Hari ini: Sabtu, 01 Oktober 2022
Senin, 28 Maret 2022, 12:00 WIB

8 Penyebab Anjing Muntah Yang Sering Diabaikan Oleh Pemilik

8 Penyebab Anjing Muntah Yang Sering Diabaikan Oleh Pemilik

penyebab anjing muntah - pixabay

Penyebab anjing muntah itu ada banyak sekali faktornya. Mulai dari makanan dan terjangkit penyakit menular. Berikut fakta tentang penyebab anjing muntah

Hai sobat pintar, siapa diantara Sobat Pintar yang memiliki anjing dan sering kali melihat mereka muntah?  Tentu sebagai pemilik, saat melihat mereka muntah-muntah hingga tidak nafsu makan akan sangat sedih, cemas hingga panik.

Nyatanya tidak hanya kita sebagai manusia saja yang terkadang kehilangan nafsu untuk makan. Hewan pun demikian, termasuk anjing peliharaanmu.

Kalian penasaran tidak sih apa sebenarnya penyebab anjing muntah? Kalau penasaran, yuk sama-sama simak artikel ini sampai habis supaya kita tahu mengapa hewan peliharaan kamu muntah.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Apa Saja Penyebab Anjing Muntah?

Penyebab Anjing Muntah
penyebab anjing muntah - pixabay

Sebenarnya muntah pada anjing bisa disebabkan oleh banyak faktor, sobat. jadi, kamu sebagai pemilik tidak boleh memberikan sembarang obat kepada anjing karena hal ini bisa berakibat fatal. Dimana jika ternyata salah, hal terburuknya kamu dapat kehilangan anjingmu untuk selamanya.

Karena itu, ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Kemudian memberikan pertolongan pertama dan harus membawanya ke dokter ketika sudah diberi pertolongan pertama tetapi muntah tetap berlanjut. Berikut ini adalah beberapa penyebab anjing muntah yang sering terjadi, yaitu :

1. Salah Makan

Makanan anjing yang tidak cocok merupakan penyebab yang seringkali membuat anjing kamu muntah. Biasanya hal ini akan terjadi ketika jika anjing memiliki alergi pada salah satu bahan makanan. Karena itu sebagai seorang pemilik, kamu dituntut untuk memperhatikan pakan yang akan diberikan. Jangan asal dalam memberikan makanan, sebab bisa memberikan pengaruh kurang baik pada tubuh anjing.

Kemudian, selain karena bahan makanan yang tidak cocok. Bisa saja sebenarnya anjingmu sudah kenyang, namun dia tetap menghabiskan makanannya karena takut direbut oleh yang lain sehingga makannya menjadi terburu-buru dan akhirnya muntah sebab organ pencernaannya tidak sanggup menampung jumlah makanan yang masuk.

Karena itu ada baiknya mulai saat ini, takarlah jumlah makanan anjing kamu supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Bila memiliki lebih dari satu ekor dan mereka tidak akur, maka pisahkan ruang makannya agar bisa lebih santai saat sedang makan.

2. Pencernaan Bermasalah

Selanjutnya yang menjadi penyebab anjing muntah adalah adanya masalah pada pencernaannya. Sobat, untuk yang satu ini kamu harus benar-benar memperhatikannya. Karena jika anjing kamu tiba-tiba saja muntah padahal sebelumnya baik-baik saja, maka ada baiknya langsung membawanya ke dokter hewan.

Apalagi jika sudah beberapa hari tidak menemukan kotoran mereka, karena bisa saja ada masalah dengan saluran cernanya. Misalnya anjingmu mengalami iritasi perut, menelan benda asing hingga membuatnya tidak bisa buang air, maag, radang lambung dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan pencernaan.

3. Mabuk Perjalanan

Siapa bilang anjing tidak bisa mabuk perjalanan? Sama halnya dengan manusia, hewan juga bisa mengalami mabuk hingga akhirnya muntah di dalam kendaraan. Karena itu, jika kamu ingin mengajak anjing kamu untuk bepergian menggunakan kendaraan, ada baiknya untuk melatihnya terlebih dahulu.

Kamu bisa mencoba mengajaknya berkeliling dengan mobil dimulai dari jarak yang dekat terlebih dahulu. Kemudian jika dirasa dia baik-baik saja, naikkan levelnya ke jarak yang lebih jauh. Lakukan hal ini beberapa kali dan lihat bagaimana kondisinya.

4. Terjangkit Penyakit Menular

Biasanya anjing yang terjangkit penyakit, seperti parvo virus, leptospirosis dan beberapa penyakit menular pada anjing lainnya. Gejala pertama kali adalah muntah, warna muntahannya juga tidak selalu sama.

Ada yang bening, putih berbusa, kuning, memuntahkan makanan, hingga yang paling parah adalah muntah bercampur darah. Ketika kamu menemukan anjing muntah seperti itu, sebaiknya segera membawa mereka ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut supaya tidak bertambah parah.

5. Disfungsi Organ

Kenapa Anjing Muntah
kenapa anjing muntah - Proud Dog Mom

Kemudian, muntah juga bisa saja terjadi karena anjing memiliki kelainan pada organ dalamnya. Misalnya mempunyai riwayat penyakit ginjal, hati, pankreatitis, penyakit syaraf atau lainnya. 

6. Memakan Rumput

Pernah melihat anjing kamu makan rumput lalu tidak lama kemudian mereka akan memuntahkannya kembali? Tenang saja, sobat. ini merupakan perilaku alami mereka guna membersihkan saluran cerna dari benda atau bulu. Namun, selalu perhatikan rumput yang dimakan oleh anjing tersebut. Karena dikhawatirkan mengandung racun dan malah membuat mereka sakit.

7. Mengalami Keracunan

Selanjutnya penyebab muntah pada anjing adalah karena keracunan. Karenanya kamu sebagai owner memiliki tanggung jawab penuh dalam memperhatikan apa saja makanan yang masuk ke dalam tubuh anjing kesayanganmu.

Ketika anjing kamu keracunan, gejala utama biasanya adalah muntah disertai busa. Pertolongan pertama yang bisa dilakukan, yakni memberikannya minum air hingga dia bisa memuntahkannya semuanya. Ada juga yang menyarankan untuk memberikan air kelapa muda, susu murni, norit dan lainnya.

Namun, kamu harus tahu itu semua hanyalah penanganan pertama, bila kamu ingin mereka selamat. Maka bawalah langsung anjingmu ke dokter agar mendapatkan penanganan dari orang-orang yang lebih ahli.

8. Makanannya Diganti

Mengganti makanan itu kesannya memang sepele, namun tahukah kamu jika merubah makanan anjing tidak bisa dilakukan sembarangan. Karena tidak semua anjing mempunyai sistem cerna yang baik, bahkan ada beberapa kasus bisa mengakibatkan anjing keracunan makanan karena pemilik salah memilih jenis makanannya.

Selalu perhatikan hewan peliharaanmu, ya sobat. Karena memang sebagai pemilik, kamu mempunyai tanggung jawab besar untuk keberlangsungan hidup hewan yang sudah kamu rawat. Karena disaat kamu sudah memutuskan untuk merawat seekor anjing, saat itu pulalah mereka menyerahkan kehidupannya kepadamu. 

Nah, sobat pintar. Itulah tadi delapan penyebab anjing muntah yang wajib kalian ketahui.Jadi rawatlah mereka dengan sepenuh hati, perhatikan makanan, minumannya, mainannya, kesehatannya dan semuanya. Jangan sampai karena kelalaian kamu, mereka celaka hingga mengalami sakit.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://gustavet.com/id/penyebab-dan-cara-mengatasi-anjing-dan-kucing-anda-muntah-2/
  • https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/28/084500376/beragam-penyebab-anjing-muntah-dan-cara-menanganinya?page=all

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar