Hari ini: Kamis, 26 Mei 2022
Selasa, 08 Februari 2022, 10:00 WIB

Waspada! Inilah 4 Bahaya Air Liur Anjing Jika Tidak Hati-hati

Waspada! Inilah 4 Bahaya Air Liur Anjing Jika Tidak Hati-hati

bahaya air liur anjing - the labrador site

Memelihara anjing diperbolehkan asal kamu paham merawatnya. Ketahui 4 bahaya dari air liur anjing untuk kesehatan manusia, simak ulasannya berikut ini.

Sobat Pintar, apakah kamu tahu tentang bahaya air liur anjing? Seperti yang kamu tahu jika anjing merupakan hewan yang mudah terkena penyakit, apalagi bila kesehatan tubuhnya tidak dijaga dengan baik. Rabies menjadi penyakit yang paling mudah menyerang anjing, walaupun bisa juga menyerang ke hewan lain, seperti kucing dan kera. Penularannya kepada manusia terjadi jika ia menggigit tubuh mu. 

Akibatnya pasca digigit akan terjadi infeksi sebab adanya interaksi bakteri dari mulut anjing ke kulit manusia, seperti streptococcus, pasteurella, capnocytophaga dan fusobacterium.

Jangan kamu anggap sepele, sebab bakteri tersebut dapat mengakibatkan terjadinya meningitis, endokarditis dan penyakit lainnya yang mematikan. Selain itu, kamu juga harus waspada dengan liurnya yang berbahaya. Tidak perlu menunggu lama, mari simak ulasannya berikut ini. 

Apa Bahaya Air Liur Anjing Bagi Kesehatan Manusia?

Bahaya Air Liur Anjing Untuk Kesehatan Manusia
bahaya air liur anjing untuk kesehatan manusia - insider

Sama seperti manusia, anjing sebagai hewan peliharaan juga dapat menunjukkan kasih sayang dan perhatiannya. Salah satu caranya yaitu dengan menjilati kamu. Itulah mengapa dijilat anjing di tangan atau wajah sudah menjadi hal yang biasa saat kamu ingin bermain dengan nya. 

Lalu, bagaimana apabila dilihat dari kacamata kesehatan? Apakah liur anjing saat hewan itu menjilat bisa menyebabkan penyakit dan membahayakan?

Ya, mungkin kamu melihatnya sangat wajar, tapi harus kamu tahu jika ada masalah kesehatan yang harus kamu alami karena air liur anjing tersebut. Memang terdapat sejumlah masalah kesehatan yang harus kamu waspadai bila terkena liur anjing. Yuk, simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Infeksi Bakteri

Bahaya air liur anjing bagi manusia yang pertama adalah lebih berisiko terinfeksi bakteri yang terdapat di dalam air liur anjing. Perlu kamu ketahui bahwa di dalam mulut dan air liurnya ada banyak sekali bakteri yang sangat berbahaya untuk manusia. Salah satunya yaitu Capnocytophaga yang merupakan bakteri paling sering dijumpai di mulut anjing, kucing bahkan manusia. 

Seseorang yang mempunyai kekebalan tubuh yang rendah, seperti para pengidap HIV/AIDS, orang yang pernah menjalani pengangkatan limpa atau pecandu alkohol ini lebih mudah terserang infeksi dari bakteri ini. 

2. Infeksi Parasit

Walaupun jarang sekali terjadi, bahaya air liur anjing ini tetap harus kamu waspadai. Karena di dalam usus anak anjing yang usianya baru satu minggu, terdapat 20 hingga 30 juta telur cacing gelang. Cacing jenis tersebut bisa menular ke anjing lainnya saat ia menjilat anus satu sama lain dan menelan fesesnya. 

Sehingga, saat kamu dijilat oleh anjing, kemungkinan lidah dan air liurnya mengandung cacing dari feses yang ia telan saat menjilati anusnya dan itu bisa berpindah ke kamu. 

Infeksi parasit karena liur anjing ini biasanya akan menimbulkan tanda-tanda seperti ruam, gatal-gatal, merah pada kulit, batuk, sesak napas, diare, sakit perut, kelelahan hingga demam. 

Oleh sebab itu, lebih baik untuk menghindar saja ketika kamu ingin dijilat oleh anjing, apalagi jika anjing tersebut adalah anjing liar yang kamu tidak tahu sedang terkena penyakit atau tidak. 

3. Penyakit Kadas dan Kurap

Bahaya Anjing Yang Mengeluarkan Air Liur
bahaya anjing yang mengeluarkan air liur - kayawell

Bahaya air liur anjing berikutnya adalah dapat mengakibatkan penyakit kulit seperti kadas atau kurap yang disebabkan oleh infeksi jamur. Mengapa bisa terjadi? Karena saat spora jamur pada sisi tubuh yang terjilat anjing terbawa air liur lalu menyebarkan spora jamur.

Selain itu, kurap merupakan penyakit kulit dengan tanda-tanda kulit bersisik berbentuk bulat-bulat dan ruam yang merah meradang. 

Harus kamu ketahui jika air liur anjing didalamnya mengandung glikoprotein yakni zat yang dapat memicu mekanisme pertahanan tubuh untuk sebagian orang. Penyakit kulit karena air liur anjing biasanya bisa sembuhkan dengan salep dan krim anti jamur serta obat anti alergi. 

Kamu bisa membeli obat tersebut di apotek terdekat atau agar lebih aman bisa juga lebih dulu ke dokter untuk memeriksa keadaanmu dan minta resep obat. 

4. Gangguan Pencernaan

Mulut anjing merupakan rumah yang cocok untuk banyak kuman dan bakteri penyebab penyakit. Apalagi anjing merupakan hewan yang seringkali mengenduskan moncong dan hidungnya ke banyak tempat yang mungkin saja kotor dan hal ini tidak diketahui oleh kamu.

Bahaya air liur anjing ini sangat jarang sekali disadari oleh pemilik, terlebih kuman dan bakteri yang ada pada moncong anjing ini dapat mudah sekali berpindah ke manusia melalui jilatan atau sentuhan lembut. Biasanya jenis bakteri yang sering hinggap pada mulut anjing dan menimbulkan banyak penyakit yaitu bakteri E coli, clostridium, campylobacter dan salmonella. 

Semua bakteri tersebut bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang sangat parah pada manusia, seperti demam, sakit perut, diare, mual hingga muntah. Jika keadaannya sudah seperti ini, lebih baik kamu segera pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi karena air liur anjing ini. 

Nah, Itu tadi bahaya air liur anjing untuk kesehatan manusia. Walaupun kamu tidak bisa langsung merasakan tanda-tanda penyakit sesudah dijilat anjing di kaki dan tangan, kamu harus tetap waspada bila kamu dijilatnya pada bagian mata, wajah dan sekitar mulut. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.halodoc.com/artikel/tidak-hanya-gigitan-jilatan-anjing-juga-perlu-diwaspadai
  • https://www.halodoc.com/artikel/waspada-ini-4-bahaya-air-liur-anjing-untuk-kesehatan
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar