Hari ini: Rabu, 01 Desember 2021
Jumat, 02 April 2021, 20:30 WIB

Stop! Jangan Berikan 9 Makanan yang Berbahaya untuk Anjing Ini!

Stop! Jangan Berikan 9 Makanan yang Berbahaya untuk Anjing Ini!

makanan berbahaya untuk anjing - petpintar

Jagalah kesehatan anjing kamu dengan makanan sehat, janganlah memberikan makanan yang berbahaya untuk anjing demi panjangnya umur anjing kesayangan kamu

Setiap hewan peliharaan memiliki makanan khusus yang hanya bisa diberikan kepada mereka, terutama anjing.

Mengetahui beberapa makanan yang berbahaya untuk anjing dapat mengurangi resiko terjadinya kematian dan penyakit yang diderita selama mereka hidup.

Bahaya dari makanan yang salah diberikan kepada anjing seringkali dilupakan oleh beberapa orang karena anjing dianggap sebagai hewan yang bisa memakan segala macam makanan yang diberikan, sekalipun itu adalah makanan manusia.

9 Makanan yang Berbahaya untuk Anjing yang Wajib Dihindari

Makanan Yang Berbahaya Untuk Anjing
makanan yang berbahaya untuk anjing - petpintar

Tingkah lucu, bulu menggemaskan, bersahabat dan otaknya yang pintar. Inilah 4 alasan kenapa kamu memelihara anjing, bukan?

Jadi, kalau kamu ingin membuat mereka tetap sehat dan tumbuh menjadi anjing pintar, berikanlah makanan bernutrisi dan sehat agar semuanya terwujud.

Hindari daftar makanan di bawah ini untuk kamu berikan kepada anjing jika tidak ingin resiko mati dan penyakit diderita oleh anjing kesayangan kamu.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Makanan yang Mengandung Xylitol

Xylitol adalah kandungan yang digunakan oleh manusia untuk membuat beberapa makanan menjadi manis dan dianggap lebih aman daripada gula. Hal ini berlaku hanya untuk manusia, bukan untuk anjing.

Setiap makanan yang mengandung Xylitol sama sekali tidak boleh diberikan kepada anjing dalam porsi yang terlalu besar, seperti permen, permen karet, dan pasta gigi. Karena, makanan tersebut dapat menyebabkan gula darah anjing turun dan gagal hati.

2. Alkohol

Tidak ada makhluk hidup di dunia yang baik untuk mendapatkan asupan alkohol pada tubuhnya, termasuk manusia dan anjing. Karena, alkohol efek penghancur yang sama pada hati dan otak anjing layaknya pada manusia.

Bahkan, anjing yang mengkonsumsi alkohol terlalu banyak dapat berakibat sangat fatal pada kesehatannya. Mereka bisa diare, gangguan pernafasan, gangguan otak, stress, hingga mati.

Tidak mau hal ini terjadi, kan? Jangan sesekali memberikan alkohol pada anjing kesayangan kamu, ya!

3. Bawang

Sayuran herbal ini memang kerap dijadikan sebagai alternatif obat manusia yang alami. Akan tetapi, berbeda efeknya ketika diberikan kepada anjing dan kucing.

Bawang ataupun bawang putih dapat menyebabkan iritasi saluran cerna dan mengakibatkan kerusakan sel darah merah.

Sangat merepotkan ketika saluran cerna anjing rusak, mereka bisa terkena penyakit diare yang cukup sulit untuk diobati.

Oleh sebab itu, sayangi anjing peliharaan kamu dengan menghindari berbagai makanan yang mengandung bawang dan bawang putih.

4. Makanan Asin / Garam

Hampir semua jenis makanan yang dikonsumsi oleh manusia mengandung garam sebagai penikmat makanan. Sangat berbahaya bila makanan tersebut dikonsumsi oleh anjing.

Karena, garam dalam jumlah besar dapat menyebabkan rasa haus dan buang air kecil berlebihan, hingga pada akhirnya keracunan ion natrium.

Hindarilah makanan-makanan seperti keripik kentang, popcorn atau makanan lainnya yang mengandung garam terlalu banyak pada anjing. Bila perlu, simpan makanan ini di tempat yang sulit dijangkau oleh anjing kesayangan kamu.

5. Alpukat

Makanan Yang Berbahaya Untuk Anjing
alpukat berbahaya untuk anjing - petpintar

Alpukat memiliki kandungan persin yang sangat tidak baik untuk dikonsumsi oleh hewan peliharaan, terutama anjing. Persin ini dapat menyebabkan anjing muntah dan diare yang berlebihan karena usus atau lambungnya sudah terkontaminasi.

Kesalahan yang sangat fatal bila kamu sesekali memberikan alpukat pada anjing. Tidak ada bagian alpukat yang baik untuk anjing. Daging, daun, dan kulitnya mengandung persin. Sedangkan, bijinya bisa tersangkut di usus dan lambungnya.

Ini bisa jadi berbahatya untuk kesehatan anjingmu. Maka dari itu hindari semua makanan yang mengandung alpukat supaya kesehatan anjingmu tetap terjaga.

6. Kafein (Kopi, Teh, dan Coklat)

Tidak ada makanan/minuman apapun yang mengandung kafein baik bagi kesehatan anjing. Makanan yang berbahaya untuk anjing yang satu ini bisa menyebabkan masalah jantung, kejang, tremor, hingga kematian.

Umumnya, gejala awal ketika anjing sudah mengkonsumsi kafein adalah flu dan nyeri tidak kunjung reda. Segera bawa ke dokter hewan peliharaan terdekat ketika anjing kesayangan kamu sudah menunjukkan gejala ini.

7. Anggur dan Kismis

Buah sebagai makanan yang berbahaya untuk anjing selanjutnya adalah anggur dan kismis. Meski kedua buah ini baik untuk manusia, kedua buah ini sangat fatal untuk dikonsumsi oleh anjing.

Gagal ginjal adalah penyakit yang sering dialami oleh anjing yang sudah mengkonsumsi anggur dan kismis. Jika kamu memiliki kedua tanaman ini di halaman rumahmu, pastikan tanaman tersebut tidak bisa dijangkau oleh anjing. Ingat, ya!

Anjing adalah hewan yang sangat aktif dan memiliki rasa penasaran yang tinggi.

8. Telur dan Daging Mentah

Seperti yang dikutip dari Pets Wbmd, telur dan daging mentah memiliki bakteri salmonella atau E. coli yang sangat berbahaya untuk anjing. Bakteri ini dapat meracuni perut anjing yang mengakibatkan mereka muntah dan diare.

Fatalnya, banyak pemelihara anjing yang tidak mengetahui hal ini. Agar lebih baik, sodorkan telur dan daging yang sudah direbus terlebih dahulu untuk memastikan bakteri tersebut sudah hilang atau mati.

9. Lemak Daging

Konsumsi standar seekor anjing adalah daging. Tapi, daging bisa menjadi makanan yang berbahaya untuk anjing jika kamu tidak teliti dalam memilih kualitasnya. Daging yang masih mengandung lemak bisa menyebabkan penyakit pankreatitis bagi anjing.

Bagi yang belum tahu, pankreatitis adalah penyakit peradangan di dalam pankreas yang bisa menyerang anjing selama beberapa hari, bahkan bertahun-tahun jika tidak ada penanganan yang tepat.

Itu dia 9 makanan yang berbahaya untuk anjing. Ketahui ciri-ciri anjing sehat lebih lanjut pada artikel yang sudah pernah PintarPet bagikan agar kamu mengetahui gejala-gejala yang menunjukkan anjing kamu sedang sakit yang diakibatkan oleh makanan yang dikonsumsinya.

Bila sakit berlanjut, hubungi atau bawa anjing kesayangan kamu ke dokter hewan peliharaan yang paham dengan penyakit anjing untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan segera sembuh seperti sebelumnya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Kamis, 24 September 2020, 16:00 WIB
Update pada: Jumat, 02 April 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://pets.webmd.com/dogs/ss/slideshow-foods-your-dog-should-never-eat
  • https://www.alodokter.com/pankreatitis-akut
  • https://www.aspca.org/pet-care/animal-poison-control/people-foods-avoid-feeding-your-pets
  • https://www.humanesociety.org/resources/foods-can-be-poisonous-pets

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar