Hari ini: Sabtu, 27 Februari 2021
Selasa, 20 Oktober 2020, 10:00 WIB

Begini Cara Menggunting Kuku Anjing, Dilakukan Sendiri di Rumah Secara Aman!

Begini Cara Menggunting Kuku Anjing, Dilakukan Sendiri di Rumah Secara Aman!

cara menggunting kuku anjing - hearstapps

Bingung bagaimana cara merawat kuku anjing dengan tepat dan aman? Berikut PetPi ulas cara menggunting kuku anjing yang bisa kamu lakukan sendiri, lho.

Selain dari memandikan anjing secara rutin, ada pula berbagai tips dan metode yang bisa dilakukan untuk selalu menjaga kebersihan dan higienitas teman berbulumu yang satu ini.

Salah satunya adalah dengan menggunting kuku anjing, yang bahkan Sobat PetPi bisa lakukan sendiri di rumah tanpa perlu bantuan perawat atau dokter hewan, lho.

Namun tetap saja, dalam melakukan hal ini kamu juga perlu mengetahui beberapa hal terlebih dulu agar aktivitas ini tidak menjadi hal yang menakutkan bagi anjing peliharaan.

Mau tahu bagaimana caranya, kan? Tidak perlu menunggu lama lagi, berikut PetPi ulas tips dan cara menggunting kuku anjing di rumah secara aman dan mudah dilakukan.

Kenapa Kuku Anjing Perlu Dipotong Rutin?

Cara Menggunting Kuku Anjing
Cara menggunting kuku anjing yang benar - mobilegroomingvegas

Memastikan kuku anjing dalam keadaan rapi dan bersih tentu akan menghindarkan peliharaan favoritmu ini dari berbagai masalah yang mungkin terjadi padanya.

Kalau bagian ini terlalu panjang, besar kemungkinan bisa menyebabkan kuku anjing patah. Hal ini pula bisa mendatangkan infeksi dan rasa sakit yang tak tertahankan bagi anjing.

Selain itu kuku anjing yang panjang dan tak terawat pula juga bisa mempengaruhi postur tubuhnya, baik saat berdiri maupun berjalan, lho.

Melansir video pada channel YouTube AnimalWised, waktu yang tepat untuk memotong kuku anjing adalah saat bagian ini sudah melebihi batas telapak kakinya.

Banyak kalangan pun berpendapat memotong kuku anjing dapat dilakukan seminggu sekali atau minimal dua kali dalam sebulan.

Begini Cara Menggunting Kuku Anjing di Rumah Secara Aman dan Tidak Berontak

Menggunting Kuku Anjing
Cara menggunting kuku anjing secara aman - cloudinary

Sebagai pemilik anjing, Sobat PetPi pun perlu mengetahui metode dan cara menggunting kuku anjing yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Tentunya juga akan memangkas waktu dan biaya yang diperlukan, ketimbang harus mengunjungi tempat grooming anjing, kan?

Terlebih hal ini juga bisa jadi rutinitas yang menyenangkan sekaligus menyehatkan bagi anjing peliharaan, asal kamu melakukannya secara tepat dan aman, nih.

1. Persiapkan Kebutuhan Menggunting Kuku Anjing

Hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah segala kebutuhan, seperti gunting kuku anjing, bubuk penghenti pendarahan, dan camilan anjing.

Gunting kuku anjing dapat dengan mudah kamu temukan di pet shop. Ada pula opsi menggunakan kikir kuku anjing yang digunakan pada beberapa kondisi, seperti untuk anak anjing atau anjing tua.

Harga gunting kuku anjing dan kikir ini pun juga cukup terjangkau, yakni mulai Rp20-50 ribuan tergantung tipe dan mereknya.

Siapkan juga bubuk penghenti pendarahan (styptic powder) atau tepung sebagai alternatif, yang digunakan apabila terjadi luka nantinya.

Tak ketinggalan juga siapkan camilan yang digunakan sebagai hadiah agar anjing tidak berontak dan menganggap menggunting kuku adalah aktivitas yang menyenangkan.

Baca Juga: Waspadai! Penyebab Penyakit pada Kaki Anjing dan Cara Mudah Mengatasinya

2. Perkenalkan Anjing dengan Peralatan Gunting Kuku

Agar anjing tidak kaget saat melihat peralatan tadi, maka Sobat PetPi bisa memperkenalkannya setidaknya 1-2 hari sebelum kamu menggunting kukunya.

Di sini kamu bisa membiarkannya mengendus gunting dan kikir yang akan kamu gunakan. Jika kamu menggunakan kikir elektrik, coba untuk dinyalakan agar anjing terbiasa dengan suaranya.

Lakukan juga gestur seperti akan memotong kuku anjing, namun jangan sampai memotongnya. Perhatikan juga ekspresinya dan lakukan sampai dia terbiasa dengan hal tersebut.

3. Pilih Lokasi yang Tenang dan Nyaman

Jangan lupa untuk memilih lokasi yang tenang dan bebas dari gangguan saat kamu sedang menggunting kuku anjing. Pastikan pula tempatnya nyaman bagi kamu dan peliharaanmu, ya.

Jika kamu memiliki ras anjing kecil, kamu bisa menahan tubuhnya sendiri dan tempatkan mereka di permukaan yang datar dan kokoh.

Sementara jika kamu memiliki ras anjing besar, sebaiknya kamu minta bantuan orang lain untuk memegang dan mengalihkan perhatiannya sembari kamu menggunting kuku mereka.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG ANJING?
Cari info Anjing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Genggam Kaki Anjing dan Tekan Telapaknya

Mulai dengan menggenggam salah satu kakinya, kemudian letakkan ibu jari kamu pada telapak kaki anjing. Sementara jari telunjuk kamu menggenggam bagian atasnya.

Jika ada bulu yang menghalangi di telapak kaki anjing, lebih baik untuk mengguntingnya terlebih dulu.

Lalu kamu tekan ibu jari pada telapak kaki anjing, sembari jari telunjuk kamu mendorong salah satu jari anjing ke depan. Hal ini akan memperpanjang kuku anjing sehingga mudah kamu potong.

5. Mulai Gunting Kuku Anjing

Salah satu cara menggunting kuku anjing adalah lakukan secara cepat dan sejajar dengan bagian telapak kakinya. Jika terlalu lama, mungkin akan membuat anjing takut dan memberontak.

Hindari menggunting hingga quick (bagian berwarna merah muda) pada kuku anjing. Bagian ini mudah terdeteksi apabila kuku anjing terlihat bening.

Kalau bagian ini terpotong, tentu akan menyakitkan dan menimbulkan pendarahan. Segera gunakan bubuk penghenti pendarahan (styptic powder) yang sudah disiapkan.

Baca Juga: Pemula Wajib Tahu 12 Cara Merawat Anak Anjing yang Aman

6. Gunakan Kikir Kuku Anjing

Jika kuku anjing berwarna gelap sehingga kamu kesulitan mendeteksi quick, kamu bisa melakukannya secara perlahan mulai dari ujung hingga kuku anjing sedikit pendek.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan kikir kuku anjing elektrik untuk mendapatkan hasil yang lebih rapi sekaligus akurat.

Selain itu, kikir kuku anjing juga dapat secara khusus dipakai pada jenis anjing ras kecil, anak anjing, atau anjing tua sehingga tidak mudah menimbulkan pendarahan.

7. Berikan Anjing Camilan sebagai Hadiah

Sobat PetPi pun juga perlu memberinya hadiah berupa camilan sebagai bentuk apresiasi dan juga guna mencegah anjing stress, lho.

Selain itu memberinya hadiah pula dapat menjadi stimulus anjing untuk memahami bahwa aktivitas menggunting kuku yang dilakukannya adalah sesuatu yang menyenangkan.

Kumpulan Tips Menggunting Kuku Anjing yang Perlu Diketahui

Tips Untuk Menggunting Kuku Anjing
Tips memotong kuku anjing - vetcarehospital

Selain dari cara menggunting kuku anjing yang sudah PetPi ulas di atas, sebagai tambahan ada pula beberapa tips tambahan yang perlu kamu ketahui, di antaranya:

  • Jika kamu memelihara anak anjing, sebaiknya perkenalkan aktivitas menggunting kuku sedini mungkin agar menjadi rutinitas yang dikenali baginya.
  • Jangan menggunting kuku anjing saat mereka dalam kondisi sakit, stres, dan bertingkah laku agresif karena berisiko membuat kamu dan peliharaan.
  • Lakukan penanganan dengan tenang dan gunakan kata-kata persuasif yang juga berfungsi untuk menenangkan anjing selama proses pemotongan kuku.
  • Segera kunjungi dokter hewan apabila: anjing terus agresif saat hendak dipotong kukunya, kuku anjing berwarna gelap sehingga sulit mendeteksi quick, dan kuku anjing mengalami pendarahan saat kamu menanganinya sendiri.

Demikianlah ulasan mengenai cara menggunting kuku anjing yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah untuk menjaga kebersihan dan higienitasnya.

Memotong kuku anjing pun bukanlah perkara mudah dan dapat diselesaikan dengan cepat. Lakukan secara perlahan agar anjing tetap tenang dan tidak berontak. Selamat mencoba!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.akc.org/expert-advice/health/how-to-trim-dogs-nails-safely/
  • https://www.petmd.com/dog/grooming/evr_dg_how_to_trim_a_dogs_toenails
  • https://www.youtube.com/watch?v=sisprxhsc6I
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar