Hari ini: Minggu, 16 Mei 2021
Selasa, 30 Maret 2021, 09:15 WIB

Hati-hati, Ini yang Wajib Kamu Waspadai Jika Anjing Banyak Minum Berlebihan!

Hati-hati, Ini yang Wajib Kamu Waspadai Jika Anjing Banyak Minum Berlebihan!

kenapa anjing minum berlebihan - unsplash

Anjing peliharaanmu sering terlihat kehausan? Jangan dibiarkan, ketahui penyebab anjing banyak minum yang harus kamu waspadai berikut ini

Salah satu hewan peliharaan lucu yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia ialah anjing. Hewan yang satu ini memang menggemaskan jika diajak bermain.

Sama seperti manusia, jika hewan diajak bermain, maka bisa saja ia mengalami kelelahan sehingga tubuhnya merespon karena mulai kekurangan cairan. Biasanya setelah bermain, anjing akan langsung mencari air untuk diminum.

Walaupun hal tersebut nampak normal, namun ada beberapa terkadang anjing berperilaku selalu haus. Anjing yang terus menerus mencari air untuk minum, biasanya mempunyai masalah pada tubuhnya.

Hal ini harus kamu waspadai karena anjing mulai menunjukan sikap yang tidak seperti biasanya.

Nah, jika kamu menemukan anjing yang sering haus dan banyak minum, sepertinya kamu harus memahami penyebab anjing banyak minum deh. J

angan khawatir, kali ini PetPi akan memberikan kamu informasi yang akurat mengenai penyebab anjing banyak minum air. Kira-kira apa ya penyebabnya, langsung saja simak artikel PetPi yang berikut ini.

Penyebab Anjing Banyak Minum Air

Penyebab Anjing Banyak Minum
Penyebab anjing banyak minum - unsplash

Jika ingin mengetahui kenapa anjing peliharaan kita meminum banyak air, pertama-tama kita harus mencari tau berapa banyak yang dianggap berlebih. Apa saja tanda-tanda anjing kita terlalu banyak minum air?

Secara teorinya, anjing yang sehat itu biasanya meminum sekitar 20 Ml sampai 70 Ml air dalam sehari. Nah, apakah kelebihan yang dimaksud melebihi porsi rata-rata minumnya dalam sehari?

Jika iya, berikut ini mungkin penyebab anjing minum banyak air.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Anjing Mengalami Dehidrasi

Penyebab yang paling mungkin anjing peliharaan kamu meminum banyak air adalah dehidrasi. Dehidrasi disebabkan oleh cuaca panas, terlalu sering bermain atau bisa jadi disebabkan karena infeksi sehingga anjing akan terus mencari minum.

Selain itu, tanda-tanda anjing sedang mengalami dehidrasi adalah sering mengeluarkan air liur, lemas, gusi dan lidah seperti kering.

Jika tidak diatasi dengan segera, dehidrasi juga bisa saja mengancam hidup anjingmu dengan cepat.

Ketika kamu melihat anjingmu dengan tanda-tanda seperti di atas, alangkah baiknya kamu selalu sediakan air minum di dekat kandangnya dengan porsi sedikit, 1 sendok teh untuk anjing berukuran kecil, 1-2 sendok makan untuk anjing yang berukuran besar, berikanlah setiap 10 menit selama satu jam ke depan.

Namun jika sudah mengalami dehidrasi yang cukup berat, ada baiknya kamu langsung segera bawa ke dokter hewan.

Anjing yang sedang mengalami dehidrasi, malah tidak boleh meminum banyak air. Karena jika kamu membebaskannya meminum banyak air sebanyak-banyaknya, maka bisa saja akan menyebabkan muntah.

Penyakit pada Anjing

Selain penyebab anjing minum banyak air adalah dehidrasi, ada beberapa faktor lainnya yang disebabkan oleh penyakit pada anjing peliharaanmu.

Beberapa penyakit yang menyebabkan anjing cepat haus adalah, penyakit diabetes, penyakit hati, kanker, diare, demam, penyakit ginjal dan penyakit cushing.

Beberapa penyakit di atas mungkin saja menyebabkan anjing kamu cepat haus, sehingga meminum banyak air. Jika ini terjadi secara terus menerus, segera periksakan kesehatan anjingmu ke dokter hewan terdekat.

Konsultasikan masalah kesehatannya segera sebelum terlambat.

Selain penyakit-penyakitnya di atas, bisa saja dehidrasi dihasilkan karena beberapa obat yang ia konsumsi karena penyakit ini.

Jika memang obat ini yang menyebabkan anjing kamu menjadi cepat haus, kamu perlu komunikasikan dengan dokter hewan yang memberikannya untuk menurunkan dosis yang diberikan.

Makanan Anjing

Makanan anjing yang kering biasanya menjadi penyebab utama anjing banyak minum air. Dogfood hanya mengandung sedikit air di dalam porsi satu kali makan yang kamu berikan.

Karena mungkin porsi dog food yang kamu berikan terlalu banyak maka menyebabkan anjing akan meminum banyak air juga.

Selain dog food, kamu juga harus memperhatikan sejumlah makanan yang mengandung kadar sodium tinggi. Hal itu juga bisa mempengaruhi tingkat kehausannya.

Banyaknya garam yang terdapat pada makanan anjing, membuat tubuh anjing bisa saja mengalami gemetar, diare dan muntah. Oleh karena itu hindari makanan anjing yang mengandung sodium tinggi.

Penyebab Lain Anjing Sering Haus

Penyebab Anjing Minum Air Berlebihan
Penyebab lain anjing kehausan - unsplash

Anjing yang berlebihan mengonsumsi air dinamakan dengan gangguan Polidipsia. Faktor yang sudah disebutkan di atas adalah faktor utama yang paling sering terjadi pada anjing, namun selain itu ternyata ada penyebab lain yang bisa jadi menyerang anjingmu saat ini.

Berikut ini adalah penyebab lain anjing sering mengalami haus.

  • Diare: Jika rasa tidak enak di dalam perut nya karena mengkonsumsi sesuatu yang tidak biasa, biasanya perut anjing akan mengalami gejolak yang luar biasa. Ketika diare melanda, maka tubuhnya akan kehilangan banyak air sehingga akan menyebabkan dehidrasi dengan cepat. Maka dari itu rasa haus yang berlebihan akan timbul pada anjingmu.
  • Kehilangan darah: Kehilangan darah bisa menjadi faktor lain penyebab anjingmu minum banyak air. Anjing bisa kehilangan darah karena kondisi media atau cedera yang dialaminya. Ketika itu terjadi, rasa haus yang berlebih akan timbul dan menjadi salah satu upayanya untuk mengembalikan volume darah dengan cara rehidrasi.
  • Polidipsi Psikogenik: Sebenarnya ini adalah penyebab yang tidak umum yang terjadi pada anjing yang terlalu banyak minum air. Kondisi ini sulit dijelaskan mengapa ada anjing yang memang mengonsumsi banyak air. Kebanyakan dokter hewan berpendapat bahwa kondisi ini semacam kelainan psikologi yang terjadi pada anjing.

Nah itulah tadi beberapa penyebab anjing banyak minum air. Kamu harus segera memahami tanda-tanda yang tidak biasa apabila anjing peliharaanmu sering meminum banyak air.

Segera periksakan ke dokter hewan terdekat apabila kamu tidak ingin kehilangan mereka. Jika ada pertanyaan, kamu bisa langsung konsultasikan ke mereka. Semoga bermanfaat ya!

VIDEO: Ini Alasan Kenapa Anjing Sering Haus Dan Banyak Minum!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Selasa, 01 September 2020, 16:00 WIB
Update pada: Selasa, 30 Maret 2021, 09:15 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://107dog.wordpress.com/2014/01/08/penyebab-anjing-sering-haus/
  • https://anjingdijual.com/thread/1542/penyebab-anjing-sering-haus
  • https://okdogi.com/penyebab-anjing-minum-banyak-air-kehausan-berlebihan/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar