Hari ini: Selasa, 09 Maret 2021
Jumat, 18 September 2020, 19:30 WIB

Ternyata ini lho Rahasia Cara Mengatasi Anjing yang Kegemukan dengan Mudah

Ternyata ini lho Rahasia Cara Mengatasi Anjing yang Kegemukan dengan Mudah

Anjing kamu terlihat bermasalah pada badannya? Jangan dibiarkan begitu saja, begini cara mengatasi anjing yang kegemukan badan dengan mudah

Kita sebagai pemilik hewan peliharaan terkadang memiliki masalah dengan hewan yang kita pelihara. Banyak yang mengira jika hewan peliharaan kita sangat lucu dan menggemaskan karena bentuknya yang gembul.

Tak terkecuali dengan anjing, banyak anjing yang mempunyai bobot besar sampai terlihat kesulitan untuk berjalan.

Walaupun kelihatannya lucu, namun kita sebagai pemiliknya wajib mengetahui berat badan ideal dari seekor anjing.

Bisa jadi anjing yang kita pelihara justru mempunyai masalah pada berat badannya sehingga banyak resiko penyakit yang bisa menderitanya.

Namun jika sudah terlanjur memiliki badan yang besar, kamu harus segera mengetahui berat badan idealnya lalu menurunkan badannya lewat metode yang akan PetPi berikan kali ini.

Tenang saja, kamu tidak usah khawatir, asal kamu bisa memahami terlebih dahulu resiko anjing obesitas dan bagaimana cara mengatasinya. Nah berikut ini, PetPi akan berikan informasi tentang bagaimana cara mengatasi anjing yang kegemukan.

Yuk simak informasinya!

Cara Mengatasi Anjing Kegemukan

Cara Mengatasi Anjing Kegemukan

Jika anjing yang kamu pelihara semakin bertambah besar dan berada di titik batas normal berat badannya, penting bagi kamu mengenali arti dari kesehatan secara keseluruhan.

Obesitas pada anjing beresiko menimbulkan berbagai gangguan kesehatan yang serius. Maka dari itu, kita wajib mengetahui cara mengatasi anjing obesitas berikut ini.

Mengatur Ulang Jatah Makanan yang Diberikan ke Anjing

Kamu harus menyiapkan perilaku dan sikap benar dalam memberikan makan anjing peliharaanmu untuk membantunya dalam menurunkan berat badan.

Jika kamu berkonsultasi ke dokter hewan, maka ia akan membantu menghitung berapa banyak dan jenis makanan apa yang seharusnya diperbolehkan untuk menurunkan berat badannya.

Kamu juga harus membagi jatah harian makanan mereka setidaknya hanya dua kali makan saja dibanding kamu harus memberikan 1x makan dengan porsi yang banyak.

Hal ini membantunya untuk mencerna makanan dan menggunakan energi di dalam makanan yang lebih teratur.

Kamu dan anggota dumah lainnya harus secara tegas untuk tidak memberikan sisa makanan secara sengaja ataupun tidak sengaja.

Cara terbaik untuk menghindari hal itu adalah memberikan makanan pada waktu yang sama, wadah yang sama sehingga anjing akan hafal dengan rutinitasnya tersebut.

Baca Juga: Ini Dia Penyebab Anjing Kegemukan (Obesitas) dan Bahaya yang Mengintainya

Memilih Makanan yang Tepat untuk Anjing Kesayanganmu

Meskipun mengurangi makanan anjing bisa membantu untuk menurunkan berat badan, namun cara itu tidak bisa kamu pakai secara terus menerus.

Kamu bisa saja menjadikannya kurang asupan nutrisi harian bagi mereka yang membutuhkan.

Dampaknya, nanti anjing bisa menyebabkan perilaku yang agresif dan mengemis makanan dengan kita.

Sebaiknya kamu memilih makanan yang dirancang khusus untuk mendukung saat kamu menjalankan program untuk menurunkan berat badan.

Makanan yang kamu pilih harus mengandung protein tinggi yang sangat mudah untuk dicerna, sehingga anjing juga mendapatkan nutrisi harian yang dibutuhkannya.

Beberapa makanan anjing yang modern bahkan mengandung nutrisi khusus, seperti campuran serat yang bisa membantu anjing merasa kenyang walaupun tidak menambah kalori.

Makanan yang rendah karbohidrat dapat berguna untuk mengontrol anjing yang mengalami kelebihan berat badan dan menderita diabetes.

Salah satu alasannya adalah makanan ini mampu memperlambat pencernaan serta meningkatkan kontrol glikemik. Anjing yang bobotnya sudah melebihi batas, diet dengan makan yang mengandung karbohidrat rendah.

Dengan pengawasan langsung dari dokter hewan, diet ini mampu meningkatkan lagi kondisi si anjing tersebut.

Ajak Anjing Berolahraga

Jika anjing kamu masih muda dan terlihat sehat, tidak ada salahnya untuk kamu ajak berolahraga secara teratur.

Kamu bisa membawanya jalan-jalan setiap hari secara singkat daripada kamu hanya bisa mengajaknya bermain hanya di akhir pekan.

Lakukanlah olahraga dengan durasi singkat ini setiap hari agar anjing kamu terbiasa.

Selain berlari, kamu juga bisa mengajaknya olahraga lain seperti berenang. Anjing sangat menyukai aktivitas berenang, berbeda dengan hewan peliharaan lain.

Ini bisa membantunya untuk terus bergerak setiap hari dan menurunkan berat badannya.

Kamu bisa membantunya untuk mencapai berat badan yang ideal dengan gaya hidup sehat dan melakukan perubahan-perubahan kecil dari kebiasaan buruknya.

Sering-seringlah kamu berkonsultasi dengan dokter hewan mengenai perkembangan dalam program yang sedang kamu jalankan. Ikuti saran terbaik dari dokter hewan untuk anjing peliharaanmu.

Resiko Obesitas Pada Anjing

Jika tadi kamu sudah mengetahui cara mengatasi anjing kegemukan atau obesitas, maka kamu sekarang harus mengetahui resiko terburuk yang ia alami.

Jika anjing kamu memiliki kelebihan berat badan, maka ia beresiko besar terkena sejumlah gangguan kesehatan yang serius dan berdampak pada kehidupannya.

Berikut adalah resiko ketika anjing mengalami obesitas.

  • Harapan hidupnya berkurang
  • Rentan terkena penyakit Diabetes
  • Penurunan imunitas
  • Penyakit kardiovaskular
  • Masalah pada sistem pernapasan
  • Penyakit osteoartikular
  • Batu pada saluran kemih
  • Berpotensi terkena penyakit jantung
  • Terganggunya tulang dan sendi yang menopang tubuhnya
  • Masalah pada kondisi kulit yang buruk

Ciri anjing yang mengalami obesitas adalah cenderung lesu, terlihat kurangnya motivasi dan energi, tidak bersungguh-sungguh saat diajak olahraga, biasanya akan menghabiskan waktunya untuk tidur dan masih banyak lagi

Anjing yang Rentang Terkena Obesitas

Cara Mengatasi Anjing Obesitas

Tidak semua anjing bisa mengalami obesitas, namun jika kamu memelihara anjing di bawah ini, kamu harus mewaspadainya karena anjing-anjing ini berpotensi menderita obesitas jika tidak dijaga dengan baik. Berikut daftarnya

  • Dachshund
  • Pug
  • English Bulldog
  • Beagle

Nah itulah dia beberapa informasi tentang cara mengatasi anjing kegemukan atau obesitas. Segera lakukan cara-cara di atas sebelum anjing peliharaanmu kelebihan berat badan.

Kamu harus rutin dan disiplin untuk dalam melakukan hal ini. Sekian dari PetPi, semoga bermanfaat ya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://dokterhewan.co.id/detailpost/cara-menolong-anjing-turunkan-berat-badan
  • https://www.royalcanin.com/id/dogs/health-and-wellbeing/how-to-help-your-dog-lose-weight
  • https://www.royalcanin.com/id/dogs/health-and-wellbeing/the-risks-to-your-dog-if-they-are-obese
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar