Hari ini: Kamis, 29 Juli 2021
Selasa, 02 Maret 2021, 22:00 WIB

Bayi Anjing Mencret? Kenali Penyebab dan Cara Mudah Mengobatinya di Rumah

Bayi Anjing Mencret? Kenali Penyebab dan Cara Mudah Mengobatinya di Rumah

bayi anjing mencret - netdna

Menemui bayi anjing mencret jadi hal umum di awal kehidupan mereka. Tak perlu panik, ini penyebab dan cara mengobati diare pada bayi anjing dengan mudah.

Diare merupakan masalah kesehatan yang umum ditemukan pada anjing. Terlebih untuk bayi anjing atau puppy, di mana mereka masih memiliki daya tahan tubuh yang minim.

Diare atau dikenal sebagai mencret ditandai dengan feses atau kotoran anjing lembek hingga berbentuk cairan karena mengandung banyak air di dalamnya.

Cara mengobati bayi anjing mencret dapat dilakukan dengan mudah di rumah hingga perlu penanganan dokter hewan, tergantung dari faktor penyebabnya.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan mengenai penyebab, cara mengobati, dan cara mencegah bayi anjing mencret yang bisa Sobat PetPi praktikkan sendiri.

Inilah Penyebab Bayi Anjing Mencret yang Perlu Diwaspadai

Bayi Anjing Mencret
penyebab bayi anjing mencret - thesprucepets

Beberapa pemilik bayi anjing mungkin dibuat pusing ketika menemui peliharaan mereka terserang diare.

Berbagai penyebab diare pun mulai dari kasus ringan hingga yang perlu diwaspadai. Misalnya saja pengaruh dari asupan makanan hingga serangan bakteri, virus, atau parasit.

Untuk ulasan selengkapnya, berikut sejumlah penyebab bayi anjing mencret seperti PetPi lansir melalui laman American Kennel Club.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Perubahan Asupan Makanan

Sistem pencernaan bayi anjing yang cenderung masih sensitif dapat membuat mereka diare akibat perubahan asupan makanan yang Sobat PetPi berikan.

Bukan hanya itu saja, asupan makanan anjing yang kamu berikan saat ini juga bisa menjadi penyebab bayi anjing mencret, lho.

Pasalnya anjing bisa mengembangkan intoleransi dan sensitivitas pada makanan tertentu. Penting untuk berkonsultasi ke dokter hewan untuk mengatasi masalah pencernaan yang mereka alami.

2. Infeksi Bakteri

Bayi anjing memiliki sistem kekebalan tubuh lebih rentan daripada anjing dewasa. Mereka lebih mudah terserang bakteri, seperti Salmonella, E. Coli, Clostridium, dan sebagainya yang menyebabkan diare.

Infeksi bakteri bisa berkembang menjadi masalah kesehatan serius yang dibarengi gejala lain, seperti diare berdarah, kehilangan nafsu makan, demam, dan muntah.

3. Infeksi Virus

Selain bakteri, infeksi virus juga rentan terjadi pada bayi anjing dan menyebabkan diare. Pada bayi anjing yang belum divaksin, mereka akan lebih rentan terserang parvovirus atau virus distemper.

Penanganan infeksi virus yang menyebabkan diare pada anak anjing sebaiknya dilakukan oleh dokter hewan. Mempertimbangkan untuk melakukan vaksin anjing juga perlu diperhatikan.

4. Makan Sembarangan

Bayi anjing yang aktif cenderung memiliki rasa penasaran yang tinggi terhadap benda-benda di sekitar mereka. Tak jarang mereka mengonsumsi makanan sembarangan, misal sampah atau tanaman beracun.

Hal ini tentu dapat menjadi penyebab bayi anjing mencret. Selain itu bahan kimia berbahaya di sekitar rumah juga berisiko membuat anjing keracunan.

Jika menemukan gejala anjing keracunan, salah satunya diare sebaiknya segera hubungi dokter hewan untuk mendapatkan penanganan secepatnya.

5. Parasit

Lingkungan tempat tinggal yang kotor atau interaksi dengan hewan lain yang terjangkit, membuat bayi anjing sangat rentan akan serangan parasit.

Berbagai parasit yang sering menyerang bayi anjing, antara lain cacing gelang, cacing pita, cacing cambuk, coccidia, dan giardia yang semuanya dapat menyebabkan diare.

6. Stres

Baik pada anjing dewasa maupun bayi anjing, keduanya rentan memiliki stres yang pada akhirnya dapat menjadi salah satu penyebab diare.

Bayi anjing stres umum terjadi saat mereka tiba-tiba bertemu dengan orang baru, menemukan hal-hal baru, hingga beradaptasi dengan perubahan rutinitas yang biasa mereka lakukan.

Ketahui Berbagai Cara Mengobati Bayi Anjing Mencret di Rumah

Cara Mencegah Bayi Anjing Mencret
cara mengobati bayi anjing diare - akc

Cara mengobati bayi anjing mencret tergantung dari penyebabnya. Untuk diare ringan yang umumnya diakibatkan oleh stres dan makanan, Sobat PetPi bisa melakukan perawatan di rumah.

Jadi, kamu tidak perlu repot untuk membawanya pergi ke dokter hewan untuk melakukan konsultasi tentang masalah ini.

Dengan mengikuti panduan pengobatan di bawah, diharapkan bayi anjing peliharaanmu bisa sembuh.

Melansir melalui laman PetMD, berikut langkah-langkah pengobatan untuk mengatasi bayi anjing dengan diare ringan di rumah.

  • Pastikan anjing mendapat asupan air minum untuk mencegah dehidrasi. Jika mereka menolak, pastikan kamu mengajaknya untuk minum baik dengan bantuan sendok atau spuit (alat mirip suntik tanpa jarum).
  • Berikan cairan elektronik, misalnya Pedialyte untuk anjing. Selain itu ada pula cara membuat oralit untuk anjing yang sama seperti pada manusia, yakni campurkan air dengan sesendok gula pasir dan sedikit garam lalu berikan dengan sendok atau spuit.
  • Berikan bayi anjing makanan yang hambar, seperti daging dada ayam yang tidak dibumbui dan nasi putih dalam porsi sedikit. Hal ini dapat digunakan sebagai pengganti makanan anjing hingga feses atau kotoran kembali ke kondisi normal.
  • Jika diare disertai dengan muntah, sebaiknya hindari pemberian makanan selama 8-12 jam. Berikan selang tiap 2 jam untuk memberinya makanan dalam porsi sedikit demi sedikit.

Jika dalam kurun waktu 24 jam bayi anjing belum menunjukkan tanda-tanda pulih atau bahkan kondisinya makin parah, sebaiknya segera kunjungi dokter hewan.

Terlebih jika muncul gejala lain, seperti diare berdarah, feses kehitaman, demam, gusi pucat, rasa tidak nyaman, muntah, dan sebagainya.

Ceritakan juga kondisi lain yang membantu dokter dalam melakukan observasi, misal bayi anjing memakan benda tertentu atau belum melakukan vaksin anjing.

Jangan memberikan obat diare, seperti Entrostop, Diapet, atau Norit. Karena jenis obat diare ini diformulasikan untuk manusia dan bisa berisiko apabila dikonsumsi anak anjing.

Bagaimana Cara Mencegah Diare pada Bayi Anjing Terulang Kembali?

Bayi Anjing Mencret
cara mencegah bayi anjing mencret - cbc

Kebanyakan kasus bayi anjing mencret dapat dicegah apabila kamu merawat mereka secara tepat dan aman. Adapun beberapa cara mencegah diare pada bayi anjing terjadi kembali, di antaranya:

  • Lakukan pergantian asupan makanan bayi anjing secara perlahan;
  • Jika bayi anjing berbagi kandang dengan anjing lain, pastikan selalu menjaga kebersihan dan gunakan desinfektan;
  • Berikan vaksin anjing sesuai dengan umurnya, apabila bayi anjing belum divaksin hindari interaksi dengan anjing lain atau lingkungan luar rumah;
  • Kandangan bayi anjing untuk mencegah mereka mengonsumsi sampah atau benda berbahaya; dan
  • Konsultasikan dengan dokter hewan mengenai langkah pencegahan bakteri, virus, dan parasit dari lingkungan sekitar.

Bayi anjing mencret adalah hal yang umum terjadi, namun tidak boleh Sobat PetPi sepelekan begitu saja. Penanganan yang kurang tepat tentu akan berbahaya bagi kehidupan mereka.

Itulah dia ulasan penyebab dan cara mengobati diare pada bayi anjing yang bisa kamu praktikkan sendiri. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Jumat, 23 Oktober 2020, 10:00 WIB
Update pada: Selasa, 02 Maret 2021, 22:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.akc.org/expert-advice/health/puppy-diarrhea/
  • https://www.petmd.com/dog/emergency/common-emergencies/e_dg_diarrhea
  • https://www.thesprucepets.com/puppies-with-diarrhea-2804946

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar