Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Minggu, 12 September 2021, 14:00 WIB

Duel Anjing Penjaga: Akita Vs German Shepherd, Mana yang Menurut Kamu Lebih Kuat?

Duel Anjing Penjaga: Akita Vs German Shepherd, Mana yang Menurut Kamu Lebih Kuat?

duel anjing penjaga - orvis

Diantara anjing penjaga yang ada di dunia, kira-kira siapa yang dinobatkan jadi anjing penjaga terbaik. Akita Vs German Shepherd: siapa yang lebih kuat?

Memelihara anjing di rumah bisa mendapatkan manfaat yang banyak bagi kita. Salah satu manfaatnya, anjing bisa menjadi teman yang kuat untuk menjaga rumah kita disaat malam hari atau rumah kosong.

Memelihara anjing sebagai penjaga terkadang hanya dilakukan oleh orang-orang tertentu.

Seperti misalnya, jika ia mempunyai rumah yang besar maka mungkin saja ia memelihara anjing sebagai penjaga rumahnya.

Beberapa jenis anjing penjaga juga sudah kita ulas di artikel sebelumnya. Tapi kali ini kita akan ulas sedikit anjing penjaga mana yang cocok untuk menjaga rumahmu?

PetPi akan membahas tentang dua anjing penjaga yang akan kita adu kekuatannya berdasarkan fakta-fakta yang ada.

Kira-kira menurut kamu, anjing penjaga mana yang kuat antara Akita Vs German Shepherd? Lita jawabannya di artikel di bawah ini.

Berkenalan dengan Akita & German Shepherd

Sebelum kamu membandingkan keduanya, kamu harus kenalan dulu dengan karakteristik dan ciri khas yang mereka punya. Mereka memang sama-sama anjing penjaga yang kuat, namun akan kita ulas berdasarkan opini dari PetPi sendiri Anjing penjaga mana yang paling kuat antara keduanya.

Yuk simak berikut ini

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Profil Anjing Akita

Duel Anjing Penjaga Terbaik
Akita inu - my stuff space

Anjing penjaga Akita ini berasal dari Jepang dimana nama Akita sendiri berasal dari nama salah satu prefektur di bagian Utara Jepang.

Ras ini dikembangkan melalui persilangan antara chow chow dengan anjing tosa dari Jepang.

Dalam berabad-abad yang lalu, anjing Akita hanya dipelihara di daerah kekaisaran sebagai anjing yang mampu menjaga kawasan atau wilayah kekaisaran.

Anjing ini cukup gesit dan tidak tertandingi saat memburu hewan-hewan besar termasuk rusa dan beruang. Di Jepang, Akita sudah digunakan polisi untuk membantu tugasnya sehari-hari.

Akita adalah anjing besar yang kuat dengan tubuh yang sangat kokoh. Ekor yang penuh dengan bulu dan melengkung proporsional ini mempunyai tinggi sekitar 66-70 cm dan berat mencapai 50 kilogram bagi seekor anjing Akita jantan.

Akita memang terlahir hidup dan dibesarkan sendiri, bukan anjing yang hidupnya berkelompok. 

Akita bisa belajar untuk mentolerir hewan lain yang ada di sekitarnya namun  harus dilatih  dengan benar.

Kebanyakan Akita tidak akan rela status anjing paling kuatnya di ambil oleh hewan lain, maka dari itu Akita akan jarang akur dengan hewan lain termasuk dengan sejenisnya.

Anjing dari Jepang ini memang memiliki insting yang baik, karena dia akan menggonggong jika mengetahui ada sesuatu yang salah. 

Profil Anjing German Shepherd

Adu Jago
German Sheperd - emborapets

Anjing yang satu ini sudah pasti bisa nebak kan ya berasal dari mana. Jika tebakan kamu Jerman, yap benar banget.

Anjing berasal dari Jerman dan mulai dikembangkan pada tahun 1800-an dengan mengawinkan berbagai ras shepherd. 

German Shepherd ini pertama kali dikenalkan oleh tentara Amerika Serikat yang pulang dari perang dunia ke 1 ke wilayah amerika.

Pada tahun 1999, anjing ini mendapatkan peringkat ketiga deretan anjing ras terbaik dari  American’s Kennel Club.

German Shepherd memiliki tinggi yang bisa mencapai sekitar 65 cm dan beratnya bisa mencapai sekitar 41 kilogram. Tubuhnya terlihat proporsional dengan kepala yang lebar  dan meruncing dengan gagah.

Telinganya agak sedikit besar dan tegak, punggungnya akan terlihat berotot serta memiliki ekor yang melengkung ke bawah. 

Anjing ini masih bisa dipelihara dengan hewan peliharaan lainnya yang lebih kecil jika memang dibesarkannya bersama. Namun karena naluri hewan penjaganya tetap ada, maka ia akan cenderung curiga dengan siapapun orang asing yang masuk ke wilayahnya.

Maka dari itu sebaiknya kamu pelihara anjing ini dari kecil, kamu harus hati-hati saat membelinya anjing ini dari peternak. Bisa saja anjing ini belum terbiasa denganmu, lalu ia malah cenderung panik dan malah menyerangmu.

Kesimpulan - Mana yang Lebih Kuat?

Jika ditelaah lagi, Akita mempunyai bobot yang lebih besar daripada German Shepherd. Selain itu Akita memang terlahir sebagai anjing penjaga yang tidak suka hidup bersosialisasi dengan hewan lain.

Bahkan polisi Jepang sudah memakai Akita untuk membantu mereka untuk menjaga keamanan.

German Shepherd mempunyai wajah yang seram dibandingkan dengan Akita, namun jika PetPi disuruh pilih salah satu diantara mereka. PetPi akan bilang bahwa Akita adalah anjing terkuat dan paling agresif mengalahkan German Shepherd.

Pelajaran yang bisa diambil adalah, don’t judge the book by his cover. Jangan remehkan Akita walaupun bentuknya sangat lucu. 

Masih banyak anjing penjaga lain mungkin yang masih kuat dari Anjing Akita. Kamu bisa melihat artikel tentang jenis-jenis anjing penjaga lain untuk mengetahui informasinya lebih lanjut.

Kira-kira pada setuju gak dengan kesimpulannya? Nah, kalau kamu gak setuju, kamu juga bisa tulis pendapat kamu di kolom komentar kita dibawah, ya.

Sekian di artikel opini yang PetPi sudah buat ini. Untuk masalah penilaian dan opini ini mungkin banyak yang tidak setuju kenapa Akita bisa menjadi anjing terkuat, padahal PetPi disini akan menyampaikan fakta-fakta dari artikel yang ada selama ini.

Share jika informasi ini bermanfaat buat kamu ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Terbit: Jumat, 11 September 2020, 11:00 WIB
Update pada: Minggu, 12 September 2021, 14:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://animalso.com/breeds/akita-inu/
  • https://www.allshepherd.com/german-shepherd-bite-force/#:~:text=Bite%20Force%20of%20the%20German,breeds%20with%20the%20strongest%20jaw.
  • https://www.hillspet.com/dog-care/dog-breeds/akita
  • https://www.hillspet.com/dog-care/dog-breeds/german-shepherd

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar