Hari ini: Sabtu, 08 Mei 2021
Minggu, 31 Januari 2021, 19:30 WIB

Gak Sangka, Ternyata Ini Manfaat Pelihara Anjing Bagi Kesehatan Tubuh Kita!

Gak Sangka, Ternyata Ini Manfaat Pelihara Anjing Bagi Kesehatan Tubuh Kita!

Manfaat memelihara anjing - unsplash

Siapa bilang memelihara anjing bisa menyusahkan kita? Jangan salah! Ternyata ini lho manfaat memelihara anjing bagi kesehatan tubuh manusia

Kadang beberapa orang agak sungkan untuk memelihara hewan peliharaan seperti anjing, kucing, hamster atau yang lainnya karena berbagai macam alasan.

Banyak yang berpikir malas untuk mengurusnya atau malah takut terkena penyakit yang bisa menularkan ke manusia. Bahkan ada yang berpikir jika memelihara hewan hanya akan menghabiskan uangnya saja

Padahal, jika kamu mempunyai hewan peliharaan, banyak sekali manfaat yang bisa kamu peroleh.

Salah satu hewan peliharaan yang paling digemari pecinta hewan ialah anjing. Anjing yang kita pelihara ternyata bisa membuat banyak keuntungan bagi pemiliknya lho.

Memiliki hewan peliharaan seperti anjing, mempunyai banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, mulai dari penghibur stres atau malah menjadi obat bagi penderita penyakit akut.

Kira-kira apa saja nih manfaat memelihara anjing bagi kesehatan kita? Daripada bertanya-tanya langsung saja simak informasinya berikut ini.

Manfaat Memelihara Anjing bagi Lingkungan Rumah

Manfaat Memelihara Anjing
Manfaat memelihara anjing di rumah - unsplash

Anjing selama ini memang dianggap sebagai hewan penjaga yang setia kepada majikannya. Namun keberadaan anjing tidak hanya bisa membantu untuk menjaga rumah saja, memelihara anjing bahkan disebut-sebut dalam beberapa penelitian sangat baik untuk kesehatan.

Lalu apa saja manfaatnya? Berikut ini informasi lengkapnya yang dikutip dari berbagai sumber.

Membantu Mengurangi Beban Stres

Stres saat bekerja membuat kita perlu beristirahat sejenak untuk meringankan beban yang sudah kita tumpuk. Kemampuan hewan untuk membuat mood manusia jadi lebih baik memang sudah dibuktikan.

Menurut penelitian pada tahun 2011, seseorang yang memiliki hewan peliharaan dirumah diketahui lebih bahagia dibanding mereka yang tidak memilikinya.

Pasalnya, saat kita menghabiskan waktu selama beberapa menit untuk bermain bersama anjing kesayangan kita, hormon serotonin dan dopamin di dalam tubuh meningkat. Hormon ini yang mengatur mood dan perasaan kita yang menstimulasinya di dalam otak.

Dengan meningkatnya hormon itu, perasaan stres yang kita dapatkan akan sedikit mereda. Bahkan efek yang ditimbulkan dari kegiatan tersebut sama halnya dengan memeluk pasangan, dan melihat pemandangan indah di alam dan lain sebagainya.

Jadi buat kamu yang masih ragu untuk memelihara hewan peliharaan terutama anjing, kamu benar-benar harus memikirkannya kembali.

Apalagi buat kamu yang memiliki banyak kegiatan yang menguras tenaga dan membuat stres, alangkah baiknya bisa memelihar anjing untuk merileksasikannya.

Mengurangi Risiko Alergi yang Timbul Pada Tubuh

Manfaat memelihara anjing selanjutnya pasti tidak akan kamu sangka ya. Bagaimana bisa memelihara hewan malah mengurangi risiko alergi pada tubuh?

Banyak orang yang berpikiran bahwa memelihara hewan berbulu seperti anjing dan kucing bisa menambah resiko alergi.

Dilansir dari situs Hellosehat, sebuah penelitian pernah menerbitkan jurnal yang berjudul Journal of Allergy and Clinical Immunology justru menemukan fakta bahwa anak-anak yang dibesarkan oleh orangtua yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing di dalam rumahnya cenderung lebih rendah terkena asma atau alergi lainnya.

Anak-anak yang tumbuh kembangnya selalu berada di sekitar hewan peliharaan seperti anjing, sewaktu kecilnya kemungkinan akan terpapar alergi umum terhadap bakteri tertentu.

Namun hal tersebut membuat sistem kekebalan tubuhnya saat besar akan jauh lebih kuat terhadap alergi karena terpapar bakteri sejak dini.

Menjaga Agar Badan Tetap Bugar

Sebuah mengatakan bahwa orang yang berusia di atas 60 tahun cenderung memiliki berat badan yang ideal apabila ia memelihara anjing di rumahnya. Kemungkinan ia akan terhindar dari masalah obesitas dan lebih jarang untuk ke dokter karena sakit.

Tidak hanya itu, bagi para lansia yang berumur 60 tahun ke atas, memelihara anjing membuat hormon stres yang kita miliki akan menurun.

Tentu saja ini ada sangkut pautnya dengan yang sudah kita jelaskan tentang keuntungan memelihara anjing yang pertama bahwa, saat kita memelihara dan bermain bersama anjing peliharaan kita, bisa mengurangi hormon kortisol dan membuat hormon serotonin dan dopamin.

Dengan begitu, perasaan para lansia akan selalu senang dan membuat badannya bisa lebih bugar.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG ANJING?
Cari info Anjing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bersumber dari beberapa penelitian, bahwa manfaat memelihara anjing di rumah dikaitkan dengan kesehatan tubuh.

Selain meredakan stres, penelitian pernah membuktikan bahwa memelihara hewan di rumah bisa menurunkan tekananan darah, menurunkan kolesterol jahat dan kadar trigliserida, yang semuanya berkontribusi langsung terhadap kesehatan jantung dan pembuluh darah secara keseluruhan.

Tidak hanya itu, pasien yang sudah menderita penyakit jantung, akan cenderung memiliki kualitas hidup yang lebih baik dibandingkan dengan pasien penderita jantung yang tidak memiliki anjing peliharaan di rumahnya.

Hal itu bisa menjadi kabar baik buat kamu penderita jantung ya.

Manfaat Memelihara Anjing Bagi Anak

Manfaat Memelihara Anjing Bagi Anak
Manfaat memelihara anjing bagi anak - unsplash

Dilansir dari Huffington Post, pakar kesehatan merekomendasikan kepada setiap orang untuk berolahraga 30 menit di setiap harinya. Jika kamu memiliki anak kecil dan memelihara anjing, anakmu lebih mungkin mencapai tujuan tersebut.

Sang pemilik bisa mengajak anaknya untuk lebih aktif berada di luar rumah dan mengajak anjingnya untuk berjalan di pagi atau sore hari.

Selain itu, penelitian lainnya yang diterbitkan dari jurnal Gerontologist menemukan bahwa orang yang sering berjalan dengan anjingnya memiliki indeks massa tubuh yang jauh lebih rendah, efeknya kamu bisa lebih jarang sakit ketimbang yang tidak punya hewan peliharaan.

Dari segi kegiatan sosial si kecil, memelihara anjing bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Seiring bertambahnya usia anak-anak, mereka akan sibuk dengan dunianya sendiri dan malas untuk bepergian ke luar rumah.

Namun bagi pemilik anjing, para peneliti menemukan bahwa sekitar 40 persen pemilik anjing memiliki teman yang lebih banyak dan bisa berkomunikasi dengan lancar satu sama lain.

Tentunya ini sangat bermanfaat bagi si kecil yang jarang keluar rumah dan merasa tidak percaya diri untuk berkomunikasi dengan yang lain. Kamu bisa mulai mengajarkannya untuk sayang terhadap hewan peliharaan terutama anjing yang kamu miliki.

Nah itulah dia beberapa manfaat memelihara anjing yang bisa kita dapati. Jadi jangan berpikir lagi memelihara hewan peliharaan malah membuatmu makin stres karena harus merawatnya ya.

Rawatlah dengan hati yang penuh kasih sayang sehingga kita bisa mendapatkan efek positif dari memelihara hewan ini. Sekian informasi dari PetPi, semoga bermanfaat buat kamu ya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Selasa, 18 Agustus 2020, 18:30 WIB
Update pada: Minggu, 31 Januari 2021, 19:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/pelihara-anjing-manfaat-sehat/#gref
  • https://www.ekor9.com/apa-saja-kegunaan-anjing-bagi-manusia-di-lingkungan-rumah/
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3619774/manfaat-sehat-memelihara-anjing-bagi-anak
  • https://www.liputan6.com/global/read/3158545/tak-disangka-ini-6-keuntungan-memelihara-anjing
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar