Hari ini: Sabtu, 18 Mei 2024
Kamis, 03 November 2022, 15:00 WIB

Mata Anjing Belekan? Inilah Penyebab dan Cara Mengobatinya!

Mata Anjing Belekan? Inilah Penyebab dan Cara Mengobatinya!

mata belekan pada anjing - outward hound

Apakah belakangan ini kamu sering melihat belek pada mata anjing? Jika iya, maka kamu harus simak penyebab dan cara mengobati mata anjing belekan berikut

Sobat Pintar, keluarnya kotoran pada mata anjing bukan sebuah perkara besar karena hal ini sudah pasti terjadi pada setiap makhluk hidup.

Namun, jika mata anjing belekan terlalu sering, ada baiknya kamu harus waspada dan mencari tahu segera apa penyebabnya, ya.

Penyebab mata belekan pun cukup beragam, mulai dari terserang alergi, infeksi, penyakit mata anjing, maupun masalah kesehatan lainnya.

Kalau penyebabnya masih tergolong ringan, kamu bisa mengatasinya sendiri di rumah. Tetapi jika sudah parah, kamu harus segera menghubungi dokter hewan untuk mendapatkan pengobatan khusus.

Oleh karena itu, pastikan Sobat Pintar mengetahui penyebab mata anjing belekan supaya bisa mulai mengobatinya dengan cara yang tepat melalui pembahasan di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Penyebab Kenapa Mata Anjing Belekan

Penyebab Belekan Pada Mata Anjing
penyebab belekan pada mata anjing - animed direct

Jika anjing peliharaan kamu mengeluarkan kotoran mata yang terlihat jernih, kemungkinan besar hal itu terjadi karena alergi atau sesuatu yang sifatnya fisik, seperti masuknya debu pada mata atau angin yang menerpa wajah anjing.

Selain itu, keluarnya cairan atau lendir encer dari satu mata bisa menjadi tanda masuknya benda asing, seperti bulu mata.

Namun, jika cairan mata atau belek pada mata anjing yang berwarna kuning kehijauan atau nanah dapat mengindikasikan infeksi yang serius, lho.

Parahnya lagi, masalah kesehatan pada anjing ini bisa menyebabkan kebutaan atau kehilangan mata jika kamu tidak menanganinya segera.

Mengutip dari Halodoc, ada beberapa penyebab lain yang membuat mata anjing belekan terlalu sering, yaitu:

1. Konjungtivitis

Jika mata anjing terlihat mengeluarkan lendir, nanah berwarna kuning kehijauan atau cairan mata yang keluar berlebihan, maka bisa menjadi tanda terjadinya konjungtivitis alias peradangan pada lapisan mata anjing.

Konjungtivitis yang menjadi penyebab mata anjing belekan pun terjadi karena adanya:

  • Alergi,
  • Cedera,
  • Trauma,
  • Masalah saluran air mata,
  • Cacat dari lahir,
  • Mata kering,
  • Masuknya benda asing,
  • Infeksi bakteri,
  • Distemper, hingga
  • Tumor.

Oleh karena itu, gejala mata anjing belekan akibat konjungtivitis akan membuat matanya menjadi terlihat lebih merah, mata lebih sipit dan menimbulkan mata menjadi menutup.

2. Mata Kering

Kotoran mata atau belek pada mata anjing bisa terjadi karena masalah mata kering, dimana mata gagal menghasilkan cukup air untuk membersihkan mata itu sendiri.

Gejala lain dari mata kering bisa berupa lendir dan peradangan, mungkin akibat cedera, benturan di kepala yang berdekatan dengan kelenjar penghasil air mata serta sistem kekebalan tubuh sendiri yang menyerang bagian kelenjar air mata.

Jika anjing belekan karena infeksi dari mata kering, hal ini tidak boleh kamu biarkan karena akan menyebabkan peradangan serta rasa nyeri pada bagian mata.

Tak hanya itu saja, belekan pada mata anjing yang terlalu sering juga bisa disebabkan pula oleh penyakit cherry eye atau bisul yang ada di kornea mata karena kondisi mata kering serta kurangnya asupan air mata.

3. Epiphora

Nyatanya, air mata yang keluar secara berlebihan alias epiphora juga bisa menjadi penyebab mata anjing belekan, lho.

Tanda dari epiphora ini adalah mata anjing yang terlihat berair dan berkaca-kaca, adanya noda coklat kemerahan pada bulu di bawah mata, iritasi, serta menyebabkan bau.

Kondisi epiphora bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti bulu mata tidak normal, alergi, peradangan, tumor, sakit mata, tukak kornea dan lainnya.

Untuk pengobatan epiphora yang menjadi penyebab keluarnya belek pada mata anjing secara berlebihan dapat dilakukan dengan menggunakan antibiotik, serta pengobatan lainnya.

4. Glaukoma

Penyebab mata belekan pada anjing yang terakhir bisa terjadi karena glaukoma, yang mana adanya ketidakseimbangan produksi dan drainase cairan pada mata.

Akibatnya, cairan pun menjadi menumpuk dan meningkatkan tekanan pada mata, sehingga mata anjing menjadi tidak sehat.

Tekanan yang meningkat itu bisa membuat retina mata anjing menjadi mudah rusak yang ditandai dengan pupil melebar, tidak bergerak atau bergerak lambat, bagian putih mata terlihat kemerahan, bengkak serta perubahan warna kornea mata.

Biasanya, cara mengobati glaukoma pada mata anjing belekan bisa dilakukan dengan menggunakan obat-obatan hingga pembedahan.

Untuk pembedahannya sendiri dapat dilakukan saat kondisinya sudah mulai parah dan tidak bisa ditangani dengan obat-obatan lagi.

Bagaimana Cara Mengobati Mata Anjing Belekan?

Belekan Pada Mata Anjing Bisa Disembuhkan Dengan Obat Tetes Mata
belekan pada mata anjing bisa disembuhkan dengan obat tetes mata - rover

Setelah mengetahui beberapa penyebab mata anjing belekan, kini kamu bisa mulai mengobatinya dengan cara-cara yang efektif dan tepat.

Jika belekan pada mata anjing bukan karena masalah serius, kamu bisa mengobatinya di rumah terlebih dahulu secara mandiri.

Namun, apabila kotoran pada mata anjing masih keluar terus menerus dalam waktu lama, kamu harus segera membawanya ke dokter hewan.

Tujuannya supaya bisa mendapatkan penanganan khusus berupa obat-obatan maupun hal lainnya.

Berikut ini ada beberapa cara mengobati mata anjing belekan yang bisa kamu lakukan dengan tepat.

1. Pengobatan dengan Air Hangat

Cara mengobati mata anjing belekan dengan metode pengobatan air hangat menjadi salah satu cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan pertama kali di rumah.

Bahan yang digunakan untuk proses pengobatan ini adalah air hangat yang bisa kamu siapkan dengan mudah. Selanjutnya, usapkan ke area belek yang ada di sekitar mata menggunakan tissue maupun kain bersih.

Kamu bisa melakukan metode pengobatan ini secara rutin sampai belek pada mata anjing bisa bersih dan sembuh seperti sedia kala.

2. Memberikan Obat Mata

Sementara jika ingin menggunakan obat mata untuk mengobati belekan pada mata anjing, disarankan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter maupun orang berpengalaman, ya.

Mengutip dari okdogi, obat tetes mata untuk anjing belekan yang bisa kamu berikan adalah Cendo Fenicol atau Cendo Xitrol sebanyak 3 kali sehari secara rutin.

3. Periksa ke Dokter Hewan

Jika cara mengobati mata belekan pada anjing di atas masih belum manjur, kamu bisa coba membawa anjing kesayangan untuk diperiksa ke dokter hewan terdekat, ya.

Ini menjadi cara terakhir yang bisa kamu lakukan supaya mengetahui penyebab kondisi belekan yang terjadi secara lebih rinci dan cara mengobatinya dengan baik.

Dokter hewan akan memeriksa mata anjing peliharaan kamu, kemudian memberikan sejumlah obat yang mesti kamu berikan secara rutin.

Dokter Hewan Memeriksa Mata Anjing Yang Belekan
dokter hewan memeriksa mata anjing yang belekan - humane pro

Umumnya, obat yang diberikan untuk menyembuhkan mata anjing sering belekan berupa obat tetes mata yang dosisnya sudah disesuaikan dengan usia anjing.

Jika kamu rutin memberikan obat yang dianjurkan oleh dokter hewan kepada anjing kamu, maka belekan yang keluar terlalu sering pun bisa disembuhkan.

Perlu kamu catat, tidak semua obat mata cocok digunakan untuk mata anjing belekan, ya. Apalagi jika kamu nekat membelinya tanpa resep dokter.

Jika sembarangan maka hal tersebut hanya akan membahayakan mata anjing kamu sendiri dan membuat infeksi yang menjadikan penyakit mata semakin parah.

Oleh karena itu, jika kamu tidak bisa menanganinya sendiri, lebih baik segera hubungi dokter dan lakukan pemeriksaan mata anjing untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Itulah informasi seputar penyebab dan cara mengatasi mata anjing belekan yang tepat dan bisa untuk kamu ikuti di rumah.

Jadi, jika anjing kesayangan Sobat Pintar mengalami masalah belekan pada matanya, maka tidak perlu khawatir dan bingung lagi, ya.

Karena mulai sekarang kamu sudah bisa mengambil langkah penanganan atau pengobatan terbaik sesuai penyebab dari mata anjing belekan tersebut.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, serangga, dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar