Hari ini: Senin, 26 Februari 2024
Sabtu, 15 Oktober 2022, 13:30 WIB

Perut Anjing Kamu Bunyi? Ini Penyebab, Tanda-tanda, dan Cara Mencegahnya

Perut Anjing Kamu Bunyi? Ini Penyebab, Tanda-tanda, dan Cara Mencegahnya

gangguan pencernaan menyebabkan perut anjing bunyi - dog time

Perut anjing yang berbunyi merupakan tanda bahwa ia sedang mengalami gangguan pencernaan. Sebelum terlambat, simak ulasan tentang perut anjing bunyi berikut

Sobat Pintar, apakah kamu pernah mendengar perut anjing berbunyi? Jika ya, tentunya kamu akan merasa khawatir anjing kesayanganmu terkena gangguan kesehatan.

Pada umumnya, masalah kesehatan yang sering dialami oleh anjing peliharaan yakni gangguan pencernaan. Misalnya saat terjadi gangguan lambung pada anjing, maka gejala yang tidak menyenangkan dan kurang nyaman akan terlihat. 

Harus kamu ketahui jika seluruh ras anjing rentan terkena gangguan pencernaan dan masalah perut. Oleh sebab itu, kamu harus memahami gejala yang perlu diwaspadai yang diperlihatkan anjing dengan sakit perut yang parah.

Selain itu, setelah kamu mengetahui gejalanya maka tentu saja kamu dapat mencari tahu penyebab dasar dari penyakit pencernaan yang dialaminya tersebut.

Lantas, apa saja yang menjadi penyebab perut anjing bunyi akibat terkena gangguan pencernaan? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Faktor Utama Penyebab Kenapa Perut Anjing Bunyi

Perut Anjing Sakit Dan Berbunyi
perut anjing sakit dan berbunyi - great dane care

Anjing mempunyai pola makan yang bisa dikatakan tidak bervariasi, sehingga mungkin kamu mudah mengabaikan anjing mudah terkena gangguan pencernaan. Masih banyak pemilik anjing yang salah paham jika anjing mempunyai sistem pencernaan yang kuat dan lebih keras.

Padahal, gangguan pencernaan merupakan kasus yang biasa dialami anjing. Banyak sekali penyebab perut bunyi pada anjing, mulai dari:

  • Mengkonsumsi makanan yang kurang bagus,
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan kurang sehat,
  • Memakan hidangan yang dilarang, hingga
  • Jenis makanan yang anjing makan terlalu banyak.

Pasalnya, beberapa hal tersebut sangat dapat mengakibatkan masalah pencernaan yang berkembang menjadi gejala yang berhubungan dengan refluks asam, maag, dan mual.

Selanjutnya ada berbagai kondisi yang juga bisa mempengaruhi anjing ketika mengalami bunyi pada perutnya, seperti:

Asam Lambung

Saat tubuh bekerja sangat baik, ada suatu zat pada lambung yang dipakai oleh perut anjing guna mencegah makanan menjadi limbah dan menghasilkan nutrisi serta membantu pencernaan di tubuh anjing.

Tetapi, ketika perut anjing mengalami gangguan pencernaan maka tubuhnya akan mulai banyak memproduksi asam lambung secara berlebihan sehingga menyebabkan perutnya kembung dan berbunyi.

Peradangan usus

Keadaan ini mengakibatkan kontraksi otot pada usus yang mempersingkat isi perut dari saluran, menyisakan sangat sedikit waktu untuk cairan diserap lagi dengan baik ke usus. Itulah yang mengakibatkan anjing diare.

Ada sebagian anjing yang mengalami peradangan pada usus, maka perutnya akan mengeluarkan bunyi seperti air dan membesar sehingga menimbulkan rasa yang tidak nyaman ketika beraktivitas.

Radang lambung

Selain asam lambung dan peradangan usus, radang lambung juga bisa menyebabkan anjing perutnya bunyi dan tidak mau makan, lho.

Hal ini disebabkan karena adanya kontraksi pada otot perutnya, dimana jika kondisi ini terjadi secara terus menerus maka dapat mengakibatkan anjing muntah.

Tanda-tanda Anjing yang Mengalami Gangguan Pencernaan

Makan Rumput Adalah Tanda Gangguan Pencernaan Pada Anjing -
makan rumput adalah tanda anjing yang sakit perut - dogs naturally

Gangguan pencernaan merupakan masalah biasa yang dirasakan oleh seluruh anjing. Penyebab yang sering terjadi pada anjing yakni saat anjing mengkonsumsi sesuatu yang salah dan dibiarkan sendiri. Dimana pada akhirnya, saluran pencernaan pada anjing akan meradang.

Selain perut anjing yang berbunyi, ada beberapa tanda-tanda lainnya ketika terjadi masalah pada pencernaannya, yang diantaranya adalah: 

Makan rumput

Masalah ini biasa terjadi saat anjing sedang sakit perut. Mereka akan mengkonsumsi rumput menjadi bentuk osmotik alami atau emetik. Rumput tersebut bisa membantu anjing guna membuang bersama kotoran atau memuntahkannya.

Perubahan perilaku

Apabila anjing umumnya terlihat sangat energik namun mulai terlihat pendiam dan berbeda khususnya bila melihat ia sangat lesu. Maka sangat mungkin anjing tidak nyaman dan energinya menjadi lemah.

Hal tersebut kemungkinan dikarenakan oleh gangguan pencernaan.

Bau mulut

Tersedak, muntah dan asam lambung secara berlebihan menjadikan bau napas pada anjing menjadi tidak enak. Baunya sangat asam dan menyengat.

Diare atau muntah

Ini merupakan gejala yang sangat terlihat dan tidak menyenangkan yang dirasakan oleh anjing. Mereka akan merasa tertekan dan berusaha keras melepaskan dirinya dari zat-zat yang ada di dalam tubuhnya dengan memuntahkannya.

Memukul dan menyentuh bibir

Sentuhan di bibir secara berulang merupakan tanda jika anjing akan segera muntah.

Penurunan berat badan

Ketika anjing mengalami penyakit pencernaan dan tak kunjung sembuh, maka hal tersebut dapat berakibat ke berat badannya. Yang awalnya, mungkin anjing mengalami masalah terhadap pola makan.

Apabila penyakit masih terus berlanjut, mungkin anjing akan berhenti makan atau bahkan tidak nafsu makan. Seiring berjalannya waktu, itu akan mengakibatkan berat badan yang menurun.

Cara Mencegah Perut Anjing Berbunyi Akibat Gangguan Pencernaan

Anjing Lemas Akibat Gangguan Pencernaan -
anjing lemas akibat gangguan pencernaan - dog discoveries

Apabila anjing memperlihatkan tanda-tanda dan baru saja merasakan penyebab di atas, maka ada baiknya segera bawa anjing kamu ke dokter hewan. Sebab dokter akan memberikan penanganan sesuai dengan keadaan anjing peliharaan kamu.

Selain membawanya ke dokter, ada juga sebagian tindakan pencegahan yang dapat kamu lakukan supaya anjing terhindar dari penyakit ini yaitu:

Tetap dengan kegiatannya

Anjing sangat senang dengan hal-hal rutin sehingga mereka dapat mengetahui kapan waktunya makan, mengajaknya bermain dengan mainan, dan mengingatkanmu ketika waktunya jalan-jalan.

Dengan anjing tetap melakukan aktivitas sesuai jadwalnya, maka anjing akan terhindar dari stres dan lebih bahagia. Hal tersebut pun membuatnya lebih damai dan tenang menjadikan anjing lebih tertib.

Berikan mainan dan aksesoris

Terdapat berbagai produk yang berguna untuk mengurangi gangguan pencernaan pada anjing, seperti diffuser plugin, jaket akupresur dan rompi kecemasan.

Memang aksesoris untuk anjing tersebut tidak dapat menangani stres karena gangguan pencernaan sampai ke akarnya, tetapi bisa mengurangi stres yang berlebihan pada anjing kesayanganmu.

Bersosialisasi

Apabila kamu mempunyai anjing peliharaan di rumah, ada baiknya ajak anjingmu untuk bersosialisasi dengan binatang lainnya maupun dengan manusia yang ada di lingkungan ia tinggal.

Kamu pun dapat mengajaknya pergi berkeliling komplek supaya ia terbiasa dengan lingkungan sekitar dan suasana yang baru. 

Hal tersebut bisa menjadikan anjing sangat bahagia dan lebih mudah untuk beradaptasi ketika bertemu maupun masuk ke lingkungan yang baru. Anjing mu juga menjadi memiliki banyak teman di sekelilingnya. 

Sobat Pintar, itulah tadi yang menyebabkan perut anjing bunyi dan cara mencegahnya yang perlu kamu ketahui jika memiliki anjing yang mengalami gangguan pencernaan.

Semoga ulasan bunyi perut pada anjing ini bisa bermanfaat dan berguna untuk kamu para dog lovers di rumah sekalian, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.halodoc.com/artikel/penyebab-anjing-mengalami-gangguan-pencernaan
  • https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/18/193000076/penyebab-dan-cara-mengatasi-gangguan-pencernaan-pada-anjing?page=all

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar