Hari ini: Selasa, 30 Mei 2023
Rabu, 19 Oktober 2022, 18:30 WIB

Kenapa Anjing Suka Tulang? Ternyata Ini 6 Alasan Dibaliknya!

Kenapa Anjing Suka Tulang? Ternyata Ini 6 Alasan Dibaliknya!

anjing suka makan tulang - beck and bulow

Apakah kamu pernah melihat anjing yang sedang memakan tulang? Jika kamu penasaran apa alasan dibaliknya, simak ulasan kenapa anjing suka tulang berikut ini

Sobat Pintar, bagi kalian yang memelihara anjing pasti sudah tahu bahwa hewan menggemaskan yang satu ini sangat suka dengan tulang, bukan?

Sebenarnya, ada beberapa alasan kenapa anjing suka tulang. Di mana kamu sebagai pemilik yang merawat mereka pun mungkin juga belum tahu benar kenapa tulang selalu menjadi makanan favoritnya.

Lantas, apakah tulang boleh dimakan oleh anjing? dan apa yang terjadi jika anjing makan tulang? Untuk itu, simak ulasan dari alasan dibalik mengapa anjing sangat menyukai tulang berikut.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Berbagai Alasan Dibalik Kenapa Anjing Suka Makan Tulang

Alasan Anjing Makan Tulang
alasan anjing makan tulang - love your dog

Anjing adalah jenis peliharan yang bisa memakan apapun. Meski begitu, ada juga beberapa bahan makanan yang tidak boleh diberikan pada anjing.

Ada perdebatan di antara pecinta anjing, karena ada yang beranggapan bahwa tulang tidak boleh diberikan dan ada juga yang tidak masalah dan memperbolehkannya.

Tapi, perkara apakah boleh atau tidak, kenyataannya memang anjing suka memakan tulang. Dimana berikut ini adalah alasannya, yaitu:

1. Sumsum tulang

Alasan pertama kenapa anjing suka tulang adalah dari sumsumnya. Di dalam tulang terdapat sumsum yang sangat lezat bagi anjing, di mana sumsum tulang tersebut juga sangat baik untuk tubuh anjing.

Mengingat bahwa serigala yang menjadi nenek moyang anjing hidup di alam liar, sumsum tulang mampu membantu mereka bertahan hidup, lho.

Sebab, kandungan lemak yang terdapat pada sumsum tulang dipercaya mampu memberikan tambahan energi untuk anjing kesayangan.

2. Masih ada daging yang melekat

Nah, ini juga jadi salah satu alasan kenapa anjing suka sekali makan tulang, yaitu masih ada daging yang melekat. Pada dasarnya tulang adalah makanan kedua setelah daging yang disukai oleh anjing.

Saking sukanya, ketika melihat tulang yang masih terdapat daging yang menempel, sudah pasti mereka akan langsung mendekat karena sudah tidak sabar ingin menyantapnya.

3. Insting hewan liar

Mengapa anjing suka makan tulang juga masih terkait dengan nenek moyang dari anjing yaitu serigala yang hidup di alam bebas sebelum didomestikasi dan menjadi anjing yang lucu seperti sekarang.

Kamu harus tahu bahwa anjing adalah keturunan serigala dimana dalam habitat aslinya pun mereka memakan daging dan tulang.

Sehingga, tidak heran jika anjing mempunyai insting yang sama dan benar-benar menyukai tulang untuk jadi makanan mereka.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Sebenarnya pemberian tulang kepada anjing tidak perlu banyak dikhawatirkan. Karena memang sudah insting mereka menyukai tulang untuk menjadi sumber makanan.

Selain nutrisi yang dibutuhkan, ternyata tulang juga mampu membantu menjaga kesehatan pencernaan. Anjing biasanya akan mengunyah tulang hingga halus.

Dimana serpihan tulang ini akan membantu membersihkan usus sehingga pencernaan mereka menjadi lebih sehat.

Selain itu, dengan rutin memberikan tulang, kotoran anjing juga tidak akan terlalu lembek dan tidak terlalu bau. Meski, ada satu hal yang kamu harus perhatikan adalah ukuran dari tulang yang diberikan.

Ketika kamu memelihara ras besar, memberikan bagian tulang sapi yang utuh tidaklah masalah. Karena struktur mulut dan gigi masih sanggup untuk mengunyah tulang.

Tapi, jika kamu memelihara ras kecil hingga medium, mungkin lebih baik jangan memberikan tulang yang besar. Lebih baik memberikan tulang ayam yang lebih kecil dan tidak terlalu keras.

5. Membersihkan gigi

Bagi yang belum tahu, ternyata sudah menjadi rahasia umum jika memberikan tulang kepada anjing bisa membantu membersihkan gigi mereka.

Sama seperti manusia, gigi anjing sebenarnya harus dibersihkan secara rutin agar selalu dalam keadaan sehat dan terhindar dari penyakit mulut anjing dan plak.

Plak berlebih yang ada pada gigi anjing tidaklah baik, selain menyebabkan bau mulut yang tidak sedap juga bisa membuat gigi berlubang dan dan infeksi.

Dengan mengunyah tulang, anjing secara tidak langsung akan menyikat gigi mereka sendiri. Sehingga, plak yang menempel bisa lepas dan menjadikan gigi mereka lebih bersih dan sehat.

Walau sekarang sudah ada produk khusus untuk kesehatan mulut anjing, tapi tetap saja tulang yang paling aman karena bahan alami.

Sobat tidak perlu memberikan tulang ini setiap hari, cukup memberikannya seminggu sekali atau dua kali saja.

6. Membuat hati anjing senang

Alasan terakhir kenapa anjing suka sekali dengan tulang adalah membuat hati mereka menjadi senang. Apabila kamu belum tahu, anjing itu adalah hewan yang sangat sensitif dan bisa mengalami stress, lho.

Apalagi jika mereka tidak sering kamu ajak main atau tidak mendapatkan perhatian. Nah dengan memberikannya tulang, anjing pun otomatis akan merasa senang dan bahagia.

Hal ini tentu saja akan sangat baik untuk menjaga mental mereka. Sehingga, anjing kesayangan akan terus sehat dan tidak akan mengalami depresi yang tentu saja berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Mengunyah tulang bisa jadi cara untuk mereka menghilangkan rasa bosan dikala kamu sedang sibuk. Jadi, berikanlah tulang selama beberapa hari sekali agar anjing terus dalam keadaan senang.

Apa Manfaat Tulang Untuk Anjing?

Manfaat Anjing Makan Tulang
manfaat anjing makan tulang - american kennel club

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pada tulang terdapat sumsum yang mengandung lemak dan berfungsi sebagai tambahan energi ketika disantap.

Tidak hanya lemak saja yang ada dalam sumsum tulang, ada kandungan nutrisi lain yang ternyata sangat baik untuk anjing.

Salah satunya adalah kalsium fosfat yang sangat mereka butuhkan untuk kekuatan tulang mereka sendiri.

Dengan adanya kandungan kalsium fosfat ini mampu membuat mereka bergerak dengan cepat dan tulang yang kuat. Sehingga, tidak heran jika anjing memakan tulang untuk memperoleh kandungan nutrisi tersebut.

Selain kalsium, juga masih ada mineral lain yang memang sangat baik untuk kesehatan tubuh anjing. Uniknya, kalsium yang ada pada tulang ini sangat mudah diserap oleh tubuh anjing, lho.

Meski sudah ada suplemen khusus, tulang tetap menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan kalsium yang sangat bermanfaat bagi mereka.

Apalagi jika kamu memelihara anjing dari ras besar dan ingin memaksimalkan pertumbuhan mereka, maka pemberian tulang sangat disarankan.

Sobat Pintar, demikianlah penjelasan lengkap dari alasan dibalik kenapa anjing suka tulang beserta manfaatnya yang mungkin belum kamu ketahui.

Ternyata tidak hanya sebagai makanan favorit saja, tetapi tulang sapi atau ayam yang segar juga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

Namun seperti yang sudah PetPi ingatkan tadi, dalam pemberian tulang sebagai makanan anjing harus menyesuaikan ukuran tulang dengan jenis ras yang kamu pelihara, ya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://oshinepro.com/mengapa-anjing-suka-menggigit-tulang/
  • https://sibinatang.com/anjing-suka-tulang/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar