Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Selasa, 30 Maret 2021, 20:30 WIB

Mudah untuk Pemula, 9 Cara Merawat Anjing Pom Kecil dan Dewasa

Mudah untuk Pemula, 9 Cara Merawat Anjing Pom Kecil dan Dewasa

cara merawat anjing pom - petpintar

Memelihara anjing pom itu lucu,dan menggemaskan. Ikuti langkah di artikel ini untuk mengetahui cara merawat anjing pom menjadi anjing sehat dan cantik

Lucu dan lincah, inilah alasan kenapa banyak orang yang ingin tahu cara merawat anjing pom, anjing yang berasal dari Jerman dan Polandia dari ras Toy. Selain itu, mereka juga ramah dan sempurna bagi pemelihara anjing yang senang berada di dalam ruangan.

Sebagai anjing dengan badan mungil, menggemaskan dan aktif, kamu harus merawatnya dengan baik.

Ada beberapa tips yang ingin PetPintar bagikan bagi kamu yang berpikir ingin mengadopsi anjing yang satu ini.

9 Cara Merawat Anjing Pom Agar Cantik dan Pintar

Cara Merawat Anjing Pom
cara merawat anjing pom - patier

Umumnya anjing pom dapat menjadi hewan peliharaan keluarga yang hebat dan bersahabat. Tapi, seperti kebanyakan ras anjing kecil lainnya, anjing pom sangat waspada terhadap sekeliling mereka karena mereka bukanlah tipe anjing penjaga yang kuat dan ganas.

Rawatlah anjing pom layaknya kamu merawat keluarga sendiri dengan memberikan kasih sayang yang penuh dan aturan perawatan yang baik.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk tahu lebih lanjut cara merawat anjing pom.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Siapkan Porsi Makanan yang Cukup untuk Anjing Pom

Setiap hari kamu harus menjaga agar satu mangkuk makan anjing pom peliharaan kamu terisi dengan makanan anjing kering.

Sebab, anjing pom memiliki metabolisme yang sangat tinggi, sehingga penting untuk membiarkan mereka makan sesering mungkin.

Pada usia 6 bulan, anjing pom perlu makan dua atau tiga kali sehari. Sedangkan, berat rata-rata untuk seekor anjing pom berkisar antara 1,3kg - 3kg. Ini adalah berat badan yang ideal bagi anjing pom.

2. Memandikan Anjing Pom Sebulan Sekali

Anjing pom adalah hewan dengan bulu lebat dan cantik. Sebab ia jarang main keluar rumah dan berkotor-kotoran, kamu hanya perlu memandikan dia satu kali dalam satu bulan.

Mandikanlah anjing pom dengan menggunakan shampo dan kondisioner khusus anjing. Kemudian, rapikan bulunya dengan sikat yang lebih licin saat kamu mengeringkan bulunya.

Agar hasil maksimal dan bulu tidak kusut, gunakanlah cairan detangler anti kusut dan bantulah menggunakan tangan kamu untuk memisahkan bulu-bulu yang menempel.

3. Sediakan Tempat Tidur yang Layak

Layaknya seekor anjing pada umumnya, anjing pom juga membutuhkan tempat tidur yang layak menggunakan sarung bantal yang bersih dan wangi.

Cobalah untuk hindari penggunaan kandang kotak box kecil saat kamu tidak meninggalkan anjing pom di rumah sendirian.

Lebih baik biarkan dia berkeliaran di rumah kamu tanpa kandang tersebut, karena sebenarnya mereka lebih membutuhkan tempat tidur saja.

Bila suatu keadaan memaksa kamu meninggalkan dia sendirian di rumah, kamu perlu mencari kandang yang nyaman, aman dan tidak terlalu kecil.

Pilihlah kandang yang bisa digunakan oleh anjing pom untuk berdiri, berbalik, dan berbaring dengan mudah.

Jangan sesekali memilih kandang yang sangat kecil, karena akan membuat anjing pom tidak bisa bergerak dengan leluasa. Saat seekor anjing tidak bisa melampiaskan aktivitasnya, maka anjing bisa mengalami stres dengan waktu yang cepat.

4. Luangkan Waktu untuk Bermain Bersama

Semua jenis dan ras anjing membutuhkan kasih sayang dari pemiliknya, terlebih lagi untuk anjing pom. Mereka adalah anjing kecil yang sangat lincah, dan aktif bermain seharian.

Karakter anjing ini meminta kamu untuk meluangkan setidaknya 1 jam dalam satu hari untuk bermain bersama di luar rumah dengan mengajaknya berjalan-jalan.

5. Melatih Anjing Pom untuk Lebih Peka

Indra penciuman anak anjing pom tidak terlalu peka layaknya anjing penjaga lainnya. Dia butuh latihan dasar yang majikan mereka dapatkan setiap hari.

Pelatihan ini bisa berupa penyembunyian mainan favoritnya dan kemudian memberikan dia hadiah dengan barang dan ciuman ketika mainan tersebut berhasil dia dapatkan.

Cara ini terbukti efektif untuk membantu indra penciuman dan kepekaan anjing pom peliharaan kamu terhadap semua barang yang kamu miliki di dalam rumah.

6. Grooming Anjing Pom

Cara Grooming Anjing Pom
cara grooming anjing pom - my start

Karena bulunya yang tebal, perawatan anjing pom membutuhkan grooming yang tidak bisa mereka lakukan sendiri tanpa bantuan majikannya.

Oleh sebab itu, kamu harus setidaknya 3 atau 4 kali dalam seminggu bantu dia memangkas bulunya agar terlihat rapi.

Suatu saat, kamu akan menemukan bulu anjing pom bertebaran di perabotan rumah tangga, seperti sofa, kasur, karpet, dan yang lainnya. Hal ini umum dan normal terjadi pada anjing pom.

Jika mereka sehat dan bahagia dalam segala hal, maka jangan khawatirkan hal tersebut. Begitu anjing pom dewasa, bulunya akan menjadi indah.

7. Melatih Anak Anjing Pom untuk Tidak Buang Kotoran Sembarangan

Bagian penting dan perawatan anak anjing pom adalah pelatihan buang kotoran di rumah. Seekor anak anjing pom yang tidak belajar hal ini lebih cepat, dia akan tumbuh menjadi anjing pom dewasa yang sulit diajak untuk hidup bersama.

Sediakanlah satu boks pasir dan latih dia untuk buang kotoran di sana dengan memberikan instruksi atau perintahkan yang menandakan bahwa tempat tersebut adalah tempat yang anjing pom peliharaan kamu gunakan untuk buang kotoran.

Ingat, kunci sukses pelatihan ini adalah kesabaran dan konsistensi.

8. Beri Vaksin pada Anjing Pom

Ketika kamu berpikiran untuk mulai merawat anak anjing pom di rumah, itu artinya kamu harus memikirkan vaksin yang harus dia dapatkan.

Vaksin tersebut digunakan untuk merangsang antibodi agar anjing pom dapat melawan dan mencegah efek buruk penyakit di masa yang akan datang.

Lakukan pemberian vaksin secara rutin sesuai anjuran dokter ketika anjing pom peliharaan kamu mengenal makanannya untuk pertama kali.

Tanpa vaksin yang rutin, beberapa penyakit parah bisa menyerang anjing pom yang bisa menjadi penyebab utama kematian yang lebih cepat.

9. Lakukan Perawatan Rutin Harian

Anjing pom adalah makhluk hidup yang harus diberi kasih sayang oleh pemiliknya layaknya mendapatkan kasih sayang dari ibunya sejak kecil. Hal ini berlaku ketika kamu memutuskan untuk pertama kali memelihara dia.

Lakukanlah perawatan rutin harian berikut untuk membantu tubuh mereka terhindar dari segala macam penyakit yang datang dikarenakan tubuhnya kotor:

  • Membersihkan gigi
  • Memotong kuku
  • Membersihkan area telinga

Demikianlah informasi tentang 9 cara merawat anjing pom dengan baik agar mereka tumbuh menjadi anjing dewasa yang bersahabat, cantik, dan sehat.

Harapannya, siapapun kamu yang ingin memelihara anjing pom lebih peka terhadap apa yang anjing pom butuhkan setiap hari.

Selamat bersenang-senang dengan anjing pom baru peliharaan kamu. Jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media atau kerabat kamu, ya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Sabtu, 12 September 2020, 10:00 WIB
Update pada: Selasa, 30 Maret 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://pets.thenest.com/care-pomeranian-6150.html
  • https://pets.webmhttps://www.fidosavvy.com/pomeranian-care.htmld.com/ss/slideshow-taking-care-of-puppy
  • https://www.thesprucephttps://thegorbalsla.com/anjing-mini-pom/ets.com/how-to-care-for-puppies-1117475
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar