Hari ini: Jumat, 27 Januari 2023
Kamis, 08 September 2022, 19:30 WIB

Anjing Muntah Busa Putih? Ketahui Penyebab dan Cara Mengobatinya!

Anjing Muntah Busa Putih? Ketahui Penyebab dan Cara Mengobatinya!

anjing muntah busa putih - proud dog mom

Anjing kamu sering mengeluarkan cairan putih berbusa? Jangan diabaikan, ketahui segera penyebab dan cara mengobati anjing muntah busa agar tidak komplikasi

Memiliki “teman berbulu” yang lucu tentunya menjadi pengalaman terbaik yang akan kamu rasakan seumur hidup. Hewan peliharaan seperti anjing memang menyenangkan dan bisa menjadi teman bermain yang seru saat waktu luang.

Namun, jika kamu melihat anjing muntah busa putih, pastinya akan langsung cemas dan khawatir, ‘kan? Jika hal itu terjadi pada hewan peliharaanmu, mau tidak mau kamu harus tetap tenang dan tidak panik.

Selanjutnya, ketika kamu melihat anjing peliharaanmu memuntahkan cairan putih berbuih, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari penyebab, lalu mulai melakukan pertolongan pertama.

Nah, jika Sobat Pintar ingin tahu apa saja penyebab dan cara mengobati anjing muntah busa putih, maka bisa simak ulasannya di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Apa Saja Penyebab Anjing Muntah Busa?

Muntah Busa Pada Anjing
ilustrasi muntah busa pada anjing - k9 of mine

Anjing yang memuntahkan busa bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari yang sifatnya ringan sampai berat. Untuk itu, simak hal-hal yang menyebabkan anjing muntah busa berikut.

1. Gangguan Pencernaan

Menurut Animal Hospitals USA, penyebab anjing muntah busa dapat terjadi karena mengalami gangguan pencernaan.

Pasalnya, pencernaan anjing akan terganggu saat hewan peliharaan ini makan dengan tergesa-gesa, minum air terlalu cepat, menelan benda asing, atau kelelahan karena terlalu sering beraktivitas.

Sebenarnya, saat anjing milikmu muntah, hal itu bukan masalah besar karena muntah menjadi salah satu hal cara tubuh untuk membuat zat tidak bermanfaat bagi sistem tubuh milik anjing.

Namun, jika muntah-muntah terus berlanjut, maka kamu harus waspada. Ada baiknya langsung menghubungi dokter hewan terdekat untuk memastikan kesehatannya dan segera mendapatkan penanganan terbaik.

2. Kelelahan

Kelelahan sering terjadi saat anjing terlalu lama bermain dan berlarian di bawah terik matahari langsung. Ketika anjing terlalu aktif dan bersemangat, air liur atau ludahnya akan menjadi lebih banyak.

Nah, hal itu bisa menyebabkan anjing kelelahan dan muntah busa, lho. Parahnya lagi, anjing akan kesulitan bernapas, sehingga kamu harus segera mengajak anjing peliharaanmu untuk berteduh dan menghentikan aktivitas.

3. Mual

Jika anjing terlihat memuntahkan busa, maka ini bisa menjadi tanda hewan peliharaan kamu mengalami mual. Sebab, kondisi mual bisa menyebabkan anjing menjadi muntah dan mengeluarkan busa.

Melansir dari Vet Info, gejala ini bisa kamu atasi dengan melakukan puasa atau diet makan yang terdiri dari nasi dan ayam saja supaya perut anjing lebih tenang dan mengurangi penumpukan asam.

Namun, jika kondisi ini terus berlanjut, kamu bisa segera hubungi dokter hewan untuk mendapatkan tindakan yang lebih baik.

4. Stres atau Cemas

Perlu kamu tahu bahwa anjing yang mengalami stres atau cemas bisa membuatnya muntah busa, lho.

Kalau hal ini terjadi pada anjing peliharaan kamu, maka cobalah untuk lebih memperhatikan kondisinya dan membantu mengurangi rasa stres atau cemas yang muncul.

5. Keracunan

Anjing Keracunan Muntah Busa
anjing keracunan muntah busa - k9 of mine

Kenapa anjing muntah busa berikutnya bisa terjadi karena hewan peliharaan mengalami keracunan makanan.

Tak hanya makanan, anjing muntah-muntah hingga mengeluarkan buih dapat terjadi karena keracunan minuman atau ada benda asing yang masuk ke dalam tubuhnya.

6. Rabies

Selain beberapa hal di atas, anjing mengalami muntah busa bisa saja terjadi karena menunjukkan gejala rabies. Gejala ini membuat kerusakan pada saraf mulut dan tenggorokan yang membuat anjing kesulitan untuk menelan makanan.

Beberapa penyebab tersebut mesti kamu ketahui supaya bisa melakukan pengobatan yang tepat. Sebab, jika muntah busa pada anjing semakin parah, tidak menutup kemungkinan hal itu bisa menjadi tanda bahaya dan berujung pada kematian.

Bagaimana Cara Mengobati Anjing Muntah Busa Putih?

Pertolongan Pertama Pada Anjing Muntah Busa Putih
pertolongan pertama pada anjing muntah busa putih - paw leaks

Ketika anjing peliharaanmu mengalami muntah busa putih, kamu harus tetap bersikap tenang supaya dapat mengatasinya dengan tepat. Hal ini karena semua hal yang terjadi itu masih bisa kamu atasi dengan pengobatan alami terlebih dahulu.

Jadi, sebelum memeriksa ke dokter, kamu bisa mencoba beberapa cara pertolongan pertama dalam mengobati muntah busa putih pada anjing seperti berikut ini.

1. Berikan Makanan Berbau Amis

Cara mengobati pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan makanan berbau amis. Jenis makanan berbau amis ini dipercaya efektif untuk mengatasi muntah busa putih pada anjing, sekaligus mengembalikan nafsu makan juga.

Sebelum memberikan makanan berbau amis, sebaiknya anjing peliharaanmu dipuasakan terlebih dahulu selama kurang lebih 2-18 jam, ya.

Setelah itu, berikan makanan yang memiliki aroma kuat, seperti:

  • Makanan mentah alias Raw Food, seperti daging ayam atau sapi;
  • Makanan khusus anjing sakit;
  • Rebusan hati ayam; dan
  • Kuning telur (beberapa orang menyarankan untuk memilih kuning telur ayam kampung mentah yang dicampur dengan sedikit madu).

2. Minumkan Air Kelapa Muda

Sudah bukan rahasia lagi kalau air kelapa muda memiliki khasiat ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk pada anjing yang muntah busa putih secara alami.

Kamu bisa memberikan air kelapa muda secukupnya sampai anjing terlihat segar dan mau makan serta minum seperti biasanya.

Jadi, kamu tidak perlu cemas dan khawatir lagi, ya!

3. Coba Berikan Yogurt

Yogurt juga bisa menjadi obat yang baik untuk anjing muntah busa putih, lho. Tetapi, minuman yogurt ini hanya disarankan untuk anjing yang terindikasi mengalami infeksi pada saluran pencernaan akibat virus atau bakteri.

Hal ini karena yogurt memiliki kandungan bakteri baik yang dapat membantu pencernaan anjing terbebas dari bakteri jahat.

Berikan yogurt secara rutin sampai anjing benar-benar sehat kembali seperti sedia kala.

4. Sediakan Air Gula Hangat

Sebenarnya, cara ini masih belum disetujui oleh seluruh pecinta anjing karena gula tidak baik untuk kesehatan hewan tersebut. Tetapi, pengobatan menggunakan air gula hangat cukup membantu untuk mengembalikan staminanya yang hilang.

Cara membuatnya pun sangat mudah, kamu hanya perlu melarutkan gula pasir, gula jawa dan madu menggunakan air hangat. Selanjutnya, minumkan kepada anjing peliharaanmu secukupnya.

Tetapi, kalau anjing tidak mau meminumnya sendiri, kamu bisa menggunakan bantuan pipet obat, ya.

5. Beri Air Mineral

Jika kamu tidak ingin memberikan air gula hangat untuk mengobatinya, kamu tidak perlu bingung. Sebab, air mineral dapat menjadi salah satu obat efektif untuk menurunkan gejala tersebut.

Kamu dapat memberikan air mineral ke dalam wadah dan dekatkan pada anjing yang mengalami muntah busa putih. Apabila anjing tidak bisa meminumnya sendiri, maka gunakan pipet atau suntikan yang sudah dibuang jarumnya (spet).

Sobat Pintar, Itulah beberapa penyebab anjing muntah busa dan cara mengobatinya yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Jadi, ketika anjing peliharaanmu mengalami hal tersebut, kamu tidak perlu cemas dan lakukan pengobatan seperti yang sudah dijelaskan.

Namun, jika anjing muntah busa putih disertai gejala lain yang berbahaya, kamu harus segera membawanya ke dokter hewan supaya mendapatkan penanganan terbaik.

Pastinya, kamu tidak ingin hewan peliharaan kesayanganmu ini mengalami hal seperti itu, ‘kan?

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://anjingdijual.com/thread/705/anjingku-muntah-berbusa
  • https://midogguide.com/id/pemeliharaan-dan-perawatan/mengapa-anjing-saya-muntah-busa-putih%3F.html
  • https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/28/084500376/beragam-penyebab-anjing-muntah-dan-cara-menanganinya?page=all

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, serangga, dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar