Hari ini: Jumat, 27 Januari 2023
Selasa, 30 Agustus 2022, 19:30 WIB

9 Jenis Penyakit Mata pada Anjing yang Tidak Boleh Diabaikan

9 Jenis Penyakit Mata pada Anjing yang Tidak Boleh Diabaikan

sakit mata pada anjing - wag walking

Mata anjing yang sakit tidak boleh diabaikan karena bisa menjadi persoalan yang lebih serius. Untuk itu, ketahui segera penyakit pada mata anjing berikut

Sobat Pintar, untuk kamu yang memelihara anjing pasti akan benar-benar memperhatikan kesehatan mereka. Salah satu bagian tubuhnya yang paling rentan adalah pada area bagian matanya. Sakit mata pada anjing juga tidak boleh kamu remehkan, mengingat mata adalah organ penting untuk anjing.

Maka dari itu, kamu harus tahu jenis penyakit mata apa saja yang paling sering dialami oleh anjing yang dimana akan PetPi jelaskan di bawah ini. Yuk, simak terus pembahasan selengkapnya.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Beberapa Jenis Sakit Mata Pada Anjing Yang Sering Dialami

Penyakit Pada Mata Anjing
penyakit pada mata anjing - meredith corp

Beberapa penyakit mata pada anjing ini tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Karena ada beberapa sakit mata yang terbilang berbahaya. Bahkan, ada yang perlu dilakukan tindakan lebih lanjut agar bisa sehat lagi.

Nah, di bawah ini ada beberapa sakit mata yang sering dialami oleh anjing, yaitu:

1. Mata Ceri (Cherry Eye)

Mata ceri adalah salah satu kondisi pada anjing yang sering disebut kelopak mata ketiga. Hal ini sendiri karena mata anjing terdapat membran pada setiap sudutnya. Letaknya sendiri adalah di bagian bawah kelopak mata, dekat kelenjar air mata. Bila kelenjar ini mengalami masalah atau sudah tidak sehat, maka akan muncul jaringan merah.

Ada beberapa kondisi ketika jaringan ini akan terus keluar dan terlihat seperti buah ceri, kemudian benjolan merah ini pun bisa saja semakin membesar. Tapi, untuk anjing sendiri kondisi mata ceri ini sendiri sebetulnya hanya cukup mengganggu mereka meskipun tidak menyakitinya.

Penanganan untuk mata ceri sendiri harus ke dokter hewan. Biasanya mata ceri yang terlalu besar akan membutuhkan operasi untuk menyembuhkannya.

2. Mata Kering

Kondisi mata kering di anjing disebut Keratoconjunctivitis sicca (KCS). Mata kering pada anjing ini bisa jadi masalah yang cukup berat. Kondisi ini bisa terjadi ketika pada saluran air mata tidak menghasilkan cukup air atau pelumas. Sehingga mata pun akan kering dan bisa menyebabkan masalah lain.

Ketika tidak ada pelumas yang cukup, maka mata anjing tidak akan bisa membersihkan debu atau kotoran secara alami. Akibatnya mata anjing bisa mengalami iritasi yang terbilang cukup parah. Apabila kamu tidak menangani kondisi mata kering pada anjing dengan benar, maka bisa menyebabkan luka pada bagian kornea serta bisul.

Beberapa tanda dari sakit mata pada anjing ini adalah mata merah, sering berkedip, mata menyipit dan mengais mata. Jika anjing mengalami kondisi yang satu ini, maka kamu hanya perlu membawanya ke dokter hewan. Biasanya dokter hewan akan meresepkan obat tetes mata agar tetap dalam keadaan lembab.

3. Benjolan di Kelopak Mata

Penyakit mata pada anjing selanjutnya yang juga tidak boleh diabaikan adalah benjolan di bagian kelopak mata. Benjolan di kelopak mata ini sendiri biasanya tidak akan mengganggu, namun tetap harus kamu harus pastikan.

Ada baiknya ketika menemukan benjolan pada mata ini, kamu segera memeriksakan anjing ke dokter hewan. Karena tetap harus ditelaah apakah benjolan tersebut mengandung kanker atau tidak.

4. Kornea Mata Rusak

Sama seperti manusia, anjing yang mengalami sakit mata juga bisa disebabkan karena kelilipan debu atau kotoran lain yang ukurannya besar. Rerumputan kecil adalah hal yang paling umum masuk ke mata anjing.

Namun, ketika ada kotoran yang masuk ke mata, anjing akan mencoba untuk menggaruk atau mengusap matanya dengan kaki atau cakar. Nah, ketika mereka melakukan hal ini untuk bisa menyingkirkan kotoran, ada kemungkinan bagian mata mengalami luka serta iritasi.

Jika hal ini kamu diamkan saja, maka bisa jadi kornea mata mereka akan rusak. Apabila kamu melihat mata anjing memerah dan terus mengeluarkan air, maka lebih baik segera bawa ke dokter hewan untuk dilakukan evaluasi lebih jauh.

5. Konjungtivitis

Anjing Sakit Mata
anjing sakit mata - veterinary vision center

Sakit pada mata anjing yang satu ini paling umum dialami. Konjungtivitis sendiri adalah kondisi dimana mata anjing mengalami peradangan, mata berair dan merah serta lengket. Kondisi ini membuat mata anjing akan menempel dan kesulitan untuk membuka bila memang sudah parah.

Ada beberapa sebab kenapa anjing dapat mengalami Konjungtivitis ini, salah satunya adalah bakteri. Apabila memang penyebabnya bakteri, maka lebih baik kamu membawa anjing ke dokter hewan agar bisa ditangani lebih lanjut. Iritasi pada mata anjing juga bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti asap rokok atau alergi.

6. Progressive Retinal Atrophy (PRA)

Penyakit mata yang satu ini terbilang cukup berbahaya karena yang diserang adalah bagian retina mata, dan sayangnya ini adalah penyakit bawaan. Sakit mata yang disebut dengan PRA ini merupakan penyakit genetis yang diturunkan di beberapa ras anjing, bahkan kucing juga bisa mengalaminya.

PRA bisa menyebabkan kebutaan pada anjing yang memang diakibatkan oleh kerusakan retina. Retina sendiri adalah bagian belakang mata yang memiliki fungsi untuk menangkap cahaya sehingga objek akan terlihat. Sehingga ketika retina mata anjing mengalami masalah, sudah pasti penglihatan mereka juga akan bermasalah.

Tentu saja, pengobatan untuk penyakit yang menyebabkan masalah penglihatan ini hanya bisa dikonsultasikan pada dokter hewan agar bisa melakukan pencegahan.

7. Ulkus Kornea

Anjing yang mengalami masalah pada matanya juga bisa disebabkan oleh luka di bagian kornea (Ulkus Kornea). Ketika mendapati luka tersebut, biasanya anjing akan terlihat seperti menangis.

Adapun penyebabnya bisa bermula dari beberapa hal, seperti:

  • Goresan;
  • Tusukan;
  • Trauma;
  • Bisa juga karena ada benda asing yang masuk pada mata;
  • Terkena cairan kimia;
  • Cedera yang tidak disengaja;
  • Bertengkar dengan anjing lain; dan
  • Lain sebagainya.

Ketika anjing mengalami ulkus kornea, maka mata anjing akan tertutup. Dimana kelopak mata ini akan melipat ke bagian dalam yang disebut dengan entropion. Bahkan, beberapa kasus juga menyebabkan kelumpuhan wajah.

Ulkus kornea juga bisa dibilang sebagai cedera mata yang paling umum terjadi pada anjing. Untuk mengobatinya, kamu bisa langsung ke dokter hewan agar dapat ditangani dengan tepat.

8. Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit mata yang disebabkan karena ada cairan mata yang tidak keluar. Dimana kondisi ini bisa mengakibatkan tekanan yang berlebihan pada matanya, sehingga muncul glaukoma.

Gejala anjing terkena glaukoma adalah dari mata yang memerah, mata keruh, serta pupil yang berdilatasi dan mata yang terlihat sangat menonjol. 

Ketika anjing mengalami glaukoma, maka ia akan merasakan sakit yang teramat sangat dan apabila dibiarkan saja maka penyakit ini bisa menyebabkan kebutaan pada anjing, lho.

Pengobatan Glaukoma pada anjing juga harus ke dokter hewan agar bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dimana yang paling utama adalah mencegah kebutaan pada anjing.

9. Katarak

Mata anjing sakit yang terakhir ini sama seperti yang manusia alami. Katarak pada anjing biasanya juga menyerang anjing yang berusia senior atau sudah tua. Mulanya akan ada titik putih pada mata anjing dan kemudian menyebar.

Pengobatan katarak pada anjing bisa melalui operasi yang sebelumnya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui seberapa parah katarak yang diderita anjing kesayanganmu.

Sobat pintar, itulah beberapa sakit mata pada anjing yang tidak boleh diabaikan agar tidak menjadi masalah kesehatan yang lebih serius.

Petpi sangat menyarankan ketika anjing mengalami masalah mata hingga tidak bisa beraktivitas dengan baik, maka lebih baik diperiksakan ke dokter hewan langganan. Karena takutnya memang ada masalah mata yang lebih parah.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://arenahewan.com/jenis-sakit-mata-pada-anjing
  • https://www.animalwised.com/common-eye-problems-in-dogs-3020.html
  • https://www.halodoc.com/artikel/6-masalah-mata-yang-bisa-menyerang-anjing

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar