Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Jumat, 04 Juni 2021, 16:00 WIB

Ini Dia Jenis Anjing Besar yang Sering Dipelihara Oleh Manusia

Ini Dia Jenis Anjing Besar yang Sering Dipelihara Oleh Manusia

jenis anjing besar - dogs life

Jenis anjing besar cukup banyak diminati untuk dipelihara di rumah. Berikut ini adalah daftar ras anjing yang mempunyai bobot besar yang menggemaskan

Sobat Pintar yang merupakan pecinta anjing, pasti mengetahui bahwa hewan menggemaskan ini sangatlah pintar dan juga setia.

Di dunia ini jenis ras anjing juga sangatlah banyak, di mana ada jenis anjing besar dan juga yang kecil.

Dalam artikel ini sendiri Petpi akan memberikan daftar ras anjing besar apa saja yang sering kali dipelihara di rumah.

Daftar Jenis Anjing Besar yang Sering Dipelihara

Seperti yang sudah Sobat Pintar ketahui bahwa ras anjing sangatlah beragam dan memiliki ukuran yang berbeda. Di mana ada orang yang menyukai anjing ras besar yang terkenal akan kegagahannya dan bisa melakukan banyak hal.

Berikut ini adalah beberapa jenis anjing dengan ukuran besar yang sering dipelihara di rumah:

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Tibetan Mastiff

Jenis Anjing Besar Yang Sering Dipelihara
Tibetan mastiff - amazon

Jenis anjing dengan ukuran tubuh yang besar pertama adalah Tibetan Mastiff, di mana anjing ini seperti namanya berasal dari Tibet dan memiliki nama asli Do-Khyi.

Jenis anjing yang satu ini dulu sering dijadikan anjing penjaga, namun perkembangannya sekarang juga sebagai anjing pendamping atau peliharaan di rumah.

Ukuran Tibetan Mastiff ini sendiri bisa mencapai tinggi sekitar 72 cm dengan berat sekitar 70 kilogram hingga 86 kilogram. Ciri utama dari anjing ras ini adalah dari bulunya yang sangat tebal dan lebat.

Di mana ini memang sesuai dengan iklim di Tibet yang dingin. Warna bulu dari Tibetan Mastiff sendiri beragam dari coklat, hitam, shaby dan lain sebagainya.

2. Saint Bernard

Jenis Anjing Terbesar Di Dunia
Saint bernard - Spock the dog

Jenis anjing dengan tubuh besar selanjutnya adalah Saint Bernard, di mana anjing yang satu ini sendiri sering kali muncul di film-film.

Saint Bernard semenjak tahun 1600-an menjadi anjing penyelamat di negaranya, yaitu Swiss.

Namun, pada saat ini Saint Bernard sudah umum dipelihara di rumah dan menjadi salah satu jenis anjing besar yang jinak dan sangat disukai.

Ukuran tubuh Saint Bernard sendiri sangatlah besar, di mana beratnya bisa mencapai 117 kilogram dengan yang paling ringan sekitar 77 kilogram.

Tinggi dari anjing ini bisa mencapai 71 centimeter dan memiliki bulu bercak merah dan putih yang lebat serta halus. Anjing jenis ini sendiri memiliki sifat yang sangat playfull dan juga menggemaskan.

3. Great Dane

Ras Anjing Besar
Great Dane - dog training nation

Jika berbicara tentang anjing ras besar, maka Great Dane adalah salah satunya. Apabila kamu penggemar Scooby Doo, maka Sobat Pintar pasti tahu anjing ini.

Great Dane sendiri sering disebut raksasa yang lembut, di mana memang sifatnya sangatlah ramah dan mudah dekat dengan manusia walaupun mempunyai ukuran tubuh yang besar.

Seekor Great Dane dewasa dapat mencapai berat hingga 72 kilogram dengan tinggi rata-rata 81 cm.

Great Dane sendiri adalah hasil persilangan dari English Mastiff dan Serigala Irlandia, di mana tidak heran jika ukuran tubuhnya sangatlah besar. Great Dane sendiri sekarang sering dipelihara manusia dan termasuk anjing terfavorit, lho.

4. Kuvasz

Jenis Anjing Dengan Bobot Besar
Kuvasz - Freepik

Jenis anjing besar yang selanjutnya adalah Kuvasz atau sering dikenal dengan Hungarian Kuvasz. Anjing yang satu ini memiliki sifat protektif terhadap rumah dan tuannya, sehingga tidak heran jika sering dijadikan anjing penjaga.

Kuvasz memiliki bulu yang terkesan berantakan, di mana hal ini dikarenakan oleh bulu bagian luar yang kasar, tapi bulu lapisan bagian dalam sangat lembut.

Ukuran tubuh Kuvasz sendiri bisa mencapai tinggi 76 cm dengan berat rata-rata antara 40 kilogram hingga 54 kilogram.

Anjing besar lucu ini sendiri juga sering dijadikan peliharaan yang sangat cocok bagi Sobat Pintar yang suka dengan ras besar. Apalagi sifatnya sangatlah ramah dan cocok dengan anak-anak.

5. Caucasian Mountain Dog

Anjing Terbesar
Caucasian mountain dog - just us dogs

Anjing yang satu ini berasal dari Rusia dan masuk dalam jajaran anjing dengan ukuran tubuh besar. Caucasian Mountain Dog sendiri adalah anjing yang memiliki habitat di tempat yang dingin, sehingga tidak heran kalau bulunya panjang dan juga tebal.

Sehingga, bagi yang memelihara anjing dengan iklim panas tentu saja menjadi tantangan tersendiri.

Caucasian Mountain Dog ini bisa mencapai berat hingga 90 kilogram dengan tinggi dapat mencapai 75 centimeter.

Bagi Sobat Pintar yang ingin memelihara anjing ini harus berani merogoh kocek lebih dalam karena harga dan biaya perawatan tidak main-main. Apalagi dengan bulunya yang panjang harus dijaga agar tidak rontok.

6. Irish Wolfhound

Jenis Anjing Paling Besar Di Dunia
Irish Wolfhound - barkpost

Jenis anjing berikutnya yang juga masuk dalam ras anjing besar adalah Irish Wolfhound. Penampilan dari anjing sendiri sangatlah unik, karena bulunya terkesan lusuh dan panjang serta agak berombak.

Warnanya pun sangatlah tidak biasa, di mana berwarna keabuan, sehingga banyak yang mengira bahwa anjing ini adalah anjing liar.

Tapi, pada kenyataannya ras anjing yang satu ini cukup mahal karena memang terbilang tidak mudah untuk menghasilkan anakan Irish Wolfhound yang berkualitas.

Tinggi dari anjing dewasa dengan ras ini bisa mencapai 86 centimeter dan dengan berat dapat mencapai 54 kilogram. Untuk memelihara anjing besar tinggi ini, Sobat Pintar harus memastikan asupan makanannya agar tidak obesitas.

7. English Mastiff

Anjing Terbesar Di Dunia
English mastiff - vet street

Jika Sobat Pintar tadi memperhatikan, English Mastiff sendiri sudah sempat disebutkan. Ras anjing English Mastiff ini adalah keturunan dua ras kuno yang sudah punah yaitu Pugnaces Britanniae dan Alaunt.

Karakteristik dari anjing ini sendiri sangatlah protektif sehingga sering kali dijadikan anjing penjaga

Terlebih jika Kamu melihat ukuran English Mastiff yang dapat mencapai berat 110 kilogram dengan tinggi badan yang bisa mencapai 81 cm.

Jenis anjing ini memang sering dijadikan peliharaan, tapi perawatannya sendiri tidaklah main-main. Karena tidak boleh sampai kekurangan atau kelebihan nutrisi agar English Mastiff bisa tetap bergerak aktif.

Sobat Pintar, itulah beberapa daftar jenis anjing besar yang sering dipelihara oleh manusia. Jika dilihat, ukuran anjing-anjing ini tidaklah main-main karena memang sangat besar dan gagah.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.jakartadoglovers.com/article/10-ras-anjing-paling-besar-di-dunia/
  • https://www.kembangpete.com/2014/06/06/10-jenis-anjing-besar-paling-populer-dipelihara/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar