Hari ini: Senin, 26 Februari 2024
Rabu, 16 November 2022, 15:30 WIB

Tanpa Kawin, Inilah Cara Mengatasi Anjing Birahi (Jantan & Betina) Dengan Mudah

Tanpa Kawin, Inilah Cara Mengatasi Anjing Birahi (Jantan & Betina) Dengan Mudah

Mengatasi birahi pada anjing jantan dan betina - pawleaks

Birahi pada anjing tentu bisa bikin pemilik khawatir. Untuk itu, simak berbagai cara mengatasi anjing jantan dan betina yang birahi tanpa dikawinkan berikut

Sobat pintar yang memelihara anjing pasti tahu betapa sulitnya mengatur mereka ketika sedang birahi, terutama anjing jantan. Anjing jantan yang sedang birahi memang menunjukan beberapa perubahan tingkah laku, salah satunya menjadi tidak tenang.

Tidak hanya untuk pejantan, buat kamu yang memelihara anjing betina pastinya juga tahu bila mereka mempunyai siklus loop atau menstruasi setiap 6 bulan sekali. Dimana pada kondisi tersebut anjing betina bisa dikawinkan.

Lantas, apakah anjing jantan dan betina harus dikawinkan ketika sedang birahi? Jawabannya adalah tidak juga, tergantung dari situasi dan kondisi dari anjing kesayangan.

Memang ada baiknya anjing yang birahi itu harus segera dikawinkan, namun ada kalanya sebagai pemilik kamu merasa tidak atau belum saatnya untuk peliharaanmu kawin, bukan?

Nah, bagi kamu yang ingin tahu cara mengatasi anjing jantan dan betina yang birahi tanpa harus dikawinkan, di bawah ini Petpi akan menjelaskannya secara singkat. Yuk, simak terus ulasannya hingga selesai.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Bagaimana Cara Mengatasi Anjing Jantan Birahi?

Birahi Pada Anjing Jantan Harus Diatasi
Birahi pada anjing jantan harus diatasi - I Love Veterinary

Insting alami dari anjing adalah untuk kawin, dimana ketika ada anjing betina yang sedang birahi juga, maka anjing jantan pun juga akan merespon.

Namun, bagi anjing jantan yang belum pernah kawin biasanya masih bersikap tenang. Tidak seperti anjing yang sudah pernah kawin, dimana mereka biasanya akan lebih agresif.

Ketika sedang birahi, anjing jantan akan bertingkah lebih agresif dan tidak tenang. Terkadang sampai mereka tidak fokus dalam hal apapun karena hanya ingin kawin.

Nah apabila kamu tidak ingin mengawinkannya, ikuti saja beberapa cara mengatasi anjing jantan birahi yang terbilang efektif, seperti berikut ini:

1. Mengalihkan perhatian anjing

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, ketika anjing sudah pernah kawin, maka tingkat birahinya lebih tinggi. Dimana keinginannya pasti hanya ingin kawin dan berkeliaran di rumah.

Nah, agar mereka bisa lebih tenang, ada baiknya kamu mengalihkan perhatian mereka. Misalnya adalah dengan mengajak mereka berjalan-jalan.

Kalau bisa, kamu membawa mereka jalan-jalan agak lebih jauh dari area rumah. Hal ini sendiri agar anjing jantan tidak mencium aroma dari anjing betina yang sedang birahi.

Dengan mengajak mereka berjalan-jalan, maka anjing akan lebih tenang dan bisa bermain dengan biasa. Kamu bisa mengajak mereka setiap hari hingga masa birahi anjing betina selesai.

2. Tetap berikan anjing makan

Ketika anjing jantan sedang dalam masa birahi, maka pasti mereka tidak akan fokus terhadap apapun. Salah satunya adalah anjing tidak mau makan yang jelas akan mengkhawatirkan.

Hal ini dikarenakan ketika mereka mengejar betina yang sedang birahi, energi akan terkuras. Anjing jantan bisa lelah, meski mereka tidak menunjukkannya. Maka dari itu, sangat perlu untuk kamu perhatikan masalah makan ini.

Jika memancing dengan makanan kesukaan tidak mempan, maka kamu bisa mendekatkan makan ke hidung mereka. Bisa juga menyuapinya agar mereka tetap mau makan. Berikan porsi makan yang sama setiap harinya.

3. Berikan vitamin penambah nafsu makan

Cara mengatasi anjing jantan birahi tanpa kawin selanjutnya adalah dengan memberikan vitamin penambah nafsu makan yang bebas dijual di pasaran. Perlu diingat, hanya berikan vitamin yang bebas resep ya.

Hal ini akan sangat membantu sekali agar nafsu makan dari anjing bisa tetap ada, meski dalam keadaan birahi. Kamu juga bisa memberikan penambah nafsu makan yang sudah diresepkan oleh dokter hewan.

4. Memisahkannya dengan anjing betina

Anjing jantan akan merasakan birahi apabila memang ada anjing betina yang sedang loop atau dalam masa subur. Sehingga, cara mengatasi pejantan yang paling efektif adalah memisahkan keduanya.

Pastikan juga jarak keduanya tidak terlalu dekat, karena jika terlalu dekat sudah pasti anjing jantan dan betina pasti akan berusaha untuk mendekat satu sama lain apalagi jika kelamin anjing jantan keluar.

Cara mengatasi birahi pada anjing jantan lainnya

Anjing Jantan Yang Birahi Perlu Diisolasi
Anjing jantan yang birahi perlu diisolasi - Wag!

5. Menjaga anjing tidak berkeliaran

Selanjutnya yang bisa kamu lakukan saat anjing jantan sedang birahi adalah tidak membiarkannya berkeliaran. Masukkan anjing ke dalam kandang adalah cara yang tepat agar anjing tidak kemana-mana.

Tapi, perlu diperhatikan adalah ukuran dari kandang. Jangan terlalu sempit agar tidak membuat anjing menjadi stress. Bahkan, kamu juga harus memastikan juga kandang selalu dalam keadaan bersih dan ada air minum yang cukup.

Meski anjing berada di kandang, lebih baik tetap memperhatikan tingkah dari mereka. Kalau anjing sudah tidur, lebih baik biarkan saja. Bangunkan ketika kamu ingin mengajaknya jalan-jalan dan memberikan makan.

6. Pastikan anjing tidak stres

Memastikan anjing tidak stress dikala sedang birahi adalah hal yang penting sekali. Anjing yang sedang birahi dan tidak dikawinkan memiliki kemungkinan mengalami stress.

Oleh sebab itu, mencegah anjing stress ketika birahi adalah hal yang penting. Kamu bisa melakukan beberapa cara untuk mencegah anjing stress. Misalnya adalah dengan mengajaknya berjalan-jalan setiap hari saat pagi hari atau sore hari.

Selain itu, kamu juga bisa mengajaknya bermain dengan menggunakan mainan yang mereka sukai. Sama seperti ketika mengajaknya berjalan-jalan, dalam mengajaknya bermain lebih baik dijauhkan dari anjing betina yang sedang birahi.

7. Jangan digabungkan dengan anjing lain

Meski pada poin sebelumnya dikatakan mengatasi anjing jantan yang birahi lebih baik dipisahkan dari yang betina ketika tidak ingin dikawinkan. Tapi, disarankan juga jangan dijadikan satu dengan anjing lain.

Terlebih dengan anjing jantan juga yang mana malahan akan menyebabkan pertengkaran. Anjing jantan yang mencium aroma betina birahi akan bertengkar untuk memperebutkan si betina.

Oleh karena itu, PetPi sangat tidak menyarankan menyatukan satu anjing yang sedang birahi, baik itu berjenis kelamin jantan ataupun betina.

8. Semprotkan spray pewangi

Apabila anjing jantan masih terus mencari bau betina yang sedang birahi, maka kamu perlu untuk menghilangkan aroma dari anjing betina yang birahi dengan cara menyemprotkan pewangi ruangan. Dengan cara ini, diharapkan aroma tersebut akan berkurang.

Namun, ada satu hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin menyemprotkan pewangi ini. Pastikan bahwa cairan pewangi tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Selain itu, aroma pewangi juga dipilih yang tidak terlalu menyengat. Meski dengan cara ini tidak akan bertahan lama, setidaknya anjing untuk sementara waktu akan tenang dan juga tidak akan mencari–cari betina.

9. Steril anjing jantan

Cara yang satu ini mungkin tidak ingin dilakukan oleh semua pemilik anjing. Namun, steril adalah pilihan tepat dan paling efektif untuk mengatasi birahi pada anjing jantan.

Anjing yang sudah di steril atau kebiri tidak akan memiliki insting untuk kawin dengan betina. Meski, betina sedang dalam masa birahi. Dimana ini pun juga akan mengurangi perebutan betina yang kerap membuat anjing saling bertengkar.

Hanya saja, steril ini permanen, dalam artian anjing selamanya tidak akan bisa mengawini betina. Jika memang kamu tidak tega melihat anjing jantan selalu gelisah ketika mereka birahi, steril dapat membantu.

Steril juga disarankan agar populasi anjing dalam area lingkungan kamu tidak bertambah yang dapat menyebabkan over populasi.

Anjing jantan yang birahi memang termasuk sulit diatasi, apalagi jika dalam satu rumah kamu terdapat anjing betina. Sudah dapat dipastikan anjing akan terus gelisah dan hanya ingin kawin dengan betinanya.

Maka dari itu, dengan cara di atas pun Petpi berharap akan membantu kamu dalam memahami bahasa tubuh yang diperlihatkan oleh anjing jantan yang sedang birahi dan bisa menenangkannya.

Bagaimana Cara Mengatasi Anjing Betina Birahi?

Birahi Pada Anjing Betina Harus Diatasi
Birahi pada anjing betina harus diatasi - petkeen

Setelah kamu mengetahui langkah mengatasi birahi pada pejantan, maka selanjutnya penting juga bagi kamu untuk mengetahui siklus loop dan juga masa birahi pada anjing betina.

Pada kenyataannya, birahi tidak hanya dialami oleh anjing jantan saja. Anjing betina juga mengalaminya dan ini adalah siklus yang alami serta normal. Karena pada masa ini, anjing telah memasuki masa kembang biak.

Siklus di anjing betina berlangsung dalam beberapa sesi, yaitu proestrus, estrus, diestrus dan anestrus. Biasanya untuk siklus estrus atau birahi ini akan dialami ketika anjing memasuki usia pubertas, yakni 6-24 bulan.

Kebanyakan anjing betina merasakan birahi di usia 6 bulan, namun ini tidak selalu terjadi semua tergantung asupan gizi serta vitamin yang diperolehnya. Selain itu, dipengaruhi pula oleh jenis atau ras dari masing-masing anjing, biasanya akan lebih cepat untuk ras kecil.

Untuk ras medium dan besar, akan lebih lambat. Namun, kembali lagi pada bagaimana kamu memberikan pakan, vitamin dan asupan lainnya. Sebab, ada kasus dimana anjing sudah memasuki usia matang, tetapi belum juga memasuki masa birahi.

Selama masa proestrus, anjing betina akan banyak bermain dengan jantan, tetapi menolak ketika akan dikawinkan. Saat estrus, pejantan dapat mencium aroma betina dalam radius hingga 1 km, menandakan bahwa betina telah siap untuk kawin.

Anjing betina akan memberikan sinyal kepada lawan jenisnya bila sudah siap untuk kawin. Tidak akan menolak saat ada pejantan yang mengawininya, namun bila usia betina masih terlalu muda atau kamu tidak ingin anjingmu dikawin. Maka, kamu harus memisahkannya dari para pejantan.

Kamu juga harus tahu, apabila anjing betina masih belum memasuki usia siap kawin. Sebaiknya jangan dikawinkan, ini beresiko pada kesehatan dan juga bayi-bayinya apabila nantinya bunting. Sebab, banyak kasus keguguran, induk menolak merawat anak-anaknya dan lain sebagainya.

Namun, apabila sudah usia matang dan memang berencana untuk dikawinkan, kamu harus mencatat kapan hari pertama darah keluar, kapan waktu yang tepat untuk dipacak dan masih banyak lagi. Tetapi, kamu juga perlu tahu, bila mengawinkan anjing betina terus menerus juga tidak baik bagi anjing tersebut.

Seperti yang sudah Petpi katakan sebelumnya bahwa ada beberapa cara mengatasi anjing betina birahi supaya tidak hamil. Namun, tentunya ini harus kamu lakukan dengan niat yang kuat dan benar-benar telah dipikirkan secara matang supaya tidak merasa menyesal akhirnya.

Berikut dibawah ini adalah cara yang bisa kamu gunakan untuk mencegah anjing hamil, yaitu:

1. Mengisolasi anjing betina

Cara pertama untuk mengatasi anjing betina yang sedang birahi dan supaya tidak hamil adalah mengurungnya dalam rumah atau kandang, sehingga dia tidak keluar dan mengundang para anjing jantan.

Dengan melakukan isolasi pada anabul, maka kamu sudah mencegah kemungkinan terjadinya perkawinan antara anjing kamu dengan anjing lainnya yang berada disekitar lingkungan tempat tinggalnya.

2. Pakaikan celana khusus atau popok

Saat anjingmu sedang birahi, agar tidak dikawin. Kamu bisa memaikannya celana atau popok, ini biasa digunakan oleh para pemelihara anjing yang tidak ingin anjingnya hamil.

Kamu dapat membelinya di petshop, karena sekarang ini sudah banyak yang menjualnya. Selain itu, jaga dan selalu bersihkan lantai rumah juga akan terbebas dari tetesan darah.

3. Lakukan abortus jika terpaksa

Anjing Betina Yang Birahi Perlu Diisolasi
Anjing betina yang birahi perlu diisolasi - tractive

Cara mengatasi anjing betina birahi dan hamil yang tiga adalah dengan abortus. Namun, ini hanya bisa dilakukan apabila kamu kecolongan.

Maksudnya, kamu masih ingin memiliki bayi-bayi anjing tetapi tidak sering, kemudian secara tidak sengaja ternyata anjing betinamu hamil, maka biasa akan digunakan metode ini untuk menggagalkan perkembangan janin.

Tentunya cara ini memiliki banyak resiko bagi anjing betina dan tidak disarankan untuk dilakukan. Sebab, jika salah bisa-bisa anjingmu mati. Ingat! Apabila tetap ingin melakukannya sebaiknya berkonsultasi ke dokter hewan.

4. Bedah Spay atau Steril

Cara terakhir yang bisa kamu pilih agar anjing betina tidak lagi mengalami birahi dan hamil adalah dengan steril atau kebiri. Dimana ini berarti anjingmu harus dioperasi, nantinya dokter hewan akan mengangkat ovarium dan kadang sekaligus dengan rahimnya.

Tentunya jika operasi telah selesai, anjing betina akan mandul dan tidak bisa memiliki anak sekalipun pejantan mengawininya. Bahkan, normalnya anjing jantan tidak akan lagi tertarik dan hanya menjadikan si betina sebagai teman bermain saja.

Sebenarnya metode terakhir ini masih pro dan kontra, karena itu kamu harus membulatkan tekad bila ingin melakukannya. Namun, kamu perlu tahu bila anjing yang sudah dimandulkan akan terhindar terkena resiko kanker hingga 85% dan bisa berusia lebih panjang dibanding anjing yang tidak di steril.

Sobat Pintar, itulah dia ulasan cara mengatasi anjing jantan dan betina birahi dengan mudah. Meski beberapa cara di atas tidak selalu berhasil sepenuhnya, setidaknya dapat mengurangi kegelisahan dari anabul kesayangan.

Selain itu, apabila usia anjing sudah terlalu tua dan masih terlalu muda, memang sebaiknya tidak dikawinkan terlebih dahulu. Sebab, melahirkan pada usia tersebut pastinya juga tidak akan baik untuk kesehatannya.

Sebagai pemilik yang sangat mencintai mereka, maka kamu harus bisa menentukan langkah yang terbaik untuk mengatasi anjing yang mengalami birahi.

Jangan sampai menyiksa anjing, karena birahi adalah insting mereka dalam berkembang biak. Jadi, pastikan kamu mengikuti beberapa cara yang sudah petpi sebutkan ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://arenahewan.com/cara-mengatasi-anjing-jantan-birahi#:~:text=Cara%20mengatasi%20anjing%20jantan%20birahi%20ialah%20dengan%20mengalihkan,halaman%20rumah%20atau%20menyediakan%20mainan%20yang%20membuatnya%20sibuk.
  • https://dokterhewan.co.id/detailpost/menangani-anjing-betina-pada-masa-birahi
  • https://id.lovely-dogs.com/13119-ways-stop-pregnancy-dogs
  • https://tanipedia.co.id/cara-mengatasi-anjing-jantan-birahi/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar