Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Rabu, 08 Desember 2021, 16:00 WIB

Dijamin Ampuh, Ini 9 Bahan untuk Cara Menghilangkan Kutu Anjing

Dijamin Ampuh, Ini 9 Bahan untuk Cara Menghilangkan Kutu Anjing

cara menghilangkan kutu anjing - hewany

Membersihkan kutu pada anjing memang pekerjaan yang menyebalkan, Beikut ini adalah Cara menghilangkan kutu anjing yang ampuh dengan daftar bahan tertentu

Sobat pintar, anjing sebagai salah satu jenis peliharaan di rumah memang sangat menggemaskan dan juga bisa menjadi teman.

Tapi, dalam memelihara seekor anjing tidak bisa sembarangan. Apalagi ketika tidak memperhatikan kesehatan dan kebersihan, anjing kesayangan terserang kutu. 

Memang cara membunuh kutu anjing secara alami adalah dengan memiliki jadwal mandi rutin setiap minggunya.

Namun terkadang walaupun kamu sudah sering memandikannya, tiba-tiba kutu-kutu tersebut muncul kembali.

Maka daripada itu, sobat pintar harus tahu cara menghilangkan kutu anjing yang tepat dan cepat agar kutu hilang selamanya dari anjing peliharaanmu. 

Cara Menghilangkan Kutu Anjing Paling Ampuh

Cara Menghilangkan Kutu Anjing Dengan Mudah
cara menghilangkan kutu anjing dengan mudah - eco pest control

Kutu pada anjing memang terkesan sepele, tapi ternyata jika anjing kutuan akan menyebabkan banyak masalah. Tidak hanya pada kulit yang gatal-gatal saja, tapi bisa menyebabkan masalah serius seperti penyakit parasit darah ataupun kerontokan parah. 

Oleh sebab itu, dengan mengetahui cara untuk membasmi kutu pada anjing secara menyeluruh sangatlah penting. Berikut ini adalah caranya: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Cuka Apel

Cara pertama untuk mengusir kutu pada anjing adalah dengan menggunakan cuka apel. Cairan yang satu ini terbilang sangat ampuh dan sering digunakan oleh para pecinta anjing agar kutu dapat pergi.

Memang cuka apel tidak bisa membunuh kutu, akan tetapi kutu tidak menyukai aroma dari cairan ini. 

Penggunaannya sendiri sangatlah mudah, di mana sobat pintar dapat mencampurkan beberapa tetes cuka apel dengan air lalu balurkan campuran tersebut ke bulu anjing hingga merata.

Jika ingin lebih efektif, sobat bisa mencampur air dengan shampoo anjing anti kutu dengan cuka apel dan gunakan untuk memandikan anjing kesayangan. 

2. Tanah Diatom

Mungkin jenis tanah yang satu ini masih sangat asing ditelinga sobat pintar. Di mana tanah diatom sangat efektif sekali mengusir kutu anjing.

Berbeda dengan cuka apel yang harus ditaburkan pada bulu anjing, tanah diatom ini sendiri ditaburkan di sekitar area anjing bermain atau tidur. Tanah yang satu ini sendiri ampuh membunuh kutu secara perlahan. 

Untuk mendapatkan tanah yang satu ini, sobat pintar dapat membelinya di pet shop terdekat.

Sudah ada banyak sekali toko khusus hewan yang menjual tanah ini karena memang penggunaannya untuk membasmi kutu sangatlah efektif dan juga cepat. 

3. Sabun Cuci Piring

Cara menghilangkan kutu anjing yang satu ini memang terbilang masih menjadi perdebatan. Karena sifat sabun cuci piring yang panas jika terkena kulit anjing, maka banyak yang menghindari penggunaannya.

Tapi jika sobat pintar ingin menggunakan sabun cuci piring, jangan memakainya begitu saja. 

Cara yang tepat adalah mencampur sabun cuci piring dengan shampoo anjing. Untuk perbandingannya, shampoo anjing harus dalam jumlah yang lebih banyak daripada sabun cuci piring yang digunakan.

Karena sifat sabun cuci piring yang panas tadi itulah yang mampu membuat kutu anjing mati. 

4. Daun Mimba

Untuk menghilangkan kutu anjing selanjutnya, sobat pintar dapat menggunakan daun mimba yang dikenal sebagai ramuan tradisional.

Daun yang satu ini sendiri sering dijadikan jamu oleh manusia, di mana memang mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat. Daun mimba mempunyai aroma yang dibenci oleh kutu anjing. 

Sobat pintar dapat merebus daun mimba secukupnya dengan air hingga airnya keluar. Lalu air rebusannya tersebut bisa sobat gunakan untuk memandikan anjing.

Memandikan anjing yang kutuan dengan daun mimba dapat sobat pintar lakukan seminggu 1 atau 2 kali. Di mana secara perlahan kutu akan pergi dari tubuh anjing. 

5. Borax

Zat pengawet yang sering digunakan untuk mengawetkan jenazah ini sendiri juga bisa sobat pintar manfaatkan untuk mengusir kutu anjing.

Bahan yang satu ini dikenal sebagai anti serangga atau insektisida, sehingga bisa membuat kutu anjing tidak mendekat.

Cara penggunaannya sendiri adalah dengan menaburkan borax pada tempat dimana anjing sering tidur ataupun bermain. 

Tapi perlu sobat pintar perhatikan dalam menaburkan zat yang satu ini, karena zat ini sangatlah berbahaya ketika terjilat oleh anjing. Sehingga memang penggunaannya harus benar-benar bijaksana dan jangan sampai melukai anjing kesayangan.

Ada baiknya menaburkan zat ini ketika anjing sedang tidur, lalu bersihkan ketika anjing ingin bermain di sekitar tempat ditaburkannya.

6. Kayu Cedar

Cara selanjutnya untuk bisa mengusir kutu anjing adalah dengan menggunakan kayu cedar. Kayu yang satu ini memiliki wangi yang sangat tidak disukai oleh serangga parasiti.

Apalagi kayu ini sangat mudah sekali untuk didapatkan. Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup diletakan atau ditaburkan pada sekitar kandang atau tempat bermain anjing. 

7. Ekstrak Lavender

Wewangian seperti ekstrak lavender juga sangat ampuh untuk menghilangkan kutu pada anjing. Lavender bagi manusia memang sangat wangi dan mampu menjadi aromatherapy.

Tapi, wangi dari lavender ini sendiri sangat dibenci kutu. Sehingga bisa sobat pintar manfaatkan untuk bisa membesarkan anjing kesayangan dari kutu. 

Sobat pintar dapat membeli ekstrak lavender di tempat yang menjual berbagai aromatherapy. Dimana Kamu bisa menyemprotkan ekstrak ini di sekitar kandang anjing ataupun area yang sering dijadikan tempat bermain.

Penyemprotan sendiri bisa dilakukan sesering mungkin dan tidak perlu dikhawatirkan, karena wangi lavender tidak akan menyakiti anjing kesayangan sobat pintar. 

8. Rosemary

Tanaman yang satu ini juga sangat ampuh untuk membebaskan anjing dari kutu. Rosemary yang dikenal memiliki aroma yang menyegarkan ini ternyata sangat dibenci oleh kutu.

Sobat pintar dapat menanam tanaman ini di sekitar rumah agar kutu menjauh. Tapi perlu diingat, bahwa aroma dari rosemary juga tidak begitu disukai oleh anjing. 

9. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memang sudah terkenal akan khasiat yang cukup ampuh untuk membantu melawan virus, anti jamur dan anti bakteri.

Nah selain itu, kandungan asam laurat pada minyak kelapa diketahui juga ampuh untuk membantu mengatasi masalah kutu pada anjing kesayanganmu. Oleskan sedikit minyak kelapa secara langsung pada bulu anjing yang terdapat banyak kutu.

Sobat pintar, itulah beberapa cara menghilangkan kutu anjing yang membandel. Di mana, Petpi menyarankan agar sobat pintar dapat memilih cara yang tepat.

Terlebih lagi jika menggunakan zat yang sekiranya berbahaya bagi anjing. Perlu sekali untuk dipertimbangkan penggunaan beberapa bahan yang sudah disebutkan.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Senin, 07 Juni 2021, 16:00 WIB
Update pada: Rabu, 08 Desember 2021, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://fumida.co.id/11-cara-ampuh-membasmi-kutu-anjing/
  • https://hewany.com/kutu-anjing

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar