Hari ini: Kamis, 25 Februari 2021
Selasa, 25 Agustus 2020, 16:30 WIB

8 Jenis Anjing Penjaga Kuat dan Aman Dipelihara, Mau Beli?

8 Jenis Anjing Penjaga Kuat dan Aman Dipelihara, Mau Beli?

Jaga rumah dan barang berharga kamu dengan salah satu dari 8 jenis anjing penjaga berikut. Dijamin aman, setia, dan ramah keluarga.

Meski anjing penjaga memiliki reputasi buruk di mata masyarakat karena sifatnya yang galak dan mudah menyerang, masih tetap ada banyak alasan kenapa kamu harus memeliharanya, mulai dari keamanan diri sendiri, keamanan rumah, hingga keamanan hewan gembala.

Berdasarkan sebuah riset, anjing penjaga adalah jenis anjing yang berani, setia, dan tahu cara menyerang musuh yang jahat. Hal ini tidak menjadikan anjing penjaga ini menjadi anjing yang harus ditakuti di kehidupan aslinya.

Jika kamu melatih anjing penjaga ini sedari kecil, mereka akan melakukan apapun untuk melindungimu. Yang terpenting, mereka akan membuatmu merasa aman dan merasakan cinta mereka. Buat kamu yang penasaran, simak jenis-jenis anjing penjaga berikut ini!

8 Jenis Anjing Penjaga Terbaik yang Harus Kamu Pelihara

Dari sekian banyak jenis anjing penjaga, hanya ada beberapa saja yang terbaik dan patut untuk kamu pelihara karena sifatnya yang mudah jinak pada majikan dan kuat untuk pertahanan keamanan.

PetPintar sudah merangkum 8 jenis anjing penjaga tersebut dalam artikel berikut ini. Silahkan pilih yang menurut kamu cocok.

1. Akita

Jenis Anjing Penjaga

Anjing penjaga jenis Akita ini adalah salah satu anjing dengan ukuran yang sangat besar. Hal ini membuat Akita menjadi anjing yang sangat kuat. Untuk kamu yang belum tahu, Akita biasanya dipelihara oleh bangsawan di Jepang.

Akita memiliki bentuk kepala yang sangat menggemaskan. Namun, jangan salah karena Akita ini adalah salah satu jenis anjing penjaga yang sangat kuat dan sering dipakai untuk berburu di hutan

Baca Juga: Duel Anjing Penjaga: Akita Vs German Shepherd, Mana yang Menurut Kamu Lebih Kuat?

2. Appenzeller Sennenhund

Jenis Anjing Penjaga Setia

Kamu mungkin akan mengira jika kebanyakan anjing penjaga akan memiliki postur tubuh yang besar dan terkesan kuat. Berbeda dengan anjing penjaga pada umumnya, Appenzeller Sennenhund adalah salah satu anjing penjaga dengan keunikan tersendiri. Keunikan ini ada pada bentuk tubuh milik hewan satu ini yang terkesan lebih kecil dibandingkan dengan anjing penjaga pada umumnya.

Anjing jenis ini hanya berukuran 47 sampai 58 cm. Biasanya, Appenzeller Sennenhund dipelihara sebagai anjing untuk peternakan untuk menjaga hewan hewan ternak. Anjing jenis ini memiliki energi dan kecepatan yang luar biasa, membuatnya cocok untuk dijadikan sebagai anjing penjaga hewan gembala.

3. Shepherd

Anjing Penjaga Paling Galak

Anjing jenis Shepherd ini memiliki ukuran yang tergolong cukup besar dibandingkan dengan anjing penjaga pada umumnya. Terdapat beberapa jenis anjing shepherd seperti Golden Shepherd dan Australian Shepherd. Pada umumnya, anjing Shepherd memiliki wajah yang imut dan juga keberanian yang tinggi. Anjing Shepherd pun sangat cocok untuk menjaga rumah atau peternakan milikmu.

Hal ini dikarenakan adalah jenis Shepherd cocok untuk menjaga hewan-hewan lain yang berada dalam radar mereka. Anjing Shepherd pun juga memiliki energi yang luar biasa dan cocok untuk dipelihara sekitar anak-anak. Buat kamu yang punya anak, tidak perlu khawatir untuk memelihara hewan jenis ini.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG ANJING?
Cari info Anjing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Bullmastiff

Anjing Penjaga

Walaupun jenis anjing Bullmastiff ini memiliki wajah yang terkesan galak dan garang, kamu tidak perlu takut jika kamu memiliki anjing jenis ini untuk dipelihara. Bullmastiff ini merupakan perpaduan antara anjing jenis Bulldog dan Mastiffs. Anjing jenis ini memiliki bentuk badan yang paling besar dan terkesan lebih kuat dibandingkan dengan jenis anjing penjaga lainnya.

Namun, kamu harus ekstra hati-hati dalam merawat hewan ini karena kemungkinan besar, Bullmastiff yang kamu miliki mempunyai sifat yang akan melawan hewan lain. Untuk itu, lebih baik kamu menempatkan anjing Bullmastiff di dalam rumah yang dijaga oleh pagar.

5. Catahoula

Anjing Catahoula

Anjing jenis Catahoula ini memiliki keunikan pada bola mata dan juga pada kulitnya. Bola mata yang dimiliki oleh Catahoula berwarna biru keputih-putihan. Sedangkan pada kulitnya, terdapat bintik-bintik disekitar bagian badannya. Anjing ini pun cocok menjadi anjing penjaga karena energi yang besar dan juga kuat.

Nah, untuk kamu yang baru pertama kali ingin memiliki anjing, jenis Catahoula in sangat cocok untukmu. Hal ini dikarenakan Catahoula merupakan anjing yang sangat dewasa dan mudah dididik walaupun masih berumur bayi.

Baca Juga: Lucu Banget! Ini 8 Jenis Anjing Kecil nan Imut yang Cocok Kamu Pelihara Di Rumah

6. Chesapeake Bay Retrievers

Anjing Penjaga Paling Kuat

Anak anjing yang kuat ini memiliki kulit tahan air yang unik dan terkesan bergelombang ketika jenis anjing ini berlari. Hal inilah yang membedakan jenis anjing Chesapeake Bay Retrievers dari retriever lainnya. Namun, kamu masih dapat mengharapkan sifat-sifat loyal dengan energi besar yang membuat Chesapeake Bay Retrievers ini menjadi hewan peliharaan yang sangat populer.

Fakta menarik lainnya adalah anjing jenis ini adalah kesopanan pada orang asing yang dapat diacungi jempol. Tetapi kamu juga harus berhati-hati karena anjing jenis ini pun akan menyerang jika melihat majikannya dalam bahaya. Untuk itu, anjing Chesapeake Bay Retrievers menjadi anjing penjaga yang luar biasa dan sayang dengan majikannya.

7. German Shepherd

Anjing Penjaga Terbaik

Siapa yang tidak mengenal anjing jenis German Shepherd ini? Anjing German Shepherd menjadi salah satu anjing yang paling populer untuk dijadikan anjing penjaga dan sebagai anjing kepolisian. Kamu tidak perlu takut jika kamu memilih untuk memelihara anjing jenis ini.

Walaupun tampangnya terkesan galak dan seram dibandingkan dengan anjing jenis lainnya, anjing German Shepherd menjadi anjing yang paling loyal dan akan selalu melindungi rumahmu. Tertarik untuk memelihara German Shepherd?

8. Giant Schnauzer

Jenis Anjing Penjaga

Pada umumnya, Giant Schnauzer adalah jenis anjing penjaga dari garis keturunan Schnauzer. Bedanya, Giant Schnauzer ini jauh lebih besar dibandingkan dengan saudaranya. Tampangnya yang imut tidak membuatnya lebih lemah dibandingkan dengan anjing penjaga lainnya. Malah, Giant Schnauzer dapat dikategorikan sebagai anjing yang paling kuat diantara anjing penjaga lainnya.

Namun, kamu harus menyisakan waktu yang cukup banyak untuk merawat anjing jenis ini. Hal ini karena bulu-bulu yang banyak dimiliki olehnya pada seluruh bagian tubuhnya. Namun, hal ini akan terbayarkan karena Giant Schnauzer akan selalu melindungimu!

Itulah rekomendasi 8 jenis anjing penjaga dari PetPintar. Melalui daftar di atas, kamu tidak perlu mencoba satu demi satu lagi anjing penjaga yang ingin kamu pelihara.

Ingat, ya! Anjing penjaga adalah anjing yang menjaga kawasan dan akan over protektif ketika majikannya terlihat ada masalah, atau mereka melihat ada orang asing dengan gerak-gerik yang mencurigakan.

Pastikan kamu memelihara mereka bersama dengan orang yang pandai menjinakkan dan pintar membuat mereka luluh. Semoga informasi ini bermanfaat ya, jangan lupa share ke teman-temanmu!

VIDEO: Ini Jenis Anjing Penjaga Yang Cocok Untuk Pemula dan Bisa Ditinggal!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://dogtime.com/dog-breeds/bullmastiff
  • https://dogtime.com/dog-breeds/chesapeake-bay-retriever
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Appenzeller_Sennenhund
  • https://en.wikipedia.org/wiki/German_Shepherd
  • https://www.akc.org/dog-breeds/catahoula-leopard-dog/
  • https://www.thesprucepets.com/shepherd-dog-breeds-4691772

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar