Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Selasa, 08 Juni 2021, 16:00 WIB

9 Bau yang Tidak Disukai Anjing, Pasti Akan Menjauh!

9 Bau yang Tidak Disukai Anjing, Pasti Akan Menjauh!

bau yang tidak disukai anjing - mydog

Ada hal yang paling mudah untuk mengusir anjing dari dalam rumah, berikut ini adalah bau yang tidak disukai anjing yang membuatnya menjauh!

Sobat pintar, seperti kita semua ketahui bahwa anjing adalah salah satu hewan yang memiliki indera penciuman paling tajam.

Karena keistimewaannya tersebut, anjing sampai dipergunakan sebagai hewan untuk membantu kepolisian mencari jejak penjahat, narkoba, korban bencana alam dan masih banyak lagi. 

Ada pun bau yang tidak disuka anjing dan jarang diketahui oleh kebanyakan orang. 

Tidak hanya itu, anjing juga dapat mengenali manusia sebagai pemiliknya melalui aroma tubuh. Bahkan jika mereka pergi terlalu jauh dan tersesat, mereka dapat kembali ke rumah hanya dengan mengandalkan penciumannya. 

Bau yang Tidak Disukai Anjing

Bau Yang Tidak Disukai Anjing
bau yang tidak disukai anjing - medium

Tetapi apa Sobat pintar tahu, bahwa ada bau yang anjing tidak suka? Apa Sobat pernah melihat anjing peliharaan kalian bersin setelah mencium sesuatu?

Hal-hal tersebut disebabkan oleh bau yang mereka cium dan biasanya tidak disukainya.

Sobat pintar juga harus tahu, jika anjing memiliki lebih dari 150 juta sel penciuman, jumlah yang fantastis jika dibandingkan dengan sel penciuman manusia.

Karena indra penciuman yang tajam tersebut, anjing menjadi lebih sensitif dengan tempat tinggal mereka. 

Biasanya jika ada bau yang anjing tidak suka, mereka akan melakukan hal-hal seperti mencakar area tersebut atau memberikan tanda lewat urin tempat itu agar bau yang tidak mereka suka itu menghilang.

Di sini, Petpi akan merangkum bau yang tidak disukai anjing khusus untuk kalian.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Jeruk

Anjing tidak menyukai aroma asam yang keluar dari buah yang satu ini. Jika ditanya apakah semua aroma jeruk anjing tidak suka?

Tidak. Biasanya aroma jeruk yang tidak mereka suka adalah seperti jeruk lemon dan jeruk nipis, karena kedua jenis jeruk ini memiliki aroma asam yang sangat kuat. Jadi, jauhkan kedua jeruk ini dari anjing kalian ya.

2. Alkohol

Aroma pada alkohol juga masuk dalam daftar yang tidak disuka oleh anjing. Kenapa? Karena aroma menyengat yang muncul dari alkohol membuat saraf penciuman pada anjing sakit dan efek yang akan muncul jika anjing mencium bau alkohol. 

Biasanya mereka akan bersin-bersin dan menggosok-gosokkan hidung mereka pada kain sebagai upaya menghilangkan baunya.

3. Cat Kuku

Aroma cat kuku bisa membuat mereka bersin dan hidung gatal. Kandungan alkohol, asetat dan beberapa bahan kimia lain yang ada di dalam cat kuku membuat anjing tidak menyukainya.

Jadi, jangan pernah menaruh cat kuku kalian didekat mereka.

4. Bumbu Dapur

Buat Sobat pintar yang tidak suka jika anjing peliharaan kalian masuk area dapur, mungkin tips dari Petpi ini bisa kalian lakukan dirumah.

Anjing tidak menyukai bau yang dihasilkan oleh beberapa jenis bumbu dapur, contohnya adalah bubuk cabai dan bubuk lada. 

Jadi, jika kalian tidak ingin anjing peliharaan kalian ada di area dapur. Taruh bumbu dengan aroma-aroma menyengat tersebut di tempat yang bisa tercium langsung oleh anjing kalian.

5. Cuka

Aroma yang dimiliki oleh cuka termasuk yang tidak disukai oleh anjing. Bau menyengat dari cairan ini dapat membuat anjing bersin dan memilih untuk menjauhinya.

Padahal cuka adalah cairan yang berguna untuk kita dan juga si anjing, karena biasanya dengan takaran yang tepat cuka apel dapat kita gunakan sebagai campuran shampo anjing. 

6. Parfum

Kalau kamu ingin tahu anjing takut bau apa, tentu salah satu jawabannya adalah aroma parfum. Coba saja sobat menggunakan parfum, lalu setelahnya sobat mencoba memeluk anjing peliharaan kalian.

Mereka akan memilih untuk menjauh daripada berada didekat kalian. 

Kenapa anjing tidak menyukai aroma parfum? Karena kandungan yang ada pada parfum menyakiti indera penciuman mereka.

Alasan lain kenapa anjing tidak menyukai bau parfum dikarenakan menutupi aroma tubuh kalian yang sangat disuka oleh mereka.

7. Produk Pembersih Lantai

Kandungan zat kimia yang ada pada produk-produk pembersih lantai selain tidak disukai oleh anjing, juga berbahaya bagi anjing.

Karena selain aromanya yang tajam bagi mereka, menghirup aromanya secara langsung dapat membuat anjing mengalami iritasi pada pernapasannya. 

Alasan lain karena kebanyakan pembersih juga ada kandungan zat amonia, itu membuat anjing berpikir jika ada hewan lain di area rumah dan ini juga dapat menyebabkan anjing menjadi stres. 

Jadi, kalau kalian ingin membersihkan lantai, Petpi sarankan untuk menaruh anjing di luar ruangan terlebih dahulu dan memasukkan mereka kembali jika kalian sudah selesai dan aroma pembersih lantai sudah menghilang.

8. Kapur Barus

Anjing tidak menyukai kapur barus karena aromanya yang tidak enak bagi indera penciuman mereka. Jadi, jika kamu tidak ingin anjingmu masuk ke area-area tertentu di rumah, meletakan kapur barus di beberapa bagian.

Tapi, pastikan kapur barus tersebut tidak bisa dijangkau apalagi sampai termakan oleh mereka, karena tentu akan membahayakan nyawa si anjing.

9. Tanaman Herbal

Punya tanaman herbal di rumah? Misal kemangi atau rosemary, buat kita kedua tanaman ini tentu memiliki aroma yang enak untuk pelengkap masakan.

Namun, tahukah sobat jika anjing tidak menyukai aroma tanaman herbal tersebut. 

Jika ditanya kenapa mereka tidak suka? Mungkin karena kemangi dan rosemary punya aroma yang mengganggu sel penciuman mereka, tentu itu pasti tidak enak bagi anjing.

Ini juga bisa jadi cara alternatif buat para pemilik anjing untuk mengakali jika anjing peliharaan kita buang air kecil sembarangan. 

Sobat pintar bisa merebus daun kemangi atau rosemary, lalu menuangkan air rebusan tersebut pada alat semprot dan semprotkan pada sudut yang dikencingi oleh si anjing.

Nah, sobat pintar bagaimana? Semoga informasi tentang bau yang tidak disukai anjing diatas dapat berguna dalam keseharian kita semua.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://sibinatang.com/jenis-jenis-aroma-yang-paling-dibenci-anjing
  • https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/15/104000676/punya-indera-penciuman-kuat-8-bau-ini-paling-dibenci-oleh-anjing
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar