama avidin yang bisa menyerap kemampuan tubuh kucing menyerap biotin atau vitamin B.

Hal ini tentu saja bisa menyebabkan kucing kamu mengalami kejang-kejang dan mengalami kerusakan pada jaringan otak. Telur mentah juga banyak mengandung bakteri yang bisa membuat kucing kamu tercemar bakteri salmonella.

Anggur dan Kismis

Makanan seperti anggur dan kismis ditemukan adanya masalah pada anjing yang memakannya.

Pusat pengendalian racun hewan ASPCA menyarankan untuk tidak memberikan anggur dalam jumlah apapun kepada hewan peliharaan karena berpotensi menjadi racun dalam tubuhnya.

Walaupun begitu, belum ada kepastian atau resiko jika ada hewan peliharaan termasuk kucing yang memakan anggur. Akan lebih baik jika kamu tidak memberikannya pada hewan kesayanganmu ya.

Baca Juga: Kenapa Kucing Muntah Kuning? Yuk Kenali Penyebab dan Cara Mengobatinya

Ikan Mentah

Meskipun kebanyakan tontonan akan memperlihatkan bahwa kucing akan diberikan ikan mentah sebagai makananya, namun nyatanya sangat berbeda pada kehidupan aslinya. Ikan mentah justru sangat berbahaya bagi kucing. 

Menurut Dr. Perea salah satu dokter hewan di rumah sakit hewan di Amerika menyatakan bahwa tubuh ikan mentah mengandung enzim tiaminase yang bisa menghancurkan senyawa vitamin B pada tubuh kucing. Hal ini bisa saja membuat kucing menjadi kejang-kejang dan merusak jaringan otaknya.

Nah itulah dia daftar makanan yang tidak boleh diberikan untuk kucing kesayanganmu. Jika kucing kamu ingin terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu jangan memberi makan atau harus memperhatikan supaya dia tidak memakan jenis makanan diatas ya.

Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu para pecinta kucing, salam PetPi!

VIDEO: Makanan yang Dilarang untuk Dikonsumsi Kucing

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.advantagepetcare.com.au/au/health/seven-foods-your-cat-shouldn-t-eat/
  • https://www.liputan6.com/global/read/4094338/cokelat-dan-ikan-mentah-6-makanan-ini-tak-boleh-diberikan-ke-kucing
  • https://www.thesprucepets.com/human-food-and-cats-551947
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar