Hari ini: Minggu, 16 Mei 2021
Rabu, 31 Maret 2021, 16:00 WIB

Jangan Kaget! Ini 12 Jenis Ras Anjing Termahal di Dunia, Harganya Sampai Ratusan Juta!

Jangan Kaget! Ini 12 Jenis Ras Anjing Termahal di Dunia, Harganya Sampai Ratusan Juta!

Jenis anjing termahal - the smart canine

Banyak pecinta anjing yang rela mengeluarkan kocek besar untuk membeli anjing. Berikut adalah jenis anjing termahal di dunia, harganya bikin kaget!

Dikenal sebagai hewan peliharaan yang setia dan menjadi sahabat manusia, kehadiran anjing bagi sebagian orang terasa sangat spesial.

Dan tidak mengherankan juga apabila beberapa orang rela mengeluarkan sejumlah besar bujet yang mereka miliki untuk mengadopsi anjing favoritnya, berapapun harganya.

Termasuk untuk jajaran anjing termahal di dunia berikut ini yang bisa dibilang memiliki banderol harga fantastis, yakni bisa tembus hingga ratusan juta rupiah, lho!

Kira-kira ras anjing termahal mana yang masuk daftar ini, ya? Daripada Sobat Pintar makin penasaran, langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Kumpulan Jenis Anjing Termahal di Dunia yang Harganya Bikin Kaget!

Anjing peliharaan bagi beberapa kalangan yang memeliharanya merupakan sesuatu yang sangat spesial, layaknya perhiasan, mobil, atau rumah mewah.

Melansir PrudentPet.com, bahkan rata-rata orang Amerika Serikat menghabiskan uang sekitar 1.675 dolar AS atau 24,5 juta rupiah per tahun untuk biaya hidup dan perawatan anjing peliharaan mereka.

Terlebih untuk mereka yang memelihara ras anjing murni, biaya ini bisa meningkat lima kali lipat dibanding ras anjing kampung maupun ras anjing campuran, lho.

Hingga Juli 2020, American Kennel Club mendata ada 195 jenis anjing ras murni yang ada di dunia. Lalu manakah yang termasuk jenis anjing termahal saat ini?

Berikut adalah ulasan jenis ras anjing termahal di dunia yang tentu harganya mungkin bisa membuat Sobat Pintar terkaget-kaget.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Samoyed - 205 Jutaan

Jenis Anjing Termahal
Anjing samoyed - pets4homes

Ciri unik dari anjing Samoyed adalah bulu berwarna putih dan tebal. Selain itu paras wajah anjing ini tampak seperti tersenyum yang dikarenakan pangkal mulutnya yang melengkung ke atas, lho.

Sebagai salah satu jenis ras anjing terbaik untuk keluarga, Samoyed memiliki karakteristik yang cerdas, sosial, dan sangat membutuhkan perhatian dari pemiliknya.

Pada habitat aslinya di Siberia, Samoyed banyak dimanfaatkan untuk menarik kereta salju. Maka tidak mengherankan kalau ras anjing ini juga cocok kamu ajang jalan-jalan di lingkungan sekitar rumah.

Namun sayangnya, ras anjing ini rentan terhadap beberapa masalah kesehatan, seperti distrofi kornea, gangguan autoimun, dan gangguan jantung yang penanganannya butuh biaya cukup banyak.

2. Lowchen - 176 Jutaan

Jenis Anjing Paling Mahal
anjing lowchen - the doggy scoop

Kemudian ada Lowchen yang juga dikenal sebagai "anjing singa kecil" dan sudah menjadi favorit hewan peliharaan, terutama di kalangan bangsawan selama lebih dari 500 tahun di kawasan Eropa.

Jenis anjing kecil yang berasal dari Prancis ini dikenal memiliki perilaku yang ramah dan sangat aktif yang membuatnya cocok untuk keluarga dan anak-anak.

Walaupun berukuran kecil Lowchen punya umur hidup yang terbilang cukup lama, yakni berkisar antara 13 tahun hingga lebih dari 15 tahun.

3. Chow Chow - 160 Jutaan

Anjing Mahal
anjing chow chow - blogger

Sebagai salah satu ras anjing tertua dan terlangka di dunia, tidak mengherankan bagi Chow Chow masuk ke dalam daftar jenis anjing termahal di dunia.

Chow Chow yang berasal dari daratan China Utara ini memiliki karakteristik bulu tubuh yang tebal, muka yang tampak seperti berlipat, dan lidah yang berwarna keunguan.

Secara alami, Chow Chow memiliki karakteristik yang keras kepala dan sensitif terhadap orang asing, sehingga butuh perhatian ekstra apabila kamu ingin memiliki hubungan dekat dengannya.

Salah satu jenis anjing besar ini juga memerlukan olahraga dalam porsi cukup, seperti jalan santai tiap harinya. Dengan perawatan yang tepat, Chow Chow mampu bertahan hidup 8-12 tahun.

4. Tibetan Mastiff - 146 Jutaan

Jenis Anjing Paling Mahal
anjing tibetan mastiff - cloudfront

Jenis ras anjing terbesar lainnya ada Tibetan Mastiff yang berasal dari dataran tinggi Tibet yang bahkan pejantannya maksimal memiliki bobot hingga 68 kilogram, lho!

Sebagai anjing penjaga, Tibetan Mastiff memiliki karakteristik tubuh yang kuat bertenaga dan berotot untuk menghalangi hewan pemangsa, seperti serigala hingga beruang.

Berkat karakteristiknya itu Tibetan Mastiff tergolong salah satu jenis ras anjing termahal yang mudah untuk dirawat dengan minim masalah kesehatan.

5. Azawakh - 139 Jutaan

Anjing Termahal Di Dunia
anjing azawakh - amazonaws

Sebagai jenis ras anjing yang baru dikenali pada 2019 lalu oleh American Kennel Club, Azawakh yang pada dasarnya adalah anjing pemburu kini kian populer dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Azawakh berasal dari kawasan Afrika Barat pada negara, seperti Burkina Faso, Mali, dan Niger. Perawakan Azawakh cenderung terlihat ramping dan kurus, dengan struktur tulang yang terlihat jelas.

Kaki-kakinya tampak panjang, sehingga kamu harus mengajaknya berlari di luar ruangan setiap hari. Perawatan dan makanan anjing berkualitas, membuat Azawakh mampu bertahan hidup 12-15 tahun.

6. Rottweiler - 132 Jutaan

Anjing Paling Mahal
anjing rottweiler - orvis

Nama anjing Rottweiler mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Sobat Pintar dan identik sebagai anjing penjaga yang setia dengan majikannya.

Walau dikenal hanya patuh pada satu orang saja, namun Rottweiler juga cocok menjadi peliharaan bagi keluarga berkat kesetiaan dan kepatuhannya.

Bahkan untuk beberapa anjing Rottweiler yang sudah terlatih, bisa dibanderol dengan harga cukup mahal untuk dapat memilikinya, lho.

7. Canadian Eskimo - 128 Jutaan

Ras Anjing Termahal
anjing canadian eskimo - animalsadda

Lalu ada anjing Canadian Eskimo yang jadi salah satu ras anjing paling langka di dunia. Bahkan, Canadian Eskimo hampir mendekati kepunahan dengan jumlah yang kurang dari 300 ekor pada 2018 lalu.

Mulai berkurangnya jumlah Canadian Eskimo dilansir dari PrudentPet.com diakibatkan oleh penemuan mobil salju yang membuat fungsi anjing ini sebagai penarik kereta salju mulai ditinggalkan.

Bahkan sejarah mencatat, Royal Canadian Mounted Police (RCMP) telah membunuh lebih dari 20.000 anjing Canadian Eskimo pada rentang 1950 hingga 1970.

Untungnya, saat ini jenis ras anjing ini mulai kembali dilirik oleh sebagian kalangan sehingga mulai dikembangbiakan kembali.

8. Dogo Argentino - 117 Jutaan

Jenis Anjing Termahal
anjing dogo argentino - the happy puppy

Dogo Argentino dikenal sebagai anjing pemburu babi hutan, terutama di kawasan Amerika Selatan dan sebagian Asia. Jenis anjing termahal di dunia ini dikenal dengan perawakan yang berotot dan kekar.

Dikarenakan sifat fisiknya yang dominan dan cukup agresif, bahkan Dogo Argentino kepemilikannya dilarang di negara Inggris dan kota besar AS, seperti Colorado dan New York.

Sebagai anjing pemburu, pemiliknya harus rutin melakukan aktivitas fisik. Kalau tidak diperhatikan, Dogo Argentino kemungkinan besar akan terserang masalah kesehatan, seperti displasia panggul dan tuli.

9. Pharaoh Hound - 110 Jutaan

Jenis Anjing Paling Mahal Di Dunia
anjing pharaoh hound - zpetguide

Punya badan yang ramping tentu membuat Pharaoh Hound memiliki kemampuan pelari kencang yang mendukung aktivitasnya sebagai pemburu.

Ras anjing berukuran sedang ini bahkan dijuluki sebagai "anjing kelinci", karena manfaatnya sebagai pemburu kelinci terutama di kawasan Pulau Malta.

Pharaoh Hound ini memiliki umur cukup lama, yakni berkisar 11-14 tahun. Sayangnya, ras anjing ini terbilang mudah stres yang dapat menimbulkan masalah pencernaan hingga sistem saraf.

10. Afghan Hound - 102 Jutaan

Anjing Termahal
afghan hound - selecta dog breed

Ciri khas anjing Afghan Hound sangat mudah dikenali dari badannya yang ramping, namun diselimuti mantel tebal yang mengalir lurus layaknya sutra.

Afghan Hound juga menjadi salah satu anjing ras langganan peserta kontes kecantikan, yang mana tentu membutuhkan biaya cukup banyak untuk melakukan perawatannya.

Sebagai pemilik Afghan Hound, tentu kamu harus melakukan penyikatan bulu setiap hari agar tidak mudah kusut. Mirip seperti sebelumnya, Pharaoh Hound punya umur berkisar 10-14 tahun.

11. Akita Inu - 64 Jutaan

Anjing Termahal Di Dunia
Akita Inu - live japan

Sudah banyak yang tahu bahwa jenis anjing besar ini berasal dari daerah pegunungan Jepang.

Ada dua jenis ras akita sejauh ini yang bisa kamu pilih, ada strain dari Jepang yang akan kita bahas ini, ada juga strain dari Amerika bernama American Akita.

Akita inu ini memang anjing lokal dari Jepang yang mulai diminati oleh pecinta anjing.

Salah satu perbedaan paling mencolok antara Akita inu dengan American Akita adalah dari warnanya.

Warna dari American Akita cenderung lebih gelap hampir mendekati ke hitam karena anjing American Akita masih ada keturunan anjing Herder.

Nah, jika Akita Inu cenderung memiliki warna yang lebih terang seperti warna merah dan coklat terang.

12. Saluki - 35 Jutaan

Anjing Paling Mahal
Saluki - wikipedia

Di Indonesia, anjing ini mungkin jarang sekali terdengar namanya. Padahal anjing ini sudah ada dari zaman kerajaan Mesir dan dikenal sebagai sahabat baik manusia.

Saluki memiliki ukuran yang tinggi dan panjang, bahkan lebih terlihat manusia yang ramping.

Dia adalah anjing Sighthound dengan ciri khas mempunyai dada yang dalam dan kaki panjang seperti anjing Dalmatian.

Belum banyak di Indonesia yang memelihara jenis anjing ras ini. Sehingga dibanderol dengan harga yang cukup mahal sekitar 35 jutaan.

Saluki memang cenderung menjadi hewan yang mandiri dan membutuhkan pelatihan yang cukup lama dari pemiliknya. Bobot saluki jantan bisa mencapai 60 kilogram dengan panjang mencapai 28 inch.

Nah, jajaran jenis anjing termahal di dunia yang PetPi ulas di atas sudah cukup bikin kamu pusing, kan?

Biarpun begitu, apa saja ras anjing yang akan atau sudah kamu pelihara saat ini tetap membutuhkan kasih sayang dan perhatian.

Jangan lupa juga untuk memberikan perawatan terbaik dan mengecek kondisi kesehatan mereka, ya!

Buat kamu yang tidak mampu membeli jenis anjing termahal ini, tidak usah memaksa, karena kamu bisa memilih jenis anjing ras murah yang relatif bisa dijangkau.

Dengan begitu kamu tetap bisa memelihara anjing sebagai teman hidup di keluarga kamu deh. Semoga membantu ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Terbit: Selasa, 09 Februari 2021, 16:00 WIB
Update pada: Rabu, 31 Maret 2021, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.prudentpet.com/blog/most-expensive-dog-breeds/
  • https://www.rd.com/article/how-many-dog-breeds-in-the-world/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar