Hari ini: Sabtu, 18 September 2021
Senin, 26 April 2021, 16:00 WIB

Mau Kondisi Bulunya Tetap Bagus? Ikuti Cara Merawat Anjing Shih Tzu Berikut Ini

Mau Kondisi Bulunya Tetap Bagus? Ikuti Cara Merawat Anjing Shih Tzu Berikut Ini

cara merawat anjing shih tzu - meredith corp

Tertarik memelihara ras anjing kecil berbulu panjang ini? Yuk, ikuti tips rahasia dan cara merawat anjing Shih Tzu dengan benar dan aman berikut ini.

Jika Sobat Pintar mau memelihara anjing berukuran kecil, Shih Tzu bisa jadi pilihan yang patut dipertimbangkan. Shih Tu tergolong dalam ras anjing berukuran kecil atau toy dog breed, seperti halnya ras anjing Pom dan Pomeranian.

Shih Tzu merupakan ras anjing yang berasal dari daratan Tiongkok, di mana nama “shih tzu” dalam bahasa Mandarin memiliki arti singa kecil. Walaupun memiliki embel-embel singa, tingkah laku ras anjing ini lucu dan menggemaskan, lho.

Beberapa dari Sobat Pintar mungkin ragu mengenai cara merawat anjing Shih Tzu yang susah-susah gampang. Selain ukurannya yang kecil, ras anjing ini memang memiliki bulu lebat yang tentu butuh perawatan ekstra.

Nah, tak perlu pusing! Kali ini PetPi sudah merangkum beberapa tips dasar dalam merawat dan melatih anjing Shih Tzu agar tubuhnya aktif dan sehat seperti berikut ini.

Panduan Cara Merawat Anjing Shih Tzu Agar Aktif dan Sehat

Cara Merawat Anjing Shih Tzu
cara merawat anjing shih tzu - iStock

Sebagai salah satu ras anjing lucu dan menggemaskan, Shih Tzu banyak diinginkan oleh berbagai kalangan sebagai salah satu pilihan hewan peliharaan favorit keluarga.

Sebagian besar cara merawat anjing Shih Tzu sebenarnya hampir sama seperti ras anjing lainnya, tetapi Sobat Pintar harus lebih memperhatikan kondisi dan kesehatan bulunya, ya.

Di bawah ini akan ada beberapa panduan dalam merawat dan melatih ras anjing Shih Tzu yang bisa Sobat Pintar praktikkan.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Ketahui Karakteristik Ras Anjing Shih Tzu

Melansir dari American Kennel Club, karakteristik anjing Shih Tzu secara fisik memiliki ukuran kecil dengan bobot antara 4-7,2 kilogram. Untuk anjing seukurannya, Shih Tzu memiliki ciri-ciri fisik yang kekar dan solid.

Daya tarik utama dari Shih Tzu adalah bulu panjang yang tersedia dalam berbagai pola warna. Bulu anjing Shih Tzu terbilang berharga dan sangat berpengaruh pada penampilannya.

Shih Tzu memiliki tingkah laku lincah dan mudah beradaptasi dengan keluarga, termasuk anak-anak. Mereka juga dikenal sebagai anjing yang penyayang, bahagia, dan suka mengikuti ke mana saja majikan mereka pergi di dalam rumah.

Maka tak heran, nenek moyang anjing Shih Tzu sudah dikenal lama populer sebagai hewan peliharaan yang istimewa di kalangan keluarga kerajaan Tiongkok, lho.

2. Siapkan Asupan Makanan Anjing

Asupan makanan yang Sobat Pintar berikan tentu akan berpengaruh pada kondisi dan kesehatan hewan peliharaan. Pilihlah merek makanan anjing berkualitas dengan terlebih dahulu melihat komposisinya.

Hindari memberikan makanan anjing dengan bahan pengawet dan pewarna sintetis yang mungkin meningkatkan risiko alergi, asma, bahkan kanker. Jauhi pula komposisi bahan sampingan, seperti jagung atau gandum yang memiliki kalori tinggi.

Untuk mengetahui makanan yang baik untuk anjing Shih Tzu, sebaiknya Sobat Pintar bisa berkonsultasi dulu dengan dokter hewan. Selain jenisnya, penting juga untuk mengetahui porsi makan mereka. 

Dilansir dari DogTime, porsi makan untuk anjing Shih Tzu berkisar antara 1/2 hingga 1 cangkir makanan kering setiap hari, tergantung usia dan berat badannya. Jangan lupa, untuk selalu menyediakan air minum pada wadah yang bersih.

3. Berikan Vitamin Tambahan

Memang, tidak semua anjing Shih Tzu membutuhkan vitamin tambahan. Namun bisa diperlukan, Sobat Pintar bisa memberikan beberapa jenis suplemen yang bermanfaat untuk kebugaran dan kesehatan tubuh peliharaan.

Misalnya, suplemen minyak ikan bisa membantu memperbaiki masalah kulit dan bulu yang rentan terjadi pada ras anjing Shih Tzu. Probiotik juga bisa membantu anjing Shih Tzu mengelola gangguan pencernaan yang mereka alami.

Berbagai pet shop umumnya menyediakan vitamin anjing yang sesuai dengan kebutuhan. Namun agar lebih aman, Sobat Pintar juga bisa berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi dan suplemen apa yang anjing butuhkan.

4. Perhatikan Kebersihan Anjing

Salah satu hal penting dalam merawat anjing Shih Tzu adalah kebersihan bulunya. Shih Tzu memiliki bulu panjang dan cepat tumbuh, makanya beberapa majikan anjing memilih untuk memotong atau menjepit bulunya sehingga lebih pendek.

Bergantung panjangnya bulu Shih Tzu, ras anjing ini perlu disikat bulunya 1-3 kali seminggu. Sisir kumis dan jambul setiap hari dan bersihkan sudut mata dengan kain lembab. Untuk menghindari mata anjing Shih Tzu dari iritasi, rambut bagian atas kepala harus dipotong pendek atau diikat jambul.

Selain itu, kuku harus dipotong kira-kira setiap 6 minggu dan mandi setiap 3-4 minggu untuk menjaga bulu dalam kondisi baik. Penting juga untuk menggunakan produk shampo khusus dengan formula alami yang tidak berbahaya bagi anjing.

5. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Jika merawat anak anjing Shih Tzu, penting sekali untuk melakukan vaksinasi anak anjing untuk mencegah risiko berbagai penyakit yang mungkin terjadi. Setelahnya, Sobat Pintar perlu melakukan vaksinasi lanjutan dan pemeriksaan rutin ke dokter.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan sekali setahun untuk anjing dewasa dan dua kali setahun bagi anjing lansia usia 8 tahun ke atas. Tujuan dari hal ini adalah untuk membantu menjaga kesehatan anjing dan mengetahui potensi masalah kesehatan sejak dini.

Beberapa masalah kesehatan yang biasa terjadi pada anjing Shih Tzu, seperti displasia pinggul, keseleo patela (tempurung lutut bergeser), kelainan mata (katarak), atrofi retina, kekeringan kornea, serta infeksi telinga dan hidung.

6. Melatih Anjing Bermain Bersama

Walaupun Shih Tzu sangat cocok untuk menjadi anjing rumahan, tetapi jangan lupa untuk melakukan aktivitas olahraga, seperti jalan santai atau jogging secara rutin. Sobat Pintar juga bisa bermain dan sekaligus melatih anjing agar mereka menjadi penurut.

Berbagai kalangan percaya kalau cara melatih anak anjing lebih mudah daripada anjing dewasa. Walaupun begitu, anjing Shih Tzu memang tergolong sulit untuk dilatih dan kadang bisa bikin frustrasi karena tingkah lakunya yang sedikit keras kepala.

Salah satu metode pelatihan yang efektif untuk anjing Shih Tzu adalah berdasarkan pujian dan penghargaan saat berhasil melakukan perintah. Jangan terlalu memberikan perintah yang tegas, ajarkan secara perlahan apabila anjing berperilaku buruk.

Jika Sobat Pintar kesulitan dalam hal ini, juga bisa mendaftar di kelas kepelatihan anjing untuk mendapatkan metode yang tepat sesuai dengan panduan instruktur.

Itulah beberapa tips dan cara merawat anjing Shih Tzu yang bisa Sobat Pintar praktikkan dengan mudah. Makin tertarik untuk mengadopsinya jadi hewan peliharaan di rumah?

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://www.allshihtzu.com/shih-tzu-care
  • https://dogtime.com/dog-breeds/shih-tzu#/slide/1
  • https://www.akc.org/dog-breeds/shih-tzu/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar