Hari ini: Jumat, 05 Maret 2021
Senin, 01 Februari 2021, 10:15 WIB

Apa Perbedaan Pomeranian dan Mini Pom? Jawabannya Bikin Kaget!

Apa Perbedaan Pomeranian dan Mini Pom? Jawabannya Bikin Kaget!

Perbedaan Pomeranian dan Mini Pom - pinterest

Mau beli anjing tapi bingung mau pomerian biasa atau mini pom? Tenang, ini perbedaan pomeranian dan mini pom yang perlu kamu ketahui!

Punya keinginan untuk memelihara anjing pomeranian tapi masih bingung mau beli yang biasa atau yang mini? Atau kamu bingung apa perbedaan kedua jenis anjing tersebut?

Untuk penyuka anjing yang berukuran mungil, anjing pomeranian atau anjing pom memang menjadi salah satu favorit.

Keimutan serta bulunya yang lebat menjadi salah satu alasannya. Tapi kamu mungkin penasaran apa perbedaan pomeranian dan mini pom?

Enggak usah bingung, di sini ada penjelasannya yang paling lengkap dan bakal bikin kamu kaget!

Ras Anjing Pomeranian

Perbedaan Anjing Pomeranian Dan Mini Pom
ras anjing pomeranian - blogger

Pomeranian atau sering disingkat sebagai pom merupakan salah satu jenis anjing yang masuk ke dalam kategori toy dog karena ukuran tubuhnya yang kecil.

Namanya diambil dari salah satu wilayah yang berdekatan dengan Polandia dan Jerman. Ras anjing ini telah populer sejak abad ke-18. Bahkan, Ratu Victoria dari Inggris juga memeliharanya.

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang ras anjing yang satu ini. Apa aja?

1. Ciri-Ciri Fisik Anjing Pomeranian

Pom mudah dikenali dengan kepalanya yang terlihat seimbang dengan badannya dan moncongnya yang pendek. Mereka memiliki mata bermata gelap yang berkilau dan berbentuk almond.

Anjing pom bisa memiliki panjang sekitar 17 hingga 30 cm, dengan bobot sekitar 1,3 sampai 3,2 kg.

Bulunya tebal, lebat, dan halus. Bagian lehernya merupakan bagian yang paling lebat. Variasi warna bulunya pun bermacam-macam seperti cokelat, oranye, putih, hitam, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mudah untuk Pemula, 9 Cara Merawat Anjing Pom Kecil dan Dewasa

2. Karakteristik Anjing Pom

Anjing pom terkenal karena lucu, semangan, cerdas, serta setiap kepada pemiliknya. Walaupun berukuran mungil, mereka tidak takut untuk menyerang anjing yang berukuran jauh di atasnya.

Orang yang cocok memelihara ras anjing ini adalah orang yang punya kesibukan tinggi karena mereka tergolong mandiri dan tidak terlalu bergantung pada majikannya.

Karena cenderung suka menggonggong terutama jika bertemu dengan orang asing, kamu butuh melatihnya agar tidak terlalu berisik.

Kalau kamu punya anak kecil di rumah, sebaiknya kamu jangan memilih anjing ini karena bisa saja anak kecil bisa tanpa sengaja melukai anjing yang mirip boneka ini.

3. Makanan Anjing Pomeranian

Dengan ukuran tubuhnya yang mungil, bukan berarti kamu bisa memberikan jumlah porsi makan yang sedikit, ya!

Disarankan untuk memberi anjing pom ¼ hingga ½ cangkir makanan kering yang dibagi menjadi dua kali waktu makan.

Jumlah ini tentu berbeda-beda tergantung ukuran, usia, bentuk tubuh, hingga tingkat aktivitasnya.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG ANJING?
Cari info Anjing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Cara Perawatan Anjing Pomeranian

Anjing pomeranian memiliki dua lapis bulu, yaitu bagian dalam yang lembut dan padat serta bagian luar yang panjang dan lurus. Ekornya juga berbulu lebat dan terbentang rata.

Dengan kata lain, kamu butuh perawatan ekstra untuk menjaga kesehatan dan keindahan bulunya.

Kamu harus rajin menyikat bulu anjing pom setidaknya dua kali seminggu dengan menggunakan sikat kawat dan sisir logam. Hal ini bertujuan untuk mendistribusikan minyak alami kulit, menjaga bulu dan kulit tetap sehat, serta mencegah kekusutan pada bulunya.

Pom boleh dimandikan sesuai dengan keinginanmu, entah setiap hari atau satu bulan sekali. Yang perlu diingat adalah kamu harus menggunakan shampoo dan kondisioner anjing yang lembut.

Jika dirasa terlalu panjang, kamu bisa memangkas bulu pom terutama di bagian kaki, sekitar wajah dan telinga, serta di sekitar bagian belakang. Lebih baik kamu membawanya ke tukang pangkas khusus hewan daripada melakukannya sendiri.

Jangan lupa untuk melakukan perawatan lainnya seperti kebersihan gigi dan perawatan kuku. Perlu diingat kalau pom lumayan rentan terkena penyakit gigi, sehingga kamu harus rajin menyikatnya minimal satu minggu sekali.

Perbedaan Pomeranian dan Mini Pom

Perbedaan Pomeranian Dan Mini Pom
perbedaan pomeranian dan mini pom - love your dog

Ada berapa jenis ras pomeranian yang diketahui? Apakah ada tiga jenis seperti anjing pudel?

Sebelum mengetahui apa perbedaan antara pomeranian dan mini pom, ada satu fakta menarik yang perlu kamu ketahui:

Sebenarnya, enggak ada ras anjing mini pom!

Secara resmi hanya ada satu ras pomeranian di dunia tanpa ada cabang-cabangnya. Penggunaan nama mini dan lainnya (seperti teacup) bisa dianggap sebagai strategi pemasaran untuk memikat pembeli.

Pada perkembangannya, mini pom justru digunakan untuk anjing ras pomeranian yang berukuran mungil dan di bawah rata-rata. Bobotnya hanya berkisar antara 1,36 sampai 1,81 kg.

Ada sedikit dark side dari anjing mini pom, loh! Jadi, ada beberapa peternak anjing yang sengaja “menghasilkan” anjing-anjing pom berukuran kecil. Padahal, anjing pom yang berukuran kecil bisa saja memiliki masalah kesehatan.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu memilih anjing pomeranian daripada anjing mini pom yang memiliki risiko kesehatan!

Cara Merawat Anjing Mini Pom

Bedanya Pomeranian Dan Mini Pom
cara merawat anjing mini pom - youtube image

Kalau kamu sudah terlanjur atau tetap bersikukuh memiliki anjing mini pom, ada beberapa cara merawatnya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga anjingmu tetap sehat.

Seekor anjing pom yang berukuran kecil sebaiknya diberi makanan yang lembut dan menggunakan mangkuk makan yang dangkal sehingga ia tidak kesusahan mengambil makanannya.

Kamu juga harus memastikan selalu menyediakan air minum yang bersih agar ia tidak mengalami dehidrasi. Anjing pom termasuk kesulitan mengatur suhu tubuh, sehingga banyak pemiliknya memakaikan pakaian tambahan.

Ajaklah dia keluar di pagi hari secara rutin dan habiskan waktu bersama agar anjing mini pommu bisa buang air secara lancar. Ingat, jangan ajak pom berolahraga terlalu lama atau itu akan membuatnya merasa lelah. Cukup jalan singkat 10 menit di sekitar rumah.

Ukuran tubuhnya yang kecil membuat ia rentan diserang anjing liar atau bahkan kucing yang berukuran lebih besar. Usahakan jangan sampai ia keluar rumah tanpa pengawasan karena pada dasarnya anjing pom merupakan anjing rumahan.

Jika kamu menemukan keanehan pada anjing mini pom, segera bawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Itulah tadi perbedaan pomeranian dan mini pom yang perlu kamu ketahui. Bisa disimpulkan kalau perbedaan di antara keduanya hanya dari ukuran tubuhnya saja.

Kamu direkomendasikan untuk memilih anjing pomeranian biasa karena mini pom berpotensi memiliki risiko penyakit di dalam dirinya.

Ada jenis anjing lain yang menarik perhatianmu? Tulis di kolom komentar, ya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://www.petpom.com/miniature-pomeranians
  • https://dogtime.com/dog-breeds/pomeranian#/slide/1
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Pomeranian_dog
  • https://pomeranian.org/type/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar