Hari ini: Kamis, 29 Juli 2021
Rabu, 14 Juli 2021, 07:15 WIB

Tertarik Untuk Pelihara Anjing Poodle? Berikut Ini Cara Merawatnya!

Tertarik Untuk Pelihara Anjing Poodle? Berikut Ini Cara Merawatnya!

cara merawat anjing poodle - kohepets

Cara merawat anjing poodle memang membutuhkan tenaga dan kantong yang tebal, tetapi demi hewan kesayangan pasti rela melakukannya. Berikut langkahnya

Sobat Pintar, apakah kamu termasuk yang menyukai anjing poodle? Hewan mungil nan menggemaskan ini benar-benar menarik perhatian. Apalagi jenis anjing ini termasuk anjing yang pintar, lucu, dan ceria. 

Poodle sendiri berasal dari Jerman yang kemudian banyak berkembang biak di Prancis. Sehingga apabila kamu ingin memelihara ras anjing import ini, maka penting sekali untuk memahami dan mengetahui cara merawat anjing poodle.

Agar tidak salah langkah, yuk simak ulasan lengkapnya.

Cara Merawat Anjing Poodle yang Tepat

Cara Merawat Anjing Poodle
cara merawat anjing poodle - meredithcorp

Sebetulnya cara merawat poodle hampir sama seperti ras anjing lainnya, tetapi Sobat Pintar harus mempersiapkan budget lebih untuk perawatannya.

Hal ini harus dipersiapkan karena mereka termasuk jenis anjing yang mudah sakit dan memerlukan beberapa perawatan khusus.

Dengan demikian, kamu harus selalu rutin dalam melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter hewan, membeli kebutuhan grooming, dan pemberantasan cacingnya.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan beberapa bagian penting lainnya, yang diantaranya adalah :

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Memberikan Makanan Sesuai Umur

Pada tahap ini apabila kamu ingin memberikan anjing makanan, maka penting untuk menyesuaikan dengan umur anjing yang kamu pelihara.

Karena kebutuhan untuk protein, nutrisi, dan kalorinya itu berbeda-beda dan disesuaikan dengan umurnya. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan dan melihatnya secara menyeluruh mengenai makanan tersebut. 

Untuk memberikan makanannya lebih baik dengan menggunakan makanan kering saja, karena jauh lebih sehat dan baik untuk perkembangan anjing kamu nantinya.

Dibandingkan harus memberikannya makanan basah, sebab akan berpengaruh buruk pada plak di mulutnya nanti. Sehingga kamu harus benar-benar memperhatikannya dan pilih saja makanan kering. 

Mengenai waktu pemberian makan pada anjing poodle kamu dirumah, bisa diperhatikan sesuai takaran umur anjing kesayangan kamu tersebut.

Untuk yang masih berumur 3 bulan berikan 3 kali makan dan umur 6 bulan sampai dewasa bisa berikan 2 kali makan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar tumbuh kembangnya terjaga dengan baik dan sehat. 

Tidak lupa juga untuk selalu menyediakan air minum yang banyak dan selalu ganti setiap harinya serta cuci juga beberapa wadahnya setiap beberapa hari sekali. 

2. Melakukan Perawatan Bulu atau Grooming

Hal menarik dari anjing ini adalah tampilan bulunya yang mempesona dan menggemaskan untuk dilihat, layaknya boneka hidup.

Namun, dibalik keindahannya tersebut kamu harus benar-benar bisa merawat bulunya, karena anjing poodle memiliki jenis bulu keriting yang selalu tumbuh setiap harinya. 

Jenis bulunya sendiri anjing poodle tidak mudah rontok dibandingkan anjing lainnya, namun apabila kamu tidak bersihkan akan mudah kusut dan banyak kotoran yang menempel.

Sehingga setiap harinya kamu harus melakukan grooming setiap harinya dan meluangkan beberapa menit untuk mampu membersihkan dan merawat bulunya tersebut. 

Pilih peralatan khusus yang tersedia dari toko hewan untuk perawatan bulunya itu, jika hendak melakukannya lebih baik basahi terlebih dahulu dengan semprotan air pada bagian atas bulunya tersebut.

Hal ini untuk mencegah penumpukkan bulunya dan proses pembersihannya akan jauh lebih mudah dan bersih untuk melakukannya. 

Jangan lupa juga untuk setiap 3 minggu - 8 minggu untuk menggunting bulunya, panjang atau pendeknya bisa kamu sesuaikan. Jika tidak ingin sembarangan dalam memotongnya, bisa langsung ke salon hewan khusus. 

3. Memperhatikan Bagian Telinga

Anjing poodle pada bagian telinganya itu terdapat banyak bulu, apabila diabaikan begitu saja akan membuat saluran telinganya tersumbat.

Tentunya cara merawat anjing poodle ini kamu harus membawanya ke dokter hewan untuk proses pencabutan. Karena tidak bisa dilakukan sendiri, sebab akan berpengaruh pada aspek kesehatan lainnya apabila sembarangan. 

Proses pencabutan bulu pada anjing poodle ada beberapa perdebatan, tetapi kamu bisa langsung konsultasi terlebih dahulu pada dokter hewan terdekat.

Tetapi, dampak apabila tidak membersihkannya itu adalah anjing mengalami infeksi telinga, sehingga harus diperhatikan dan tidak dilakukan sembarangan.

Hal ini menjadi sangat penting dan langkah terbaiknya kunjungi dokter hewan untuk penanganan kedepannya. 

4. Merawat Gigi Anjing

Jenis anjing poodle termasuk yang paling rentan mengalami terbentuknya karang gigi, apabila terus menumpuk akan menyebabkan bau tidak sedap dan gigi akan tanggal.

Dengan demikian kamu harus merawat dan rutin menggosok giginya. Dalam tahap ini kamu bisa menggunakan sikat gigi anak-anak untuk merawat giginya tersebut. 

Pastikan kamu menggunakan odol khusus anjing yang bisa kamu dapatkan pada dokter hewan atau toko hewan terdekat dari rumah.

Hindari untuk menggunakan odol langsung dari manusia, karena membuat sakit perut apabila anjing menelannya. Lakukan secara perlahan dan posisikan anjing poodle pada posisi yang tepat agar enak untuk menggosoknya. 

Apabila anjing kamu tidak ingin digosok giginya, alternatifnya bisa memberikan dental chew. Produk satu ini bisa membantu anjing untuk membersihkan gigi pada bagian belakangnya dan bisa lebih bersih kedepannya. 

5. Memperhatikan Kesehatannya

Apabila anjing poodle di rumah kamu masih kecil, maka sangat penting untuk membawanya ke dokter hewan secara berkala.

Tetapi jika anjing kamu sudah memasuki umur lebih dari 7 tahun bisa membawa ke dokter 6 bulan atau 12 bulan sekali. Tindakan ini dilakukan untuk memantau kesehatannya secara terus menerus. 

Sehingga apabila ada gangguan atau permasalahan langsung bisa dilakukan deteksi dini yang membuat anjing kesayangan kamu selalu sehat.

Dengan mempercayakan kepada ahlinya, maka anjing kamu bisa terpantau dengan baik. Kedepannya bentuk penanganan bisa dilakukan, mulai dari pengecekkan gejala penyakit, pemberian vaksin, dan vitamin. 

Selain itu, melakukan pengecekkan kesehatan ini memantau anjing terhindar dari permasalahan parasit dan cacing. Dengan demikian semakin cepat kamu mengetahui persoalan pada anjing milikmu, membuat peliharaan kesayangan kamu tersebut jauh lebih sehat dan tidak mengalami permasalahan serius kedepannya. 

Sobat Pintar, demikianlah cara merawat anjing poodle yang bisa kamu pahami. Semoga bermanfaat dan selalu pastikan kamu mempunyai dana berlebih jika hendak merawat anjing poodle sehingga mereka dapat terjamin kehidupannya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://anekapeliharaanhias.blogspot.com/2017/01/cara-merawat-anjing-pudel-yang-baik-dan.html
  • https://id.wikihow.com/Merawat-Toy-Poodle
  • https://thegorbalsla.com/anjing-pudel/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar