Hari ini: Kamis, 08 Desember 2022
Rabu, 27 Juli 2022, 10:00 WIB

Anjing Kamu Sakit? Ini Dia 7 Makanan Anjing Sakit Terbaik Agar Cepat Sembuh

Anjing Kamu Sakit? Ini Dia 7 Makanan Anjing Sakit Terbaik Agar Cepat Sembuh

makanan anjing sakit - unsplash

Makanan menjadi faktor penting untuk menyembuhkan anjing yang sedang sakit. Berikut ini ada rekomendasi makanan untuk anjing sakit agar cepat sembuh kembali

Sobat Pintar, ketika anjing sedang sakit dan terlihat lemas sudah pasti akan sangat mengkhawatirkan. Apalagi ketika anjing kesayanganmu tersebut tidak mau makan sama sekali dan hanya berbaring seharian.

Sebenarnya wajar bila anjing yang sedang sakit akan mengalami kehilangan nafsu makan, sehingga sebagai pemilik yang baik kamu harus mencari jenis makanan anjing sakit yang bisa membangkitkan selera makan mereka.

Untuk itu, PetPi akan memberikan beberapa rekomendasi makanan yang bisa diberikan kepada anjing kesayangan yang sedang sakit seperti di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Rekomendasi Makanan Alami untuk Anjing Sakit

Makanan Anjing Sakit Tidak Mau Makan
ilustrasi anjing sakit tidak mau makan - unsplash

Ketika kamu tahu bahwa anjing sedang menderita penyakit, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membawanya ke dokter hewan terlebih dahulu.

Kemudian ketika sudah kembali ke rumah, perawatan berikutnya yang paling diutamakan adalah dengan memastikan anjing mau makan agar cepat pulih.

Namun, karena anjing yang sedang sakit sudah pasti tidak mau makan, maka lebih baik untuk memberikan jenis makanan alami seperti di bawah ini:

1. Nasi dan Ayam

Jenis makanan anjing sakit yang pertama adalah nasi dan ayam. Kedua kombinasi makanan ini sangatlah membantu anjing untuk segera pulih.

Kandungan protein dan karbohidrat dari kedua jenis makanan ini akan sangat membantu sekali untuk mengembalikan energi dan kekuatan anjing yang lemas karena sakit.

Selain itu, nasi dan ayam juga sangat aman bagi lambung anjing, terlebih bagi yang sedang mengalami muntah dan diare. Karena bertekstur lembut, maka makanan ini akan lebih cepat dicerna dan meminimalisirkan mual yang dirasakan oleh anjing.

Tapi ada hal yang harus kamu perhatikan yaitu sangat disarankan untuk tidak memberikan penyedap rasa atau bumbu apapun dalam nasi dan ayam untuk anjing sakit.

2. Dada Ayam Suwir

Kamu juga bisa memberikan dada ayam yang sudah disuwir kecil-kecil sebagai pakan untuk anjing sakit. Seperti yang kalian tahu, dada ayam dapat memberikan aroma yang lezat bagi anjing.

Karena aromanya yang lezat, suwiran dada ayam ini dapat meningkatkan nafsu makan ketika mereka sedang sakit. Namun, ketika kamu ingin memberikan dada ayam suwir ini juga alangkah baiknya tidak memberikannya rasa apapun.

Untuk membuat dada ayam suwir pun sangat mudah, kamu bisa merebus atau memanggang dada ayam hingga matang. Pastikan seluruh dagingnya sudah matang, jangan sampai ada bagian yang masih berwarna kemerahan.

Kemudian, kamu bisa suwir dada ayam yang sudah matang tersebut dengan menggunakan garpu. Pastikan ukuran suwiran bisa dikunyah dengan mudah oleh anjing kesayangan kalian, ya.

3. Sup Tulang Sapi

Sup tulang juga bisa jadi pilihan makanan yang tepat ketika anjing sedang sakit. Karena dengan memberikannya sup ini, selera makan dari si anjing pun akan bangkit kembali.

Disamping itu, makanan yang berkuah hangat seperti sup tulang sapi juga akan memberikan rasa nyaman bagi perut anjing yang mengalami mual dan muntah serta diare.

Sama seperti makanan sebelumnya, kamu tidak perlu menambah bumbu apapun, karena sup yang hambar lebih baik untuk anjing yang sedang sakit. Kamu bisa membuat sup tulang dengan campuran beberapa sayuran yang aman untuk anjing seperti wortel, brokoli dan kentang.

Terakhir, sebelum kamu memberikan sup tulang sapi kepada anjing kesayangan, agar ia tidak tersedak lebih baik tulangnya disisihkan terlebih dahulu, ya.

4. Telur Rebus

Makanan yang juga bisa kamu berikan kepada anjing sakit adalah telur rebus. Jenis makanan yang satu ini diyakini juga mampu membantu meningkatkan nafsu makan pada anjing sakit.

Pada telur rebus juga ada protein tinggi yang mampu sehingga bisa memulihkan energi yang hilang pada anjing. Kamu dapat memberikan telur rebus yang sudah matang dan menghancurkannya hingga dapat dikunyah oleh anjing.

Untuk porsinya sendiri, jangan berikan terlalu banyak. Kamu bisa memberikan satu telur rebus terlebih dahulu agar anjing mau makan, kemudian bisa ditambah perlahan sesuai kebutuhan.

5. Makanan Bayi

Pakan Untuk Anjing Sakit
ilustrasi anjing sakit diberi makanan - unsplash

Makanan bayi juga menjadi salah satu opsi yang bisa kamu pilih untuk diberikan pada anjing sakit. Kamu bisa membuat sendiri makanan bayi dengan menggunakan bahan yang ada, seperti nasi dan daging ayam atau sapi.

Seperti yang kita tahu, makanan bayi itu dikenal sangat lembut dan memiliki rasa tawar sehingga sangat baik untuk memulihkan anjing yang sedang sakit.

Ketika membuat makanan bayi untuk anjing kesayangan, pastikan kamu tidak menambahkan berbagai jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh anjing.

Selain itu, tidak ada salahnya juga kamu menambahkan sayuran yang aman untuk anjing. Jangan dicampur susu, terlebih bagi anjing yang juga sedang mengalami diare.

6. Aneka Ikan

Memberikan ikan pada anjing yang lagi sakit dan tidak mau makan juga bisa jadi alternatif tepat. Aroma ikan sendiri sangatlah kuat dan mampu memancing selera makan anjing kesayangan.

Tapi, ikan yang diberikan harus dalam keadaan matang. Karena ikan mentah akan memberikan efek buruk pada pencernaan anjing dimana makanan tersebut juga akan sulit sekali dicerna.

Maka dari itu, sebaiknya kamu mengukus ikan terlebih dahulu hingga matang dan lembut. Kemudian bisa kamu haluskan dan pisahkan duri ikan. Jangan sampai ada duri yang termakan anjing, karena bisa melukai mulut atau tenggorokan mereka.

Sama seperti makanan lain, ikan juga tidak perlu dibumbui. Untuk jenis ikan yang bisa diberikan pada anjing sakit adalah seperti ikan salmon atau cod.

7. Labu

Kamu juga bisa memberikan labu kepada anjing sakit yang mengalami diare dan enggan makan. Labu diketahui juga mempunyai kandungan yang dapat memadatkan feses, sehingga bisa mengurangi gejala diare yang dialami.

Tidak hanya itu saja, nyatanya memberikan labu juga akan sangat baik untuk pencernaan anjing agar bisa kembali segar dan mau makan. Namun, jangan memberikan labu dalam jumlah banyak untuk sekali makan. Hal ini dikarenakan labu juga bisa menyebabkan anjing mengalami konstipasi.

Untuk memberikan labu sendiri lebih baik dikukus atau direbus yang kemudian dihaluskan, lalu cukup berikan satu atau dua sendok makan terlebih dahulu dan pastikan bahwa tidak ada biji atau kulit yang ikut termakan, ya.

Sobat Pintar, itulah beberapa makanan anjing sakit yang bisa diberikan agar nafsu makan mereka juga meningkat. Dengan memberikannya makanan yang berbahan alami, maka akan membantu mempercepat proses pemulihan, sehingga anjing kesayangan pun bisa cepat sehat dan kembali ceria.

Apabila kamu masih ragu berapa banyak porsi yang harus diberikan, konsultasi dengan dokter hewan pun akan sangat disarankan, ya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://breedingbusiness.com/feeding-sick-dog/
  • https://www.puppypointers.com/what-to-feed-a-sick-dog/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Ilmu Komputer (S.Kom.) Binus University 2013 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, ikan dan juga hewan peliharaan lainnya.

Ingin bekerja sama dengan PintarPet? Hubungi saya disini.

Komentar