Hari ini: Senin, 01 Maret 2021
Rabu, 02 Desember 2020, 16:00 WIB

Lucu Banget! Ini 8 Jenis Anjing Kecil nan Imut yang Cocok Kamu Pelihara Di Rumah

Lucu Banget! Ini 8 Jenis Anjing Kecil nan Imut yang Cocok Kamu Pelihara Di Rumah

Jenis anjing kecil - unsplash

Berniat memelihara anjing di rumah yang tidak repot mengurusnya? Pelihara saja jenis anjing kecil yang lucu dan menggemaskan berikut ini

Salah satu hewan peliharaan yang paling digemari adalah anjing. Hewan yang lucu ini dikenal sebagai teman yang setia dan penyayang kepada majikannya.

Anjing juga bisa dilatih untuk menuruti instruksi dari sang majikan, bukan cuma itu anjing juga menyukai banyak sekali permainan yang membuat kita bisa akrab dengannya.

Berbicara tentang hewan lucu yang satu ini, ada banyak jenis-jenis anjing yang bisa kamu pelihara lho. Jenis anjing ras kecil bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu pelihara.

Secara umum, ketika mempunyai anjing yang berukuran kecil, kita hanya membutuhkan sedikit ruang untuk memeliharanya, hal ini sangat cocok buat kamu yang tinggal di rumah atau apartemen yang sempit.

Ada banyak jenis anjing kecil yang bisa kamu pelihara. Jenis seperti ini cocok sebagai hewan pangkuan yang siap menemani kamu di rumah. Anjing dengan ras kecil ini sangat bersahabat dengan manusia lho.

Nah kira-kira anjing kecil apa saja yang ingin kamu pelihara? Berikut ini adalah daftar jenis anjing kecil yang bisa menjadi hewan peliharaan.

Jenis Anjing Kecil yang Mudah Dipelihara

Memelihara anjing itu memang menyenangkan. Beberapa orang malah lebih menyukai ras anjing kecil ini karena mudah dipeliharanya dan mudah dibawa untuk kemana-mana. Ada beberapa jenis anjing kecil ini yang bisa dijadikan peliharaan dirumah. Berikut ini adalah pilihannya.

Poodle

Jenis Anjing Kecil Imut
Anjing Poodle - key stone puppies

Kalau kamu melihat jenis anjing yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Poodle yang dikenal dengan bulu keritingnya ini memang sangat menggemaskan buat kita pelihara.

Poodle memang memiliki beberapa jenis ukuran tubuh, namun jika kamu ingin memelihara yang berukuran kecil, kamu bisa pilih toy poodle yang merupakan jenis anjing poodle paling mini.

Jika ditelusuri lebih jauh, poodle memiliki sejarah yang cukup baik. Ras ini memiliki sejarah yang kaya karena anjing ini favorit bagi aristokrasi.

Penampilan yang imut ini membuat orang kadang tidak menyangka bahwa poodle adalah anjing yang cukup cerdas.

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh Anjing yang Wajib Kamu Kenali Biar Makin Akrab!

Chihuahua

Jenis Anjing Kecil Lucu
Anjing chihuahua - vetstreet

Chihuahua merupakan jenis anjing terkecil yang juga favorit bagi sebagian orang untuk mereka pelihara. Kadang beberapa desainer terkenal sering membawanya ke peragaan fashion show yang diadakan lalu mereka menaruh chihuahua di dalam tasnya. Maka dari itu ia sering dijuluki anjing dompet.

Selain terlihat mewah, chihuahua mempunyai sifat yang sangat aktif, setia dan penuh cinta. Meskipun mempunyai tinggi yang hanya 20 cm dan berat mencapai 2,5 kg, namun anjing ini dikenal sebagai anjing yang tangguh karena sikapnya yang sering menggonggong apabila bertemu orang yang baru dikenal.

Perawatan dari anjing juga tidak terlalu sulit karena badannya yang bertubuh kecil. Cocok untuk kamu yang ingin pelihara anjing ras yang kecil.

Pug

Jenis Anjing Kecil Yang Bisa Dipelihara Di Dalam Rumah
Anjing Pug - vetstreet

Anjing yang kecil ini terkenal mempunyai jiwa yang periang dan aktif suka bermain. Pada sejarahnya, Pug bahkan pernah menjadi hewan peliharaan bagi bangsawan dana sahabat dari Tibet.

Walaupun terlihat aktif, anjing ini adalah jenis anjing yang bisa bersahabat dengan manusia, karena itu anjing ini cocok untuk kamu pelihara di rumah.

Pug terkenal dengan wajahnya sangat bundar dengan kerutan dalam di sekitar mukanya. Dengan ukuran yang kecil seperti ini, siapa sangka bahwa Pug bisa menjadi hewan penjaga yang baik untuk melindungi rumah kita dari kedatangan orang yang tidak dikenal.

Sayangnya, anjing ini terkenal mempunyai masalah pada mata dan juga pernapasannya.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG ANJING?
Cari info Anjing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Pomeranian

Jenis Anjing Kecil
Anjing pomeranian - vetstreet

Seperti yang sudah bisa kita tebak, jika membicarakan jenis anjing kecil, pasti kita akan selalu menemukan anjing imut dan lucu.

Selanjutnya adalah Pomeranian atau yang biasa disingkat menjadi anjing Pom. Anjing ini seperti berkolaborasi antara boneka dengan singa kecil yang imut.

Pom adalah anak anjing keturunan Nordic yang cerdas dan punya rasa ingin tahu yang besar. Apabila dirawat dengan baik, bulu Pomeranian ini sangat halus dan lebat.

Anjing jenis ini sangat ramah dan bisa berteman dengan siapa saja termasuk anak-anak. Sifat anjing yang mellow dan lembut ini membuat anjing ini semakin imut apabila kita memeliharanya.

Yorkshire Terrier

Jenis Anjing Kecil Penjaga
Anjing Yorkshire Terrier - loveyourdog

Jenis anjing ini bisa dibilang menjadi jenis anjing kecil yang paling favorit untuk dipelihara oleh kebanyakan orang. Anjing ini dikenal dengan rambutnya yang panjang berwarna putih-biru dan kecoklatan. Dalam kondisi yang normal, anjing ini tidak pernah memiliki berat yang lebih dari 3,2 kg lho.

Selain itu, bentuk kepalanya yang kecil dan memiliki telinga berbentuk V menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta anjing.

Walaupun kelihatannya menggemaskan, namun anjing jenis ini bukan berarti anjing yang lemah. Percaya atau tidak, anjing ini bisa menjadi anjing penjaga karena tingkat keberaniannya yang tinggi.

Ia akan memberikan tanda dengan suara yang keras jika ada sesuatu yang mencurigakan baginya.

Baca Juga: Mau Pelihara Anjing? Ini 10 Ras Anjing Pintar yang Wajib Kamu Pilih!

Dachshund

Jenis Anjing Kecil Paling Lucu
Anjing Dachshund - vetstreet

Jenis anjing kecil yang pintar ini adalah Dachshund. Julukan bagi anjing ini memang cukup banyak, kebanyakan orang menyebutnya dengan doxie, hotdog, sosis dog Dll.

Anjing ini mempunyai ciri fisik yang sangat unik, tubuhnya yang bulat dan kakinya yang pendek membuat anjing ini mudah untuk dikenali.

Anjing yang berasal dari Jerman ini juga mempunyai bulu yang beragam. Ada yang panjang, halus serta memiliki bulu yang agak kaku.

Sifat dan tingkah lakunya sangat penyayang, oleh karena itu anjing ini sangat cocok untuk kamu pelihara di rumah untuk menjadi anjing yang menghibur.

Chinese Crested

Jenis Anjing Kecil Paling Jelek
Chinese crested - akc

Selanjutnya ada anjing yang termasuk ke deretan anjing paling jelek di dunia yaitu Chinese Crested. Jenis anjing kecil ini mempunyai tinggi sekitar 11-13 inci saja.

Badannya kadang tidak berbulu atau kadang hanya memiliki bulu di bagian tertentu saja. Hal yang paling unik dari anjing ini adalah jambul yang ia miliki menjadi ciri khas dari anjing chinese crested.

Bisa dilihat, rambut yang terlihat hanya bisa ditemukan di sekitar kepala, ekor atau pergelangan kaki saja. Walaupun rupanya tidak cukup jelek, namun sifat dari anjing ini sangat menyenangkan.

Anjing ini termasuk anjing yang setia dan penuh kasih sayang kepada majikannya lho.

Boston Terrier

Anjing Kecil Lucu
Boston terrier - akc

Di deretan anjing kecil lainnya ada jenis anjing Boston Terrier yang memiliki badan kecil dengan ekor yang pendek. Anjing ini hanya memiliki berat rata-rata sekitar 9-11 kg saja atau bahkan bisa lebih kecil dari itu.

Boston terrier juga memiliki keunikan tersendiri karena memiliki kepala berbentuk bujur sangkar dengan moncong yang pendek dan mata yang bulat bersinar.

Sifat anjing ini juga sangat menyenangkan, terlebih anjing Boston Terrier ini sangat akrab dengan manusia. Bahkan anjing ini terkadang menunjukan tingkah laku yang lucu seakan menjadi seorang komedian.

Itulah mengapa jenis anjing kecil ini sangat menjadi favorit untuk dipelihara di rumah.

Nah itu lah dia beberapa informasi tentang jenis anjing kecil yang cocok untuk kamu pelihara di rumah. Pilihan di atas adalah jenis anjing yang memang sudah PetPi pilih berdasarkan tingkat kepopuleran yang ada di Indonesia. Kira-kira kamu bakal pilih yang mana?

Buat PetPi sih semuanya lucu. Sekian dari kami, semoga informasinya bermanfaat!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Selasa, 18 Agustus 2020, 09:00 WIB
Update pada: Rabu, 02 Desember 2020, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://gerava.com/5-jenis-anjing-kecil-yang-tetap-kecil-saat-dewasa/
  • https://hot.liputan6.com/read/4042876/10-jenis-anjing-ras-kecil-menggemaskan-yang-cocok-sebagai-teman-di-rumah
  • https://www.akc.org/dog-breeds/smallest-dog-breeds/page/4/
  • https://www.brilio.net/news/10-anjing-mini-yang-populer-dipelihara-dan-bikin-gemas-sumpah-imut-1512262.html
  • https://www.ekor9.com/jenis-anjing-kecil-lucu/
  • https://www.merdeka.com/jateng/9-jenis-anjing-berukuran-kecil-yang-menggemaskan-cocok-jadi-teman-di-rumah-kln.html
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar