Hari ini: Senin, 20 Mei 2024
Kamis, 17 November 2022, 12:00 WIB

Kaki Anjing Patah? Ini Penyebab dan Cara Ampuh Mengobatinya!

Kaki Anjing Patah? Ini Penyebab dan Cara Ampuh Mengobatinya!

Anjing yang kakinya patah harus segera ditangani - thesprucepets

Patah pada kaki anjing bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari usia yang tua ataupun obesitas. Sebelum terlambat, simak ulasan kaki anjing patah berikut

Sobat Pintar, seperti yang kamu tahu bahwa kaki anjing merupakan bagian tubuh yang paling rentan mengalami masalah. Seperti misalnya kaki anjing patah, kuku copot, keseleo dan lainnya.

Karena itulah mengapa ketika sebagai pemilik yang baik, selalu disarankan untuk menjaga kesehatan anjing kesayangan serta memberikan asupan yang seimbang termasuk dalam hal pemberian kalsium.

Sebab, ketika kaki peliharaanmu tersebut patah tentunya akan membuatnya tidak bisa bergerak dengan leluasa dan sudah pasti menyakitkan, bukan?

Ketika sudah terjadi keadaan seperti ini, tentunya kamu harus mengetahui apa penyebab dan cara mengobatinya untuk bisa mereposisi tulang kakinya.

Agar ia bisa cepat beraktivitas kembali, yuk simak ulasan lengkap terkait kaki anjing patah yang sudah PetPi rangkum secara menyeluruh berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Beberapa tipe patah tulang pada anjing

Caption

Ada beberapa tipe untuk patah tulang yang kerap dialami oleh anjing. Dari mulai yang ringan hingga berat, namun semua itu tetap harus mendapatkan penanganan medis agar bisa disembuhkan. Berikut adalah penjelasannya.

Pertama adalah patah tulang tertutup, dimana tulang pada bagian dalam patah tetapi tidak sampai mengoyak daging dan menembus kulit.

  • Compound fracture atau patah tulang terbuka, untuk yang satu ini tulang yang patah sampai menembus kulit dan merusak otot. Sehingga mengakibatkan luka terbuka, patah seperti ini yang bisa memicu infeksi karena terkontaminasi dengan bakteri. Kebanyakan jika terlambat dalam penanganannya, maka akan diamputasi.
  • Incomplete fracture atau patah sebagian, merupakan kondisi dimana terjadi retakan pada tulang dan meninggalkan celah. Keadaan ini masih terbilang sangat ringan, karena tulang masih utuh dan tidak rusak parah.
  • Epiphyseal fracture, kondisi ini kerap dialami oleh anjing yang berusia muda dan masih dalam masa pertumbuhan. Biasanya retak terjadi pada bagian tulang lunak, dimana tulang ini masih bisa tumbuh dan memang masih lembut serta lemah, sehingga bila tidak dijaga akan mudah patah.

Penyebab patah tulang pada kaki anjing

Kaki Depan Anjing Patah
kaki depan anjing patah - wag!

Apabila kamu bertanya mengenai mengapa peliharaanmu mengalami patah tulang, tentu saja akan ada banyak faktornya. Dimana dari semua penyebab yang ada, tingkat kerusakan yang dihasilkan juga tidaklah sama.

Berikut ini adalah beberapa penyebab kaki anjing patah yang paling banyak menjadi pemicu, seperti:

  • Anjing muda yang terlalu gemuk dan tidak dibarengi dengan asupan kalsium sesuai dengan kebutuhannya. Sehingga tulangnya masih terlalu lemah untuk menopang tubuh.
  • Anjing mengalami kecelakaan, misalnya tertabrak atau bisa juga karena terlalu bersemangat saat bermain akhirnya terjatuh atau ketika lompat salah posisi saat mendarat.
  • Anjing sudah tua dan mengalami pengeroposan tulang, biasanya dialami oleh anjing berukuran besar atau pada anjing-anjing ras kecil. 

Ciri-ciri yang terlihat pada anjing yang mengalami patah tulang, tentunya mereka akan terlihat kesakitan karena merasa nyeri yang luar biasa pada bagian kakinya.

Selain itu, anjing juga akan mengalami kepincangan dan kerap menjilati area yang sakit. Jika kamu sering melihat anjing kesayanganmu melakukan hal tersebut maka segeralah di cek, sentuh dan tekan area tersebut.

Bila anjing kamu mendengking (kesakitan) dan terasa bengkak ketika kamu pegang. Maka sebaiknya segera bawa dia ke dokter hewan terdekat di sekitarmu.

Karena jika terlalu lama, bisa membuat bagian tersebut mengalami perubahan bentuk dan pastinya anjingmu tidak bisa beraktivitas sebagaimana biasanya. Hal terburuk bila terlalu lama didiamkan adalah harus diamputasi.

Cara mengobati kaki anjing yang patah

Pengobatan Patah Tulang Pada Kaki Anjing
pengobatan patah tulang pada kaki anjing - healthypaws

Dalam menangani kaki anjing patah tentunya harus cepat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kamu inginkan. Nah, berikut dibawah ini adalah cara mengobati anjing yang mengalami patah tulang yang bisa kamu lakukan.

Dekatilah anjing dan lihat bagaimana kondisinya

Jika kamu merasa ada yang terlihat berbeda dari hewan kesayanganmu, seperti anjing kerap menjilati area kaki dan itu sangat sering ia lakukan dalam kesehariannya.

Cobalah dekati dia dan perhatikan dengan seksama area yang dijilati tersebut, apakah terdapat luka atau tidak. Apabila ada luka, tentu saja kamu perlu untuk menutupnya agar tidak terjadi infeksi.

Sentuh kakinya untuk memastikan apakah ada yang sakit atau tidak

Selanjutnya adalah menyentuh bagian yang terlihat selalu dijilat oleh anjing. Karena apabila anggota tubuhnya ada yang sakit, anjing akan secara naluriah menjilati bagian tersebut secara terus menerus.

Raba area sekitar dan coba tekan secara perlahan untuk memastikan bagian yang sakit. Apabila ada respon dari anjingmu, seperti tiba-tiba menggeram, ingin menggigit atau mendengking maka kemungkinan besar bagian itulah yang patah.

Selanjutnya kamu bisa membebat sementara, karena dengan membebatnya ini juga bisa sedikit mengurangi rasa sakit. Tetapi ketika melakukannya tetap hati-hati, sebab sejinak apapun anjingmu bisa saja dia menggigit apabila merasa sakit.

Kompres menggunakan air rebusan daun binahong

Apabila kejadiannya di waktu-waktu tidak terduga, misalnya malam hari dimana klinik hewan sudah tutup. Kamu bisa mencoba cara ini sebagai pertolongan darurat bagi anjingmu, yaitu carilah daun binahong.

Jika sudah dapat, rebus daun tersebut hingga airnya mendidih. Dinginkan setidaknya hingga suam-suam kuku, kemudian gunakan air rebusannya untuk mengompres bagian yang patah.

Perlu kamu tahu bahwa metode ini bukan menyambung atau menumbuhkan tulang, tetapi untuk meredakan rasa sakit. Karena ketika anjing merasa kesakitan, dia tidak akan mau makan ataupun minum.

Selain bisa mengurangi rasa sakit pada kaki yang patah, kompresan daun binahong juga ampuh untuk mengatasi berbagai masalah lainnya seperti mengobati keseleo pada kaki anjing, lho.

Ketika ditreatment, sesekali mungkin ia akan berteriak dan mendengking kesakitan. Tentunya kamu tidak akan tega setiap kali mendengar suara seperti itu. Setelah pagi, langsung bawa anjing ke dokter.

Segera dibawa ke dokter

Anjing Yang Patah Kaki Dibawa Ke Dokter
Anjing yang patah kaki dibawa ke dokter - nzherald

Cara mengobati patah tulang pada anjing berikutnya adalah membawanya segera anjingmu ke dokter hewan untuk ditangani secara tepat.

Karena bagaimana pun kamu tidak akan bisa mendiamkan saja tulang patah tersebut, sebab jika dibiarkan tentu akan berpengaruh pada kesehatan anjing.

Anjingmu bisa kehilangan nafsu makan, dimana saat anjing mulai tidak mau makan inilah akan memicu munculnya masalah lain dalam tubuh. Tentunya kamu tidak ingin terjadi hal buruk pada hewan kesayanganmu tersebut.

Ketika di dokter hewan, biasanya akan dilakukan beberapa prosedur pemeriksaan. Salah satunya rontgen, untuk melihat seberapa parah tulang yang patah tersebut dan tindakan apa yang harus dilakukan kepada anjingmu.

Berikan obat sesuai resep dokter hewan

Setelah membawanya ke dokter hewan dan melakukan pemeriksaan, pastinya dokter akan meresepkan beberapa obat yang bisa mengurangi rasa sakit untuk anjingmu.

Tidak hanya diberikan obat, biasanya dokter juga akan memberikan suntikan, seperti penghilang rasa sakit, antibiotik, vitamin dan pendukung lainnya yang bisa meringankan rasa sakitnya.

Untuk obat oral, kamu bisa memberikannya dengan cara meminumkannya langsung atau mencampurkannya pada makan dan minumannya. Pastikan juga makanan yang kamu berikan adalah yang tinggi kalsium supaya tulang yang patah bisa segera sembuh.

Usahakan untuk memberikan jenis makanan anjing sakit karena pada fase ini anabul kerap menolak diberikan. Kamu juga bisa mengkonsultasikan terkait hal ini pada dokter saat pemeriksaan, ya.

Melakukan operasi patah tulang pada anjing

Operasi Patah Kaki Anjing
Operasi patah kaki anjing - pawsgeek

Jalan terakhir yang harus dilakukan apabila memang tulang kakinya patah adalah melakukan tindakan operasi. Dimana nanti dokter yang berkompeten pada bidangnya akan membantu anjing dalam reposisi tulangnya.

Tentunya tindakan ini akan membutuhkan biaya operasi patah kaki anjing yang cukup besar, namun sebagai owner pasti kamu tidak tega melihat anjingmu merasakan sakit.

Setelah operasi ini masih harus menjalani beberapa prosedur pemeriksaan. Gunanya untuk memastikan apakah proses penyambungan atau amputasi, tidak muncul efek samping ataupun infeksi pada bagian yang dioperasi.

Selanjutnya apakah kaki anjing patah bisa sembuh sendiri? Ya bisa saja, tapi jika patah tulang yang terjadi masih dalam kategori ringan. Namun, untuk yang masuk kategori berat perlu tindakan medis secepatnya ya.

Sobat Pintar, itulah tadi hal-hal yang harus kamu lakukan ketika menemukan anjing yang mengalami patah kaki, pastinya kamu tidak boleh panik. Sebab, setahu PetPi hewan peliharaan bisa menangkap energi pemiliknya, lho.

Nah jadi apabila kamu terlihat gelisah, panik dan ketakutan, tentu anabul kesayangan kalian juga akan panik. Hal ini tidak boleh terjadi, karena bisa menghambat proses penyembuhannya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://arenahewan.com/cara-mengobati-patah-tulang-pada-anjing
  • https://id.wikihow.com/Merawat-Anjing-yang-Mengalami-Patah-Tulang-Kaki
  • https://www.rajapetshop.com/en/news/PATAH-TULANG-PADA-ANJING---APA-YANG-HARUS-DILAKUKAN

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar