Hari ini: Selasa, 19 Oktober 2021
Jumat, 01 Oktober 2021, 12:00 WIB

9 Cara Mengatasi Anjing Keracunan Dengan Cepat dan Alami

9 Cara Mengatasi Anjing Keracunan Dengan Cepat dan Alami

cara mengatasi anjing keracunan - thesprucepets

cara mengatasi anjing keracunan dengan cepat dan alami adalah hal penting yang harus diketahui untuk menyelamatkan anjing kesayanganmu. Berikut panduannya

Sobat Pintar, sebagai penyayang anjing pasti kalian selalu memperhatikan kesehatan dan keamanan mereka sebagai prioritas nomor satu. Mengetahui beberapa penanganan dasar saat anjing merasakan kesakitan merupakan hal penting.

Seperti dengan mengetahui cara mengatasi anjing keracunan. Banyak sekali kejadian di mana anjing mengalami keracunan baik itu disengaja ataupun tidak sengaja.

Oleh karena itu, dalam artikel ini PetPi akan menjelaskan apa saja yang harus dilakukan ketika anjing mengalami keracunan. 

Cara Tepat Mengatasi Anjing Yang Keracunan

Cara Mengatasi Anjing Keracunan
cara mengatasi anjing keracunan - paws

Pada dasarnya anjing mempunyai rasa penasaran yang terbilang tinggi. Karakteristik inilah yang terkadang membuat anjing menghirup atau memakan sesuatu yang berbahaya, sehingga menyebabkan keracunan.

Ketika anjing kesayangan mengalami keracunan ada kamu terlihat, seperti mulut berbusa, diare jumlah tidak normal, muntah dan kejang.

Ketika kamu menyadari anjing telah keracunan, berikut ini adalah cara mengatasinya secara cepat dan alami: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Cari Penyebabnya

Sebelum kamu mengatasi anjing yang mengalami keracunan, pertama harus tahu terlebih dahulu penyebabnya.

Banyak sekali penyebab anjing keracunan, misalnya karena memakan atau meminum sesuatu yang mengandung zat berbahaya. Selain itu, menghirup zat berbahaya pun juga mampu membuat anjing keracunan, lho. 

2. Cuci Bagian Tubuh Anjing

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencuci bagian tubuh dari anjing yang sekiranya kena racun secepatnya. Cucilah dengan menggunakan air bersih secara keseluruhan.

Jika bisa, cucilah dengan menggunakan air mengalir. Pastikan bahwa tubuh anjing yang terkena racun sudah bersih. Tujuannya adalah supaya anjing tidak kontak lagi dengan racun yang menempel pada tubuh mereka. 

3. Gunting Bagian Bulu Yang Terkena Racun

Cara mengatasi anjing keracunan selanjutnya adalah menggunting bagian bulu yang terkontaminasi racun bila bisa.

Apabila racun menempel dan tidak dapat dibersihkan dengan air, maka gunting saja bagian bulu anjing yang terkena racun jika memang memungkinkan.

Tapi, kamu harus cepat dan hati-hati. Jika memang tidak memungkinkan jangan lanjutkan karena takutnya racun sudah masuk terlalu jauh. 

4. Bawa Anjing Ke Ruang Terbuka

Bila anjing mengalami keracunan akibat menghirup gas dalam ruangan dan mengalami sesak napas, maka cara paling tepat adalah dengan mengeluarkan anjing ke ruangan terbuka.

Hal ini harus segera dilakukan supaya anjing tidak menghirup gas beracun terlalu lama. 

Tujuannya sendiri adalah agar racun bisa tergantikan dengan udara yang bersih sehingga sesak napas bisa langsung berhenti. Biarkan beberapa saat sampai anjing bisa bernapas dengan lega.

Jangan menekan bagian dada anjing, karena ditakutkan ia akan panik dan malah tidak bisa bernapas. Tidak hanya itu saja, menekan dada anjing dikhawatirkan akan membuat paru-paru mereka tidak bekerja dengan benar. 

5. Siram Pakai Air Garam

Sobat juga bisa menyiram anjing dengan menggunakan air garam sebagai cara mengatasi anjing keracunan.

Tindakan menyiramkan air garam ini mempunyai tujuan agar racun yang menempel pada tubuh anjing cepat hilang dan membantu dia cepat sadar serta segar kembali.

Siram air garam pada bagian tubuh anjing kecuali telinga dengan perlahan. Setelah disiram, diamkan anjing beberapa saat agar air tersebut dapat mengalir ke tubuhnya dengan sempurna.

Kemudian, baru kamu dapat membilasnya dengan air bersih secara menyeluruh.

6. Cuci Area Mulut Anjing

Kamu juga disarankan untuk bisa mencuci mulut anjing dengan menggunakan air bersih jika memang anabul memakan sesuatu yang beracun.

Pada saat membersihkan bagian mulut ini, hati-hati jangan sampai anjing menelan banyak air yang digunakan untuk mencuci. Karena takutnya racun yang tersisa akan tertelan. 

Selain itu, bersihkan juga area mulut dan sebagian wajah anjing. Ketika membersihkan area ini juga Anda harus hati-hati agar air tidak masuk ke dalam telinga.

Bersihkan hingga racun yang ada di area dan dalam mulut anjing sudah bersih. 

7. Buat Anjing Memuntahkan Isi Dalam Perut

Cara mengatasi anjing keracunan dengan cepat selanjutnya adalah membuatnya muntah. Meski hanya sedikit yang dimuntahkan, setidaknya racun yang masuk sebelumnya bisa keluar.

Sehingga dapat memperlambat proses keracunan pada anjing dan bisa membawanya ke dokter. 

Cara untuk bisa membuat anjing muntah adalah dengan menggunakan Hidrogen peroksida. Untuk memberikannya adalah dengan mendongakan kepala anjing perlahan dan memasukkannya ke dalam mulut.

Pastikan bahwa anjing menelannya, lalu tunggulah sekitar 10 menit hingga anjing muntah. Bila belum muntah, kamu bisa menambahkan satu dosis lagi. Hal paling penting adalah jangan pernah memberikan lebih dari dua dosis hidrogen peroksida ini. 

8. Berikan Air Kelapa

Pertolongan pertama ketika anjing mengalami keracunan adalah dengan memberikan air kelapa. Berikanlah dalam jumlah banyak, di mana memang air kelapa memiliki kandungan yang mampu menetralkan racun dalam tubuh.

Sangat disarankan untuk memberikan air kelapa wulung. Kelapa ini sendiri mempunyai warna pink ketika dibuka.

Air kelapa juga berfungsi untuk mengganti cairan pada tubuh. Ketika anjing keracunan, biasanya mereka akan mengalami diare dan juga muntah dalam jumlah yang banyak.

Sehingga kemungkinan mengalami dehidrasi sangatlah besar. 

Cara mengatasi anjing keracunan dengan air kelapa dapat kamu lakukan dengan cara menuangkannya pada wadah tempat minumnya.

Namun, jika anjing sudah sangat lemas, kamu dapat menyuapinya dengan sendok atau melalui selang ataupun pipet.

Lalu apabila anjing muntah karena banyak minum air kelapa, itu tidaklah masalah. Hal tersebut malah sangat bagus agar proses pengeluaran racun bisa lebih cepat. 

9. Berikan Susu

Tidak hanya air kelapa saja, memberikan susu adalah salah satu cara menolong anjing yang mengalami keracunan. Susu mengandung zat yang mampu membantu tubuh mempercepat proses penetralan racun.

Selain itu, susu bisa memberikan energi kepada anjing supaya pulih dari rasa lemas. Berikanlah dengan jumlah banyak dan pastikan susu yang diberikan adalah susu murni.

Cara memberikannya sama seperti pemberian air kelapa, menggunakan selang atau pipet.

Sobat pintar, Itulah beberapa cara mengatasi anjing keracunan dengan cepat dan alami. Namun, bukan berarti setelah menggunakan cara tersebut berarti anjing sudah sehat.

Kamu harus tetap membawa anjing ke dokter secepatnya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://dokterhewan.co.id/detailpost/tips-atasi-anjing-keracunan-secara-cepat
  • https://arenahewan.com/cara-mengatasi-anjing-keracunan#:~:text=Cara%20selanjutnya%20yang%20juga%20bisa%20kamu%20coba%20adalah,dan%20diare%20sehingga%20membuatnya%20kehilangan%20banyak%20cairan%20tubuh.
  • https://www.jakartadoglovers.com/article/mengatasi-anjing-keracunan/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar