Hari ini: Senin, 08 Maret 2021
Sabtu, 29 Agustus 2020, 16:30 WIB

Awas! 7 Alasan Anjing Menyerang Manusia Ini Bisa Tiba-tiba Terjadi

Awas! 7 Alasan Anjing Menyerang Manusia Ini Bisa Tiba-tiba Terjadi

Siapa saja bisa dikejar dan digigit oleh anjing, baik ganas maupun jinak. Kenali 7 alasan anjing menyerang manusia ini agar kamu lebih waspada

Bisa sangat buruk untuk hidup dengan anjing yang menggigit, terutama jika gigitan itu tampaknya tidak dapat diprediksi atau acak.

Perilaku ini berbahaya bagi manusia dan juga bagi anjing, yang sekarang beresiko tinggi untuk ditinggalkan begitu saja atau disuntik menggunakan cairan euthanasia karena perilakunya.

Namun begitu, anjing yang menggigit manusia atau menyerang manusia bukan karena tanpa alasan. Konsep provokasi inilah yang kurang dipahami oleh pemilik dari anjing-anjing ini.

Dalam satu penelitian terhadap beberapa anak yang dibawa ke ruang gawat darurat di sebuah rumah sakit karena serangan gigitan anjing misalnya.

Dilaporkan bahwa lebih dari setengah serangan ini tidak semerta-merta tanpa alasan. Untuk itu, penting untuk dicatat bahwa gigitan atau serangan tak terduga dari anjing jarang terjadi (jika pernah) tanpa sebuah alasan yang jelas.

7 Alasan Anjing Menyerang Manusia dan Menggigit dengan Ganas

Sebagai salah satu hewan yang sangat menjaga daerah kawasan dan barang yang mereka miliki, anjing akan bertindak agresif ketika ada sesuatu yang menurut mereka asing dan mengancam.

Anjing bisa tiba-tiba menyerang dan menggigit manusia dengan ganas tanpa mengenal ampun. Sebagai pemilik anjing, kamu harus mengetahui 7 alasan anjing menyerang manusia berikut ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Perawatan Anjing

Pertama, jika seekor anjing telah dianiaya oleh pemilik saat ini atau pemilik sebelumnya dan pemilik tersebut melakukan sesuatu untuk memicu response rasa takut anjing, ada kemungkinan besar bahwa anjing tersebut dapat menyerang.

Apalagi, jika anjing ini tidak bisa mundur (seperti jika anjing diikat, dirantai , dalam peti atau kandang, dan terpojok) ketika dia dianiaya oleh pemiliknya.

Namun, hal ini dapat dicegah. Si pemilik dapat membuat anjingnya untuk tidak menjadi agresif jika si pemilik tidak berbuat kasar ataupun menyudutkan anjing yang ketakutan atau marah.

Hal penting yang wajib kamu ketahui juga adalah jangan pernah menegur anjing dengan cara memukul dan menendang ketika anjing bersikap agresif. Sebagai tambahan, jangan juga untuk menantang anjing yang sedang berada di dalam kandangnya. dan tidak pernah mengejar seekor anjing yang berada di dalam kandangnya.

Baca Juga: Lucu Banget! Ini 8 Jenis Anjing Kecil nan Imut yang Cocok Kamu Pelihara Di Rumah

Kondisi Fisik Anjing

Alasan Anjing Menyerang Manusia

Sudah menjadi hal yang diketahui banyak orang jika kondisi fisik anjing juga sangat mempengaruhi tingkat keagresifannya. Jika seekor anjing kesakitan atau sedang sakit, kadang-kadang bisa membuat mereka jauh lebih agresif.

Itulah sebabnya kamu harus sangat berhati-hati setiap kali kamu mendekati binatang yang terluka atau yang sudah dibiarkan kelaparan dalam waktu yang cukup lama. Memantau kesehatan anjing Anda dan melihat dokter hewan segera ketika anjing Anda sakit atau cedera dapat mencegah hal ini.

Pelajari ciri-ciri jika anjing milikmu sedang dalam keadaan sakit dan berilah makan anjing milikmu secara teratur. Kamu juga harus sering-sering pergi ke dokter hewan untuk terus tahu bagaimana keadaan anjing milikmu setiap saat.

Benda atau Barang Kepemilikan Anjing

Anjing akan bersikap agresif juga ketika dia dapat merasakan ancaman terhadap siapa pun atau apa pun yang dilindunginya. Anjing terkenal untuk menandai suatu wilayah atau barang ketika dia merasa bahwa itu ada miliknya.

Jika seseorang atau hewan lain mengancam untuk mengambil hal tersebut, anjing pun akan merasa terancam dan menjadi agresif. mungkin menyerang.

Cara untuk mencegah ini adalah dengan pelatihan yang kamu berikan. Anjing harus dilatih untuk tidak bersikap posesif terhadap orang atau barang di sekitarnya. Hal ini harus diajarkan kepada anjing agar hewan peliharaanmu tersebut dapat meredam sifat agresifnya.

Caranya adalah dengan perlahan berbagilah barang kepada anjingmu untuk menunjukkan bahwa bukan anjingmu yang memiliki barang tersebut.

Jika kamu berniat untuk mendekati anjing yang baru kamu kenal, dekati anjing tersebut secara perlahan, tenang, dan percaya diri. Hal yang perlu kamu ingat adalah jangan melihat anjing yang tidak kamu kenal baik di mata atau di wajahnya.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG ANJING?
Cari info Anjing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Kontak Mata dengan Orang Asing

Sebuah riset mengatakan jika melihat anjing langsung pada matanya adalah sebuah bentuk komunikasi ancaman. Maka dari itu, hindari untuk melihat anjing yang belum kamu kenal pada bagian matanya.

Oleh sebab itu, agar terhindar dari gigitan anjing yang baru dikenal, kamu harus menghindari tatapan tajam terlalu lama dengan anjing tersebut. Usahakan untuk mengalihkan perhatian ataupun melihat pada bagian tubuh lainnya.

Alasan Anjing Menyerang Manusia Lainnya...

Masa Lalu dari Anjing Tersebut

Ciri-ciri yang paling memprihatinkan karena sulit diprediksi atau dicegah, adalah masa lalu dari anjing tersebut. anjing bisa menjadi korban perkembangbiakan yang buruk yang mengakibatkan masalah perilaku dan menjadi agresif. Hal-hal seperti ini biasanya terjadi pada anjing ras murni.

Ketika pemilik yang kasar membiakkan ras murni, karena orang tersebut sering mencoba untuk mendapatkan fitur tertentu. Cara yang paling sering dilakukan adalah dengan perkawinan sedarah dan terkadang juga melibatkan cara kasar secara fisik.

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh Anjing yang Wajib Kamu Kenali Biar Makin Akrab!

Keturunan Anjing yang Agresif

Anjing Menyerang Manusia

Walaupun hal ini masih dianggap tidak biasa, namun anjing agresif juga bisa datang karena keturunannya. Namun hal ini tidak membuatmu serta-merta untuk menghindari anjing dari keturunan agresif seluruhnya hanya karena reputasi tersebut.

Sebelum kamu memilih anjing yang akan kamu pelihara, kamu harus ekstra hati-hati untuk melihat garis keturunan dan juga cara pemilik selanjutnya merawat anjing tersebut. Ada banyak jenis anjing penjaga yang mudah untuk dirawat.

Hewan Mangsa untuk Anjing

Secara umum, anjing akan bertindak agresif karena adanya pemicu. Sebuah kasus di Amerika Serikat yang melibatkan seorang pemilik anjing dan juga anjingnya menjelaskan bahwa anjing miliknya bukan tiba-tiba menyerang orang lain. Ketika orang tersebut menuntun anjingnya, sesuatu yang tidak biasa terjadi.

Pada saat itu, anjingnya merasakan ada mangsa seperti kelinci dan tupai dan mencoba untuk mengejar hewan tersebut. Para ahli berpendapat jika pemilik hewan tersebut ketika mereka mengejar mangsanya, anjing-anjing akan mungkin mengarahkan kembali agresi mereka terhadap si pemilik. Untuk itu kamu berhati-hati jika tiba-tiba sikap anjingmu berubah ketika melihat hewan lain.

Ada baiknya kamu membiarkan hewan peliharaan kamu yang satu ini untuk tetap seperti itu tanpa menghalangi aksinya. Karena, hal itu sudah menjadi naluri hewan yang biasa bagi anjing untuk mengejar hewan lain sebagai mangsanya.

Itu dia tadi 7 alasan anjing menyerang manusia tanpa mengenal ampun. Gimana? Selesai membaca artikel ini, PetPintar berharap kamu memahami apa yang harus dilakukan ketika merawat anjing ataupun bertemu dengan anjing baru.

Jangan lupa juga buat share artikel ini ke teman, kerabat, dan keluarga kamu ya, guys. Semoga bermanfaat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.cesarsway.com/when-dogs-attack/ 
  • https://www.k9magazine.com/the-anatomy-of-a-dog-attack-2/
  • https://www.thesprucepets.com/top-causes-of-aggression-in-dogs-1117877
  • whole-dog-journal.com/behavior/rage-syndrome-in-dogs/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar