Hari ini: Selasa, 29 November 2022
Jumat, 21 Januari 2022, 10:00 WIB

Kenapa Anjing Menangis? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Kenapa Anjing Menangis? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

kenapa anjing menangis - pixabay

Pernahkah melihat anjing menangis terus menerus? Berikut ini Petpi akan kasih tau 7 penyebab dan cara mengatasi anjing menangis yang perlu kamu ketahui.

Sobat pintar, apakah kamu pernah kebingungan kenapa anjing menangis? Anjing sering menangis dan menunjukkan sikap yang tidak biasa bisa disebabkan oleh banyak hal.

Seperti, ia sedang mengalami alergi, infeksi, kesehatan mata yang memburuk, tekanan batin dan lainnya. 

Jika sudah seperti itu, janganlah menganggap sepele bila anjing kesayangan mu selalu menangis.

Apabila tidak segera diatasi, bisa saja terjadi masalah lainnya yang tidak kamu inginkan. Untuk itu, yuk ketahui bersama-sama apa saja penyebab anjing menangis dan bagaimana cara mengatasinya seperti di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Penyebab Anjing Menangis

Penyebab Anjing Menangis
penyebab anjing menangis - pixabay

Sudah tidak menjadi rahasia lagi, masih banyak masyarakat Indonesia yang selalu menghubungkan anjing yang menangis dengan cara melolong dengan hal mistis, salah satunya adalah karena anjing melihat makhluk halus.

Padahal bukan hal tersebutlah penyebabnya. Ada beberapa penyebab dan alasan yang membuat anjing menangis dan akhirnya ia melolong dengan keras. 

1. Sedang Mengalami Alergi

Kamu harus tahu penyebab kenapa anjing menangis yang pertama adalah ia sedang mengalami penyakit alergi. Cara ia memberitahu sedang alergi adalah dengan menangis sampai mengeluarkan air mata.

Ia juga rentan sekali dengan sejumlah jenis alergi misalnya serbuk sari atau debu. Jadi, secara garis besarnya ia tidak menangis, hanya mengeluarkan air mata sebab sedang merasakan sesuatu di tubuhnya. 

Untuk kasus ini, ada baiknya kamu segera membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat, sehingga tidak terjadi hal lain yang tidak diinginkan. 

2. Saluran Air Mata Tersumbat

Saat saluran air matanya tersumbat, secara otomatis anjing akan mengeluarkan air mata. Ada beberapa penyebab mata tersumbat seperti terkena debu, iritasi mata akibat kotoran, dan jarang dimandikan bisa menyebabkan penyumbatan saluran air matanya. 

Apabila kamu masih belum mengerti tentang situasi ini, ada baiknya segera membawanya ke dokter hewan agar ia mendapatkan perawatan yang benar. 

3. Terinfeksi Penyakit Mata

Apabila anjing terkena infeksi mata atau bagian daerah mata, biasanya air matanya akan keluar tanpa ia sadari. Inilah penyebab kenapa anjing menangis karena air mata yang keluar ini diakibatkan oleh banyaknya kotoran yang menempel pada area mata. 

Lalu, jika kamu sering melihat anjing menggaruk mata, ada kemungkinan anjing tersebut sedang merasakan gatal akibat infeksi penyakit yang ada di bagian matanya. 

4. Sedih Karena Adanya Perpisahan

Anjing dianggap memiliki hubungan emosional sangat kuat dengan pemiliknya. Saat kamu ingin pergi cukup lama dan meninggalkannya di rumah, ternyata ia dapat merasakan kesedihan yang sangat luar biasa sebab ia berpisah dengan kamu. 

Hal inilah yang menjadi alasan kenapa anjing menangis saat ditinggal, karena perilaku ini merupakan salah satu cara anjing untuk mengungkapkan perasaan sedihnya. 

5. Sedang Merasa Sangat Bahagia

Anjing dapat mengeluarkan air mata saat sedang merasa sangat bahagia. Seperti, saat ia pertama kali berjumpa dengan kamu setelah lama tidak bertemu. Ia juga akan merasa senang saat kamu memberikan kasih sayang yang tulus dan merawatnya dengan banyak cinta. 

6. Mencari Perhatian

Alasan kenapa anjing menangis selanjutnya adalah karena ia sedang mencari perhatian kamu. Tidak hanya menangis, anjing juga biasanya akan melolong dengan keras.

Itu merupakan cara nya untuk meminta kamu supaya bermain dengan nya dan memberinya perhatian lebih. 

7. Terbawa Suasana Sedih

Yang harus kamu tahu yaitu anjing juga mengerti bahasa cinta. Apabila kamu sedih di depan nya, maka hal tersebut juga bisa mempengaruhi perasaan anjing mu.

Bahkan, saat akhirnya kamu menangis di hadapan mereka, kemungkinan ia juga akan ikut menangis dengan kamu. 

Cara Mengatasi Anjing Menangis

Cara Mengatasi Anjing Menangis
cara mengatasi anjing menangis - pixabay

Setelah mengetahui penyebabnya dan ternyata tidak terdapat kelainan atau penyakit pada saat membawanya ke dokter hewan, maka kamu dapat mencoba beberapa kegiatan seperti berikut ini. 

1. Ajak Anjing Jalan-jalan

Apabila kamu mengajaknya berkeliling komplek pada pagi hari, ketika matahari bersinar. Hal tersebut bisa membantunya untuk mengurangi stress nya.

Jika kamu tidak bisa bangun pagi, maka kamu bisa mengajaknya berjalan-jalan pada sore hari. Kamu juga bisa mengajaknya ke tempat teman mu yang memiliki anjing, agar anjing kamu bisa bersosialisasi dan bermain dengan nya. 

2. Sediakan Waktu Untuknya

Mirip dengan poin sebelumnya yaitu kamu harus menyediakan waktu untuk nya agar anjing kesayanganmu tidak lagi melolong atau menangis karena tidak mendapatkan perhatian dari kamu.

Ajak ia bermain dengan mainan kesukaannya. Hal ini diyakini bisa mengusir rasa sedih nya dan ia kembali seperti biasanya. 

3. Ajak Anjing ke Lingkungan Baru

Disini kami tidak menyarankan untuk membawa anjing mu menggunakan mobil ya. Cara mengatasi anjing menangis selanjutnya adalah dengan mengajak anjing mu berjalan-jalan ke komplek lain yang tidak pernah dikunjungi.

Mungkin hal ini terlihat mudah, tetapi tidak mudah untuk anjing yang sedang mengalami depresi, sebab ia akan selalu minta pulang ke rumah, ia akan sangat merasa tidak nyaman dengan lingkungan barunya. 

4. Berikan Makanan Kesukaannya

Cara menghibur anjing yang menangis bisa dengan memberikannya makanan atau cemilan kesukaannya. Mungkin saja hal tersebut dapat mengobati rasa sedihnya.

Selain itu, cobalah untuk menyuapinya dengan kasih sayang, bisa saja memang ia sedang ingin bermanja-manja dengan kamu. 

5. Berikan Mainan Baru

Tidak hanya membelinya makanan kesukaan saja, kamu juga bisa mencoba untuk memberikannya mainan baru agar ia lupa dengan pikirannya yang membuat ia menjadi menangis. Jangan lupa juga ajak anjing kesayanganmu ini bermain bersama. 

Nah, apabila semua cara di atas sudah kamu lakukan dengan benar tetapi anjingmu tidak juga kunjung membaik dan masih saja mengeluarkan air mata. Maka sebaiknya kamu segera membawanya ke dokter hewan agar anjingmu mendapatkan perawatan yang tepat dan akurat. 

Demikianlah ulasan lengkap mengenai penyebab dan alasan kenapa anjing menangis disertai cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu sebagai dog lover ya, Sobat Pintar! 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://id.animalthai.com/id-how-to-get-a-dog-to-cheer-up
  • https://www.tonfeb.com/2015/02/inilah-7-penyebab-utama-anjing-menangis.html
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar