Hari ini: Kamis, 29 Juli 2021
Rabu, 21 Juli 2021, 16:00 WIB

Pilihan Mainan Terbaik untuk Anjing Peliharaan & Tips Memilihnya

Pilihan Mainan Terbaik untuk Anjing Peliharaan & Tips Memilihnya

mainan untuk anjing - heart apps

Mainan untuk anjing, tidak boleh asal pilih. Harus sesuai dengan ukuran dan karakter anjing peliharaan. Berikut jenis mainan anjing dan tips memilihnya

Halo, sobat pintar. Petpi yakin diantara kalian pasti ada yang memelihara anjing. Baik anjing ras kecil, ras sedang maupun ras besar.

Tentunya dalam pemeliharaan mereka, kalian tidak hanya memperhatikan tentang kesehatan dan asupan makanan.

Tapi kalian juga wajib memperhatikan kebahagiaan hewan peliharaan, salah satunya dengan memberikan mainan untuk anjing yang cocok dengan karakter dan ukuran anjing.

Jenis Mainan Untuk Anjing 

Membuat anjing peliharaan kalian bahagia ternyata juga dapat membuat mereka lebih sehat dan berumur panjang. Tentu akan sangat menyenangkan jika anjing kita selalu sehat dan bisa hidup bersama dalam waktu yang lama.

Petpi, ingin memberitahukan tentang mainan apa saja yang dapat diberikan untuk anjing kesayangan kalian dan tentunya aman.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Mainan Gigit Tulang

Mainan Anjing
mainan anjing gigit tulang - petspyjamas

Mainan yang dapat digigit atau yang bisa dikunyah ini dapat kalian temukan di semua petshop di kota masing-masing.

Tujuan pemberian mainan jenis ini adalah untuk membersihkan gigi, memperkuat rahang dan juga melatih anjing peliharaan untuk tidak merusak barang-barang di sekitar atau di dalam rumah.

Dalam pemberian mainan anjing gigit tulang ini, pastikan jika mainan memang aman untuk anjing peliharaan kalian. Lalu sesuaikan juga dengan usia dan ukuran si anjing.

Jangan sampai kalian membelikan mainan yang sebenarnya untuk anjing dewasa dan kalian berikan pada anak anjing. Karena tentu saja itu bisa melukai gusi atau membuat gigi anak anjing kalian terluka atau bahkan patah. 

2. Mainan Tarik Menarik

Mainan Untuk Anjing
mainan anjing tarik menarik - dogtime

Ajak anjing kalian untuk bermain tarik menarik, kalian bisa membuat sendiri menggunakan handuk yang sudah tidak terpakai dengan cara membuat simpul mati di kedua ujungnya atau sobat dapat membeli mainan khusus untuk tarik menarik ini di petshop.

Ukuran yang ditawarkan tentu sangat banyak dan bahan yang digunakan sudah jelas aman bagi hewan peliharaan.

Cara mainnya juga cukup mudah, kalian hanya perlu memancing anjing untuk menggigit salah ujung dari mainan tersebut dan mencoba menarik-nariknya.

Lakukan permainan ini setidaknya satu minggu sekali agar anjing tidak bosan. Bila anjing memiliki insting yang bagus, tentu dia akan langsung menarik balik tali tersebut dimana kemudian kalian bisa menahannya beberapa saat sebelum mencoba untuk melawan.

Biasanya jenis anjing ras besar seperti Golden Retriever atau German Shepherd sangat menyukai permainan ini, terkadang bahkan kita yang kewalahan karena kalah tenaga.

3. Bola atau Frisbee

Mainan Bola Anjing
mainan bola untuk anjing - best family pets

Kebanyakan anjing menyukai dua mainan ini, yaitu bola dan frisbee. Kedua mainan agar anjing bergerak ini juga dapat kalian jadikan ajang melatih anjing.

Lempar tangkap memang permainan yang menyenangkan apalagi jika anjing dapat membawa mainannya kembali kepada kalian. Namun, untuk bisa membuat anjing membawa mainannya kembali kepada owner memerlukan pelatihan dan konsisten.

Melakukan permainan lempar tangkap juga dapat menumbuhkan rasa saling percaya antara kalian dengan anjing peliharaan.

Permainan ini juga dianggap menjadi pelepas stress yang manjur dan untuk si anjing, permainan lempar tangkap juga melatih gerak motorik mereka dan pelepasan energi agar saat malam hari anjing kalian dapat tidur dengan tenang.

4. Mainan Edukasi

Mainan Edukasi Untuk Anjing
mainan edukasi untuk anjing - petpet goose

Kalian pasti bertanya-tanya, memang ada mainan untuk anjing yang edukasi? Tentu ada, bahkan banyak. Biasanya mainan-mainan ini dapat kalian beli di petshop.

Cara memainkannya juga cukup mudah, karena kebanyakan mainan edukasi untuk anjing hanya perlu memasukan makanan kering kedalamnya, lalu nanti anjing akan berusaha untuk membuat makanan itu keluar.

Namun, perlu diingat jika tidak semua anjing dapat memainkan permainan yang satu ini. Karena tingkat kesulitannya cukup tinggi, jadi jika memiliki anjing dengan karakter mudah emosi.

Bisa jadi dia akan membuat mainan itu rusak demi mengeluarkan makanan yang ada didalamnya.

Tips Memilih Mainan Anjing 

Tips Memilih Mainan Anjing
tips memilih mainan anjing - out ward hound

Tujuan memberikan mainan-mainan tersebut untuk anjing tentu tidak hanya agar mereka senang. Tetapi juga untuk melatih anjing kalian agar dapat bersikap lebih tenang, khususnya bila berada di tempat umum.

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih mainan anjing? Yuk, simak beberapa tips dibawah ini :

  1. Perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat mainan anjing tersebut, apakah aman untuk anjing kalian atau tidak. Biasanya untuk mainan yang dikunyah atau digigit, bahan yang digunakan berasal tubuh hewan lain. Seperti tulang atau kulit sapi.
  2. Perhatikan ukuran dari mainan yang akan diberikan, untuk anjing ras kecil, ras sedang ataupun ras besar tentu memiliki mainannya masing-masing. Lalu, jangan sampai kalian memberikan mainan anjing dewasa untuk anjing kecil atau anjing yang sudah senior. Karena tentu saja tingkat kekuatan rahangnya sudah berbeda.
  3. Pilihlah mainan yang bisa tahan lama dan tidak mudah rusak. Lebih baik untuk tidak membeli mainan yang terbuat dari kayu, besi maupun tali. Karena dikhawatirkan akan membahayakan anjing kesayangan kalian.
  4. Sesuaikan mainan yang akan diberikan dengan karakter anjing peliharaan kalian. Sama seperti kita, hewan juga memiliki rasa bosan dan tidak suka terhadap sesuatu. Jadi, sebelum membeli mainan kalian harus tahu terlebih dahulu karakter si anjing.

Bagi sobat pintar yang memelihara anjing dan anjing kalian selalu menggonggong di malam hari, tentu itu akan mengganggu tetangga dan terkadang dapat membuat kalian jadi bertengkar.

Petpi sarankan untuk selalu meluangkan waktu, setidaknya minimal satu jam sehari untuk membawa anjing kalian bermain.

Tujuan membawa anjing bermain selain melatih mereka, kegiatan tersebut dapat melepaskan energi agar saat malam mereka tidak menggonggong secara berlebihan.

Membuat atau membelikan mainan untuk anjing tentu menjadi pilihan dari masing-masing owner. Namun, bertanggung jawab untuk kehidupan dan kebahagiaan anjing peliharaan tetap harus menjadi yang paling utama.

Bagi yang masih berkeinginan untuk memelihara anjing, kalian wajib mencari tahu terlebih dahulu karakter masing-masing dari jenis atau ras anjing tersebut.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://my-best.id/33653
  • https://www.halodoc.com/artikel/3-pilihan-mainan-terbaik-untuk-anjing-kesayangan

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar