Hari ini: Selasa, 16 April 2024
Jumat, 18 November 2022, 17:30 WIB

Anjing Kamu Gemetaran? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Anjing Kamu Gemetaran? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

badan anjing bergetar - Wag!

Badan anjing yang bergetar adalah kondisi yang harus diperhatikan, sehingga kamu sebagai pemiliknya harus tahu apa penyebab dan cara mengatasinya berikut

Sobat Pintar, masih banyak pemilik anjing yang tidak mengetahui mengapa badan anjing bergetar tanpa ada sebab yang jelas. Pastinya hal tersebut bisa menimbulkan rasa cemas tersendiri, sebab masalah ini bisa muncul saat hewan sedang sakit.

Tetapi, ada berbagai alasan kenapa badan anjing bergetar selain sakit dan pastinya hal tersebut harus kamu ketahui sebagai pemilik. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, mari baca ulasan di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Apa Penyebab Badan Anjing Bergetar?

Alasan Dibalik Badan Anjing Yang Gemetar
alasan dibalik badan anjing yang gemetar - hellobark

Memang faktor umum yang paling sering menjadikan tubuh anjing gemetar adalah antara suhu yang dingin atau ia sedang terkena penyakit.

Masalah kesehatan yang paling sering menyebabkan hal tersebut adalah penyakit distemper anjing, karena ketika ia terinfeksi maka bisa mempengaruhi kinerja saraf yang ada pada tubuhnya.

Tetapi, badan anjing bisa bergetar bisa juga karena alasan yang tidak berbahaya dan juga bisa menjadi pertanda bila dirinya sedang meminta bantuan.

Nah, kira-kira apa saja penyebab badan anjing gemetar selain ia merasa kesakitan? Berikut ini adalah beberapa penyebabnya, yaitu:

1. Kedinginan

Penyebab pertama yang dapat mengakibatkan badan dan kaki anjing gemetar selain ia sedang sakit adalah menggigil karena kedinginan.

Menggigil merupakan respon memompa darah dalam tubuh karena suhu yang sangat dingin, hal ini terjadi secara alami untuk meningkatkan suhu dalam tubuh sehingga terhindar dari hipotermia.

Selain itu, ukuran anjing yang lebih kecil biasanya akan semakin mudah terserang penyakit ketika berada dalam kondisi ini dibandingkan dengan jenis anjing yang berukuran besar, lho.

Cara mengatasinya tidaklah terlalu sulit, kamu hanya perlu memberikan mantel atau selimut pada anjing supaya tubuhnya menjadi hangat kembali dan tidak lagi menggigil.

Pastikan pula untuk meletakkannya pada tempat dan ruangan yang hangat, sehingga anjing bisa meringkuk dan tutupi tubuhnya menggunakan selimut yang hangat.

2. Merasa senang

Tubuh anjing juga bisa bergetar ketika ia sedang merasa bersemangat atau gembira akan sebuah hal dan belum pasti disebabkan karena masalah kesehatannya.

Belum bisa diketahui mengapa hal yang satu ini dapat terjadi, tapi besar kemungkinan karena perasaan emosinya yang sangat kuat. Bukan ada bahaya yang bisa terjadi ketika anjing gemetar sebab hal ini dan bisa jadi akan berhenti sesudah dirinya jauh lebih tenang.

Kamu bisa mengatasi anjing yang terlalu merasa senang, dengan cara memberikannya beberapa hadiah supaya anjing peliharaanmu tersebut lebih santai dan rileks.

3. Mencari perhatian

Penyebab badan anjing gemetar selanjutnya yaitu ia sedang berusaha mencari perhatian kamu. Bahkan, pada sebagian anjing menggetarkan tubuhnya disertai mengemis meminta makan guna mendapatkan belas kasih dari kamu sebagai pemiliknya. 

Tentu saja hal tersebut tidak berbahaya, namun bila anjingmu dibiasakan seperti itu, maka bisa menjadi sebuah perilaku yang tidak baik. Apabila sangat sering melakukannya, lebih baik kamu mengabaikannya.

4. Cedera Fisik

Berikut kamu perlu mencari tahu apakah pada tubuh anjing yang bergetar tersebut terdapat cedera atau tidak. Lakukan pengecekan dari jarak yang aman dan jangan paksa anjingmu untuk melakukan kontak secara dekat.

Perhatikan apakah penyebab bergetar tersebut karena kaki anjing pincang, merengek, dan sedang menyembunyikan bagian tubuhnya. Jika iya, maka sudah dipastikan cederalah yang membuat badannya gemetaran.

5. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Garam

Apakah kamu sering memberikan anjing dengan dog/raw food ataupun makanan manusia yang tanpa kamu sadari ternyata mengandung sodium yang tinggi?

Ya, ketika ia mengkonsumsi makanan yang berbahaya dan terlalu banyak garam maka bisa saja membuat tubuh anjing mengalami gemetar. Tidak hanya itu saja, ia pun bisa terserang diare dan muntah.

Kamu bisa menetralisir kadar garam pada tubuhnya dengan cara memberikannya banyak minum air, temani dan ajak anjing minum sehingga tubuhnya yang bergetar bisa normal kembali.

6. Ketakutan, Cemas dan Stres

Badan anjing yang bergetar hebat juga bisa disebabkan oleh perasaan emosi seperti stres, cemas dan ketakutan. Pastinya hal tersebut sulit untuk diketahui dengan pasti, tetapi sebagai pemiliknya, tentu kamu tahu kebiasaan anjingmu, bukan?

Kondisi cemas, stres, dan ketakutan bila dibiarkan saja bisa menimbulkan efek buruk untuk anjing dan mungkin saja juga berpengaruh kepada kamu sebagai pemiliknya. Nah, supaya hal tersebut bisa teratasi, kamu perlu menyingkirkan sumber stresnya.

Ketika kamu sudah mengetahui apa yang menjadi penyebab anjing gemetar karena kondisi tersebut, maka cobalah untuk alihkan perhatiannya agar gemetar yang terjadi pada tubuhnya segera hilang.

Perlu kamu harus tahu jika anjing itu merupakan peliharaan yang sangat pintar meniru emosi pemiliknya, jadi kamu harus tetap tenang dan mengajarinya bila tidak ada hal yang harus dikhawatirkan.

Bagaimana Cara Mengatasi Tubuh Anjing Yang Gemetaran?

Mengatasi Anjing Yang Gemetaran
mengatasi anjing yang gemetaran - thisdogslife

Sesudah kamu mengetahui penyebab tubuh anjing bergetar, selanjutnya kamu harus mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi badan anjing bergetar seperti berikut.

1. Pahami perilakunya

Tubuh anjing yang gemetar di sekeliling orang-orang kemungkinan disebabkan oleh berbagai hal. Hal tersebut bisa terjadi walaupun Sobat Pintar tidak melakukan hal yang bisa memprovokasi anjing yang gemetar ini.

Terkadang, anjing yang bergetar dengan orang lain sebab harus bertahan hidup. Sebagian anjing yang mengalami trauma akan menggetarkan tubuhnya ketika bertemu dengan orang-orang karena pernah atau sedang merasakan kekerasan.

Mungkin saja kamu belum tahu bahwa badan anjing yang bergetar tersebut mungkin karena terluka dan bertindak agresif supaya tidak terlihat rapuh dan lemah.

2. Pahami bahasa tubuhnya

Badan yang gemetar bisa jadi ia sedang tegang dan bulu pada bagian punggungnya terlihat berdiri. Biasanya, anjing akan menunjukkan bahasa tubuh seperti apakah ia sedang sedih, ketakutan, marah ataupun kesal.

Apabila tubuh anjing gemetar yang kamu dekati langsung berbalik badan, mengunci badannya dalam keadaan yang kukuh dan bulu pada punggungnya berdiri, ada baiknya diamlah pada posisi mu berada dan biarkan ia melihat jika kamu bukanlah penyebab gemetar di badannya.

3. Jangan tatap matanya

Badan anjing yang bergetar mungkin merasa takut karena menatap mata orang yang sudah mendekatinya. Hal tersebut merupakan salah satu cara guna menunjukkan dominasi anjing dan memberi tahu jika kehadiran kamu menjadikannya merasa cemas.

Oleh karena itu, kamu harus mengalihkan mata ke arah yang lain bila anjing yang gemetar sedang menatapmu. Hal tersebut dilakukan demi menunjukkan kamu menghormati batasannya.

4. Cari tahu penyebabnya

Sobat Pintar mungkin juga bisa menjadi salah satu penyebab badan anjing bergetar. Tetapi, gemetar juga dapat disebabkan dari lingkungan terdekatnya dan tidak selalu kamu menjadi penyebabnya.

Selalu asumsikan jika kamu mungkin menjadi penyebab tubuh anjing bergetar atau takut, khususnya bila anjing tersebut tidak mengenalmu secara baik.

Apabila kamu mengenal dan selalu bertemu dengan anjing yang gemetar tersebut, maka kamu perlu memperhatikan berbagai keadaan atau stimulus yang mungkin menjadikan badan nya bergetar.

5. Perhatikan lingkungan sekitar

Anjing Yang Badannya Sedang Bergetar
anjing yang badannya sedang bergetar - betterpet

Cara mengatasi gemetar pada anjing berikutnya adalah dengan memperhatikan keadaan di lingkungan sekitar dan beberapa benda yang ada disekelilingnya tempat ia berada.

Hal sepele seperti suara, aroma atau benda asing dapat mengakibatkan anjing gemetar karena merasa takut.

Jadi, pahami pendorong rasa gemetarnya bisa membantu kamu untuk membantu atau menghindarinya dari rasa gemetar akan hal-hal tersebut.

6. Mengawasinya dengan penuh perhatian

Apabila anjing yang gemetar tersebut milik kamu dan pada lingkungan tersebut sedang terjadi perubahan lingkungan bisa jadi hal tersebut menjadi penyebab tubuh anjing bergetar, lho.

Sehingga, biarkan anjing mu menghadapi penyebab gemetarnya tersebut untuk waktu yang singkat, selalu jaga ia dalam pengawasan mu dan jika perlu temani mereka melewati masa sulit ini.

7. Jangan membuatnya semakin gemetar

Supaya dapat berinteraksi dengan anjing yang tubuhnya sedang gemetar, kamu perlu mendekatinya secara hati-hati dan pahami waktu yang tepat untuk mendekatinya.

Ingat jika badan anjing yang bergetar tersebut bukanlah peliharaan mu dan ia tidak mengenal kamu maka ia menganggap kamu sebagai penyebab gemetar.

8. Dekati secara perlahan

Bergeraklah secara perlahan di sekitar anjing yang sedang gemetar dan kamu bisa memberikan pujian bila anjing yang gemetar terlihat tenang dan ingin mendekatimu.

Hal tersebut bisa menunjukkan jika kamu menghormati batasannya tetapi bersedia memberikan kebaikan dan pujian bila anjing tersebut ingin mendekati mu. 

Lalu, masing-masing anjing yang tubuhnya sedang gemetar memiliki “zona tenang”. Zona tersebut adalah wilayah di sekitar anjing yang tidak boleh didekati oleh orang asing.

Jangan lupa untuk menjaga jarak agar kamu tidak terlalu dekat dengan anjing. Jangan coba-coba memasuki atau mendekati zona tenangnya saat badan anjing gemetar secara berlebihan. 

Sobat Pintar, Itulah dia beberapa hal yang bisa menjadi penyebab badan anjing bergetar selain sakit disertai cara mengatasinya dengan mudah.

Penting untuk kamu mengetahui penyebab yang tepat ketika anjing mengalami hal tersebut sehingga anjingmu bisa mendapatkan penanganan yang tepat. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://arenahewan.com/cara-menghilangkan-gemetar-pada-anjing
  • https://www.halodoc.com/artikel/tidak-hanya-sakit-ini-alasan-anjing-sering-gemetar

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar