Hari ini: Senin, 08 Maret 2021
Jumat, 09 Oktober 2020, 16:00 WIB

Jangan Khawatir! Begini Cara Mudah Mengatasi Kerontokan pada Bulu Anjing

Jangan Khawatir! Begini Cara Mudah Mengatasi Kerontokan pada Bulu Anjing

Tidak ingin kehilangan bulu anjing peliharaanmu yang cantik itu? Segera atasi dengan mengetahui cara mengurangi kerontokan pada bulu anjing berikut ini

Anjing merupakan hewan peliharaan yang disukai karena penampilannya yang menggemaskan. Walaupun ada beberapa jenis anjing yang mempunyai tampang galak seperti anjing penjaga, namun kebanyakan anjing disukai karena tampangnya yang lucu.

Salah satu kriteria anjing yang lucu biasanya dilihat dari bulunya yang bagus.

Bulu anjing yang bagus akan menambah daya tarik tersendiri bagi pecinta anjing. Apalagi banyak jenis ras anjing terbaik yang memiliki bulu yang tebal.

Namun sayangnya, jika kamu memiliki anjing yang berbulu tebal tidak semudah itu mengurus bulunya agar selalu bagus. Terkadang bulu anjing yang tebal bisa saja mengalami kerontokan secara tiba-tiba karena suatu masalah.

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui bagaimana cara mengatasi kerontokan pada bulu anjing jika itu semua sudah terjadi.

Jangan mengabaikan hal tersebut karena itu bisa menjadi hal besar bagi anjingmu ketika bulunya mengalami kerontokan. Daripada berlama-lama lagi, yuk ikuti terus informasi yang PetPi akan berikan ini.

Penyebab Bulu Anjing Rontok

Penyebab Bulu Anjing Rontok

Banyak faktor yang membuat bulu anjing mengalami kerontokan. Namun banyak sekali pemilik yang terkadang tidak peduli dengan kondisi tersebut.

Mereka berpikir ini adalah hal yang biasa saja padahal jika dibiarkan ini bisa menjadi kondisi serius. Berikut ini adalah beberapa penyebab bulu anjing mengalami kerontokan.

Perubahan Iklim

Terkadang kerontokan pada bulu anjing yang ekstrim hanyalah kerontokan yang normal. Anjing akan kehilangan bulu saat beberapa bulu sudah usianya atau menjadi tua.

Bahkan ini juga bisa terjadi jika ada perubahan iklim yang ekstrim dari musim dingin ke panas. Beberapa ras yang biasanya terkena dampaknya seperti Husky dan Labrador.

Baca Juga: Lucu Banget! Ini 8 Jenis Anjing Kecil nan Imut yang Cocok Kamu Pelihara Di Rumah

Infeksi Kutu

Jika anjing kamu mengalami kerontokan bulu yang parah mungkin salah satu penyebabnya adalah infeksi kutu pada bulu anjing. Kamu harus memperhatikan kulit dan bulu-bulunya.

Infeksi kutu tidak hanya membuat bulu rontok pada anjing, namun juga timbulnya alergi pada kulit yang bisa melebar ke seluruh badan. Akibatnya anjing kamu akan merasakan gatal-gatal, luka pada kulitnya dan mengalami kebotakan.

Alergi Makanan

Kerontokan pada bulu anjing juga terjadi bukan dari faktor external. Bisa saja ada masalah yang timbul saat kamu memberi makanan yang tidak cocok dengannya. Bukan hanya manusia saja yang bisa mengalami alergi pada makanan, namun anjing juga bisa.

Biasanya jika ia memakan makanan yang mengandung biji-bijian yang sulit dicerna maka akan menyebabkan intoleransi terhadap jenis sumber protein tertentu. Alergi ini dapat menimbulkan kemerahan pada kulit dan gatal-gatal yang juga mengganggu kenyamanan pada anjing.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG ANJING?
Cari info Anjing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Anjing Stres

Stres bisa saja dialami oleh anjing dalam jangka waktu panjang yang bisa mengakibatkan kerontokan pada bulu anjing.

Stres bisa disebabkan juga karena kamu sebagai pemilik anjing tidak sering mengajaknya bermain atau sekedar mengelusnya setiap kamu datang kerumah. Selain itu anjing yang dikandangkan juga bisa menyebabkannya stres berat.

Cara Mengobati Kerontokan Pada Bulu Anjing

Cara Mengobati Bulu Anjing Yang Rontok

Ada kalanya pasti kamu tidak sempat untuk membawanya ke dokter hewan atau memang tidak memiliki budget yang cukup untuk pergi kesana.

Kamu juga bisa mencoba untuk mengobati kerontokan pada bulu anjing ini dengan cara yang mudah hanya dengan cukup dari rumah. Berikut adalah cara mengobati kerontokan pada bulu anjing.

Berikan Makanan Anjing yang Lebih Alami

Makanan adalah salah satu peran penting untuk mengatasi kerontokan pada bulu anjing. Jika yang terjadi selama ini adalah alergi pada makanan yang kamu berikan, pastinya kamu harus mengganti makanan yang lebih alami yang bisa kamu beli di beberapa petshop terdekat.

Atau kamu bisa mencoba membuat makanan sendiri, misalnya memberikan makanan yang sudah kamu masak. Seperti ayam, nasi atau sayuran yang memungkinkan ia juga bisa makan dengan lahap.

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh Anjing yang Wajib Kamu Kenali Biar Makin Akrab!

Memanfaatkan Jus Lemon

Kebanyakan orang pasti sudah pernah tau bahwa jus lemon memiliki sifat anti bakteri karena terkandung asam sitrat yang cukup banyak. Air lemon ini bisa membantu dalam mengobati kerontokan pada bulu anjing dan bisa menghilangkan bakteri tumbuh yang berlebihan.

Kamu bisa mencampurkan satu liter air hangat dengan seiris lemon sekitar lima jam. Pastikan kamu juga menyaringnya untuk menghilangkan bulir-bulir lemon. Setelah itu kamu bisa mengoleskan ke area bulu yang mengalami kerontokan.

Jus lemon ini bisa menjadi salah satu cara alternatif dan paling cepat untuk mengatasi kerontokan pada bulu anjing.

Memandikannya Anjing dengan Anti Jamur

Cara memandikan anjing yang benar secara rutin bisa memastikan bulu yang rontok akan terlihat saat kamu mandikan. Selain itu juga kamu harus memandikannya dengan obat anti jamur dengan rutin.

Dengan begitu kamu bisa sedikit meredakan rasa gatal di bulunya. Ini juga menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi bulu yang rontok.

Sisir Bulu Anjing Secara Rutin

Dengan kamu menyisirnya secara rutin, kamu akan membuang bulu yang berlebih dan bulu yang sudah mati. Fungsinya kamu akan mendistribusikan ulang minyak yang ada di kulit anjing untuk mencegahnya rontok kembali.

Kamu bisa menyisirnya tergantung dengan bulu-bulu pada anjing yang kamu pelihara.

Oleskan dengan Lidah Buaya

Seperti yang kita sudah tahu sebelumnya bahwa lidah buaya adalah tanaman herbal yang bagus untuk rambut atau bulu pada manusia ataupun hewan.

Tak terkecuali dengan anjing, kamu bisa menggunakan aloe vera ini dengan cara mengoleskannya di area kulit anjing yang gatal.

Lidah buaya mengandung nutrisi dan enzim yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit kepala dan rambut anjing. Enzim ini bisa membantunya dengan mengangkat sel kulit mati yang menghalangi penyerapan nutrisi yang dibutuhkan rambut sehat.

Nah itulah dia beberapa penyebab dan cara mengatasi bulu rontok pada anjing kesayanganmu. Jika cara-cara diatas dinilai tidak bisa mengatasi masalah ini, mungkin kamu bisa pergi ke dokter hewan dengan mendapatkan obat yang lebih baik.

Cara di atas sudah PetPi rangkum dari beberapa sumber yang terpercaya. Sekian dari PetPi, share jika artikel ini bermanfaat buat kamu!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://miraclevet.com/blogs/news/7-home-remedies-for-dog-hair-loss
  • https://www.hillspet.com/dog-care/healthcare/why-is-dog-losing-hair
  • https://www.holistapet.com/dog-hair-loss-home-remedies-simple-guide/#Home_Remedies_for_Dog_Hair_Loss
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar