Hari ini: Rabu, 19 Mei 2021
Rabu, 03 Februari 2021, 19:30 WIB

Setia dan Mudah Dipelihara! Ini 10 Jenis Anjing Ras Terbaik untuk Teman di Rumah

Setia dan Mudah Dipelihara! Ini 10 Jenis Anjing Ras Terbaik untuk Teman di Rumah

jenis anjing ras terbaik - the labrador site

Masih ragu untuk memelihara anjing ras di rumah? Berikut PetPi rangkum pilihan jenis anjing ras terbaik yang mudah dipelihara oleh pemula sekalipun, lho.

Sudah banyak kisah yang menceritakan hubungan erat antara manusia dan anjing, baik dalam bentuk dongeng hingga yang diangkat ke layar lebar.

Tidak mengherankan, kalau sebagian di antara Sobat Pintar menjadikan anjing sebagai hewan peliharaan. Di mana bukan hanya sebagai teman bermain, tetapi bisa juga untuk menjaga keamanan, lho.

Bahkan bukan hanya itu, memelihara anjing mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.

Diantaranya dapat menurunkan resiko penyakit jantung bagi pemiliknya. Seperti yang sudah kami jelaskan di artikel manfaat memelihara anjing.

Anjing pun juga dikenal sebagai hewan yang setia akan majikannya, sehingga akan sangat baik apabila kamu memiliki kedekatan hubungan dengannya.

Terlebih anjing memiliki berbagai jenis ras yang tentu memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing, mulai dari ukuran, jenis bulu, dan lainnya.

Apakah kamu hendak memiliki anjing peliharaan baru di rumah? Berikut beberapa jenis anjing ras terbaik yang mudah untuk dipelihara di rumah yang bisa kamu jadikan pilihan.

Rekomendasi Jenis Anjing Ras Terbaik yang Mudah Dipelihara di Indonesia

Menurut data yang dirilis oleh American Kennel Club (AKC), hingga saat ini tercatat ada 195 ras anjing murni yang tercatat dan tersebar di seluruh dunia.

Hal ini pun lebih kecil dibanding seperti yang diungkapkan pada situs PrudentPet.com, di mana ada lebih dari 350 ras anjing, baik itu ras murni maupun ras campuran.

Lalu manakah jenis ras anjing terbaik untuk dipelihara di rumah? Berikut ulasan lengkapnya yang sudah PetPi rangkum dari berbagai sumber.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Beagle

Jenis Anjing Ras Terbaik
Anjing beagle - pets sync

Mau punya anjing yang imut seterusnya? Nah, anjing Beagle bisa jadi pilihan karena punya ukuran mungil dengan perawakan layaknya puppy hingga usianya dewasa.

Tingginya sendiri berkisar antara 33-38 cm dengan bobot antara 9-13 kg. Beagle juga merupakan jenis anjing paling setia dengan tingkah laku yang menyenangkan dan menggemaskan.

Ciri khas paling umum dari jenis anjing Beagle adalah mata berukuran besar dan telinga yang menjuntai ke bawah. Umumnya Beagle bisa ditemui dengan corak warna paduan hitam, coklat, dan putih.

Golden Retriever

Jenis Anjing Ras
anjing golden retriever - mine puppy

Kemudian ada jenis anjing yang mudah dipelihara dan tentu Sobat Pintar tidak asing lagi, apalagi kalau bukan Golden Retriever, nih.

Jenis ras yang dimunculkan dalam seri film Air Bud ini memiliki perawakan yang sedang dan punya popularitas tinggi di kalangan pecinta anjing.

Golden Retriever juga dikenal sebagai anjing yang loyal, pintar, dan aktif. Makanya disarankan untuk rutin mengajaknya berjalan dan bermain di luar rumah untuk menjaga kondisi tubuhnya.

Chihuahua

Anjing Ras Paling Lucu
anjing chihuahua - npr

Kalau Sobat Pintar lebih memilih anjing ras berukuran mungil, ada Chihuahua yang bisa dijadikan pilihan.

Anjing yang jadi simbol nasional negara Meksiko ini dikenal dengan kepribadian layaknya anjing besar, walaupun punya ukuran yang kecil dengan bobot rata-rata kurang dari 2,7 kg saja.

Chihuahua mudah dikenali selain dari ukuran badannya juga dari bentuk wajahnya yang cukup khas. Jenis ras anjing ini juga populer sehingga sering diikutkan pada ajang kontes kecantikan, lho.

Maltese

Anjing Ras
anjing maltese - dogtime

Lain lagi dengan jenis anjing kecil, Maltese yang cenderung memiliki bulu sangat panjang, lurus, halus, dan sekaligus mengkilat layaknya sutra.

Tingkah lakunya pun terbilang aktif, menggemaskan, dan mudah beradaptasi dengan orang di sekitar. Walaupun pada beberapa kondisi Maltese juga menunjukkan perilaku yang keras kepala.

Jenis ras anjing kecil ini punya ukuran badan dengan tinggi berkisar 17-22 cm dengan bobot rata-rata kurang dari 3 kg. Sehingga tak heran beberapa orang menyebutnya anjing boneka.

Pomeranian

Anjing Ras Terbaik
anjing pomeranian - the happy puppy site

Ada pula jenis ras anjing Pomeranian yang bisa dijadikan pilihan anjing berukuran kecil dengan tipe bulu sedang yang menyelimuti tubuhnya.

Pomeranian memiliki bulu dengan panjang sedang yang menggembung, mirip seperti pom pom yang biasa dibawa oleh para cheerleader.

Jenis anjing ini memiliki tingkah laku yang menggemaskan, cerdas, sekaligus waspada dengan lingkungan sekitarnya. Umumnya Pomeranian populer dengan warna jingga kemerahan.

Akita Inu

Jenis Anjing Ras Lucu
anjing akita inu - freepik

Akita Inu yang dikenal sebagai jenis anjing paling setia. Salah satu kisah kesetiaannya adalah Hachiko yang setia menunggu majikannya pulang selama 10 tahun, padahal sang pemilik sudah meninggal dunia.

Ras anjing asli Jepang ini dihormati sebagai pelindung keluarga, sekaligus menjadi simbol kebahagiaan dan umur panjang.

Ciri khas Akita Inu adalah tubuhnya yang tegap dengan tinggi berkisar 66-71 cm dan bobot 45-58 kg. Bagian kepalanya cenderung besar dengan telinga tegak, serta bagian ekor yang melengkung.

Shiba Inu

Jenis Anjing Ras Yang Cocok Dipelihara
anjing shiba inu - amazonaws

Selain itu ada Shiba Inu yang tidak kalah populer dengan ras senegaranya. Perbedaan antara keduanya terletak pada ukuran, di mana Shiba Inu lebih kecil dengan bobot 10 kg dan tinggi 36-42 cm saja.

Ciri khas Shiba Inu mirip seperti rubah, dengan bagian telinga tegak dan ekor yang melengkung. Shiba Inu umumnya memiliki warna merah, jingga, hitam, dan coklat dengan corak putih di bagian bawah.

Walau dikenal sebagai anjing pemburu, namun Shiba Inu memiliki karakteristik wajah yang menggemaskan. Maka tidak mengherankan kalau anjing ini juga terkenal dengan meme Doge.

Chow Chow

Jenis Anjing Ras Terbaik
anjing chow chow - dog breeders gallery

Jenis ras anjing terbaik selanjutnya masih berasal dari kawasan Asia, yakni Chow Chow yang tepatnya berasal dari dataran Tiongkok di bagian utara.

Chow Chow juga dikenal sebagai jenis anjing besar dengan tinggi berkisar 43-50 cm dengan bobot berkisar 45-70 kg. Perawakan Chow Chow mirip seperti singa dengan bulunya yang tebal, lho.

Selain itu Chow Chow juga mudah dikenali dengan wajahnya yang berlipat-lipat. Jenis anjing ini juga dikenal setia dengan orang yang dikenalinya dan lebih suka menyendiri jika bertemu orang asing.

Alaskan Malamute

Anjing Ras Terlucu
Anjing alaskan malamute - blogger

Selanjutnya ada jenis ras anjing Alaskan Malamute yang memiliki ciri fisik mirip seperti serigala. Jenis anjing pekerja di daerah asalnya dikenal sebagai penarik kereta salju, lho.

Karena berasal dari daerah yang dingin, ciri khas dari Alaskan Malamute adalah mantel dan bulu pada ekornya yang tebal untuk menerjang cuaca ekstrem.

Walau punya nenek moyang serigala, Alaskan Malamute dikenal sebagai anjing yang penuh kasih sayang, setia, dan menyenangkan.

Samoyed

Jenis Anjing Ras Terbaik
anjing samoyed - amazonaws

Samoyed juga memiliki asal usul di daerah dengan cuaca ekstrem, tepatnya di kawasan Siberia. Jenis ras anjing ini memiliki ciri khas bulu tebal berwarna putih yang sanggup menahan suhu dingin.

Kalau kamu menginginkan anjing dengan tampilan menyenangkan, Samoyed bisa jadi pilihan. Karena secara alami, wajah Samoyed memiliki sudut mulut mirip seperti tersenyum.

Bukan tanpa sebab, hal ini dimaksudkan agar air liur anjing tidak menetes dan mencegah terbentuknya es di bagian wajah, lho. Menggemaskan banget, kan?

Selain jenis ras anjing terbaik yang mudah dipelihara seperti yang sudah PetPi ulas di atas, masih banyak ras lainnya yang belum disebutkan dan tentu bisa jadi alternatif lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang lagi cari teman pendamping di rumah, ya!

VIDEO: Ras Anjing Setia Terbaik Yang Cocok Untuk Kamu Pelihara Di Rumah!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Terbit: Jumat, 21 Agustus 2020, 16:00 WIB
Update pada: Rabu, 03 Februari 2021, 19:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.akc.org/dog-breeds/best-dogs-for-kids/
  • https://www.akc.org/press-center/articles-resources/facts-and-stats/breeds-year-recognized/
  • https://www.petmd.com/dog/top_tens/evr_dg_top_10_for_kids
  • https://www.prudentpet.com/blog/newest-purebred-cross-breeds/
  • https://www.thesprucepets.com/best-dogs-for-first-time-owners-4153979

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar