Hari ini: Sabtu, 23 September 2023
Senin, 03 Oktober 2022, 07:30 WIB

Adakah Shampo Manusia yang Cocok untuk Anjing Peliharaan?

Adakah Shampo Manusia yang Cocok untuk Anjing Peliharaan?

shampo manusia yang cocok untuk anjing - pixabay

Apakah kamu pernah berpikir untuk memandikan anjing dengan shampo manusia? Sebelum itu, simak dulu ulasan shampo manusia untuk anjing peliharaan berikut.

Sobat Pintar, anjing harus dimandikan secara rutin supaya tubuh dan bulunya bersih, halus dan harum. Hal ini menjadi sebuah kebutuhan untuk hewan peliharaan supaya kesehatan anjing tetap terjaga.

Oleh karena itu, para pemilik anjing tentu saja perlu memberikan perawatan ekstra untuk hewan kesayangannya, seperti memandikan anjing dengan menggunakan shampo. 

Namun, bila shampo khusus anjing sedang habis, apakah boleh memandikannya dengan shampo manusia? Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menggunakan Shampo Manusia Untuk Anjing

Memandikan Anjing Dengan Sampo Manusia
memandikan anjing dengan sampo manusia - pixabay

Sebelum kamu mengetahui jawabannya, harus kamu ketahui lebih dahulu jika kulit anjing dan manusia mempunyai kestabilan pH yang jauh berbeda. Pada umumnya, kulit mempunyai lapisan tipis yang dikenal sebagai acid mantle yang berfungsi untuk melindungi lapisan teratas kulit dan stratum korneum dari bakteri dan virus.

Lapisan tersebut juga menjadikan tubuh terhidrasi dengan mengurangi penguapan dan menyerap air. Ketika mandi, acid mantle juga akan ikut hanyut bersama guyuran air.

Lalu, untuk mengatasinya beberapa shampo dan sabun mempunyai bahan yang melindungi dan melembabkan kulit hingga acid mantle meregenerasi kembali. Supaya acid mantle bekerja dengan sempurna, kadar pH pada kulit harus diperhatikan dengan baik.

Namun sayangnya, manusia dan anjing mempunyai keseimbangan pH kulit yang sangat berbeda. Normalnya pH kulit manusia yaitu 5,5 hingga 5,6 pH sedangkan normalnya kulit anjing sebesar 6,2 hingga 7,4 pH.

Karena terdapat perbedaan kestabilan pH pada kulit anjing dan manusia, pastinya memandikan anjing menggunakan shampo manusia bisa saja merusak kerja acid mantle.

Apalagi bila hewan peliharaan tersebut secara rutin dimandikan menggunakan shampo manusia. Pastinya hal tersebut menjadikan kulit anjing mudah terkena bakteri, virus dan parasit.

Fakta selanjutnya yang perlu kamu ketahui sebagai pemilik anjing peliharaan yaitu kulit anjing jauh lebih sensitif dibandingkan kulit manusia. Karena, anjing hanya mempunyai 3-5 lapisan sel kulit. Sementara manusia memiliki jumlah yang lebih banyak yaitu 10-15 lapisan sel kulit.

Shampo yang memiliki keseimbangan pH dengan kandungan bahan kimia keras bisa mengiritasi kulit anjing sehingga menghilangkan minyak yang berfungsi untuk melindungi kulit dan bulunya.

Sehingga, tanpa acid mantle bisa berisiko anjing mengalami kulit bersisik dan kering, gatal, ruam sampai infeksi yang bisa mengakibatkan lecet dan goresan.

Oleh sebab itu, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah sebaiknya jangan memandikan anjing menggunakan shampo manusia secara rutin kecuali dalam keadaan yang sangat terpaksa dan mendesak.

Amankah Memandikan Anjing Dengan Shampo Manusia?

Sebenarnya sah-sah saja anjing dimandikan menggunakan shampo manusia asalkan anjing tersebut dalam kondisi tertentu, seperti ketika anjing terkena kotoran atau lumpur, dan kebetulan hari sudah malam sedangkan shampo khusus anjing sedang habis di rumah.

Lalu, kamu tidak punya pilihan selain memandikannya menggunakan shampo khusus manusia. Nah bila hanya sesekali, keadaan tersebut tentu tidak akan mengancam kesehatan anjing peliharaan mu.

Terlebih lagi bila shampo manusia yang kamu gunakan tersebut memiliki kandungan natural colloidal oatmeal, lidah buaya atau tea tree oil. 

Ketiga bahan tersebut tidak akan menyebabkan kerusakan pada di lapisan kulit anjing dibandingkan menggunakan shampo manusia dengan kandungan bahan kimia di dalamnya.

Selain itu, jangan menggunakan shampo dengan bau yang tidak disukai anjing, seperti aroma jeruk nipis, lemon, wewangian parfum, daun kemangi, ataupun rosemary.

Apa Saja Jenis Shampo Manusia Yang Cocok Untuk Anjing?

Jenis Sampo Manusia Yang Aman Untuk Anjing
jenis sampo manusia yang aman untuk anjing - pixabay

Selanjutnya agar kamu tidak salah ketika memilih shampo manusia yang cocok untuk anjing, di bawah ini ada beberapa pilihan jenis shampo biasa yang bisa kamu pilih.

1. Shampo Bayi

Apabila memang kamu terpaksa memandikan anjing dengan shampo manusia, lebih baik untuk menggunakan jenis shampo untuk bayi. Sebab, di dalam shampo ini tidak mengandung banyak kimia yang berbahaya.

Selain mengandung sedikit bahan kimia, biasanya shampo bayi juga tidak menggunakan pewangi yang menyengat, sehingga anjing pun tidak akan merasa risih dengan aromanya ketika dimandikan.

Untuk tingkat pH nya sendiri, jenis shampo ini sudah sangat mendekati dengan tingkat pH dari kulit anjing. Dimana hal ini tentu saja akan meminimalisir terjadinya permasalahan pada kulitnya.

Kamu bisa menggunakan beberapa merk shampo bayi yang cocok untuk anjing seperti Johnson’s, My baby, Zwitsal, dan banyak lainnya yang bisa kamu sesuaikan dengan ketersediaan di sekitar tempat tinggalmu.

2. Shampo Herbal

Jenis shampo manusia yang cocok untuk anjing selanjutnya adalah shampo herbal. Hal ini dikarenakan bahan pengawet dan kimia yang terkandung di dalam shampo herbal hanya sedikit dan tergolong aman ketika digunakan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pilihlah jenis shampo herbal yang mempunyai kandungan lidah buaya, natural colloidal oatmeal, atau tea tree oil karena sudah terbukti tidak akan memberikan efek yang membahayakan.

Ada satu catatan penting untuk kamu yang tidak boleh diabaikan ketika menggunakan shampo biasa untuk anjing yaitu shampo tersebut bukan diusapkan langsung melainkan dicampurkan ke dalam ember air mandinya.

Aduk shampo dan air di dalam ember sampai mengeluarkan busa, lalu siram air campuran tersebut ke seluruh tubuhnya sambil diusap secara perlahan hingga merata.

Kemudian, kamu dapat membilas tubuh anjing dengan menyeluruh sampai bersih sesudah disabuni dengan benar. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan seluruh bekas shampo dan menjaga agar kulit anjing tidak panas dan tetap sehat.

Lakukan Hal ini Setelah Memandikan Anjing Dengan Shampo Manusia

Anjing Dimandikan Dengan Sampo Manusia
anjing dimandikan dengan sampo manusia - pixabay

Sesudah dibilas dengan tuntas, pastinya kamu perlu mengeringkannya menggunakan handuk sampai benar-benar kering agar anjing tidak terinfeksi jamur. Sesudah cukup kering, pakailah pengering rambut dengan pengaturan suhu yang dingin atau sedang.

Usahakan memandikan anjing peliharaan saat cuaca sedang cerah, hal ini tentu saja dilakukan untuk mencegah anjing kedinginan serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti mati listrik ketika menggunakan pengering rambut.

Selanjutnya, kamu juga dapat menyisir anjing ketika rambutnya sudah mulai mengering. Apabila anjingmu tidak terlalu menggigil, maka kamu bisa mengeringkannya dengan udara biasa.

Jika saat mengeringkan rambutnya menggunakan udara biasa, kamu harus menyisir rambutnya setiap 10-15 menit sekali demi membantu menghindari rambutnya menggumpal.

Sobat Pintar, itulah tadi ulasan mengenai adakah shampo manusia yang cocok untuk anjing dan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memandikannya dengan jenis shampo ini.

Kesimpulannya adalah kamu bisa saja menggunakan shampo manusia untuk anjing ketika keadaan darurat dan bukan untuk digunakan secara rutin, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://lifestyle.kompas.com/read/2022/03/23/152359120/bolehkah-memandikan-anjing-dengan-sampo-manusia?page=all
  • https://www.halodoc.com/artikel/bagaimana-cara-yang-tepat-memandikan-anjing

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar