Hari ini: Sabtu, 02 Maret 2024
Jumat, 11 November 2022, 19:30 WIB

Ingin Donasi untuk Anjing? Bantu Anjing Terlantar dan Sakit Disini!

Ingin Donasi untuk Anjing? Bantu Anjing Terlantar dan Sakit Disini!

tempat donasi untuk anjing - Four Paws

Apakah belakangan ini kamu berniat untuk membantu anjing jalanan liar yang terlantar? Jika iya, yuk simak ulasan terkait donasi untuk anjing berikut ini

Sobat Pintar, memberikan kasih sayang bukan hanya terbatas ke sesama manusia saja, namun juga bisa dengan makhluk hidup lainnya, contohnya seperti anjing jalanan.

Bentuk kasih sayang pun juga banyak, mulai dari melakukan donasi untuk anjing, memberinya makanan, merawatnya ketika sakit, hingga sterilisasi anjing untuk menekan populasi hewan terlantar. 

Karena kesadaran tersebutlah, ada banyak komunitas dan yayasan yang membuat program-program pertolongan seperti mobil steril anabul dan TNR anjing (Tangkap Steril Lepas), dan masih banyak lainnya.

Program penggalangan dana yang dicanangkan tersebut tentu saja bertujuan mulia, yaitu untuk meningkat keberlangsungan hidup dari anjing terlantar tersebut agar menjadi lebih sejahtera.

Nah sebelum kamu memutuskan untuk berdonasi, ada baiknya ketahui dulu beberapa alasan kenapa kamu harus donasi kepada anjing yang membutuhkan.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Alasan Mengapa Kamu Harus Donasi Pada Anjing Terlantar

Anjing Jalanan Membutuhkan Donasi
anjing jalanan membutuhkan donasi - aldf

Keberadaan tempat penampungan anjing mungkin hingga saat ini masih kurang mendapatkan perhatian dari sejumlah masyarakat di Indonesia.

Padahal, shelter sendiri sebenarnya mempunyai misi yang sangat mulia guna menolong hewan yang dibuang oleh pemiliknya hingga terlantar. 

Selain itu, kamu pun juga bisa ikut berpartisipasi dalam membantu mereka dengan cara melakukan donasi kepada shelter yang kerap dilanda kesulitan baik dari segi biaya ataupun operasional.

Tidak hanya berdonasi materi saja, kamu pun juga bisa donasi makanan anjing, peralatan mandi, mainan, dan kebutuhan lainnya yang bisa anjing perlukan.

Meluangkan waktu atau menjadi aktivis di shelter pun juga termasuk dalam donasi dalam bentuk waktu dan kepedulian, lho.

Oleh karena itu, berikut adalah poin poin penting mengapa kamu harus berdonasi pada anjing terlantar seperti di bawah ini.

1. Menjalankan misi mulia

Dengan kamu berdonasi pada shelter yang membutuhkan maka kamu bisa melindungi nasib anjing jalanan liar yang terlantar dari penyiksaan, penelantaran, dan tentu saja perlindungan hukum.

Hal ini merupakan misi besar yang harus kamu bantu guna menyelamatkan hidup anjing yang dibuang atau terlantar supaya nantinya mereka bisa dirawat dengan lebih baik lagi oleh kamu maupun pemilik baru.

2. Membantu relawan dan kru shelter

Menyukai anjing saja dirasa tidak cukup. Kerja keras, komitmen dan biaya yang cukup banyak dibutuhkan untuk mendukung kegiatan sebagai relawan shelter (penampungan anjing) untuk menyelamatkan nyawa mereka.

Tak jarang biaya yang akan dikeluarkan ini dari dompet pribadi para relawan itu sendiri sebab merasa peduli dan sayang kepada hewan yang terlantar.

Oleh sebab itu, kamu bisa membantu sedikit beban para aktivis dengan cara berdonasi makanan, obat, mainan atau kebutuhan anjing lainnya.

Dengan melakukan hal ini tidak saja membuatmu senang, tetapi relawan dan anjing yang sudah kamu tolong juga akan merasa ikut senang dengan bantuan yang kamu berikan.

3. Mengontrol populasi agar tidak berlebihan

Semakin banyak anjing liar di jalanan yang berkembang biak, maka semakin banyak pula anjing yang dibuang atau terlantar di jalanan.

Dengan adanya penampungan anjing liar ini, mereka yang sudah diselamatkan bisa langsung melakukan sterilisasi. Hal tersebut dilakukan supaya bisa mengontrol populasi berlebih pada anjing liar.

4. Donasi untuk anjing masih terlalu minim

Untuk saat ini, sumbangan yang diterima oleh beberapa tempat penampungan/relawan/aktivis anjing liar yang sakit dan terlantar masih tergolong minim.

Biasanya, bantuan yang sering didapatkan oleh shelter hewan adalah potongan harga atau diskon dari dokter hewan dan produsen makanan hewan.

Nah, kamu pun bisa membantu mereka dengan cara menjadi orang tua asuh untuk anjing yang dibuang pemiliknya, berpartisipasi sebagai relawan, maupun menjadi adopter salah satu anjing di shelter. Semua nya tentu sangat berarti, lho.

5. Anjing diselamatkan secara profesional

Jangan dikira menyelamatkan anjing itu bisa sembarangan. Sebab, para relawan ataupun shelter anjing juga mempunyai prosedur dan SOP dalam ketika hendak menolong hewan liar yang ditemukannya, lho.

Cara yang profesional ini dilakukan agar anjing yang diselamatkan bisa lebih nyaman serta tidak stres dan trauma. Sehingga, mereka pun bisa mengecek kondisi kesehatan dari anjing yang ditemukan dengan aman.

Apabila tidak mendapati masalah kesehatan, maka anjing yang sehat bisa langsung disterilisasi dan divaksin. Sesudah anjing pulih dari proses operasi, tindakan sterilisasi dan vaksin akan diberikan sehingga anjing siap untuk diadopsi.

6. Membantu anjing hidup layak

Dengan kamu berdonasi ke shelter, maka kamu bisa membantu anjing terlantar tersebut mendapatkan perawatan kesehatan yang layak sehingga mereka bisa kembali di adopsi oleh pemilik yang lebih bertanggung jawab.

Melalui donasi yang diberikan, kamu bisa membantu anjing yang sebelumnya hidup secara liar menjadi memiliki tempat tinggal yang layak sampai pemilik baru yang akan menyayangi mereka sepenuh hati.

Nah setelah mengetahui alasannya, kamu juga bisa ikut berdonasi untuk anjing liar, terlantar, atau sakit melalui beberapa tempat donasi anjing terpercaya di bawah ini.

Daftar penyedia tempat donasi anjing yang terpercaya

Open Donasi Untuk Anjing Sakit
open donasi untuk anjing sakit - India Today

Ada beberapa rekomendasi tempat untuk berdonasi yang bisa kamu pilih untuk menyalurkan niat baikmu dalam membantu anjing sakit ataupun liar yang terlantar seperti berikut.

1. Yayasan Wujud Cinta Satwa

Tempat donasi anjing terpercaya yang pertama adalah Yayasan Wujud Cinta Satwa. Perlu kamu tahu bahwa mereka sangat aktif dalam membantu anjing-anjing di luar sana yang kelaparan, sakit dan terluka.

Mereka membutuhkan bantuan dan perhatian dari para pecinta hewan. Kamu bisa mengunjungi laman sosial media Instagramnya yaitu Yayasan wujud cinta satwa

Untuk kamu yang tinggal di Jakarta, mungkin bisa langsung datang ke lokasi yayasan ini untuk berdonasi dan melihat keadaan anjing-anjing disana secara langsung.

2. Pejaten Shelter

Shelter yang berada di Pejaten, Jakarta selatan ini merupakan tempat penampungan anjing terlantar dan sakit yang didirikan oleh dr. Susana Somali SpPK yang merupakan dokter patologi klinik pada 13 tahun yang lalu.

Selain aktif dalam menampung hewan liar, Pejaten Shelter juga selalu merespon laporan yang diadukan oleh masyarakat sekitar terkait penelantaran dan penyelamatan anjing liar yang membutuhkan bantuan. 

Namun, tentu saja semua tindakan yang dilakukan tersebut membutuhkan biaya operasional yang mungkin tidak sedikit, apalagi ditengah masa sulit pandemi Covid-19 ini.

Kamu bisa menyisihkan sedikit rejekimu untuk berdonasi di laman instagram resmi @shelterpejaten, agar para anjing yang telah diselamatkan oleh para relawan dapat ditampung dan dirawat dengan baik.

Dimana pada akhirnya, mereka dapat memiliki pemilik yang bisa menyayangi mereka hingga tua dan mempunyai rumah abadi sepanjang sisa hidupnya nanti.

3. Yayasan Natha Satwa Nusantara

Tempat donasi untuk anjing berikutnya adalah NSN Foundation yang didirikan oleh Yayasan Natha Satwa Nusantara. Mereka hadir untuk membantu kesejahteraan para anjing liar domestik yang hidup di jalanan.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, donasi shelter anjing akan sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup dari hewan liar yang telah diselamatkan. Sebut saja, biaya makanan, perlengkapan atau peralatan, perawatan hingga yang lainnya.

Apabila kamu berniat untuk melindungi serta membantu para anjing lokal yang terlantar, sakit, dan hidup liar dijalanan, maka kamu bisa langsung menyumbang di website resmi nsn-foundation ya.

4. Benihbaik.com

Benihbaik adalah sebuah situs penggalangan dana online yang didirikan langsung oleh Andy Flores Noya, Firdaus Juli dan Khristiana Anggit Mustikaningrum sebagai salah satu penghubung teman baik guna membantu teman-teman kita. 

Benihbaik sudah ada sejak tahun 2019 dan memperoleh izin dari Kemensos dan Kemkominfo serta dipercaya oleh jutaan masyarakat dan berbagai perusahaan untuk menjadi jembatan kebaikan.

Untuk itu, kamu bisa langsung menyalurkan niat baik untuk berdonasi pada anjing yang membutuhkan bantuan secara online di laman resmi Benihbaik.com berikut.

5. KitaBisa.com

Wadah donasi untuk anjing yang bisa kamu pilih adalah Kitabisa, yang pastinya sudah tidak asing lagi terdengar di telinga, bukan?

Ya, Kitabisa merupakan sebuah situs penggalangan dana dan donasi untuk program sosial, campaign, dan inisiatif baik itu untuk manusia ataupun hewan peliharaan seperti anjing. 

Untuk berdonasi disini, kamu tidak perlu harus memiliki uang yang banyak karena kamu bisa berdonasi mulai dari Rp 10 ribu saja.

Salurkan niat baik mu disini dengan cara yang mudah cukup download aplikasi nya saja atau datang langsung ke websitenya di Kitabisa.com.

6. Bantoo.id

Bantoo.id merupakan situs penggalangan dana untuk membantu anjing liar yang kelaparan. Donasi yang didapatkan akan disalurkan untuk membelikan makanan hewan melalui para pecinta hewan yang telah terverifikasi.

Tidak hanya itu saja, para pelaku open donasi untuk anjing pun juga harus bisa menunjukkan laporan dengan transparan dari pengelolaan rumah singgah atau shelter secara baik dan benar. 

Selanjutnya, pemberian pakan akan dilakukan oleh para pecinta hewan guna memastikan semua donasi dipakai dengan benar dan bertanggung jawab.

Makanan yang diberikan seperti dry food, daging sapi frozen, dan daging ayam frozen. Kunjungi website resmi Bantoo.id untuk melakukan donasi.

Perawatan yang Dibutuhkan untuk Anjing yang Baru Diselamatkan

Donasi Untuk Anjing Yang Terlantar
donasi untuk anjing yang terlantar - Pet Place

Setelah kamu mengetahui tempat donasi untuk anjing yang terpercaya, maka selanjutnya kamu harus mengetahui perawatan apa saja yang dibutuhkan untuk anjing liar yang mungkin saja baru kamu temukan atau adopsi.

Hal ini perlu diketahui agar tidak salah penanganan karena anjing liar mungkin saja memiliki trauma dan memiliki kehidupan yang berbeda. Semua aspek di bawah ini tidak boleh kamu abaikan supaya mereka terawat dengan benar.

1. Berikan makanan bernutrisi

Untuk kamu yang menemukan anak anjing liar, salah satu hal paling penting untuk merawat anak anjing yaitu memberikannya makanan yang bernutrisi untuk menjaga anak anjing tersebut tetap sehat dan aktif.

Kamu bisa memberikannya makanan dengan tekstur lembut yang kaya akan mineral, vitamin, lemak dan protein atau bisa juga makanan khusus anak anjing yang sekarang sudah banyak dijual.

Jangan lupa kamu perlu membatasi makanan manusia sebab dapat mengakibatkan ketidakseimbangan mineral dan vitamin, memicu masalah gigi dan gusi hingga menciptakan kebiasan baru untuk memilih-milih makanan.

2. Mengajaknya latihan fisik

Anjing liar atau terlantar tentunya jarang sekali melakukan latihan fisik, hal ini pastinya bisa menyebabkan mereka mudah terserang penyakit.

Anjing memerlukan latihan fisik agar tubuhnya tetap sehat, menghindari kebosanan, menstimulasi pikiran dan membakar kalori. 

Kebutuhan latihan tersebut bervariasi tergantung dengan usia, jenis kelamin dan ras anjing. Kamu dapat mengajaknya latihan fisik dengan bermain lempar bola atau berkeliling lapangan.

3. Memberinya tempat istirahat

Tentunya kamu tahu jika anjing liar tidak memiliki tempat beristirahat yang layak karena mereka hidup di jalanan setiap harinya.

Oleh karena itu, kamu harus memberinya tempat yang layak untuk beristirahat dengan aman dan nyaman. Letakkan tempat tidur khusus anjing dan berikan selimut didalamnya supaya anjing merasa tentram.

Lalu, pastikan juga tempat tidurnya kamu bersihkan secara rutin supaya anjing terhindar dari penyakit dan kuman.

4. Bawa ke dokter hewan

Karena anjing liar ini hidupnya tidak teratur, maka kamu harus membawanya ke dokter hewan untuk memeriksa kesehatannya agar jika mereka memiliki penyakit, bisa langsung diobati dan tidak bertambah parah. 

Setelah itu, kamu juga masih perlu untuk membawa anjing yang baru kamu selamatkan itu untuk melakukan pemeriksaan rutin setiap 6 bulan atau paling minimal setahun sekali.

Bukan hanya memeriksa fisiknya saja, biasanya dokter juga akan bertanya tentang makan, pola perilaku dan aktivitas fisik yang kamu berikan kepada anjing tersebut.

5. Berikan vaksin

Tidak hanya harus melakukan pemeriksaan biasa, perawatan yang dibutuhkan oleh anjing berikutnya yaitu memberikan vaksin dasar.

Anjing wajib mendapatkan vaksin guna membantu melindungi tubuhnya dari berbagai penyakit, seperti rabies, lyme, bordetella, parvovirus, distemper, leptospirosis dan lainnya.

Dengan memberikan vaksin ini bisa menjadikan imunitas anjing kebal akan semua penyakit tersebut. Jangan lupa untuk selalu mengkonsultasikan ke dokter hewan tentang jadwal pemberian vaksin untuknya.

6. Perawatan gigi

Anjing liar rentan akan penyakit gusi. Hal tersebut dapat mengakibatkan masalah serius yang bisa berkembang menjadi infeksi pada katup jantungnya.

Oleh karena itu, kamu harus memeriksa gusi dan gigi anjing secara rutin. Lalu, tanyakan pula kepada dokter hewan tentang cara menyikat gigi anjing yang benar.

7. Sikat bulu anjing

Perawatan yang harus kamu berikan kepada anjing liar yang kamu temukan adalah membersihkan tubuh anjing dengan cara menyikat bulunya secara rutin.

Kegiatan tersebut bisa membantunya mengurangi kerontokan. Saat menyikat bulunya, kamu harus waspada dengan kutu jika ada di tubuhnya. 

Pakailah pembasmi kutu khusus anjing atau kamu bisa membawanya ke dokter hewan agar mereka memperoleh penanganan dengan tepat.

Umumnya anjing tidak harus dimandikan terlalu sering. Dikutip dari Pelco, patokan yang benar dalam memandikan anjing yaitu empat minggu sekali. 

Apabila kamu berniat memandikannya, kamu harus ingat untuk membilas sabun dengan teliti dan benar supaya kotoran tidak ada lagi yang menempel di bulu anjing.

Tak lupa untuk menggunting kuku anjing setelah memandikannya. Hal ini dilakukan agar mereka lebih bersih dan kamu juga terbebas dari cakar anjing yang kotor.

Sobat Pintar, demikianlah ulasan mengenai donasi untuk anjing yang bisa kamu lakukan untuk membantu semua anjing liar atau terlantar agar mendapatkan kehidupan yang lebih layak.

Semoga ulasan di atas bisa membantu kalian para dog lover yang sedang mencari tempat berdonasi untuk anjing yang terpercaya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.instagram.com/ismawanty4911/
  • https://www.instagram.com/p/B_75l4ejmj9/
  • https://www.nsn-foundation.or.id/donasi
  • https://www.purina.co.id/artikel/anjing/kesehatan/sehari-hari/6-fakta-animal-shelter-yang-wajib-anda-ketahui-sebagai-pecinta-anjing
  • https://www.sehatq.com/review/cara-merawat-anjing-dengan-benar-agar-senantiasa-sehat

Tentang Penulis

Saya adalah alumni dokter hewan FKH Universitas Airlangga 2023 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar